Pola Lantai Sangat Dipengaruhi Oleh Arah – Tari Yapong merupakan salah satu bentuk seni gerak tradisional yang berasal dari Jakarta khususnya dari suku Betawi. Bagi sebagian masyarakat yang belum familiar dengan jenis tari tradisional ini bisa membandingkannya dengan tari Jaipong yang berasal dari Jawa Barat. Sebenarnya kedua tarian ini sangat berbeda.

Salah satu hal yang membedakan kedua jenis tari tersebut adalah sejarah terciptanya tari tersebut. Menurut sejarahnya, tari khas Betawi ini bermula dari sebuah tari hiburan yang diciptakan sebagai tarian pertunjukan.

Pola Lantai Sangat Dipengaruhi Oleh Arah

Namun seiring berkembangnya zaman dan ketertarikan masyarakat terhadap tarian ini, tujuan dari tarian Yapong pun berubah. Dari tari masa kini kemudian menjadi tari pergaulan yang digunakan untuk mengisi berbagai acara.

Kisah Trader Jesse Livermore Yang Legendaris

Tarian tradisional ibu kota ini mewakili interaksi sosial anak muda yang diciptakan oleh seniman senior Indonesia Bagong Kussudiardja. Tarian ini akhirnya dipentaskan pertama kali pada tahun 1977 dalam rangka memperingati hari jadi Jakarta yang ke-450.

Tema tarian ini adalah pada panggung atau prosesi penyambutan Pangeran Jayakarta. Konon Pangeran Jayakarta bernama Fatahillah ingin merebut pelabuhan Sunda Kelapa dari tangan penjajah. Peristiwa ini diharapkan dapat menjadi inspirasi cerita dalam tari Yapong ini.

Penari dalam tarian ini digambarkan sebagai manusia kecil yang melahirkan rasa gembira dan bahagia. Mereka pun meneriakkan kata “ya ya ya” sambil menari. Sementara itu, musik latar akan berbunyi “pong pong pong”.

Oleh karena itu, tarian ini akhirnya diberi nama dan dikenal dengan nama tari Yapong. Tidak ada arti khusus dalam pemilihan kata tersebut, hanya menggambarkan betapa bahagianya para penari.

Pasang Surut (tide) Air Laut

Untuk menampilkan tarian ini biasanya dibutuhkan sekitar 5-10 orang penari wanita yang berbaris simetris. Namun terkadang ada juga pertunjukan dengan penari pria.

Sebagai salah satu tarian tradisional, tari Yapong biasa ditampilkan dalam acara budaya Betawi atau upacara adat. Selain itu, tarian ini juga sering dijadikan hiburan pada hari ulang tahun provinsi dan ibu kota, pesta-pesta yang diadakan di Jakarta, dan perayaan Hari Kemerdekaan RI.

Baca Juga  Arah Lemparan Bola Saat Memasukkan Bola Ke Keranjang Adalah

Pada awal kemunculannya, tari Yapong merupakan tari balet. Balet sendiri merupakan pertunjukan seni yang memadukan tari dan drama tanpa dialog menjadi satu kesatuan pertunjukan atau pertunjukan.

Ide atau usulan pertunjukan tari ini berawal dari inisiatif Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Belakangan, usulan dan tugas tersebut dipercayakan kepada sutradara pertunjukan, Bagong Kussudiardjo, yang juga merupakan salah satu seniman besar saat itu.

Desain Lanskap Kawasan Stadion Wibawa Mukti Cikarang Berbasis Persepsi Pengguna Stadion

Gerakan-gerakan dalam tarian ini juga tidak dirumuskan atau dilakukan secara asal-asalan. Sebaliknya melalui penelitian dan observasi panjang terhadap budaya dan kehidupan masyarakat Betawi. Bagong yang menjabat sebagai sutradara mempelajari sastra khususnya tentang masyarakat Betawi dan seni drama dan tari atau biasa disebut balet.

Kisah perjuangan yang dekat dengan masyarakat Jakarta, yakni perjuangan Pangeran Jayakarta, ia angkat sebagai latar belakang tariannya. Dalam pertunjukannya, para penari wanita diceritakan bergembira menyambut kedatangan Pangeran Jayakarta.

Bagian yang nyaman ini pun menarik perhatian penonton. Mereka mengapresiasi dan memberikan respon positif karena gerakan pada bagian tarian ini sangat menarik.

Berkat antusiasme dan respon yang luar biasa, bagian penyambutan ini dipisahkan dari rangkaian balet yang kemudian ditampilkan dalam bentuk tarian tunggal. Bagong Kussudiardja pun menjadikan tarian ini layak untuk dibawakan secara mandiri.

Soal Sbdp Kelas 6 Semester 1 (tema2)

Tarian ini resmi berdiri pada tahun 1977. Merupakan kelompok tari yang tergolong baru dibandingkan dengan tarian tradisional daerah lain yang ada dan telah diwariskan selama ratusan tahun dari generasi ke generasi.

Pementasan pertama digelar saat Jakarta memperingati hari jadinya yang ke-450, pada tanggal 20 dan 21 Juni 1977, di Convention Hall Senayan, Jakarta. Pada awal pertunjukan, ada sekitar 300 seniman terdiri dari pemusik dan penari yang terlibat dalam pertunjukan balet ini.

Padahal, tari Yapong merupakan tari yang merupakan wujud akulturasi budaya. Hal ini terjadi karena tari Yapong diciptakan pada zaman modern dan menonjolkan unsur budaya tradisional suku Betawi. Hal-hal yang menjadi dasar latihan tari Yapong adalah:

Genre tari pop modern merupakan salah satu unsur keseharian yang terdapat dalam tari Yapong. Contoh kecilnya adalah pada gerakan-gerakan yang bergantung pada tangan dan kaki.

Pentingnya Pelajari Analisis Teknikal Saham

Alasan mengapa tarian asal tanah Jakarta ini masuk dalam tari kontemporer adalah karena Yapong tidak mempunyai standar khusus seperti tari tradisional lainnya. Hal ini membuat gerakan yang dihasilkan tampil lebih dinamis karena gerakan penari dilakukan dengan tempo cepat.

Baca Juga  Apa Yang Kamu Ketahui

Kesenian ini juga terus mengalami perkembangan dan variasi gerak tarinya. Faktanya, setiap pertunjukan bisa saja memiliki gerak tarian yang berbeda-beda meskipun temanya sama.

Tarian khas suku Betawi ini cukup kaya akan pengaruh tari pop. Sebab, banyak unsur tari tradisional seperti Betawi dan Sumatera (Melayu) yang ikut serta dalam gerakan tersebut.

Hal ini tercermin pada gerak tarinya yang sederhana namun dinamis. Gerakan kaki, tangan, dan pinggul para penarinya mengadopsi tarian tradisional daerah lain yang dipadukan dengan tren tari pop.

Desentralisasi Fungsional Untuk Ppdb

Jika dilihat sekilas, kostum penari Yapong mirip dengan tari topeng bunga yang sama-sama berasal dari Betawi. Kemiripan lainnya terdapat pada warna pakaian yang cerah dan detail aksesoris yang digunakan. Selain itu juga terdapat hiasan yang digunakan pada kepala dan selendang atau toka-toka untuk menutupi dada penari.

Ternyata, ada unsur Tionghoa dalam kostum tari ini. Inilah alasan naga merah. Diketahui motif ini juga digunakan dalam pertunjukan opera Tiongkok.

Latar musik tari Yapong berasal dari iringan alat musik gamelan. Tak heran jika alat musik tradisional yang digunakan terdiri dari gamelan Betawi, gamelan Jawa Barat, dan gamelan Jawa Tengah. Setelah tarian ini lepas dari rangkaian sendratari, alat musik gamelan Betawi semakin populer di kalangan masyarakat.

Penari Yapong mempunyai kostum khusus yang dipakai untuk menampilkan pertunjukan tari. Pakaian yang dikenakan penari Yapong sebenarnya sangat mirip dengan pakaian yang dikenakan penari Kembang Topeng yang sama-sama berasal dari Betawi. Namun yang berbeda adalah warna baju tari Yapong yang lebih cerah karena dipengaruhi oleh kesenian khas Tiongkok.

Bantu Big Poin Kuiss⬆​

Selain kostum yang dikenakannya, para penari juga menggunakan beberapa alat peraga khusus untuk menunjang penampilannya selama pertunjukan. Ciri-ciri yang digunakan dalam pertunjukan tari Yapong adalah:

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pakaian yang dikenakan penari Yapong memiliki warna yang cukup cerah. Sebab, busana tersebut dipadukan dengan kain batik khas Betawi. Cara memakainya pun cukup sederhana, yakni melilitkan kain batik di pinggang hingga menutupi bagian bawah lutut penari.

Properti selanjutnya yang digunakan dalam pertunjukan tari Yapong adalah Tengkolok. Rambut ini berbentuk mahkota yang dihiasi bunga-bunga. Bentuk mahkota ini setengah lingkaran, bukan berbentuk bunga mawar.

Pada kostum tari khas Betawi ini juga ditambahkan aksesoris atau alat peraga berupa selendang atau toka-toka. Tujuan dari penggunaan selendang ini tentu saja untuk mempercantik tampilan saat penari bergerak menarikan tari Yapong.

Sujud Bantu Alirkan Darah Berisi Nutrisi Pada Otak

Syal ini biasanya berwarna cerah dan dihiasi sulaman. Cara penggunaannya adalah dengan mengikatkan selendang pada bagian dada kemudian menggunakan perhiasan pada bagian perut penari.

Baca Juga  Berapakah Jumlah Bait

Tari Yapong termasuk dalam daftar tari kontemporer yang berasal dari suku Betawi dan merupakan hasil perpaduan unsur tari pop dan tari Sumatera. Contoh gerak tari yapong adalah enjer lompat, ningel, singgetan, megol lebeman keng, dan gerak yapong itu sendiri.

Gerakan tarian tradisional ini bergantung pada gerakan kaki, pinggul, dan tangan. Saat menari, penari bergantian melakukan gerakan dengan kaki dan tangan. Saat penari berpindah dari satu titik ke titik lain, ada bagian tertentu yang memperlihatkan gerakan pinggul yang cukup erotis.

Melalui penggunaan pola lantai, tari Yapong mempunyai alur imajinatif tersendiri yang dilalui sekelompok penari. Bola ini mempunyai dua pola lantai yaitu pola lantai lurus dan pola lantai melengkung.

Tari Yapong: Asal Usul, Properti Hingga Pola Lantai Dan Gerakannya

Tari Yapong mempunyai gerak tari yang banyak dan bervariasi. Gerakan-gerakan inilah yang kemudian digunakan oleh para penari dari awal hingga akhir pertunjukan.

, dan gerakan Yapong itu sendiri. Namun gerakan ini hanyalah gerakan inti. Karena pada dasarnya gerakan ini terbagi menjadi beberapa bagian. Berikut penjelasan lebih detail mengenai gerak tari Yapong.

Pada gerakan ini penari akan mengambil posisi seolah-olah berjalan di tempat. Kemudian tangan kiri penari wanita diletakkan di dada dan diletakkan di pinggul penari. Setelah ini, tangan kanan akan menjadi lemah dengan gerakan lateral yang berulang-ulang.

Lompatan kanan dan kiri dilakukan dengan tangan kiri ditekuk di perut dan tangan kanan diluruskan lurus. Kemudian penari akan melompat berdasarkan tangan yang ditekuk.

Macam Batik Dan Penjelasannya, Batik Jawa Populer Hingga Kini

Gerakan Yapong merupakan gerakan yang dilakukan dengan cara penari meletakkan kedua tangannya di atas tangan yang lain diikuti dengan membuka kedua telapak tangan sambil menyapukan angin ke kanan dan ke kiri.

Gerakan ini merupakan gabungan antara gerakan kedua lengan terentang dan bahu bergerak maju dan mundur. Dengan kecepatan tertentu, bahu akan bergantian bergerak maju dan mundur serta tangan bergantian bergerak ke kiri dan ke kanan sambil melompat.

Pada bagian ini tangan kiri penari diletakkan di pinggang dan tangan kanan direntangkan lurus. Setelah itu penari berputar 360 derajat.

Pada gerakan ini, tangan kanan dan kiri penari akan direntangkan hingga ke pinggang. Kemudian penari akan melakukan gerakan melompat dengan bertumpu pada lengan yang ditekuk. Hal yang membedakannya dengan gerak normal adalah ketika bergerak, penari melakukannya dengan cara jogging searah dengan gerakan tangannya.

Bagaimana Cara Memadukan Arsitektur Rumah Bali Dengan Gaya Modern

Saat memasuki gerakan ini, penari harus berjalan ke kanan dan ke kiri. Dan ketika mereka berjalan ke kiri, kaki kanannya harus diangkat

Tekanan hidrostatis dipengaruhi oleh, keanekaragaman spesies dipengaruhi oleh, penebalan dinding rahim dipengaruhi oleh hormon, kesuburan wanita dipengaruhi oleh, kesehatan mental sangat dipengaruhi oleh, meningkatnya denyut jantung sangat dipengaruhi oleh, kalori yang dibutuhkan oleh tubuh sangat dipengaruhi oleh jenis aktivitas, membuka dan menutupnya stomata dipengaruhi oleh, kesehatan mental dipengaruhi oleh, kerja enzim dipengaruhi oleh, musim kemarau di indonesia dipengaruhi oleh angin monsun, naik turunnya saham dipengaruhi oleh