Mengapa Mitokondria Dan Kloroplas Disebut Organel Semiotonom – Organel sel adalah benda yang terletak di sitoplasma yang hidup dan melakukan fungsi vital. Organel sel meliputi:

Inti sel (nukleus) adalah organel yang mengandung bahan genetik untuk mengendalikan aktivitas yang berlangsung di sitoplasma. Di dalam nukleus terdapat kromosom yang mengandung DNA, yang merupakan cetak biru pembuatan berbagai protein, terutama enzim.

Mengapa Mitokondria Dan Kloroplas Disebut Organel Semiotonom

Inti sel berfungsi untuk mengatur segala kegiatan (aktivitas) sel, karena inti sel mengandung kromosom yang mengandung DNA untuk mengatur sintesis protein.

Pdf) Analisis Tingkat Berpikir Kognitif Mahasiswa Pada Pembelajaran Biologi Sel Melalui Teknik Menuliskan Pertanyaan

Amplop nuklir terdiri dari dua lapisan membran. Membran luar terhubung langsung ke retikulum endoplasma. Retikulum endoplasma ditutupi dengan ribosom dan berpartisipasi dalam sintesis protein.

Terdapat pori-pori pada membran inti yang memungkinkan terjadinya pertukaran zat antara inti dan sitoplasma, misalnya pelepasan RNAd (ambassador ribonucleic acid), masuknya protein ribosom, nukleotida dan molekul pengatur aktivitas DNA.

Nukleoplasma atau sari inti yang terkandung di dalam nukleus berbentuk gel. Nukleoplasma mengandung berbagai zat kimia seperti ion, protein, enzim dan nukleotida.

Kromatin terdiri dari untaian DNA yang terikat pada protein dasar. Kromatin berarti zat berwarna karena mudah menyerap warna sehingga dapat dilihat di bawah mikroskop.

Perbedaan Dan Persamaan Materi Genetik Mitokondria

Dalam proses pembelahan sel, kromatin secara intensif menyerap pewarna sehingga membuatnya lebih terlihat. Serat kromatin meruncing (memendek) menyerupai serat melingkar yang disebut kromosom.

Nukleus berbentuk bulat, terdapat di dalam nukleoplasma, yang berfungsi dalam produksi RNA. Selain itu, nukleolus mengandung DNA dalam jumlah besar, yang berfungsi sebagai pengatur inti dan berisi salinan gen yang mengkode RNA ribosom.

Nukleus larut dan tidak lagi muncul pada profase (fase awal proses pembelahan sel) dan akan dibentuk kembali oleh organisator pada akhir pembelahan sel (telofase).

Ribosom adalah organel yang berfungsi sebagai tempat sintesis protein. Ribosom dapat terikat pada membran retikulum endoplasma (ER) atau dapat secara bebas hadir dalam matriks sitoplasma.

Baca Juga  Typing Adalah

Pdf) Sejarah Sel, Organisme Prokariota Dan Eukariota Dan Organisme Multiseluler

Secara umum, ribosom yang melekat pada RE berfungsi mensintesis protein untuk dikeluarkan dari sel melalui kompleks RE dan Golgi. Sementara itu, ribosom hadir dalam sitoplasma untuk mensintesis protein untuk keperluan sel.

Ada kelompok lima atau enam ribosom di dalam sel, yang disebut polisom, yang merupakan unit fungsional yang efisien dalam sintesis protein.

RE Agranular berperan dalam proses sekresi seluler dan sintesis lemak, fosfolipid dan steroid. Sedangkan RE granular berfungsi sebagai tempat sintesis protein.

Selain itu, retikulum endoplasma juga berfungsi sebagai sistem transportasi substrat dan produk dari sitoplasma keluar sel dan masuk ke nukleus.

Sel: Pengertian, Struktur, Prokariotik, Eukariotik

Jumlah mereka bervariasi dari beberapa hingga lebih dari 1000 per sel. Sel yang aktif atau membutuhkan lebih banyak energi memiliki lebih banyak mitokondria, misalnya sel hati yang mengandung lebih dari 1000 mitokondria.

Fungsi mitokondria adalah pusat respirasi sel, yang menghasilkan banyak energi ATP. Respirasi adalah suatu proses pembaharuan atau katabolisme untuk menghasilkan energy atau energi untuk berlangsungnya proses kehidupan. Itulah sebabnya mitokondria disebut pembangkit tenaga sel.

Secara umum, tahapan respirasi pada tumbuhan dan hewan mengikuti jalur yang sama, yang dikenal dengan siklus atau siklus Krebs, yang berlangsung di dalam mitokondria.

Setiap mitokondria ditutupi oleh membran ganda. Baik membran dalam maupun luar terdiri dari lapisan ganda molekul fosfolipid.

Ujian Mid Semester Ganjil Biologi Daring

Membran luar licin, sedangkan membran dalam berulang kali melipat menjadi lipatan yang masuk ke ruang mitokondria, menyebabkan membran dalam mengembang. Lipatan yang dalam ini disebut krista.

Di dalam kristal terdapat enzim untuk sistem transpor elektron, yang sangat penting dalam mengubah energi potensial komponen makanan menjadi energi potensial yang tersimpan dalam ATP.

Energi ATP digunakan oleh sel untuk melakukan berbagai aktivitas. Oleh karena itu, mitokondria cenderung mengelompok di area sel yang paling aktif, seperti sel saraf dan sel otot. Kedua jenis sel tersebut mengandung banyak mitokondria karena mereka paling aktif terlibat dalam transmisi impuls listrik, kontraksi, dan sekresi.

Aparatus Golgi adalah organel seluler yang digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara untuk protein dan zat lain yang diproduksi di retikulum endoplasma.

Mitokondria: Pengertian, Struktur, Fungsi, Replikasi

Aparatus Golgi terdiri dari jaringan saluran yang tidak beraturan yang muncul sebagai susunan membran paralel tanpa butiran. Beberapa bagian saluran ini dapat membesar membentuk kantong atau kantung berisi zat.

Aparatus Golgi sangat penting dalam sel yang secara aktif terlibat dalam sekresi. Aparatus Golgi digunakan sebagai penyimpanan sementara untuk protein dan zat lain yang diproduksi di retikulum endoplasma.

Zat-zat ini dikemas ulang dalam aparatus Golgi menjadi kantong besar (vesikel). kemudian vesikel bergerak ke permukaan sel (membran plasma), selanjutnya membran vesikel membuka dan mengeluarkan isinya keluar sel.

Baca Juga  Tuliskan Nasihat Yang Terdapat Dalam Pantun Di Atas

Aparatus Golgi juga merupakan tempat sintesis polisakarida, misalnya dalam lendir. Selulosa, disekresikan oleh sel tumbuhan untuk membentuk dinding sel, disintesis di badan Golgi.

Mengapa Mitokondria Dan Kloroplas Disebut Organel Se

Lisosom adalah struktur yang sedikit bulat dan dibatasi oleh membran tunggal. Diameternya sekitar 1,5 μm. Lisosom menghasilkan badan Golgi yang penuh dengan protein.

Lisosom mengandung berbagai enzim yang dapat menghidrolisis makromolekul seperti polisakarida, lipid, fosfolipid, asam nukleat, dan protein dalam sel.

Enzim hidrolitik ini tertutup dalam lisosom dan mencegahnya mencerna komponen dalam sel. Jika enzim hidrolitik ini keluar dari lisosom, hidrolisis isi sel dapat terjadi. Inilah mengapa lisosom disebut kantung bunuh diri.

Jika bahan di dalam sel perlu dicerna, pertama-tama bahan tersebut diasosiasikan dengan lisosom dan kemudian dihidrolisis. Bahan-bahan tersebut adalah struktur subseluler lain seperti mitokondria yang telah berhenti bekerja, partikel makanan atau bakteri berbahaya.

Latihan Soal Xi Trial

Lisosom juga memainkan peran penting dalam menghancurkan sel-sel yang tidak berfungsi lagi. Ketika sel rusak atau sekarat, lisosom membantu menghancurkannya. Misalnya, lisosom secara bertahap menghancurkan ekor kecebong.

Peroksisom berukuran hampir sama dengan lisosom (0,3 – 15 µm) dan dibatasi oleh membran tunggal. Peroksisom diproduksi oleh retikulum endoplasma. Peroksisom juga penuh dengan enzim, yang paling menonjol adalah katalase.

Peroksisom juga berperan dalam konversi lemak menjadi karbohidrat dan konversi purin dalam sel. Pada hewan, peroksisom ditemukan di sel hati dan ginjal.

Mikrotubulus adalah penggulung protein yang ada di sebagian besar sel hewan dan tumbuhan. Diameter luarnya sekitar 25 nm dan diameter lumennya sekitar 15 nm. Protein yang membentuk mikrotubulin disebut tubulin.

Perbandingan Sel Eukariotik Prokariotik

Ada dua jenis tubulin yaitu α tubulin dan β tubulin. Kedua tubulin memiliki urutan asam amino yang berbeda. Dua molekul (α tubulin dan β tubulin) bergabung membentuk dimer. Dimer adalah blok bangunan yang membentuk mikrotubulus. Dimer membentuk dinding silinder berbentuk heliks.

Mikrotubulus berperan dalam pembelahan sel karena setiap kromosom bergerak ke kutub pembelahan yang melekat pada gelendong mitosis yang dibentuk oleh mikrotubulus.

Selain itu, mikrotubulus berfungsi sebagai saluran untuk aliran zat sitoplasma di dalam sel dan merupakan komponen struktural penting dari silia dan flagela.

Banyak mikrofilamen membentuk berkas atau jaringan pada lokasi yang berbeda di dalam sel, seperti pembentukan mikrofilamen yang memisahkan dua sel anak yang akan membelah.

Organel Sel: Pengertian, Organel Sel Hewan Dan Tumbuhan, Dan Fungsinya

Selain itu, mikrofilamen berperan dalam pergerakan atau aliran sitoplasma. Mikrofilamen juga merupakan sifat penting dari sel yang berubah bentuk.

Secara umum, organel sel hewan dan tumbuhan memiliki semua organel di atas. Namun, ada beberapa organel pada sel hewan yang tidak dimiliki sel tumbuhan, yaitu:

Baca Juga  Nekara Makalaman Dapat Ditemukan Di....

Setiap sentriol terdiri dari susunan silinder sembilan mikrotubulus, dengan setiap mikrotubulus memiliki dua bagian yang melekat padanya. Kedua sentriol biasanya diputar pada sudut kanan.

Sebelum sebuah sel membelah, sentriolnya terduplikasi dan satu pasang bermigrasi ke sisi berlawanan dari nukleus, membentuk bidang pembelahan di antara keduanya. Dalam beberapa sel, sentriol menduplikasi untuk membentuk badan basal silia dan flagela.

Soal Ulangan Harian 1 Smstr 1 Daring

Lisosom adalah organel tertutup membran yang mengandung berbagai enzim yang dapat memecah semua jenis polimer biologis – protein, asam nukleat, karbohidrat, dan lipid.

Lisosom hanya ditemukan pada sel hewan dan sangat kecil dibandingkan dengan organel lain, umumnya berukuran 0,2–0,5 μm. Pada sel hewan, lisosom hanya berfungsi sebagai “pengumpul sampah”.

Secara umum, organel sel tumbuhan dan hewan memiliki semua organel pada titik B di atas. Namun, ada beberapa organel pada sel tumbuhan yang tidak dimiliki sel hewan, yaitu:

Hanya sel tumbuhan yang memiliki dinding sel. Adanya dinding sel ini menyebabkan sel tumbuhan memiliki sifat keras dan kaku. Komponen utama dinding sel adalah polisakarida.

Mengapa Kloroplas Disebut Sebagai Organel Semiotonom?

Dinding sel tumbuhan muda masih tipis, terdiri dari selaput pektin. Seiring bertambahnya usia sel tumbuhan, dinding sel menebal dan bahan penyusunnya adalah selulosa.

Kloroplas hanya terdapat pada sel tumbuhan. Kloroplas adalah plastida yang mengandung klorofil dan merupakan organel yang dikelilingi oleh dua lapis membran.

Kloroplas berbentuk cakram dengan diameter dan ketebalan 2 – 4 µm dan mengandung pigmen klorofil atau zat hijau daun karoten yang memberikan warna jingga, dan xantofil yang memberikan warna kuning.

Biologi (40) Fisika (8) Panduan Penulisan Karya Ilmiah (3) Kamus (1) Kimia (8) Kuliah (15) Berita Biologi Molekuler (1) Berita Fisiologi Hewan (6) Berita Fisiologi Tumbuhan (4) Berita Kimia Dasar ( 6 ) Laporan Mikrobiologi Umum (3) Laporan Proses Produksi (1) Bahan Kuliah (15) Makalah (7) PJOK (1) Pendidikan Kewarganegaraan (9) Simulasi Interaktif (2) SMA (48) Sosiologi ( 2 ) Alat ( 0)

Persamaan Mitokondria Dan Kloroplas: 3 Persamaan Dan Penjelasannya

Analisis keputusan (2) contoh pertanyaan (3) darah (2) kuantitas pesanan ekonomi (2) ekologi (2) ekonomi teknik (2) ekosistem (2) elektron valensi (2) enzim (2) eoq (2) epidermis (2) gaya gerak listrik (2) Hak asasi manusia (3) hormon reproduksi (2) jaringan (9) jaringan dewasa (2) jaringan epidermis (2) jaringan permanen (2) jaringan tanaman (4) listrik (3) manajemen persediaan (2) manajemen strategis (2) organel (3) organel semiotonom (2) pembelahan sel (2) pencernaan (2) perbedaan sel hewan dan tumbuhan (3) perkembangan (2) pertumbuhan (2) reproduksi jantan (2) reproduksi betina (2) formula ( 2) sel (17) sel darah (2) sel darah merah (2) sel darah putih (2) sel hewan (4) sel tumbuhan (4) sistem reproduksi (6) statistika (2) tumbuhan (12) tumbuhan ( 15) cair (2) ) gas (2) padat (2) Sel hewan dan tumbuhan adalah sel yang memiliki jenis

Gambar organel kloroplas, mengapa indonesia disebut negara agraris, mengapa akuntansi disebut bahasa bisnis, mengapa nabi isa disebut yesus, organel sel mitokondria, mengapa mitokondria disebut the powerhouse of cell, persamaan mitokondria dan kloroplas, mengapa yesus disebut isa almasih, mengapa abraham disebut bapa orang beriman, fungsi organel sel mitokondria, organel mitokondria, mengapa yesus disebut tuhan