Negara Apa Yang Terletak Paling Selatan – Ada banyak negara yang terletak di selatan dunia. Nah mau tahu negara mana saja yang paling selatan di dunia? Dengarkan di sini.

Antartika adalah benua paling selatan di dunia. Titik paling selatan Antartika berada pada 90°00 ខាងត្បូង. Ada 10 negara paling selatan di dunia menurut garis lintang Antartika.

Negara Apa Yang Terletak Paling Selatan

Menurut World Atlas, Antartika memiliki luas 14,2 juta kilometer persegi dan 98% wilayah daratannya tertutup es. Meski sangat besar, Antartika tidak memiliki negara. Perjanjian Antartika yang mulai berlaku pada tahun 1961 menjadikan Antartika sebagai wilayah pertukaran intelektual dan tidak diperbolehkan melakukan aktivitas militer seperti pertambangan. Perjanjian tersebut telah diratifikasi oleh 50 negara, termasuk Rusia, Tiongkok, dan Amerika Serikat.

Negara Yang Terletak Paling Utara Di Asean Yaitu Myanmar Halaman All

Jika tidak memasukkan titik-titik di Antartika dan pulau-pulau terluarnya di selatan pada 60 derajat selatan, terdapat 10 negara paling selatan di dunia berdasarkan 193 negara anggota PBB Nasional (PBB).

Negara paling selatan di dunia adalah Chile. Titik paling selatan Chili berada di selatan Thule pada 59°42′S. South Thule terdiri dari tiga pulau paling selatan di Kepulauan Sandwich Selatan, yaitu Bellingshausen, Cook dan Thule (Morel). Pulau-pulau tersebut kering, berangin, dingin, dan tidak berpenghuni. South Thule merupakan bagian dari gunung berapi purba yang telah tenggelam dan tertutup abu.

Baca Juga  Cara Berkembang Biak Jagung

Zona ekonomi eksklusif ini kaya akan sumber daya hayati laut. Penguin guano, hewan anjing laut, petrel, dan rumput laut hidup di daerah tersebut.

Argentina adalah negara paling selatan berikutnya. Titik paling selatan Argentina adalah Isla Grande de Tierra del Fuego di 55°04′ S dan Monte Dinero di 52°24′ S.

Geografi Regional Indonesia

Isla Grande de Tierra del Fuego, atau pulau besar Tierra del Fuego, memiliki iklim laut subarktik dengan musim panas yang pendek dan sejuk serta musim dingin dengan hujan yang panjang. Daerah ini berangin sepanjang tahun. Hingga 30 persen pulau ini berhutan, sedangkan sisanya dipenuhi padang rumput dingin dan semi-gurun.

Titik paling selatan di Australia adalah Bishop dan Clerk Island pada 55°03′ S, South East Cape (Tasmania) pada 43°38′ S dan titik paling selatan pada 39°08′ S.

Kepulauan Bishop dan Clerk ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1997. Pulau-pulau kecil ini juga merupakan kawasan pengelolaan khusus di cagar alam. Kawasan tersebut jarang dikunjungi dan jumlah satwanya tidak banyak serta dihuni oleh satwa yang bukan asli kawasan tersebut.

Selandia Baru atau New Zealand mempunyai titik paling selatan di Pulau Jacquimart pada 52°37′ S dan titik terendah di Pulau Selatan pada 46°40′ S. Pulau Jackmart adalah sebuah pulau kecil di sekitar Pulau Campbell di Selandia Baru dan juga merupakan pulau paling selatan di Selandia Baru. Pulau ini ditutupi padang rumput lahan gambut yang ditumbuhi lumut dan tanaman bantalan.

Lks Ips Kelas 8 Letak Dan Kondisi Asean Worksheet

Burung yang tercatat di Jacquemart termasuk reptil besar utara, hewan berpunggung abu-abu, elang laut muda, dan menara coklat. Pulau ini merupakan bagian dari Kawasan Burung Penting Pulau Campbell (IBA) oleh BirdLife International karena pentingnya sebagai tempat berkembang biak bagi banyak spesies burung laut.

Baca Juga  Raden Werkudara Satriya Ing

Afrika Selatan berada pada titik paling selatan di Pulau Marion, Pulau Prince Edward di 46°59′ S dan Tanjung Agulhas di 34°50′ S. Kepulauan Pangeran Edwards adalah bagian dari Kepulauan Ekoregion Tundra di bagian selatan Samudera Hindia, yang mencakup sejumlah kecil pulau sub-Antartika.

Kurangnya lahan di Samudera Selatan membuat pulau ini memiliki banyak spesies yang menjadikannya kawasan penting untuk konservasi. Iklim subantartika berarti sebagian besar tanaman yang dibudidayakan adalah gulma, alga, dan rumput laut. Spesies domestik utama adalah serangga, hewan laut, hewan anjing laut, dan penguin.

Negara manakah yang paling selatan di dunia? Ya, ada Uruguay. Titik paling selatan di Uruguay adalah Isla de Lobos di 35°02′S dan Punta del Este di 34°58′S.

Negara Asean Apa Yang Terletak Paling Utara,paling Selatan,paling Barat,dan Paling Timur

Isla de Lobos terletak 8 km dari daratan Uruguay di Punta del Este. Kepulauan Isla de Lobos dan Gorriti adalah bagian dari cagar alam yang melindungi koloni terbesar singa laut Amerika Selatan dan anjing laut bulu Amerika Selatan. Sementara itu, Punta del Este merupakan kawasan musim dingin yang terkenal untuk tamasya Pantai Orcas.

Titik paling selatan Brasil adalah Rio Grande do Sul di 33°45′ selatan. Rio Grande do Sul secara harfiah berarti Sungai Besar Selatan atau Sungai Besar Selatan.

Rio Grande do Sul terletak di iklim selatan dan sebagian besar beriklim tropis lembab. Dari bulan Juni hingga September, negara bagian Brasil menerima hujan lebat dan angin dari barat daya dingin yang disebut Minuano. Suhu di Minwano terkadang turun hingga di bawah titik beku, terutama di pegunungan, sehingga sesekali menyebabkan hujan salju.

Baca Juga  Posisi Tubuh Ketika Mengontrol Bola Dengan Telapak Tangan Adalah

Titik paling selatan di Lesotho adalah Quthing pada 30°40′. Quthing merupakan kawasan di Lesotho yang dikenal sebagai kota berkemah karena peninggalan prasejarah berupa dua jejak kaki dinosaurus.

Kisi Kisi Dan Instrumen Penilaian Ips Pdf

Titik paling selatan Namibia terletak di dekat Unsibkans pada 28°58′ S. Onseepkans adalah pemukiman kecil di tepi Sungai Orange di Provinsi Northern Cape, Afrika Selatan. Hutan Quiver (Kokerboom dalam bahasa Afrikaans) antara Pofadder dan Onseepkans adalah hutan terbesar di belahan bumi selatan.

Suhu musim panas di Onsepkaans bisa melebihi 50 derajat Celsius. Sedangkan di tengah musim dingin masih bisa mengalami suhu di bawah 30°C.

Paraguay terletak di titik paling selatan Pulau Yacerita pada 27°43′ selatan. Pulau Yacerita yang artinya Tanah Bulan adalah sebuah pulau di Itapuá, Paraguay.

Pulau Yacerita terletak di Sungai Paraná yang dibelah oleh Bendungan Yacerita. Pulau ini terkenal dengan pasir putihnya. Pulau ini berpenduduk sekitar 400 jiwa, sebagian besar hidup sebagai nelayan.

Negara Paling Utara Di Asean

Negara asia tenggara yang terletak di semenanjung indocina, negara maju yang terletak di belahan bumi selatan, inggris adalah negara yang terletak di kawasan, negara yang terletak di asia timur, negara bagian yang terletak di malaysia timur adalah, struktur bangunan rumah tinggal yang terletak paling bawah adalah