Pengertian Individu – 2 Tujuan Pembelajaran Umum Siswa dapat memahami dan mengevaluasi berbagai permasalahan sosial yang berkaitan dengan perkembangan individu dan keluarga

5 Orang Arti “pribadi” berasal dari kata Latin “individu” yang berarti “tidak terbagi”. Dalam ilmu-ilmu sosial, fokusnya adalah pada studi tentang peristiwa-peristiwa kehidupan tertentu yang berdampak kecil pada kehidupan masyarakat. Kata “pribadi” bukan berarti manusia sebagai suatu kesatuan, melainkan manusia sebagai suatu makhluk hidup yang terhitung dalam “pribadi”. Oleh karena itu, karakteristik seseorang berbeda dengan orang lain meskipun mereka tinggal di lingkungan yang sama. Serupa tetapi tidak sama: Pola pikir dan sifat mempunyai ciri khasnya masing-masing. Karena perbedaan-perbedaan tersebut, individu mempunyai keuntungan dalam mengetahui berbagai macam pengetahuan seperti bahasa, agama, adat istiadat, hukum, ilmu pengetahuan, dan lain-lain. Dapat disimpulkan bahwa seseorang adalah manusia yang tidak hanya mempunyai peranan unik dalam lingkungan sosialnya, tetapi juga mempunyai pola dan perilaku yang spesifik dan bervariasi.

Pengertian Individu

Pertumbuhan adalah suatu proses pergaulan, yaitu perubahan bertahap pada diri seseorang baik karena pengalaman eksperiensial eksternal maupun pengaruh panca indera, yang melalui keadaan pikiran seseorang menimbulkan sensasi atau pengalaman yang menimbulkan refleksi. Sedangkan menurut ahli psikologi Gestalt, pertumbuhan adalah suatu proses diferensiasi, yaitu lambatnya pertumbuhan seorang individu melalui mengetahui sesuatu secara keseluruhan kemudian mengetahui bagian-bagian dari lingkungan yang ada. Sedangkan menurut konsep sosialisasi, pertumbuhan adalah suatu proses sosialisasi dimana individu bertumbuh secara bertahap melalui interaksi sosial dengan individu lain di dalam dan di luar lingkungannya.

Deni Agus Stiawan ( ) Rut Indiyani ( )

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN PRIBADI 1. Faktor Biologis (Kemapanan Nativis) Semua manusia yang normal dan sehat pasti mempunyai kepala, tangan, kaki dan bagian tubuh lainnya yang utuh. Ini mungkin menjelaskan beberapa kesamaan dalam kepribadian dan perilaku. Namun, ada warisan biologis khusus. Artinya tidak semua individu mempunyai ciri fisik yang sama. 2) Faktor Geografis (ilmu empiris dan lingkungan) Setiap lingkungan fisik yang baik akan mendatangkan hal-hal baik juga bagi penghuninya. Hal ini mengarah pada hubungan yang berfungsi dengan baik antara orang-orang dan mengembangkan kepribadian yang baik pada setiap orang. Namun, jika lingkungan fisik tidak baik dan tidak ada hubungan baik dengan orang lain, maka terciptalah kondisi yang merugikan. 3) Faktor budaya tertentu (terjalinnya integrasi dan interaksi) Perbedaan budaya dapat mempengaruhi kepribadian anggotanya. Namun demikian, hal ini tidak berarti bahwa semua individu dalam suatu masyarakat dengan budaya yang sama mempunyai kepribadian yang sama.

Baca Juga  Kegiatan Ekonomi Utama Penduduk Filipina Adalah Di Bidang

10 Fungsi Keluarga Fungsi keluarga adalah suatu pekerjaan atau tugas yang harus diselesaikan oleh anggota-anggota yang terlibat

Fungsi biologis yaitu fungsi keluarga adalah fungsi pokoknya, yaitu penerusan garis keturunannya. Fungsi konservasi yaitu melindungi setiap anggota keluarga dari gangguan dengan menyediakan rumah untuk berteduh, memberikan pelayanan kesehatan bila salah satu anggotanya sakit dan menjamin keselamatan dari segala bahaya yang akan datang. Fungsi ekonomi, yaitu fungsi memenuhi kebutuhan setiap anggota keluarga. Misalnya saja seperti seorang kepala rumah tangga yang mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya. Kegiatan keagamaan, yaitu fungsi keluarga sebagai sarana penanaman/pengubahan nilai-nilai atau unsur-unsur agama kepada anggota keluarga. Misalnya saja keyakinan akan adanya Tuhan pada diri manusia dan pedoman hidup di dunia dan akhirat. Fungsi sosial, yaitu fungsi keluarga sebagai bekal masa depan anak-anaknya ketika kelak memasuki dunia masyarakat dan lingkungannya.

12 Pengertian Keluarga Keluarga berasal dari bahasa Sansekerta: “Kulwarga”; “Bangsa” dan “warga negara” berarti anggota. Keluarga merupakan suatu lingkungan dimana terdapat banyak orang yang masih mempunyai hubungan darah. Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat, hidup bersama dalam satu atap di bawah kepala keluarga dan saling bergantung. Menurut Salvicion dan Celis (1998), keluarga terdiri dari dua orang atau lebih yang dihubungkan oleh darah, perkawinan atau adopsi, tinggal dalam rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan perannya masing-masing, serta menciptakan dan memelihara suatu budaya. Keluarga juga merupakan kelompok yang pertama kali dikenal individu dan mempunyai pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan individu, sebelum dan sesudah ia terlibat langsung dalam lingkungannya dan menjadi bagian dari masyarakat.

Pengertian Dan Manfaat Role Model Bagi Individu Dalam Menjalani Hidup

Selo Sumarjan (1974), masyarakat terdiri dari orang-orang yang hidup bersama yang menciptakan kebudayaan. Menurut Koentjaraningrat (1994), masyarakat adalah suatu kesatuan kehidupan manusia yang berinteraksi menurut suatu adat istiadat tertentu, berkesinambungan dan terikat oleh suatu identitas bersama. Menurut Ralph Linton (1968), masyarakat adalah sekelompok orang yang hidup dan bekerja sama dalam jangka waktu yang relatif lama dan mampu menertibkan hidup berdampingan serta memandang dirinya sebagai suatu unit sosial. Karl Marx: Masyarakat adalah suatu struktur yang mengalami ketegangan organisasi atau perkembangan akibat konflik antara kelompok-kelompok yang terpisah secara ekonomi. Paulus B. Horton dan C. Perburuan: Masyarakat adalah kumpulan orang-orang yang relatif mandiri yang telah hidup bersama selama jangka waktu yang cukup lama. Mereka tinggal di suatu daerah tertentu dalam jangka waktu yang lama, mempunyai kebudayaan yang sama dan melakukan sebagian besar kegiatan dalam kelompok/kelompok orang tersebut.

Baca Juga  Perjanjian Mengenai Kawasan Damai Bebas Dan Netral Di Asean Adalah

Masyarakat sederhana: Sekelompok orang yang hidup dalam lingkungan sederhana dan membagi pekerjaannya berdasarkan jenis kelamin anggotanya. Masyarakat Maju: Kelompok dengan banyak organisasi sosial yang tumbuh dan berkembang berdasarkan kebutuhan dan tujuan tertentu yang ingin mereka capai.

1. Kelompok Primitif Masyarakat Non-Industri: Pada kelompok primitif, interaksi antar anggotanya lebih intens, dekat dan akrab. Kelompok primer ini disebut juga “kelompok tatap muka” karena anggota kelompok sering berinteraksi satu sama lain secara tatap muka sehingga lebih akrab dan akrab satu sama lain. Sifat interaksi antar kelompok primer lebih didasarkan pada kekeluargaan dan empati. Pembagian kerja atau pembagian kerja ke dalam kelompok-kelompok, seperti penilaian dan eksekusi tanpa kekerasan, lebih diarahkan pada kesadaran dan tanggung jawab anggotanya serta dilakukan atas dasar simpati dan kesukarelaan. Kelompok Sekunder: Anggota kelompok sekunder memiliki hubungan tidak langsung dan formal satu sama lain dan kurang bersifat kekeluargaan. Oleh karena itu, sifat interaksi dan pembagian kerja antar anggota kelompok diatur oleh pertimbangan rasional. Tujuan Anggota menerima pekerjaan/kategori pekerjaan berdasarkan keahliannya: keahlian khusus, selain tingkat komitmen yang diperlukan. Hal-hal tersebut diperlukan untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan dalam program yang telah disepakati. 2. Masyarakat industri Jika pembagian kerja semakin kompleks, ini pertanda efisiensi masyarakat semakin meningkat. Solidaritas didasarkan pada hubungan saling bergantung antara kelompok individu tertentu. Otonomi serupa juga menjadi ciri bagian atau kelompok masyarakat industri. Suatu bentuk otonomi dapat diartikan sebagai kecerdasan/kemampuan tertentu yang dimiliki seseorang sampai taraf tertentu secara mandiri.

Keluarga mempunyai hubungan fungsional dengan komunitas tertentu. Proses pengembangan pribadi yang berkarakter dan berkepribadian hendaknya dilakukan sesuai dengan struktur masyarakat yang ada agar seseorang menjadi seseorang yang mampu mengembangkan dan mengendalikan dirinya serta orang-orang disekitarnya dalam masyarakat. Masyarakat adalah sekelompok orang yang berinteraksi dan terhubung untuk mencapai tujuan bersama. Masyarakat adalah tempat di mana individu dapat melihat dengan jelas prospek pembangunan. Jika keluarga merupakan tempat dimulainya proses tersebut, maka ketika individu menjadi bagian dari masyarakat maka ia akan diuji untuk mengembangkan dan menerapkan apa yang dipelajarinya dari keluarganya. Seseorang yang termasuk dalam masyarakat tertentu berarti ia termasuk dalam konteks budaya tertentu. Pada tahap ini, rasa individualitas seorang individu menjadi jelas dan signifikan, karena di sini individu terlibat langsung dan menjadi anggota masyarakat yang mewujud.

Baca Juga  Pernyataan Yang Tepat Tentang Metamorfosis Pada Hewan Adalah

Pengertian Manajemen Aset

Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. Akibat urbanisasi, populasi perkotaan menjadi lebih padat dan permukiman kumuh berkembang. Banyak menyebabkan pengangguran dan kriminalitas di perkotaan.

19 Akibat Urbanisasi • Penduduk kota sebagian besar terdiri dari generasi muda yang sangat produktif dan banyak menunjukkan inisiatif. • Populasi perkotaan semakin padat. • Mempengaruhi kelancaran pembangunan desa. Menurut John Clarke: Pertumbuhan penduduk dikatakan pesat bila kelompok umur 0 -14 tahun >40% dan kelompok umur 60 tahun minimal 10%.

TUGAS Wawancara dengan perwakilan masyarakat dengan topik “Fungsi pribadi sebagai individu, keluarga dan masyarakat”: Kebutuhan tokoh masyarakat yang menjadi Objek: Orang yang berumur 25 sampai 50 tahun mempunyai pekerjaan/pekerjaan, tidak betah bersama keluarga. Tugas yang Direkam: Hasil wawancara (tulisan tangan/diketik) dengan karakter data pendek numerik. Gambar akhir dengan gambar

Untuk mengoperasikan situs web ini, kami mencatat data pengguna dan mengirimkannya ke pemroses. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui Kebijakan Privasi kami, termasuk Kebijakan Cookie. Pribadi “Person” berasal dari kata Latin “persona” yang berarti “tak terpisahkan”. Kata “orang” adalah kata yang dapat digunakan untuk mengungkapkan sesuatu.

Portofolio :: Komunikasi Interpersonal Dalam Berbisnis

Presentasi berjudul: “I. Person “Person” berasal dari kata Latin “person” yang berarti “tidak dapat dibagi-bagi”. Kata “person” merupakan suatu konsep yang dapat diungkapkan.” – Transkrip Presentasi:

2 I. Pribadi “Person” berasal dari kata Latin “person” yang berarti tidak dapat dibagi-bagi. Kata “orang” merupakan kata yang dapat menyatakan satuan terkecil dan terbatas. Menurut Dr. A. Perizinan.

Pertumbuhan pada dasarnya adalah sebuah proses asosiasi. Dalam proses asosiasi, bagian-bagian adalah yang utama. Bagian-bagiannya didahulukan, kemudian keseluruhannya. Bagian-bagian ini sepenuhnya terhubung melalui asosiasi.

4 II. Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat dan sekaligus merupakan kelompok kecil dari masyarakat. Kelompok ini sering disebut sebagai kelompok primer dalam hal pengembangan pribadi. Kelompok ini menghasilkan individu-individu dengan tipe kepribadian yang berbeda-beda

Apa Itu Phising? Pengertian Dan Contoh 2023

Pengertian individu dalam biologi, pengertian kepribadian individu, pengertian karakter individu, pengertian individu dan contohnya, pengertian makhluk individu, pengertian asuransi individu, pengertian perilaku individu, pengertian individu dan kelompok, pengertian individu biologi, pengertian individu dalam sosiologi, individu, pengertian individu dengan kelompok