Mengapa Penelitian Sejarah Harus Mengikuti Metode Ilmiah Jelaskan – Penelitian sejarah merupakan suatu metode penelitian untuk memahami secara pasti apa yang terjadi pada masa lalu dan memperoleh bukti-bukti yang meyakinkan. Tidak diragukan lagi, setiap negara memiliki masa lalu.

Indonesia misalnya, mempunyai sejarah berdirinya banyak kerajaan besar yang tersebar di seluruh nusantara. Lalu ada kisah masuknya medali kolonial ke Tanah Air, yang akhirnya menyebabkan hilangnya beberapa kerajaan di Indonesia.

Mengapa Penelitian Sejarah Harus Mengikuti Metode Ilmiah Jelaskan

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana masyarakat bisa mengetahui urut-urutan peristiwa sejarah di Indonesia? Semua catatan sejarah tersebut semakin mudah didapat dalam berbagai buku modul pembelajaran, paket, buku sejarah, artikel internet, dan lain-lain.

Pengertian Sejarah Sebagai Ilmu Dan Ciri Cirinya

Isinya merupakan hasil penelitian sejarah. Oleh karena itu, penelitian sejarah ini penting dilakukan agar suatu bangsa dapat mengetahui dan mengambil hikmah dari sejarah bangsa dan negaranya. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan penelitian sejarah?

Secara umum penelitian sejarah adalah penelitian yang bertujuan untuk menganalisis, memahami dan menafsirkan peristiwa masa lalu dengan tujuan memperoleh pengetahuan atau kesimpulan tentang orang atau peristiwa masa lalu.

Penelitian sejarah dapat mencakup banyak topik, peristiwa, atau topik lainnya. Hal ini memungkinkan Anda untuk meneliti sejarah kerajaan-kerajaan Indonesia, sejarah kolonialisme di negara asal Anda, tokoh dan karya-karyanya, dan masih banyak lagi.

Penelitian sejarah bukan sekedar menceritakan peristiwa masa lalu. Peneliti harus mempunyai sumber yang kuat dan mampu menggambarkan suatu peristiwa secara akurat.

Pengertian Objek Penelitian: Macam, Prinsip Dan Contoh Lengkap

Untuk membenarkan isi laporan penelitian yang disusun, harus terdapat bukti yang menjelaskan rangkaian peristiwa masa lalu. Miliki bukti dari wawancara dengan orang-orang yang terlibat langsung dalam kejadian tersebut, dokumen sejarah, foto, rekaman, dan lain-lain yang tersedia.

Peneliti kemudian harus mencari cara bagaimana menarik kesimpulan dari seluruh isi sumber sejarah yang ditemukannya. Analisisnya dilakukan sedemikian rupa sehingga proses penceritaan kembali peristiwa sejarah sesuai dengan kondisi terjadinya peristiwa tersebut di masa lalu.

Baca Juga  Lagu Yang Syairnya Menggunakan Bahasa Daerah Disebut

Saat meneliti sejarah, penekanannya adalah pada penafsiran dokumen, surat kabar, dan sejenisnya yang mewakili sumber sejarah yang valid. Jika berbicara tentang sumber sejarah, peneliti akan menggunakan dua jenis, yaitu sumber primer dan sekunder.

Sumber primer lebih disukai peneliti karena lebih kredibel yakni lebih dapat diandalkan dibandingkan sumber sekunder. Faktanya adalah bahwa sumber-sumber primer seringkali lebih sulit ditemukan, terutama ketika sumber-sumber tersebut membahas topik-topik penelitian yang terjadi ratusan tahun yang lalu.

Sts Sejarah Indonesia X Semua Jurusan

Bisa jadi catatan sejarah belum umum pada saat itu sehingga tidak ada bukti mengenai hal tersebut. Catatan sejarah ini mungkin juga telah dimusnahkan karena satu dan lain hal. Ada banyak faktor yang mempersulit perolehan sumber sejarah primer.

Ketika Anda berbicara tentang penelitian sejarah, Anda juga akan berbicara tentang metode penelitian. Seperti penelitian pada umumnya, kajian sejarah memerlukan beragam metode untuk mengumpulkan data dan bukti sejarah terbaik.

Metode penelitian sejarah sendiri adalah suatu metode penelitian dan penulisan sejarah dengan menggunakan metode, prosedur atau teknik yang sistematis menurut prinsip dan kaidah ilmu sejarah. Empat metode digunakan untuk penelitian sejarah. Itu dia:

Metode penelitian sejarah yang pertama adalah heuristik, yaitu proses pencarian dan pengumpulan sumber-sumber sejarah. Sumber sejarah ini dapat mengambil banyak bentuk yang dapat dianalisis untuk merangkum peristiwa masa lalu secara akurat.

Apa Itu Heuristik? Pengertian, Metode, Macam Dan Tahapan

Metode penelitian sejarah yang kedua adalah pengecekan sumber yang disebut juga kritik sejarah. Dalam metode ini, peneliti memulai dengan menyaring seluruh sumber sejarah yang telah dilestarikan dan dikumpulkan.

Tujuannya adalah untuk memperoleh sumber sejarah yang paling berharga sehingga penelitian yang dilakukan dapat membuahkan hasil yang berkualitas. Ada dua jenis verifikasi sumber:

Tipe pertama adalah verifikasi internal, yaitu. H. proses menentukan kualitas atau keaslian suatu sumber sejarah dengan mempertimbangkan isi sumbernya. Sifat sumber sejarah, baik resmi maupun tidak, dengan memperhatikan latar belakang penulis sumber sejarah tersebut dan perbandingan isi sumber tersebut dengan sumber lain.

Jenis verifikasi yang kedua adalah verifikasi eksternal, yaitu memverifikasi keaslian sumber sejarah dengan memusatkan perhatian pada bahan yang digunakan untuk mengumpulkan sumber sejarah tersebut.

Inilah Judul Judul Contoh Penelitian Sosial Di Lingkungan Masyarakat

Proses verifikasi ini terjadi dalam tiga tahap berdasarkan keaslian (kecukupan sumber), orisinalitas (keaslian) dan kelengkapan (kelengkapan sumber). Ketika suatu sumber sejarah telah melalui ketiga fase tersebut, maka menunjukkan bahwa sumber tersebut layak dijadikan sumber penelitian sejarah.

Metode ketiga adalah interpretasi, yaitu proses menganalisis dan menafsirkan sumber-sumber sejarah yang terverifikasi. Sumber-sumber sejarah tersebut harus dipahami dan dibaca secara cermat untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang suatu peristiwa sejarah.

Baca Juga  Warna Yang Cenderung Memberikan Kesan Berat Adalah

Dalam proses ini, peneliti harus berpikir obyektif dan rasional. Oleh karena itu, ketika menafsirkan sumber sejarah, peneliti tidak mempunyai kesempatan untuk mengembangkan cerita khayalan. Semua didasarkan pada isi sumber sejarah yang masih ada.

Cara selanjutnya adalah historiografi atau proses penulisan sejarah berdasarkan seluruh keterangan dan data yang diperoleh dari sumber-sumber sejarah yang ditemukan dan diverifikasi.

Pengertian Ilmu Pengetahuan: Hakikat, Ciri Ciri Dan Macam

Pada tahap akhir ini, peneliti harus menuliskan hasil penelitian sejarah dengan baik dan benar. Berikan perhatian khusus pada hal-hal berikut:

Dalam penelitian sejarah erat kaitannya dengan proses pencarian dan pengumpulan sumber-sumber sejarah. Sumber sejarah terbagi menjadi dua jenis. Yaitu sumber primer dan sekunder. Berikut penjelasan detailnya:

Sumber primer adalah sumber sejarah asli atau sumber sejarah yang berasal langsung dari pihak-pihak yang mengalami peristiwa sejarah. Sumber primer jenis ini dapat berupa dokumen tertulis dan hasil wawancara.

Hasil wawancara dapat berupa rekaman audio atau video, dengan pelaku sejarah yang menjadi sumber wawancaranya. Sehingga apa yang disampaikan dalam percakapan tersebut sesuai dengan apa yang semula terjadi pada saat kejadian.

Submit Jurnal Sejarah Mudah & Cepat

Sumber primer dapat berupa catatan dan benda sejarah. Kalau benda, bisa saja berupa keris yang dibuat langsung oleh seorang empu di Kerajaan Indonesia.

Bisa juga dalam bentuk koin atau mata uang kuno yang berlaku pada masa tertentu. Koin atau mata uang ini menjadi sumber sejarah pertama karena benar-benar ada dan mempunyai nilai pada masa lampau.

Seperti yang telah dijelaskan di awal, sumber primer merupakan sumber yang disukai peneliti karena lebih bernilai. Untuk mendapatkannya, peneliti perlu melakukan upaya lebih karena tidak mudah untuk mendapatkannya.

Sumber sekunder merupakan sumber masa lalu yang berbentuk tulisan, biasanya ditulis setelah atau sesudah suatu peristiwa terjadi. Oleh karena itu, sumber sekunder ini sangat umum dalam bentuk tertulis.

Cara Menulis Footnote Dengan Baik Serta Penjelasan Lengkapnya

Contohnya termasuk resensi buku, resensi artikel ilmiah yang ditulis dengan menganalisis sumber sejarah lain, resensi literatur, dan bahkan biografi. Di era digital saat ini, sumber sekunder tersebut bisa berupa video.

Misalnya saja menonton film dokumenter tentang tokoh atau peristiwa sejarah. Film dokumenter ini biasanya mengundang sejumlah sumber kredibel untuk dijadikan sumber sekunder penelitian sejarah.

Dalam penelitian sejarah, peneliti melalui beberapa tahapan. Fase-fase tersebut adalah:

Langkah pertama adalah menentukan topik sejarah yang akan diteliti. Peneliti didorong untuk mengajukan pertanyaan baru yang melibatkan peristiwa sejarah yang penting dan tidak jelas.

Penelitian Geografi: Metode Dan Langkah Langkah Penelitian

Saat memilih topik, carilah sesuatu yang menarik dan memudahkan akses ke sumber sejarah. Meneliti sejarah tanpa bantuan sumber membuat penelitian menjadi tidak relevan. Jadi lihat dulu sumbernya jika Anda punya ide topik.

Baca Juga  Menghargai Keberagaman Di Lingkungan Masyarakat Akan Menciptakan

Setelah menentukan topik penelitian, langkah selanjutnya adalah mulai mengumpulkan sumber-sumber sejarah. Baik secara lisan, baik tulisan maupun bendanya. Sumber primer dan sekunder: Semakin banyak sumber sejarah yang Anda temukan, semakin baik.

Semua sumber sejarah yang diperoleh kemudian harus diperiksa keasliannya. Dengan cara ini Anda menerima sumber sejarah yang valid dan dapat dipercaya. Sumber sejarah inilah yang menentukan kualitas penelitian yang dilakukan, oleh karena itu diperlukan proses verifikasi.

Langkah selanjutnya adalah menafsirkan semua sumber sejarah yang terverifikasi. Pada fase ini, peneliti menafsirkan semua informasi yang diperoleh dari sumber sejarah. Prosesnya membutuhkan pemikiran objektif dan logis.

Metodologi Adalah Prosedur Dalam Penelitian, Wajib Diketahui Para Peneliti

Tahap terakhir penelitian sejarah adalah historiografi berdasarkan hasil penafsiran sumber-sumber sejarah. Kemudian mengikuti kaidah atau ketentuan yang berlaku dalam penulisan. Mulai dari struktur tulisan hingga bahasa yang digunakan.

Ada banyak topik sejarah yang bisa dijadikan topik penelitian sejarah. Anda bisa memulainya dari rumah. Misalnya saja soal perkembangan Islam di Indonesia. Islam XIII dan XVIII. Tanaman ini masuk ke Indonesia selama berabad-abad, dibawa oleh para pedagang dan pemimpin agama dari negara lain.

Saat ini masih banyak kerajaan-kerajaan besar di Indonesia. Ia dijumpai di Sumatera, Jawa, Sulawesi dan Maluku. Masuknya Islam terjadi secara perlahan dengan bantuan kebudayaan Hindu dan Budha. Misalnya melalui pertunjukan wayang hingga pernikahan politik dengan menikahi putri raja.

Semoga penjelasan lengkap mengenai metode penelitian sejarah dan langkah cepat di atas dapat membantu Anda memahami dasar-dasarnya. Anda juga bisa membaca majalah terbaru berdasarkan perkembangan terkini.

Penelitian Sejarah: Pengertian, Langkah Langkah, Dan Contoh

Tahap penelitian ini terdiri dari 5 tahap: menentukan topik, mengumpulkan sumber sejarah, mengkaji sumber sejarah, menafsirkan sejarah dan menulis.

Tujuan umum dari penelitian ini, yaitu untuk meningkatkan kesadaran akan peristiwa masa lalu, memiliki beberapa tujuan seperti: Seperti belajar dari keberhasilan dan kegagalan masa lalu, membuat prediksi, menguji hipotesis tentang hubungan atau tren, dan tujuan penting lainnya.

Ada beberapa contoh yang bisa kita ambil: runtuhnya kemitraan politik antara SBY dan JK, kekalahan Amin Rais dalam pemilu presiden, dan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

IDE UANG SISWA 💰💰 Freelancing cocok banget buat kamu yang nyari penghasilan tambahan! — Deepublish Publisher (@deepublisher) 9 Juli 2023 Metode ilmiah adalah proses yang ketat dan sistematis yang mencakup observasi, pembuatan hipotesis, eksperimen, dan data. Analisis dengan tujuan memahami dan menjelaskan fenomena alam.

Penyusunan Usulan Penelitian: Pendahuluan

Dengan melihat bagaimana pertanyaan diajukan, eksperimen dirancang, dan analisis dilakukan, pembaca dapat memahami cara kerja sains.

Metode ilmiah adalah pendekatan sistematis terhadap pemecahan masalah dan eksperimen yang digunakan oleh para ilmuwan. Metode ilmiah adalah proses mengumpulkan bukti, merumuskan hipotesis, dan menguji teori untuk mencapai kesimpulan yang obyektif.

Dalam kimia, metode ini digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk mempelajari fenomena kimia, menentukan struktur dan sifat bahan, dan mengembangkan produk atau proses baru.

Prinsip utama metode ilmiah adalah mengamati fenomena

Catatan Peneliti Tentang Metode Kuantitatif

Contoh metode penelitian ilmiah, metode penelitian ilmiah, jelaskan metode ilmiah, metode penelitian karya ilmiah, jelaskan langkah langkah metode ilmiah, mengapa harus melakukan penelitian, buku metode penelitian ilmiah, metode penelitian ilmiah pdf, makalah metode penelitian ilmiah, jelaskan pengertian metode ilmiah, metode penelitian karya tulis ilmiah, metode ilmiah dalam penelitian