Pengamalan Nilai Sumpah Pemuda Di Lingkungan Masyarakat Antara Lain – Mengingat Janji Para Pemuda, SMP Muhammadiyah PK Kothabarat Ajak Siswa Jaga Lingkungan Editor: Yusuf Yusuf | Sabtu, 29 Oktober 2022 08:40 WIB | Kategori: Sekolah

SOLO, – Siswa-siswi Program Khusus (PK) SMP Muhammadiyah Kothabarat Surakarta memaknai Hari Sumpah Pemuda dengan berbagai kegiatan yang digelar di sekolah tersebut, Jumat (28/10). Salah satunya adalah kegiatan bersih-bersih ramah lingkungan yang disebut Garbage Collection Movement (GPS).

Pengamalan Nilai Sumpah Pemuda Di Lingkungan Masyarakat Antara Lain

Bersama Arya, Humas SMP Muhammadiyah PK Kothabarat Surakarta mengatakan, semangat yang dijiwai hari Sumpah Pemuda tidak selalu diungkapkan melalui upacara bendera. Siswa diajak untuk berdiskusi, berefleksi dan memaknai kehidupan masyarakat.

Pengumuman Pemenang Lomba Menulis Sumpah Pemuda 2017

“Siswa kelas VII membahas tentang arti Standar Kepemudaan. Kelas VIII merefleksikan nilai-nilai Standar Kepemudaan dalam kehidupan sehari-hari. Kelas XI benar-benar mengambil langkah untuk menjaga lingkungan,” ungkapnya.

Menurutnya, aksi nyata di lapangan untuk kebersihan lingkungan sekitar sekolah adalah semangat pemuda untuk bersatu dan mempersatukan ibu pertiwi.

Budaya hidup bersih merupakan salah satu gerakan nyata yang dilakukan dalam semangat ikrar pemuda, makanya hari ini kita mengajak para siswa untuk lebih mencintai kebersihan lingkungan, ungkapnya.

Sebelum turun ke jalan untuk menjaga kebersihan lingkungan, para siswa melakukan salat Duha seperti biasa dan salat di kapel sekolah. Kemudian para siswa berdiskusi tentang makna Sumpah Pemuda. Acara dilanjutkan dengan sumpah pemuda bersama.

Rayakan Sumpah Pemuda Astra Motor Ntb Gelar Csr Internal

Sekelompok siswa berkumpul di sekitar sekolah dengan tong sampah plastik. Siswa mengumpulkan plastik, botol bekas, kertas, daun kering dan sampah lainnya dari pinggir jalan. Sampah dimasukkan ke dalam bak.

Para siswa terlihat antusias mengikuti kegiatan berburu pemulung. Bahkan ada yang rela terjun ke saluran irigasi untuk mengumpulkan sampah plastik. Sampah yang terkumpul dibuang ke bank sampah.

Baca Juga  Sikap Yang Tepat Terhadap Ayat Al-qur'an Adalah

Bantario Akmal Prasetyo, siswa kelas sembilan mengungkapkan kebahagiaannya karena ini merupakan pengalaman pertamanya memunguti sampah di pinggir jalan bersama teman-temannya.

“Senang karena ini yang pertama kali. Saya harap masyarakat lebih sadar akan kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah terutama di sungai atau saluran irigasi,” ujarnya sambil memperlihatkan sepatu kotornya yang berdiri di atas tanah dan saluran air yang gelap.

Ppkn Viii Kurikulum Merdeka Pages 101 150

Aryanto mengatakan, setelah kegiatan ini diharapkan para siswa lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan dan tidak ada yang mau mencemarinya.

Yusuf yusuf / 25 Februari 2023 Siswa SMP Muhammadiyah PK Solo Kumpulkan Dana untuk Turki SOLO, – Sebagai bentuk empati terhadap sesama, siswa Program Khusus (PK) SMP Muhammadiyah Kothabarat Surakarta mengikuti program aksi kemanusiaan untuk mengumpulkan dana bagi para korban. Mulai dari bencana alam…

Yusuf yusuf / 23 Februari 2023 Ikuti Safari Tunggal, Siswa SD Muhammadiya PK Kottabarat Belajar Keanekaragaman Hayati SOLO,- Sebanyak 79 siswa kelas II SDN Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti kegiatan field trip pada Selasa (14) di Solo Safari. ) 2/2023). Kegiatan outing class penuh dengan keakraban dengan…

Yusuf yusuf / 23 Februari 2023 SMA Muhammadiyah 2 Delangu SOLO dengan Diskusi Pendidikan SMA Muhammadiyah PK Kottabarat, – SMA Muhammadiyah Kottabarat Surakarta SLB Muhammadiyah 2 Delangugram SLB Klaten mengadakan diskusi pendidikan dengan kepala sekolah yang baru sekolah program. , Rabu (22/2/2023). Berbicara tentang…

Prof. Dr. Suranto, Phd Buka Deklarasi Dan Diskusi Kaum Muda Pancasila Dalam Rangka Peringati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021

Yusuf yusuf / 20 Februari 2023 Program Karakter Unggul Sekolah Muhammadiyah Kothabarat Solo, – Rabu, 15 Februari 2023 Studio SMA Muh PK TV mengadakan acara diskusi interaktif dengan topik Program Karakter Unggul Sekolah. Hadir sebagai narasumber…

Yusuf yusuf / 20 Februari 2023 SMA Muhammadiyah PK Kottabarat adakan Bedah Buku SOLO,- Program Khusus (PK) Muhammadiya PK Kottabarat Surakarta melakukan kegiatan Bedah Buku pada Jumat (17/2/2023) di Aula SMA Muhammadiyah PK Kottabarat . Bedah buku ini merupakan bedah buku keempat… IMMEDIA LAGI BUKA REKRUTMEN: Yuk… Kebijakan Pencitraan, Baik atau Buruk? Film Kejahatan Digital yang Mengerikan, Dibuka… Formasi Al-Khalb USU kembali memiliki program kerja. ..DPW-PERWAKU Sumut Rayakan HUT Pertama,… Kriyafest 2023 Pembukaan Pemungutan Suara USU Periode 2023/2024 Diluncurkan Langsung di Daerah Oleh PEMA, USU Buka… Jangan Lupa Jauh-jauh Pulang, Bersejarah.. USU Gelar Sosialisasi IISMA 2023

Suara USU, Medan. “Kita tidak boleh mewarisi abu masa muda, tetapi kita harus mewarisi api masa muda.” -Bung Karno

Pemuda adalah aset bangsa, di tangan pemudalah perubahan bangsa dipertahankan. Tanggal 28 Oktober 2021 merupakan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93. Dalam rangka memperingatinya, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia menerbitkan tema “Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh”.

Baca Juga  Kupu-kupu Terbang Merupakan Contoh Gerak

Makna Dan Arti Penting Sumpah Pemuda Yang Perlu Diketahui

Sumpah pemuda seharusnya lebih dari itu, pemuda harus tahu perannya sebagai agen perubahan, apalagi mahasiswa yang sering dipromosikan.

Namun, dewasa ini peran tersebut tampaknya bergeser kepada siswa itu sendiri. Api semangat standar kepemudaan seakan kehilangan bahan bakarnya, lama kelamaan mengecil hingga menghilang menjadi abu, sehingga tergantikan oleh individualisme, hedonisme dan terkadang ketidakpedulian. Sikap kritis perlahan menghilang dari mereka, mereka sibuk mengejar pin IP, sehingga melupakan peran yang ada di pundak mereka.

Dikatakannya, pemuda saat ini sibuk dengan kepentingan pribadinya sambil memperkaya diri sendiri, sehingga menutup mata terhadap banyak orang.

Suara mereka tidak akan terdengar lagi menentang pemerintahan yang tidak setara. Sangat disayangkan bahwa ini adalah perjuangan pemuda pertama yang bersatu untuk memperjuangkan kebebasan ras mereka.

Fakta Tentang Sumpah Pemuda

Pemuda hari ini rakus akan kekuasaan sampai berkelahi dengan rekan seperjuangan mereka. Semangat persatuan telah hilang sama sekali. Hanya hari ini, siswa hanya mementingkan keberadaan pribadi mereka. Dualisme menjadi sesuatu di mana-mana

Bukan hanya untuk merayakan Janji Muda sebagai hari jadi tetapi untuk setiap pemuda di seluruh negeri. Sumpah pemuda ini harus dikenang sebagai warisan api, semangat persatuan dan sumpah pemuda.

USU Al-Khalb Construction akan kembali menggelar program kerja tetap Psycho Siari, “Apa yang harus saya lakukan…

DPW-PERWAKU Sumut merayakan hari jadinya yang pertama Kerjasama masyarakat terhadap lingkungan penting untuk keberlanjutan kolonialisme Belanda di Indonesia. Acara Jugend Ode mengajarkan semangat juang pemuda dan pemersatu bangsa Indonesia sehingga menjadi inspirasi bagi pemuda masa kini untuk membangun bangsa Indonesia yang lebih baik.

B7fd4 Makna Sumpah Pemuda

Namun pada kenyataannya banyak anak muda yang tidak menerapkan nilai-nilai Janji Muda dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Anda, apa yang dapat kita lakukan untuk memahami nilai janji awet muda dalam kehidupan sehari-hari? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Sumpah Pemuda mempengaruhi seluruh rakyat Indonesia untuk menjaga rasa nasionalisme atau cinta tanah air dan tanah air agar cita-cita bangsa dapat tercapai, yaitu kemerdekaan Indonesia sebagai satu kesatuan.

Indonesia merupakan negara yang sangat majemuk dengan berbagai suku, bangsa, agama, etnis dan bahasa. Kebhinekaan inilah yang menjadi semboyan negara, “Bhinneka Tungal Ika”, yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu.

Jika kita melihat sejarah negara Indonesia, persatuan dan kesatuan masyarakat dapat membebaskan negara ini dari penjajah. Persatuan bangsa Indonesia berlabuh pada sila ke-3 pancasila yang dijadikan sebagai ajaran dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara. Sebagai generasi muda, mari jaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia!

Baca Juga  Faktor Kelenturan Sangat Diperlukan Dalam Lompat Tinggi Saat

Sebutkan Contoh Pengamalan Nilai Nilai Sumpah Pemuda Di Lingkungan Masyarakat!

Dari contoh di atas dapat disimpulkan bahwa untuk menjaga persatuan dan kesatuan negara kita, kita harus membangun fondasi yang tepat untuk menjadi negara Indonesia yang merdeka, berdaulat, adil dan makmur. Kemerdekaan sulit dicapai jika negara tidak bersatu.

Sahabat, kita harus selalu ingat bahwa persatuan yang diwarisi dari nenek moyang kita harus dijaga. Saat ini banyak ancaman yang mencoba memecah persatuan dan kesatuan bangsa ini adalah palsu. Dulu kita bisa melihat langsung jika pemuda menghadapi kolonialisme, tapi sekarang yang kita hadapi adalah narkoba dan korupsi.

Sikap rela berkorban erat kaitannya dengan sikap cinta tanah air. Rela berkorban berarti bersedia melakukan sesuatu untuk kebaikan bersama (bangsa dan negara) tanpa mengharapkan imbalan. Menurut Anda seperti apa pengorbanan diri itu?

Dalam program Ikrar Yuvajana, para pemuda siap mengorbankan jiwa, raga, harta benda, waktu dan tenaga demi kebaikan bangsa dan negara. Sekarang giliran kita melanjutkan perjuangan nenek moyang kita, meskipun apa yang mereka hadapi dulu dan sekarang berbeda.

Peringati Sumpah Pemuda, Ajak Siswa Peduli Lingkungan

Nah, itulah beberapa nilai dan contoh penerapan Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari. Ayo… siapa yang malas belajar? Atau bolos kelas? Sebagai generasi muda, jangan lupa untuk giat belajar dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Unduh aplikasi Saya Bisa untuk mengakses e-book dan soal latihan. Teman-teman bisa menyimak materi pembelajaran lainnya melalui video di channel YouTube Saya Bisa UTARA TIMES – Artikel berisi contoh-contoh janji pemuda dalam kehidupan sehari-hari. Menyambut Hari Sumpah Pemuda 2021 para pemuda dapat mengamalkan nilai-nilai Sumpah.

Hal tersebut dapat dengan mudah dipraktekkan mulai dari keluarga, sekolah maupun masyarakat untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda 2021.

Sebaiknya nilai-nilai Sumpah Pemuda dipraktekkan tidak hanya pada Hari Sumpah Pemuda 2021 tetapi juga pada hari-hari lainnya.

Baca Juga: 162 Kunci Jawaban Kelas 5 SD Hasil Peringkat Tiga Buku Selamat Belajar Matematika

Nilai Nilai Luhur Yang Terkandung Dalam Sumpah Pemuda

Terakhir, pahami contoh-contoh sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda 2021 pada tanggal 28 Oktober.***

Prediksi Skor Southampton vs Grimsby Town di Piala FA: Head to Head, Berita Tim, dan Prediksi Susunan Pemain

Prediksi Skor BRI Liga 1 FC vs PSIS Semarang, Head to Head dan Prediksi Susunan Pemain

Prediksi Skor Osasuna vs Athletic Bilbao di Copa del Rey: Preview, Kondisi Tim, Taktik dan Head to Head

Worksheet Pkn2 1 Worksheet

Prediksi Skor Stoke City vs Brighton, Head to Head, Garis Awal Piala FA

Contoh hak dan kewajiban di lingkungan masyarakat, tata krama di lingkungan masyarakat, gambar kerja bakti di lingkungan masyarakat, konflik di lingkungan masyarakat, hak di lingkungan masyarakat, perilaku wirausaha secara sosial dan lingkungan antara lain adalah, phbs di lingkungan masyarakat, pengamalan sumpah pemuda, contoh kerja bakti di lingkungan masyarakat, masalah sosial di lingkungan masyarakat, sumpah pemuda di, gambar gotong royong di lingkungan masyarakat