Mengapa Rangka Disebut Sebagai Alat Gerak Pasif – 2 gerak Salah satu sifat makhluk hidup adalah gerak. Secara umum gerak dapat diartikan sebagai perpindahan tempat atau perubahan kedudukan sebagian atau seluruh bagian tubuh makhluk hidup. Makhluk hidup akan bergerak jika ada dorongan atau rangsangan yang mempengaruhi sebagian atau seluruh bagian tubuhnya. Pada hewan dan manusia, ia dapat mewakili arti gerak secara umum dan dapat dilihat dengan mata telanjang. Gerakan pada manusia dan hewan menggunakan alat gerak, yang diatur dalam sistem alat gerak.

3 Gerak Manusia dan hewan menggunakan 2 jenis gerak, yaitu gerak pasif berupa tulang dan gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama melakukan gerakan membentuk suatu sistem yang disebut sistem alat gerak.

Mengapa Rangka Disebut Sebagai Alat Gerak Pasif

4 Gerak Pasif Tulang disebut gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak sendiri. Tanpa organ gerak aktif yang melekat pada tulang, tulang manusia dan hewan tidak akan bergerak dan tidak dapat membentuk alat gerak yang sebenarnya. Meskipun merupakan lokomotif pasif, tulang berperan penting dalam sistem gerak manusia dan hewan.

Sistem Gerak Manusia

5 Gerak Aktif Otot disebut gerak aktif karena otot mengandung senyawa kimia yaitu protein aktin dan miosin yang bergabung membentuk aktomiosin. Otot dapat bergerak dengan actomyosin ini. Jadi ketika otot menempel pada tulang dan bergerak secara otomatis maka tulang akan ikut bergerak.

6 Sistem Rangka Sistem rangka adalah rangka bagian dalam atau endoskeleton. Sistem kerangka, yang terdiri dari berbagai jenis tulang, tidak dapat bergerak secara aktif. Frame dikenal sebagai perangkat gerak pasif.

10 Jaringan Ikat Berserat  Jaringan ikat berserat, terkadang disebut FCT, adalah jaringan yang terbuat dari serat berkekuatan tinggi dan cukup elastis. Serat ini terutama terdiri dari kolagen, air, dan serat karbohidrat kompleks yang disebut polisakarida. Mereka memberikan dukungan dan peredam kejut ke organ dan tulang di sekitarnya.

12 Bentuk tulang a. Tulang berbentuk bulat, panjang dan berlubang di tengahnya, contoh: – tulang paha – tulang lengan – jari tangan berfungsi sebagai tempat produksi sel darah merah

Sistem Gerak Manusia Activity

13 Bentuk tulang b. Tulang pipih Bentuk pipih (pipih) Contoh : – tulang belikat – tulang dada – tulang rusuk Berfungsi sebagai tempat pembentukan sel darah merah dan sel darah putih

14 Bentuk tulang c. Tulang pendek Berbentuk pendek dan bulat Contoh : – tulang belakang – tulang pergelangan tangan – tulang pergelangan kaki Berfungsi sebagai tempat produksi sel darah merah dan sel darah putih

Baca Juga  Pelopor Senam Dari Swedia Adalah

15 Bentuk tulang d) Tulang wijen Tulang wijen adalah tulang kecil berbentuk biji. Tulang terkandung dalam tendon yang menghubungkan tulang ke otot. Contoh: tulang patela

16 Bentuk tulang d) Tulang tidak beraturan Tulang jenis ini merupakan gabungan dari beberapa bentuk tulang. Contohnya adalah tulang wajah dan tulang yang terdapat pada tulang belakang.

Mengenal Sistem Gerak Pada Hewan Beserta Karakteristiknya

Sinartrosis adalah jenis sendi yang kaku dan tidak memungkinkan gerakan. Simfisis (amphiarthrosis) adalah jenis sendi yang memungkinkan gerakan tertentu. Diarthrosis adalah jenis sendi yang memungkinkan banyak gerakan.

A) Sendi artikulasi adalah sendi yang memungkinkan gerakan hanya dalam satu arah. Itu ditemukan di sendi tulang. Humerus dengan tulang. Sendi Ulna dan Tulang Radius/siku, hubungan antar tulang. Tulang paha dengan tulang. Tibia dan Oss. Fibula/sendi lutut.

22 b) Saddle joint / sellar joint Merupakan sambungan antar tulang yang memungkinkan terjadinya gerakan dua arah. Itu ada dalam hubungan antara Os. Karpal dengan tulang. Metacarpal, sendi tulang ibu jari.

23 c)​​Sendi putar, yaitu persendian antartulang yang memungkinkan satu tulang berputar mengelilingi tulang lainnya sebagai sumbu. Itu ada dalam hubungan antara Os. Humerus dengan tulang. Ulna dan Bone Radius, hubungan antara Os. Atlas dengan Os. Tengkorak.

Modul Sistem Gerak Septi Irma (uji Coba)

24 d) Sendi bola/endoarthrosis Ini adalah hubungan antara tulang yang memungkinkan gerakan ke segala arah/gerakan bebas. Ditemukan dalam hubungan Os. Spatula dengan tulang. Humerus, koneksi antara Os. Tulang paha dengan tulang. Panggul Virili.

25 e) Sendi geser Artinya persendian antar tulang yang memungkinkan terjadinya gerakan dalam satu bidang atau gerakan meluncur. Itu terletak di bagian Os. Vertebra, segmen Os. Metatarsal dan vertebra Os. metakarpal

F) Sambungan geser, mis. J. persendian antar tulang yang memungkinkan gerakan tubuh membungkuk ke depan (bending) dan ke belakang, serta gerakan memutar (twisting).

27 g) Sendi gelinding, yaitu sendi antar tulang yang gerakan tulangnya seolah-olah mengelilingi tulang lainnya. Ditemukan dalam hubungan Os. Metakarp dengan tulang. radio

Sistem Gerak Pada Manusia Dan Fungsinya: Otot, Tulang, Dan Sendi

28 h) Sendi berbentuk telur, yaitu sambungan antar tulang yang memungkinkan terjadinya gerakan pada dua sumbu, dengan gerakan ke kiri dan ke kanan; gerakan maju dan mundur; gerakan depan/belakang. Salah satu ujung tulang berbentuk oval dan dimasukkan ke dalam cekungan elips. Ditemukan dalam hubungan Os. Radius dengan tulang karpal

29 SISTEM OTOT Sistem otot adalah sistem organ pada hewan dan manusia yang memungkinkan makhluk tersebut bergerak. Sistem otot vertebrata dikendalikan oleh sistem saraf, meskipun beberapa otot (seperti otot jantung) dapat bergerak secara mandiri. Manusia sendiri memiliki sekitar 650 jenis otot rangka.

Baca Juga  Reklame Yang Dicetak Langsung Pada Suatu Produk Disebut

31 Otot polos Memiliki bentuk sel otot yang silindris atau menyatu dengan ujung lancip di kedua ujungnya. Mereka memiliki nukleus uniseluler yang berada di tengah sel otot. Mereka memiliki permukaan sel otot yang halus dan halus. Pergerakan sel-sel otot ini bersifat involuntary/tidak teramati karena sifat gerakannya yang lambat dan teratur. Sehingga tidak memungkinkan sel otot cepat lelah. Sel-sel otot ini ditemukan di setiap organ tubuh kecuali jantung dan kerangka.

32 Otot lurik Bentuknya sel-sel panjang seperti serat/benang/filamen. Mereka memiliki banyak inti sel yang terletak di tepi. Ini memiliki permukaan yang terlihat dengan garis-garis gelap dan terang yang mengalir melalui struktur seluler. Hal ini disebabkan adanya miofibril yang tidak seragam/ketebalannya tidak seragam pada permukaan sel otot. Pergerakan sel-sel otot ini sesuai dengan kehendak/perintah otak. Sehingga gerakannya cepat dan tidak teratur serta mudah lelah. Sel otot ini hanya terdapat pada rangka karena melekat pada tulang sehingga dapat bergerak.

Jual Penerbit Duta

33 Otot jantung memiliki bentuk sel yang memanjang seperti filamen/filamen bercabang. Cabang-cabang sel otot jantung disebut syncytium. Mereka memiliki banyak inti sel yang terletak di tepi agak ke tengah. Gerakan sel-sel otot ini bersifat tidak sadar/involuntary, sehingga sifat gerakannya lambat, teratur dan tidak mudah lelah. Sel otot ini hanya terdapat pada organ jantung.

36 Otot Sinergis Merupakan hubungan antara otot-otot yang bekerja sama untuk mendukung/bekerja sama/menimbulkan gerakan searah. Contoh : © Semua otot pronator yang mengatur gerakan telapak tangan sehingga berbaring telungkup. © Semua otot supinator, yang mengontrol gerakan telapak tangan, mengarah ke atas.

37 Otot Antagonis Jadi hubungan antara otot, sayangnya, cara kerjanya berlawanan / berlawanan / tidak searah. Jenis: Otot ekstensor (peregangan) dengan fleksor (tekuk). Otot penculik (menuju sumbu tubuh) dan otot adduktor (mendekati sumbu tubuh). Supinator (menghadap ke atas) dan pronator (menghadap ke bawah). Otot penekan (gerakan ke bawah) dengan elevator (gerakan ke atas).

38 Macam-macam otot Menurut perlekatannya, dibedakan menjadi: 1 Asal, yaitu ujung otot yang berhubungan dengan tulang pada saat kontraksi dengan gerakan tetap/stabil. 2 Pendahuluan Merupakan ujung otot yang menghubungkan ke tulang dengan gerakan yang mengubah posisi selama kontraksi.

Macam Macam Tulang Pada Manusia Dan Fungsinya

1. Kontraksi impuls sel otot, ujung saraf, asetilkolin, sel otot melepaskan ion Ca 2+, protein aktin + miosin, aktomiosin, serat otot mempersingkat kontraksi. 2. Relaksasi Impuls plasma sel otot menyerap Ca2+ actomyosin actin + myosin Relaksasi serat otot yang memanjang.

40 Kelainan pada otot 1. Tetanus Kondisi otot yang mengalami kejang terus menerus. Penyebab penyakit ini adalah infeksi bakteri Clostridium tetani. 2. Kejang otot dalam keadaan kejang. Keadaan ini antara lain disebabkan oleh aktivitas otot yang terus menerus terlalu lama. 3. Hipertrofi otot Suatu kondisi dimana otot menjadi lebih besar dan kuat. Gangguan ini terjadi karena otot biasanya dilatih untuk bekerja dan berolahraga. Hipertrofi otot ini sering menjadi milik atlet binaraga.

Baca Juga  Dalam Bidang Sosial Dampak Penjajahan Bangsa Eropa Adalah

4. Atrofi otot Kondisi otot yang mengecil dan lemah kontraksinya. Kelainan ini disebabkan oleh infeksi virus polio. Pemulihan dengan melakukan latihan otot, pemberian stimulan listrik atau pemijatan menggunakan teknik tertentu. 5. Rigid (leher kaku) Radang otot trapezius. Ini disebabkan oleh gerakan tersentak-sentak tiba-tiba. Selain itu, stres yang intens akan menyebabkan kejang otot di leher dan punggung. Rasa sakit hilang ketika stres hilang. 6. Hernia perut Suatu keadaan usus yang kendur ke bawah, disebabkan oleh pecahnya dinding otot perut.

7. Fibrosis Pembentukan jaringan ikat fibrosa. Sel otot rangka atau alat jantung yang mati karena sebab apapun akan digantikan oleh jaringan ikat karena sel otot tersebut tidak dapat beregenerasi sehingga otot tersebut menjadi lemah. 8. Distrofi otot Ini adalah penyakit otot kronis sejak masa kanak-kanak, dianggap sebagai penyakit genetik (bawaan).

Rangka Manusia Dan Sistem Gerak Pasif

Agar situs web ini berfungsi, kami merekam data pengguna dan membaginya dengan pemroses. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui Kebijakan Privasi kami termasuk Kebijakan Cookie Halo teman-teman, hari ini kita akan berbicara tentang kerangka manusia dan sistem gerak manusia. Kita tahu bahwa hewan dan manusia memiliki kemampuan bergerak dan berpindah tempat berkat kerja sama antara kerangka dan otot.

Otot yang menghubungkan dan menghubungkan tulang kita dengan kulit kita. Otot memiliki kemampuan untuk berkontraksi, sehingga dapat menggerakkan tulang dan kulit. Oleh karena itu, otot disebut lokomotif aktif, sedangkan tulang disebut lokomotif pasif.

Namun kali ini kita tidak akan membahas alat bantu gerak aktif, melainkan alat bantu gerak pasif yaitu kerangka, jadi tidak perlu berlama-lama, mari kita simak bersama materinya.

Pengertian kerangka/kerangka manusia (skeleton/Bahasa Inggris) adalah tulang-tulang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk suatu sistem.

Sistem Rangka Manusia Dan Fungsinya

Kerangka manusia adalah endoskeleton (kerangka internal). Tulang penyusun rangka memiliki struktur yang berbeda-beda tergantung fungsinya.

Kerangka aksial adalah kerangka yang menjadi sumbu tubuh. Kerangka ini meliputi tengkorak, tulang belakang dan tulang ekor, tulang dada, dan tulang rusuk atau rusuk.

Kerangka aksial terdiri dari tulang-tulang tengkorak, ruas-ruas di antara tulang belakang

Rangka disebut sebagai alat gerak, mengapa indonesia disebut sebagai negara maritim, mengapa alquran disebut sebagai kitab yang universal, mengapa tulang disebut sebagai alat gerak pasif, mengapa matahari disebut sebagai sumber energi utama, mengapa enzim disebut sebagai biokatalisator, mengapa rangka disebut alat gerak pasif, mengapa allah disebut sebagai pusat kehidupan keluarga, mengapa sriwijaya disebut sebagai kerajaan nusantara pertama, mengapa indonesia disebut sebagai negara agraris, yang disebut alat gerak pasif adalah, rangka alat gerak pasif