Redistribusi Pendapatan Dapat Berbentuk – Redistribusi pendapatan merupakan cara pemerintah untuk menyeimbangkan pembangunan. Sekarang mahasiswa praktik PTS IPS Kelas 8 harus tahu bahwa redistribusi pendapatan dilakukan dengan cara beserta contoh-contohnya.

Redistribusi pendapatan adalah redistribusi pendapatan dari si kaya kepada si miskin, baik dari pajak maupun pungutan lainnya, sebagaimana dikutip dalam

Redistribusi Pendapatan Dapat Berbentuk

Redistribusi pendapatan dilakukan sebagai bentuk jaminan sosial dari Negara kepada masyarakat. Oleh karena itu, jaminan sosial bukanlah pemborosan pengeluaran publik, melainkan suatu bentuk investasi sosial yang menguntungkan dalam jangka panjang. Jaminan sosial didasarkan pada dua pilar utama, yaitu redistribusi pendapatan dan solidaritas sosial.

Redistribusi Pendapatan Adalah?, Bentuk Redistribusi Pendapatan Adalah?

Redistribusi vertikal adalah redistribusi pendapatan yang mengacu pada transfer uang dari si kaya ke si miskin. Jaminan sosial dalam redistribusi vertikal merupakan bentuk dukungan bagi anggota masyarakat yang secara ekonomi kuat bagi anggota masyarakat yang ekonominya lemah.

Redistribusi horizontal adalah redistribusi pendapatan dalam bentuk transfer tunai “antarkelompok” dan antarpribadi. Contoh perpindahan antar kelompok adalah dari remaja ke orang tua, dari dewasa ke anak-anak.

Sementara itu, contoh transfer interpersonal dari satu siklus ke siklus lainnya. Transfer interpersonal juga dikenal sebagai transfer pendapatan. Dalam konteks ini, menurut ilmuwan politik Paul Spicker, jaminan sosial pada dasarnya adalah dukungan finansial yang diberikan kepada anak-anak yang akan membayar ketika mereka besar nanti, kepada orang sakit yang akan membayar ketika mereka sehat, atau kepada para pensiunan yang akan membayar ketika mereka masih hidup. bekerja..

Baca Juga  Mengapa Setelah Lelah Berolahraga Kita Diharuskan Istirahat

Kredit lunak adalah redistribusi pendapatan kepada pengusaha kecil di industri yang lebih maju untuk mengembangkan bisnis mereka, meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

D. Pendistribusian Kembali Pendapatan Nasional

Pajak adalah salah satu cara pemerintah untuk mendistribusikan kembali pendapatan. Ada banyak jenis pajak di Indonesia seperti pajak penghasilan, pajak kendaraan bermotor, pajak barang mewah dan lain-lain.

Redistribusi pemerintah dengan subsidi dapat berupa potongan harga atau tambahan modal bagi produsen. Contohnya subsidi pupuk untuk petani dan subsidi BBM.

Dengan demikian, redistribusi pendapatan dilakukan sebagai bentuk jaminan sosial dari Negara kepada rakyat. Selamat belajar dulu!

Redistribusi pendapatan, energi biomassa yang langsung dapat digunakan berbentuk, cara dapat pendapatan di tiktok, cara dapat pendapatan dari youtube