Pukulan Mengapung Dalam Permainan Bola Voli Disebut Juga Dengan Istilah – Artikel ini memerlukan kutipan tambahan untuk memastikan kualitasnya. Mohon bantu kami menyempurnakan artikel ini dengan menambahkan referensi ke sumber terpercaya. Pernyataan yang tidak diminta dapat ditentang dan dihapus. Sumber Penelitian: “Bola Voli” – Berita · Surat Kabar · Buku · Cendekiawan · JSTOR

Bola voli adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang saling berlawanan. Tiap grup terdiri dari enam pemain. Ada pula variasi permainan voli pantai dimana setiap tim hanya mempunyai dua pemain. Olahraga ini dikelola oleh FIVB (Fédération Internationale de Volleyball).

Pukulan Mengapung Dalam Permainan Bola Voli Disebut Juga Dengan Istilah

Orang tua sebagai organisasi internasional. Sedangkan olahraga bola voli di Indonesia diatur oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Permainan Bola Voli

Pada awal penemuannya, permainan bola voli bernama mintonet. Olahraga ini pertama kali ditemukan oleh seorang instruktur pendidikan jasmani (direktur pendidikan jasmani) bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895 di Holyoke, Massachusetts (AS).

Morgan, juga lulusan Springfield College YMCA, menciptakan permainan ini empat tahun setelah James Naismith menciptakan permainan bola basket. Mintonet sebenarnya adalah permainan yang dibuat dengan menggabungkan beberapa jenis olahraga yaitu bola basket, baseball, tenis, dan bola tangan.

Awalnya permainan ini dirancang khusus untuk anggota YMCA yang usianya sudah tidak muda lagi, sehingga permainan ini dibuat tidak seaktif bola basket.

Mintonet berganti nama menjadi voli (bola voli) pada tahun 1896 di Sekolah Pelatihan Internasional YMCA dalam demonstrasi pertandingan pertamanya. Pada awal tahun 1896, Dr. Luther Halsey Glick (Direktur Sekolah Pelatihan Pendidikan Jasmani Profesional dan Direktur Eksekutif Departemen Pendidikan Jasmani Komite Internasional YMCA) mengundang Morgan untuk mendemonstrasikan olahraga baru yang ia ciptakan di stadion kampus baru. Seluruh guru pendidikan jasmani juga mengikuti konferensi yang diadakan di kampus YMCA, Springfield. Pada kesempatan kali ini Morgan membawa dua tim yang masing-masing tim beranggotakan lima orang. Dalam kesempatan tersebut Morgan juga menyebutkan bahwa game ini merupakan game yang dapat dimainkan dengan sangat bebas di dalam maupun di luar ruangan. Dan saat itu, sesuai penjelasannya, game ini bisa dimainkan oleh banyak pemain. Tidak ada batasan jumlah pemain yang menjadi standar dalam permainan ini. Sedangkan tujuan permainannya adalah memindahkan bola dari satu area ke area lain (area lawan) melewati high net.

Baca Juga  Tuliskan Langkah-langkah Membuat Ringkasan

Makalah Pjok Bola Volly

Garis batas serang bagi pemain bertahan berjarak 3 meter (sejajar dengan net) dari garis tengah. Sisi lapangan adalah 5 m.

Peraturan FIVB menyatakan bahwa bola harus berbentuk bulat, mempunyai keliling 65 sampai 67 cm, terbuat dari kulit asli atau sintetis dengan bagian dalam bola dari karet atau sejenisnya, dan beratnya 260 280 gram.

Panjang jaringnya 9,5 sampai 10 meter, tinggi jaring putra 2,43 meter dan tinggi jaring putri 2,24 meter. Lebarnya 1 meter (39,4 inci).

Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari 6 pemain dan bersaing untuk mencapai 25 besar.

Teknik Dasar Bola Voli Dan Taktik Permainan Bola Voli

Ada 4 peran utama dalam sebuah tim, yaitu tosser (atau setter), spiker (smash), libero dan Defender (petahan). Tosser atau feeder adalah orang yang tugasnya mengoper bola kepada rekan satu timnya dan mengarahkan jalannya permainan. Tugas spiker adalah memukul bola hingga mendarat di area pertahanan lawan. Libero adalah pemain bertahan yang dapat bergerak masuk dan keluar dengan bebas, namun tidak dapat menerobos bola melewati jaring. Bek adalah pemain yang bertahan menerima serangan lawan.

Permainan bola voli memerlukan kemampuan mental yang prima khususnya tosser. Pelempar harus mampu mengatur jalannya permainan. Pelempar harus memutuskan apa yang harus dilakukan dengan bola yang diterimanya, dan ini semua dilakukan dalam sepersekian detik sebelum bola menyentuh lapangan sepanjang permainan. Permainan ini dimainkan oleh 2 tim, masing-masing memiliki 6 pemain dan berusaha mencapai 25 pemain terlebih dahulu untuk memenangkan satu ronde.

Untuk pertandingan bola voli semi kompetitif, pemenang ditentukan berdasarkan peraturan Kejuaraan Bola Voli Nasional. Peraturan ini ditetapkan oleh PBVSI pada tahun 1972. Pertandingan semi kompetitif berikut ditentukan sebagai berikut:

Tujuan dari Tes Bola Voli Brady adalah untuk mengukur tingkat keterampilan dalam keterampilan bola voli. Hasil Tes Bola Voli Brady dapat digunakan untuk menilai, memperbaiki metode pengajaran, mengukur kemajuan anak dalam memperoleh konten, dan digunakan sebagai acuan dalam menilai.

Pjok Sma,ma,smk,mak Kelas Xi Semester 2 By Perpus Sma Marsud

Tujuan dari Tes Bola Voli Clifton adalah untuk mengukur tingkat keterampilan dalam keterampilan bermain bola voli. Hasil tes dapat memberikan hasil yang dapat digunakan untuk menilai, meningkatkan metode pengajaran, mengukur kemajuan anak dalam memperoleh konten, dan sebagai referensi untuk menetapkan kualifikasi.

Tujuan dari Tes Bola Voli Lieba dan Staf adalah untuk mengukur kemampuan passing. Keterampilan dasar merupakan landasan permainan tim dalam permainan bola voli. Hasil tes dapat memberikan hasil yang dapat digunakan untuk menilai, meningkatkan metode pengajaran, mengukur kemajuan anak dalam memperoleh konten, dan sebagai referensi untuk menetapkan kualifikasi.

Baca Juga  Gabungan Dari Beberapa Gerak Dasar Disebut

Servis merupakan salah satu teknik dasar yang sering digunakan untuk memulai suatu pertandingan bola voli. Servis pada awalnya digunakan untuk melakukan servis kepada lawan sambil menyerang, namun seiring berjalannya waktu, servis tersebut digunakan untuk menyerang lawan. Servis juga biasa digunakan sebagai teknik dasar dalam permainan bola voli dan penting untuk mengganggu pertahanan lawan serta mempersulit serangan lawan. Ada 2 jenis servis yaitu servis underhand dan servis overhand.

Servis bawah adalah upaya untuk memulai pertandingan dan menggerakkan bola ke arah lapangan lawan. Servis ini dilakukan oleh pemain di area servis. Teknik dasar servis tangan rendah ini sering digunakan oleh pemain pemula, misalnya pemain wanita. Pemain melakukan servis dengan cara memukul bola dengan satu tangan di bawah pinggang.

Bagi Bola Voli Wps Office

Servis atas adalah teknik servis dasar yang dilakukan dengan cara memukul bola melewati kepala. Tingkat kesulitan dalam melakukan pelayanan tinggi ini cukup tinggi. Tujuan dari servis tophand ini adalah untuk mempercepat kecepatan menukik bola dari atas ke bawah dengan kuat dan lurus. Servis atas ini sangat sulit untuk dilawan karena jalur bola bergantung pada cara pemain memukulnya.

Menciptakan serangan pukulan yang keras pada saat bola melewati net untuk dimasukkan ke dalam area lawan. Untuk melakukannya dengan baik, Anda perlu fokus pada peluncuran, dorongan, pukulan, dan pendaratan.

Teknik permainan bola voli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola secara efektif dan efisien sesuai aturan permainan untuk mencapai hasil yang maksimal. Smash adalah pukulan yang kuat ketika tangan melakukan kontak penuh dengan bola di atas sehingga menyebabkan bola melaju dengan kecepatan tinggi.Jika bola dipukul tinggi melewati net, bola dapat ditangkap secara tiba-tiba dari bawah. Pukulan merupakan pukulan keras yang biasanya berakibat fatal karena bola sulit diterima atau dikembalikan.

Gebug merupakan salah satu bentuk serangan yang sering digunakan dalam permainan bola voli untuk menyerang suatu tim dalam upaya mencetak poin. Dari pertimbangan di atas dapat disimpulkan bahwa teknik smash atau spike merupakan suatu cara memainkan bola secara efektif dan efisien sesuai aturan permainan untuk mencapai pukulan keras yang biasanya terjadi di daerah lawan.

Buku Pelajaran Pjok Kelas 3

Blok dalam permainan bola voli diartikan sebagai usaha memblok serangan lawan yang berupa pukulan smash sehingga tidak menghasilkan angka. Dengan usaha mendekati gawang mencoba memblok/menghentikan bola yang datang dari daerah lawan.

Baca Juga  Gerakan Menarik Tangan Berpasangan Berguna Untuk Melatih

Pada saat melakukan servis, kedua tim harus berdampingan dalam 2 baris di lapangan/di areanya masing-masing. Ada tiga baris di depan dan tiga baris di belakang. Pemain nomor satu disebut server, pemain dua disebut spiker, pemain tiga disebut setter atau tosser, pemain nomor empat disebut blocker, pemain nomor lima dan enam disebut libero.

Kompetisi Proliga merupakan kompetisi bola voli profesional Indonesia yang diikuti oleh banyak klub di seluruh Indonesia.

Winarmo, M.E. (2006). Tes Keterampilan Olahraga (PDF). Milling: Laboratorium Jurusan Ilmu Olah Raga, Fakultas Ilmu Pendidikan, Milling State University. ISBN 979-24-7020-4.

Permainan Bola Voli: Pengertian, Sejarah, Teknik Dan Peraturan

Winarmo, ME, dkk. (2013). Teknik Dasar Bola Voli (PDF) Penggilingan: Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Olah Raga, Universitas Negeri Milling. Bola voli merupakan salah satu olahraga yang digemari masyarakat. Jika Anda ingin bermain sebagai pemain profesional, Anda harus menguasai teknik dasar bermain bola voli terlebih dahulu.

Dibutuhkan waktu berjam-jam terbang untuk menguasai teknik dasar bermain bola voli. Oleh karena itu, hanya sedikit orang yang mampu memainkannya. Jika Anda baru mencoba permainan ini pasti merasakan sakit di tangan Anda.

Meski sulit untuk dikuasai, namun teknik dasar permainan bola voli berikut ini sangat berpengaruh terhadap permainan. Lantas, teknik bola voli apa saja yang sebaiknya dikuasai? Simak informasinya berikut ini!

Servis merupakan teknik dasar permainan bola voli pertama yang harus dikuasai oleh pemain bola voli. Teknik servis dapat diartikan sebagai gerakan atau pukulan pembuka yang menandai dimulainya suatu permainan bola voli.

Pendidikan Jasmani Dan Olahraga: June 2016

Bagian bawahnya dibuat dengan tangan, bisa dengan satu tangan atau dengan dua tangan. Teknik dasar bola voli ini biasanya digunakan untuk memblok serangan.

Teknik dasar permainan bola voli overhead pass digunakan untuk menangkap bola yang berada di atas kepala. Umpan atas juga berfungsi untuk memberikan feedback kepada pemain yang hendak menyerang.

Teknik ini bisa Anda lakukan dengan cara merentangkan tangan ke permukaan wajah menggunakan jari dan membuat mangkuk. Teknik ini dapat diperbaiki dengan kerjasama tim yang baik.

. Teknik dasar permainan bola voli ini dilakukan dengan cara mengunci kedua lengan untuk melakukan lompatan bola voli.

Pdf) Monograf: Variasi Latihan Service Atas Permainan Bolavoli Untuk Sekolah Menengah Kejuruan

Hal ini juga biasa disebut dengan serangan. Mengetahui teknik ini penting karena untuk memenangkan permainan bola voli suatu tim harus menyerang lawannya.

Smash merupakan teknik dasar untuk menyerang suatu area.

Pembangkit listrik energi surya sering disebut juga dengan istilah, istilah pemain dalam permainan bola voli, sakit maag disebut juga dengan istilah, perangkat lunak komputer disebut juga dengan istilah, zakat fitrah disebut juga dengan istilah zakat, pukulan pertama dalam permainan bola voli disebut, perangkat keras komputer disebut juga dengan istilah, program komputer disebut juga dengan istilah, radang tenggorokan disebut juga dengan istilah, penyakit darah tinggi disebut juga dengan istilah, melempar bola pantul dalam permainan bola basket disebut dengan istilah, daftar riwayat hidup disebut juga dengan istilah