Pada Tahun Berapakah Voc Dibentuk – Sejak bangku sekolah kita sudah dikenalkan dengan sejarah Indonesia dan proses memperoleh kemerdekaan Indonesia. Kekayaan alam dan rempah-rempah yang dimiliki berbagai daerah membuat Indonesia tetap dijajah oleh negara asing selama puluhan hingga ratusan tahun. Termasuk Belanda yang mendirikan VOC di tanah Indonesia.

Tujuan utama orang Eropa, khususnya Belanda, berwisata ke Asia, termasuk nusantara, awalnya hanya sekedar jual beli. Misi dagang ini kemudian berkembang seiring dengan keinginan Belanda untuk mendirikan pemukiman atau disebut juga penjajahan di wilayah nusantara untuk memperlancar perdagangan.

Pada Tahun Berapakah Voc Dibentuk

Perdagangan rempah-rempah Indonesia didominasi oleh Portugis dan Spanyol pada awal abad ke-16. Namun perdagangan ini tidak efisien karena tidak mampu memenuhi permintaan yang terus meningkat, terutama rempah-rempah lada hitam, sehingga harga meroket. Apalagi Portugis dan Spanyol pernah berperang dengan Belanda pada tahun 1580-an sehingga menimbulkan kekhawatiran bagi Belanda, sejumlah faktor yang mendorong Belanda masuk ke nusantara untuk perdagangan rempah-rempah.

Sejarah Lahirnya Voc: Latar Belakang, Tujuan, Dan Kebijakannya

Jan Huygen Van Linschoten dan Cornelis de Hautmann menemukan “jalur rahasia” pelayaran Portugis yang pada akhirnya membawa mereka ke Banten, yang menjadi pelabuhan utama di pulau Jawa pada tahun 1595–1597. Ekspedisi yang dipimpin oleh Cornelis d’Hutman akhirnya mencapai Banten, namun mereka terlibat pertempuran antara Portugis dan penduduk setempat. Akibat perselisihan ini, ia kehilangan banyak anggota krunya.

Belanda secara resmi mendirikan Veredigne Oost-Indische Compagnie (VOC), yang berarti Persatuan India Timur, di Amsterdam. Pada tahun 1602, Belanda kembali ke nusantara dan mendirikan perusahaan dagang bernama VOC dan bersaing ketat dengan banyak negara seperti Portugal, Spanyol, Inggris, dan Perancis. Perusahaan dagang tersebut mendirikan kantor pusatnya di Batavia (sekarang Jakarta). Anggotanya turut membangun pijakan di Indonesia, khususnya di Maluku karena kaya akan rempah-rempah. Cara yang digunakan untuk mempertahankan monopoli perdagangan adalah dengan kekerasan, pemerasan bahkan pembunuhan terhadap penduduk setempat.

Pada tahun 1603, VOC mendapat izin untuk mendirikan kantor perwakilannya di Banten melalui Peter Botha yang diangkat menjadi Gubernur Jenderal VOC pertama pada tahun 1610 dan memilih Jayakarta (Jakarta) sebagai kantor administrasi VOC. Sementara itu, VOC cabang Ambon memilih Frédéric de Hautmann sebagai Gubernur Jenderal dari tahun 1605 hingga 1611.

Baca Juga  Tuliskan Apa Saja Hikmah Dan Manfaat Salat Berjamaah

VOC dipimpin oleh sebuah dewan yang beranggotakan 17 orang, yang disebut “Dewan Tujuh Belas” (De Heeren XVII). Dalam melaksanakan tugasnya, VOC mempunyai kekuasaan dan hak tertentu, antara lain hak monopoli, hak kedaulatan (sovereignty right), hak mempertahankan angkatan bersenjata, hak menyatakan perang dan berdamai, serta hak merebut dan menduduki wilayah asing. . termasuk hak untuk melakukannya. Negara. Belanda mempunyai hak untuk mengatur atau mengeluarkan mata uangnya sendiri, hak memungut pajak, hak membuat perjanjian dengan raja-raja setempat, dan hak membangun benteng. Karena hak tersebut, anggota VOC berperan sebagai negara bahkan menguasai nusantara.

Sejarah Nusantara (1602–1800)

Pada pertengahan abad ke-18, VOC mengalami kemunduran yang disebabkan oleh beberapa hal antara lain banyaknya pegawai VOC yang melakukan korupsi, peningkatan anggaran biaya perang, bertambahnya saingan dagang di Asia yaitu hadirnya Inggris dan Perancis, dan perubahan di VOC. Politik Belanda berubah dengan berdirinya Republik Batavia pada tahun 1795, yang demokratis dan liberal sehingga mendukung perdagangan bebas.

VOC akhirnya resmi dibubarkan pada tanggal 31 Desember 1799 dan utangnya mencapai 136,7 juta emas. Kekayaan yang tersisa di Indonesia berupa kantor perdagangan, gudang, benteng, kapal, serta berbagai bidang kekuasaan. (VOC) atau East Indies Trade Union adalah sebuah perusahaan yang didirikan pada tanggal 20 Maret 1602. Sebagai badan usaha, VOC mempunyai status istimewa karena didukung oleh negara. Ia menerima banyak manfaat serta keistimewaan khusus.

Meskipun mereka mempunyai hak istimewa dan kendali atas jalur perdagangan di Hindia Timur, yang sekarang disebut Indonesia, pekerjaan VOC pada akhirnya berakhir. Setelah mengalami kemunduran yang sangat berarti, VOC dibubarkan pada tanggal 31 Desember 1799.

Karena kegagalannya belakangan ini, VOC dibubarkan pada tanggal 31 Desember 1799. Alasan penurunan ini adalah sebagai berikut:

Akhir Kisah Voc, Perusahaan Terkaya Dunia Yang Menjajah Indonesia

Untuk melakukan intervensi dan menduduki wilayah, harus ada perang. Intervensi ini memerlukan upaya maksimal.

Terjadi perang besar-besaran dengan biaya perang yang sangat besar. Salah satunya adalah perang dengan Kerajaan Mataram, Goa-Talo, Tidore, Ternate dan Banten. Namun, VOC kembali tidak mampu membiayai perang tersebut karena awalnya bersifat eksploitatif dan sumber daya alam Indonesia habis.

Pada akhirnya VOC terus berusaha mendapatkan pinjaman untuk bertahan hidup. Akibatnya VOC tidak mampu lagi meminjam dan perang tidak lagi dapat dibiayai. Kemudian VOC dibubarkan pada tanggal 31 Desember 1799.

Baca Juga  Bernyanyi Dengan Cara Menyanyikan Lagu Satu Suara Disebut

Kekayaan VOC membuat kaum buruh berpikir bahwa kondisi akan tetap baik-baik saja. Kemudian pegawai menjadi lupa akan tugas, tanggung jawab dan amanahnya serta sibuk dengan pengayaan.

Sosok Jan Pieterzoon Coen, Gubernur Jenderal Voc Yang Menghancurkan Jepara

Akibatnya muncul korupsi yang dilakukan banyak pegawai sehingga berdampak pada keuangan VOC. Akhirnya korupsi mencapai puncaknya dan VOC dibubarkan pada tanggal 31 Desember 1799.

Banyak pegawai VOC yang merasa kaya dengan berlimpahnya uang akhirnya memutuskan pensiun. Namun posisinya akan kosong sehingga ia berinisiatif menjualnya kepada orang lain.

Sejak saat itu, fenomena suap semakin besar dan VOC dijalankan oleh orang-orang yang kurang berkompeten di bidangnya. Akibatnya, sistem terpengaruh. Akhirnya VOC bubar dan VOC dibubarkan pada tanggal 31 Desember 1799.

VOC memberlakukan aturan yang sangat ketat dan mengikat. Wilayahnya cukup luas. Namun kemajuan tersebut tidak dibarengi dengan pengawasan yang tinggi. Akhirnya muncul perdagangan ilegal antara pedagang Indonesia dan asing. Akhirnya kerugian VOC bertambah dan VOC dibubarkan pada tanggal 31 Desember 1799.

Kapan Voc Berdiri? Ini Sejarah Terbentuknya Voc Lengkap Dengan Tujuannya

Dengan mendaftar, Anda menerima Kebijakan Privasi kami. Anda dapat berhenti berlangganan buletin kapan saja melalui halaman kontak kami. Yang didirikan pada tanggal 20 Maret 1602. VOC merupakan persekutuan dagang terbesar di nusantara yang menyatukan perdagangan rempah-rempah wilayah timur untuk memperkuat Belanda. Situasi di Indonesia.

VOC adalah salah satu serikat pekerja paling sukses pada abad ke-17 dan ke-18. Pasalnya, VOC berhasil menyingkirkan Portugis yang sebelumnya telah membangun kerajaan dagang di Asia, tak lama setelah kelahirannya.

Tujuan dibentuknya VOC di Indonesia adalah untuk menguasai seluruh sumber daya yang ada. Pasalnya, Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah dan memiliki banyak pelabuhan yang menjadi tempat persinggahan para pedagang dari berbagai belahan dunia.

Untuk lebih jelasnya, berikut ikhtisar sejarah, tujuan terbentuknya VOC serta latar belakangnya, dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/6/2021).

Mengenal Asal Usul Nama Jakarta, Dari Sunda Kelapa Hingga Batavia Halaman All

Sejarah berdirinya VOC dimulai pada masa penjajahan Belanda di Indonesia yang terbagi menjadi dua periode. Dimana periode pertama adalah pada tahun 1602 hingga tahun 1799. Periode kedua berlangsung dari tahun 1800 hingga 1942. Pada mulanya orang Belanda datang ke Indonesia untuk berdagang. Namun pada tahun 1602 Belanda mendirikan VOC yang tujuan utamanya adalah memaksimalkan keuntungan.

Tujuan VOC semakin meluas sejak memindahkan pusat pemerintahannya dari Ambon ke Batavia. Batavia menjadi pelabuhan terpenting sekaligus pusat administrasinya. Dari Batavia, VOC terus menyebarkan pengaruhnya ke wilayah lain di Indonesia.

Baca Juga  Berikut Yang Bukan Termasuk Unsur Pembentuk Iklan Adalah

Pemerintah Belanda juga memberikan keistimewaan khusus. Keistimewaan tersebut berupa hak monopoli, perdagangan, hak mencetak uang sendiri, dan hak membuat kontrak dengan penguasa lain. Sehingga hal ini menjadikan VOC seperti negara yang mempunyai otonomi tersendiri untuk mengambil tindakan.

Setelah lebih dari satu abad, realisasi keuntungan menurun. Sementara uang tunai semakin terbatas, anggaran untuk VOC semakin besar. Situasi di VOC memburuk setelah itu, yang mengakibatkan VOC dibubarkan pada tanggal 31 Desember 1799.

Memang Eksploitatif Sejak Awal, Ini Sejarah Dan Tujuan Dibentuknya Voc

Terjadi persaingan yang ketat di antara perusahaan dagang Belanda. Masing-masing dari mereka ingin menaklukkan kelompoknya agar mendapat keuntungan lebih. Pemerintah dan parlemen Belanda memberikan perhatian khusus terhadap fakta ini, karena persaingan antar kongsi Belanda akan merugikan Kerajaan Belanda. Sehubungan dengan hal tersebut, pada tahun 1598 pemerintah dan Parlemen Belanda (Staten General) mengusulkan agar perusahaan dagang Belanda bekerjasama membentuk satu perusahaan dagang besar.

Usulan ini baru terealisasi empat tahun kemudian, yaitu pada tanggal 20 Maret 1602, sebagai hasil penggabungan perusahaan-perusahaan yang ada, maka secara resmi terbentuklah aliansi perusahaan-perusahaan dagang Belanda di nusantara. Perusahaan dagang Belanda ini bernama Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC) atau bisa juga disebut “Perusahaan Dagang India Timur atau East India Trading Company”. Dengan demikian, latar belakang berdirinya VOC adalah untuk menghindari persaingan tidak sehat antar perusahaan dagang yang berasal dari Belanda.

Berdirinya VOC di Indonesia oleh penguasa kolonial Belanda mempunyai beberapa motif. Berikut beberapa fungsi dan tujuan VOC secara lengkap.

Salah satu tujuan utama dibentuknya VOC oleh Belanda adalah untuk menyatukan usaha para saudagar Belanda. Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi persaingan usaha antar sesama pedagang Belanda agar dapat mencapai keuntungan yang maksimal.

Pendidikan Di Wilayah Pendudukan Portugis Dan Voc Di Nusantara

Tujuan lain terbentuknya VOC adalah untuk mengatasi persaingan dengan para saudagar dari negara-negara Eropa lainnya, khususnya Inggris, Spanyol dan Portugal. Dengan demikian VOC dan para saudagar Belanda mendominasi pasar perdagangan.

Tujuan pembentukan VOC selanjutnya adalah membangun kendali dan monopoli perdagangan rempah-rempah. Seperti yang Anda ketahui, Indonesia kaya akan rempah-rempah. Belanda juga berusaha memonopoli perdagangannya sehingga mendatangkan banyak keuntungan finansial.

Tujuan terbentuknya VOC selanjutnya adalah menguasai negara-negara di nusantara. Hal ini juga dilakukan untuk menangkap tentara kerajaan untuk dijadikan prajurit perang Belanda. Dengan cara ini VOC dapat mengontrol sumber daya manusia untuk meningkatkan daya juangnya.

Tujuan terbentuknya VOC selanjutnya adalah memperkuat posisi internasional Belanda di mata dunia. Hal ini penting dalam kaitannya dengan persaingan dagang dengan negara lain, terutama dengan Eropa. Keberadaan VOC juga membuat Belanda semakin disegani.

Sejarah Voc: Berikut 7 Faktanya

Tujuan lain dibentuknya VOC adalah untuk memberikan pendanaan kepada pemerintah Belanda yang sedang berperang melawan Spanyol yang masih menduduki Belanda. Keberadaan VOC juga penting sebagai penyumbang dana yang memungkinkan Belanda menyelesaikan konfliknya dengan Spanyol.

Tujuan pembentukannya

Voc berdiri pada tahun, voc didirikan pada tahun, voc dibentuk, harga koin voc tahun 1700, harga uang logam voc tahun 1790, tujuan dibentuk voc, latar belakang dibentuk voc, voc dibentuk pada tanggal