Pengisi suara (VA) asal Inggris dari karakter Tighnari, Elliot Isaac Gindi di Genshin Impact, ditangkap karena melakukan pelecehan seksual terhadap penggemarnya.

Kasus tersebut terungkap saat mantan moderator Discord dan Twitch Gendy merilis memo setebal 19 halaman yang berisi log obrolan tiga orang yang menuduh Gendy melakukan pelecehan.

Prajurit tersebut dilaporkan telah melakukan pelecehan emosional, pelecehan seksual, pemerasan, dan pernyataan sporadis pada akhir tahun 2022.

Salah satu terdakwa, yang mengatakan dia masih di bawah umur, mengatakan Elliott mengancam Gendy dengan kematian setelah menghadapi kemungkinan mengungkapkan perilakunya.

Mengutip balitteknologikaret.co.id Selasa, 14 Februari 2023 (14 Februari 2023), tentara itu mengakui “semua pembicaraan tentang seks yang mengerikan” dan beberapa tuduhan, termasuk ancaman bunuh diri.

Pengisi suara Tighnari menulis, “Saya mengerti apa yang saya lakukan salah dan tidak pantas.”

Menurut Sportskeeda, Gindi sejak saat itu tidak aktif di Twitter-nya, mengklaim bahwa dia sedang menjalani perawatan dan tidak akan melihat balasan di profilnya.

Namun, Suara Tighnari menyangkal tuduhan perawatan dan paksaan, serta tuduhan transfobia, bersikeras bahwa semua interaksi adalah suka sama suka, dan “dengan jelas menolak” anak di bawah umur yang dia kenal.

Banyak juga penggemar Genshin Impact yang menyayangkan munculnya kasus pelecehan seksual ini dan meminta Hoyobus untuk mengganti pengisi suara Tignari.

Pengisi suara Genshin Impact Chris Faiella juga secara terbuka menyatakan bahwa dia akan “memperbaiki situasi” dan memanfaatkan pengaruhnya yang “terbatas” di studio game.

Brianna Knickerbocker, yang menyuarakan Hu Tao, juga menyerukan “konsekuensi” untuk pasangannya dan meminta siapa pun yang menjadi korban intimidasi Gindi untuk keluar.

HoYoverse dilaporkan mengetahui masalah tersebut, seperti yang diungkapkan oleh pengisi suara Inggris Qiqi Christy Kitt, yang membagikan tanggapan perusahaan atas pertanyaan dari Kotaku.

Baca Juga  Cara Menghapus Akun Twitter Anda Secara Permanen Pada Tahun 2023

Tanggapan ini sebagai jawaban atas pertanyaan apakah perusahaan akan menggantikan Gendy sebagai pengisi suara Tignari.

“Kami sangat menyesal atas kerugian dan kerusakan yang kami timbulkan pada penggemar, pemain, komunitas, dan semua orang yang terkena dampak,” tulis HoYoverse dalam email.

“Baik tim internal kami, termasuk studio sulih suara kami, dan mitra eksternal kami bekerja sama secara erat untuk solusi yang mendesak. Kami akan memberi Anda informasi tentang kemajuan kami,” kata mereka.

Belum jelas apa yang akan dilakukan HoYoverse, tetapi kemungkinan akan menggantikan sulih suara bahasa Inggris Tighnari.

Sebelumnya, pengisi suara China Li Yuantao mengalami skandal serupa. Pengembang sepenuhnya menghapus suara Oz dari game.

Sensor Tower baru-baru ini menerbitkan laporan yang mencantumkan game seluler dengan pendapatan kotor tertinggi di Asia Tenggara untuk November 2022.

Dalam daftar tersebut, Mobile Legends: Bang Bang menduduki puncak daftar dengan pemain menghabiskan sekitar $10,6 juta USD.

Sekitar 36,2% dari pendapatan game yang diterbitkan Moonton berasal dari Indonesia, diikuti oleh Malaysia sebesar 28,9% dan Filipina sebesar 18,8%.

Setelah itu, Garena Free Fire (bersama Garena Free Fire MAX) menjadi game mobile dengan pendapatan kotor tertinggi kedua di Asia Tenggara pada November 2022. Penembak orang pertama ini meraup hampir US$7,4 juta.

“40,6% pendapatan Garena Free Fire Asia Tenggara berasal dari Thailand, diikuti oleh Indonesia dengan 31,6% dan Malaysia dengan 17,1%,” kata Sensor Tower.

Melengkapi posisi lima besar, game terlaris berikutnya adalah Genshin Impact dari COGONOSPHERE, Honor of Kings dari Tencent, dan Roblox.