Manakah Dari Negara-negara Asean Berikut Yang Memiliki Iklim Subtropis – Negara-negara di kawasan Asia Tenggara dan anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) memiliki kondisi alam yang berbeda-beda. Apa perbedaan situasi gender di masing-masing negara di ASEAN?

Perlu dipahami bahwa situasi geografis merupakan faktor penting terhadap apa yang terjadi di ASEAN. Selain letak geografisnya yang berdekatan, negara-negara ASEAN juga mempunyai kondisi alam yang serupa.

Manakah Dari Negara-negara Asean Berikut Yang Memiliki Iklim Subtropis

Namun selain itu, ada pula alasan terbentuknya ASEAN seperti yang dikutip dalam buku Mengenal ASEAN dan Negara-Negaranya (2019) karya Tri Prasetyono, yaitu:

Pilihan Ganda Ulangan Harian

Saat ini total ada 10 negara di kawasan Asia Tenggara yang telah bergabung dengan ASEAN. Negara-negara tersebut mempunyai kondisi alam yang berbeda-beda.

Indonesia merupakan negara terluas di Asia Tenggara dengan luas wilayah 1,905 juta kilometer persegi yang terbentang dari Aceh hingga Papua.

Di sini, Indonesia memiliki iklim tropis dan curah hujan yang tinggi dibandingkan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Hal ini membuat Indonesia terkenal dengan hutannya yang luas, mulai dari hutan hujan hingga sabana atau padang rumput.

Mengapa Timor Leste Tidak Tergabung Dalam Anggota Asean? Berikut Alasannya

Negara Malaysia ini mempunyai iklim yang panas dan kering. Selain itu, Malaysia juga memiliki hutan hujan tropis dan banyak gunung tinggi, yang tertinggi adalah Gunung Kinabalu (4.095,2 m) di negara bagian Sabah.

Merupakan kota industri termaju di Asia Tenggara dengan luas wilayah 728,6 km2 dan merupakan pusat pelabuhan di Asia.

Singapura juga merupakan kota yang menghubungkan Samudera Hindia dengan Laut Cina Selatan. Selain itu, Singapura merupakan daratan datar dengan beberapa bukit kecil di sekitar pusat kota.

Baca Juga  Gerakan Pohon Bercabang Lebar Ditunjukkan Dengan Merentangkan

Filipina merupakan negara dengan 7.641 pulau dengan luas 300.000 kilometer persegi. Letak alam Filipina berada di sepanjang pantai Sulawesi dan terdiri dari tiga wilayah yaitu Luzon, Busia dan Mindanao.

Uas Ips Kelas 8

Di sisi lain, negara yang dipimpin oleh Bongbong Marcos ini memiliki iklim tropis dengan tiga musim yang berbeda. Ada musim hujan, musim dingin, dan musim panas atau musim kemarau.

Negara yang dijuluki negeri gajah putih ini memiliki luas 514.000 km2 dan terletak di tengah-tengah Asia Tenggara.

Keadaan alam Thailand dihiasi dengan pegunungan, dataran dan pegunungan tengah. Thailand memiliki iklim panas yang dipengaruhi oleh banyak hujan.

Negara tetangga Indonesia ini memiliki luas 5.765 km2 yang sebagian besar terdiri dari rawa bakau dan perbukitan.

Letak Astronomis & Kondisi Geografis Negara Negara Asean

Mirip dengan negara ASEAN lainnya, Brunei Darussalam memiliki iklim tropis dengan curah hujan tahunan sebesar 2000 mm.

Lingkungan alam di Vietnam penuh dengan dataran dan banyak gunung. Salah satunya adalah Anam Jabal yang puncaknya setinggi 1.800 meter. Vietnam juga memiliki wilayah kecil yang disebut Delta Sungai Mekong.

Laos merupakan negara komunis dengan luas wilayah 236.800 km2 yang ditutupi oleh daerah pegunungan.

Gunung Phu di Laos adalah puncak tertinggi di negara itu, dipimpin oleh Thangalon Sisolth. Laos mempunyai tiga musim, yaitu musim hujan yang panas, musim dingin, dan musim kemarau (berganti).

Soal & Kunci Jawaban Ips Kelas 8 Halaman 74 78 Kurikulum 2013: Pembahasan Soal Latihan Bab 2

Myanmar memiliki luas wilayah 676.578 km2 yang berbatasan dengan India dan Bangladesh di sebelah barat serta Thailand dan Laos di sebelah timur.

Lingkungan alam di Myanmar terbagi menjadi dua bagian, yaitu Myanmar bagian selatan yang beriklim tropis dan Myanmar bagian utara yang beriklim tropis.

Terakhir, ada Kamboja, dengan hanya 181.035 jiwa, dan Laos di utara, Vietnam di timur, dan Teluk Thailand di selatan. Setelah itu, kota kerajaan ini memiliki iklim hangat dengan suhu rata-rata 22°C. Halo sobat! Kali ini kita akan membahas tentang iklim subtropis di negara-negara ASEAN. Sebagai wilayah tropis, ASEAN mempunyai iklim yang panas dan lembab. Namun banyak negara di ASEAN yang juga mempunyai iklim subtropis. Negara-negara ASEAN berikut ini yang mempunyai iklim subtropis Negara dengan iklim paling sedang di ASEAN adalah Myanmar. Negara tersebut juga merupakan satu-satunya negara di ASEAN yang memiliki iklim. Mari kita bahas lagi!

Baca Juga  Di Bagian Manakah Origo Dari Otot Bisep Melekat

Indonesia terkenal dengan iklim tropisnya yang panas dan lembab sepanjang tahun. Namun ternyata ada tempat yang beriklim panas di Indonesia, yakni pegunungan di Pulau Jawa dan Sumatera. Di sini, suhu rata-rata saat musim dingin bisa mencapai 15-20 derajat Celcius.

Negara Anggota Asean

Thailand juga memiliki iklim subtropis di beberapa wilayah utara dan barat. Misalnya saja di wilayah Chiang Mai, suhu rata-rata di musim dingin bisa mencapai 10-15 derajat Celcius. Selain itu, Thailand juga memiliki hutan pinus yang terdapat di daerah tropis.

Wilayah pegunungan Myanmar memiliki iklim utara yang mirip dengan Tiongkok. Terdapat pegunungan dan perbukitan yang memberikan suasana tenteram. Suhu rata-rata di musim dingin bisa mencapai 10-15 derajat Celcius.

Iklim di Vietnam mirip dengan di Tiongkok. Terdapat pegunungan dan lembah yang memberikan lingkungan tenteram. Suhu rata-rata di musim dingin bisa mencapai 10-15 derajat Celcius.

Filipina juga memiliki iklim subtropis di bagian utara Taiwan. Di sini terdapat pegunungan yang memberikan udara sejuk. Suhu rata-rata di musim dingin bisa mencapai 20-25 derajat Celcius.

Daftar Negara Asean Dan Sumber Daya Unggulnya, Indonesia Punya Apa Saja?

Malaysia mempunyai iklim tropis yang panas dan kering sepanjang tahun. Namun ada satu wilayah di Malaysia yang memiliki iklim ekstrim yaitu Cameron Highlands. Di sini, suhu rata-rata saat musim dingin bisa mencapai 15-20 derajat Celcius.

Singapura memiliki iklim tropis yang panas dan lembab sepanjang tahun. Tidak ada wilayah di Singapura yang memiliki iklim.

Brunei mempunyai iklim tropis yang panas dan lembab sepanjang tahun. Brunei tidak memiliki zona iklim apa pun.

Di antara negara-negara ASEAN yang kami sebutkan di atas, Indonesia, Thailand, Myanmar, Vietnam, dan Malaysia semuanya memiliki zona iklim yang serupa. Di kawasan tersebut, suhu rata-rata pada musim dingin bisa mencapai 10-20 derajat Celcius. Selain memberikan udara yang sejuk dan segar, kawasan bawah laut di negara-negara ASEAN juga memiliki keindahan alam.

Baca Juga  Pancen Utama Pangjejer Acara Nyaeta

Letak Astronomis Dan Geografis Negara Negara Di Asean

Pegunungan yang hijau, hutan pinus yang indah, dan lembah yang indah adalah beberapa contoh keindahan alam yang dapat ditemukan di kawasan tropis Asia. Tidak hanya itu, tempat-tempat tersebut juga memiliki keunikan budaya dan masakan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Namun perlu diketahui bahwa iklim subtropis tidak sama dengan iklim sedang yang umum terjadi di negara-negara ASEAN. Di wilayah bawah tanah, suhu bisa sangat dingin di musim dingin dan panas di musim panas. Jadi, jika Anda ingin mengunjungi tempat-tempat tropis di negara-negara ASEAN, pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik dan menyesuaikan pakaian Anda dengan suhu saat ini.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar negara di ASEAN mempunyai zona iklim yang sama. Di kawasan tersebut, Anda bisa menikmati keindahan alam, budaya, dan kuliner unik. Namun, pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik dan menyesuaikan pakaian dengan suhu saat ini. Terima kasih telah membaca artikel ini dan Anda akan bertemu lagi dengan artikel menarik lainnya!

5 Kode Hadiah Olahraga Terbaru Ojol Selasa 26 Maret 2024 Klaim Cepat & Dapatkan Motor ZX Hijau

Bank Soal 1

Klaim Sekarang Kode Redeem FF 27 Maret 2024, Dapatkan Skin Senjata Langka, Ada Cupids Scar dan Fire Shotgun.

Usung Konsep Peduli, SMPIT Ibnu Khaldun Cirebon Gelar Program Ramah Lingkungan IB Panti Jompo Kasih Ibu Bringin Bhakti

Kepercayaan diri! Politeknik SCI bekerjasama dengan perusahaan Jepang, memberikan kesempatan lulusannya untuk masuk dan bekerja di negeri Timur.

Masih berguna! Kode Redeem FF 26 Maret 2024 Pemain Free Fire Bisa Dapat Skin Senjata Permanen

Daftar Negara Penduduk Terkaya Di Asia Tenggara, Ri Nomor Berapa?

Kode Voucher Kado Ojool Sports Terbaru 27 Mar 2024, Klaim Sekarang dan Dapatkan Koin Gratis Motor Vespa Impian Pengguna.

Prediksi Diva United vs Persita Tangerang di BRI Liga 1 Indonesia, poin demi poin dan susunan pemain, Alex Martins fokus meraih 3 poin.

Kode Redeem FF Terbaru 27 Maret 2024, Dapatkan Lisensi & Token Shotgun 2 Gratis Selama Bulan Spesial Ramadhan.

Perbedaan iklim tropis dan subtropis, negara asean yang tidak memiliki wilayah laut, gambar iklim subtropis, iklim di negara asean, pengertian iklim tropis dan subtropis, negara yang memiliki iklim tropis, iklim tropis dan subtropis, negara asean yang tidak memiliki laut, pengertian iklim subtropis, iklim subtropis, ciri ciri iklim subtropis, iklim negara negara asean