Pasar Sasaran Dari Produk Kerajinan Dengan Inspirasi Kebudayaan Nonbenda Adalah – Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya nasional. Setiap daerah mempunyai ciri budaya yang berbeda-beda, baik gabungan budaya kasat mata maupun budaya terpadu. Kebudayaan kasat mata adalah kebudayaan yang tidak dapat dilihat, seperti puisi, cerita rakyat, tari, dan upacara adat. Artefak budaya adalah kebudayaan tertentu, seperti pakaian daerah, barang adat, senjata, bangunan adat, dan lain-lain.

Budaya lokal dapat menjadi sumber inspirasi bagi para seniman untuk menciptakan produk yang unik dan menarik. Kerajinan yang terinspirasi dari kerajinan/budaya lokal adalah kerajinan yang dibuat dengan mengadaptasi atau mengembangkan unsur budaya baik bentuk, warna, karakter atau fungsinya. Contoh kerajinan yang terinspirasi dari benda-benda lokal/budaya adalah rumah adat kecil, perhiasan bertema tradisional, pakaian buatan tangan dari kain batik atau ulos, furnitur dan ukiran daerah, dll.

Pasar Sasaran Dari Produk Kerajinan Dengan Inspirasi Kebudayaan Nonbenda Adalah

Artefak yang terinspirasi dari peristiwa lokal/budaya mempunyai potensi pasar yang luas, baik dalam negeri maupun internasional. Pelanggan yang menyukai kerajinan tangan ini adalah mereka yang menghargai dan menikmati budaya Indonesia. Selain itu, kerajinan tangan tersebut juga dapat meningkatkan nilai jual pariwisata daerah, karena dapat menjadi oleh-oleh atau barang umum.

Mengelola Usaha Kerajinan Berbasis Budaya Lokal

Namun menjalankan bisnis kerajinan yang terinspirasi dari faktor lokal/budaya tidaklah mudah. Diperlukan tindakan untuk mencapai tujuan dalam hal industri kerajinan yang terinspirasi oleh pengrajin lokal/budaya. Kegiatan ini disebut perencanaan bisnis. Rencana bisnis adalah suatu rencana atau cara yang digunakan oleh seorang pengusaha untuk mencapai tujuan bisnis yang baik dan efektif.

Baca Juga  Jelaskan Perbedaan Waktu Di Indonesia

Dengan menerapkan rencana bisnis yang tepat, maka usaha kerajinan yang terinspirasi dari hal/budaya lokal dapat berkembang dan membawa manfaat bagi dunia usaha, masyarakat, dan negara.