Salah Satu Faktor Penunjang Integrasi Nasional Indonesia Adalah – Dalam kerangka Negara Republik Indonesia satu-satunya. Secara etimologis, integrasi nasional terdiri dari dua suku kata, yaitu integrasi dan nasional. Mengintegrasikan berasal dari bahasa Latin.

Materi Pidato: “Dalam konteks negara Republik Indonesia. Secara etimologis, integrasi nasional terdiri dari dua suku kata, integrasi dan negara. Integrasi berasal dari bahasa Latin.” – Transkripsi Pidato:

Salah Satu Faktor Penunjang Integrasi Nasional Indonesia Adalah

2 Secara etimologis, “integrasi nasional” terdiri dari dua suku kata, yaitu “integrasi” dan “nasional”. Integrasi (Integration) berasal dari bahasa latin yang berarti mengintegrasikan, yang berarti menempatkan suatu unsur untuk keseluruhan; Kata nasional berasal dari bahasa Inggris yaitu nation, artinya negara. Dengan demikian, integrasi etnis adalah pembentukan identitas nasional dan penyatuan kelompok sosial dan budaya yang berbeda dalam satu kesatuan wilayah (Arfani, 2001) 1.4.1 Pengertian integrasi etnis

Integrasi Nasional: Pengertian, Faktor Pendukung & Penghambat

3 Integrasi etnis dapat dilihat dari tiga aspek: 1. Integrasi politik 2. Integrasi ekonomi 3. Integrasi sosial dan budaya Dimensi vertikal dan horizontal Dimensi vertikal menyangkut hubungan antara elit dan massa, termasuk hubungan antara elit politik dan penganut massa; dimensi horizontal menyangkut hubungan antara elit politik dan massa pengikutnya. Isu Dimensi Teritorial, Vertikal dan Horizontal Dimensi vertikal menyangkut hubungan elit dan massa antara elit politik dan pengikut massa; dimensi horizontal menyangkut hubungan yang terkait dengan masalah teritorial. Adanya saling ketergantungan memungkinkan daerah dan kelompok yang berbeda latar belakang untuk melakukan kerja sama yang saling menguntungkan dan sinergis, dan integrasi sosial dan budaya merupakan proses adaptasi elemen-elemen yang berbeda dalam masyarakat menjadi satu kesatuan. Unsur-unsur yang berbeda ini dapat mencakup ras, etnis, agama, bahasa,

4 Menurut Suroyo (2002), Cina telah mengalami sejarah pembangunan terpadu sebelum Indonesia merdeka, dan terdapat tiga model integrasi dalam sejarah pembangunan integrasi Indonesia: 1. Model integrasi kesultanan Mochopahit 2. Model Integrasi Kolonial, 3. Model integrasi nasional Indonesia dimulai dengan wilayah lingkaran konsentris pertama yang merupakan wilayah inti (nagaragung) kerajaan: pulau Jawa dan Madura yang diperintah langsung oleh raja dan saudara-saudaranya dimana pemerintah kolonial mampu membangun Integrasi rakyat Indonesia sejak menjadi negara merdeka pada tahun 1945. Kemajuan integrasi ini diwujudkan oleh masyarakat Indonesia yang terpelajar 1.4.2. Sumber historis, sosiologis dan politik dari integrasi nasional

Baca Juga  Patung Yang Dibuat Dalam Bentuk Kecil Disebut

5 1.4.3 Faktor Pembentuk Integrasi Nasional 1. Kesadaran untuk berbagi suka duka perjuangan masih bertahan hingga saat ini dan merupakan salah satu faktor pendorong tercapainya integrasi nasional. Di masa lalu, jika kemerdekaan Indonesia diwujudkan dengan rasa kebersamaan masa depan, maka di era sekarang, rasa kebersamaan masa depan digunakan untuk memperkuat stabilitas nasional dan mewujudkan kesatuan Indonesia dalam integrasi nasional. 2. Makna ideologi nasional Makna ideologi nasional atau pancasila adalah mewujudkan integrasi nasional di indonesia dengan cara mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari 3. hasrat persatuan dalam kehidupan berbangsa-bangsa Bagi bangsa indonesia, keinginan mempersatukan bangsa merupakan salah satu perwujudan dari nilai – nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara 4. Mengantisipasi ancaman eksternal Mengantisipasi ancaman eksternal terkait bahaya globalisasi Masyarakat Indonesia mengalami modernisasi dan integrasi nasional di semua tingkatan.

6 1.4.4. Faktor penghambat integrasi nasional 1. Kurangnya menghargai keberagaman 3. Kurangnya kesadaran diri 2. Kurangnya toleransi Kurangnya penghargaan terhadap keberagaman oleh pemerintah Indonesia dan masyarakat sendiri telah menyebabkan terkikisnya keberagaman secara bertahap. Kurangnya toleransi terhadap keragaman Keanekaragaman dalam masyarakat merupakan salah satu sumber konflik sosial. Kurangnya kesadaran diri merupakan salah satu faktor yang menghambat tercapainya integrasi bangsa, masyarakat menjadi lebih individualistis dan sering tidak peduli dengan keadaan dan situasi.

Integrasi Nasional Dalam Keberagaman Negara Indonesia

7 1.4.5. Dinamika Integrasi Nasional dan Tantangan Integrasi Nasional, Pada tanggal 15 Agustus 2005, pemerintah Indonesia berhasil menggandeng Gerakan Aceh Merdeka (GAM) melalui Nota Kesepahaman yang ditandatangani di Helsinki-Vantaa, Finlandia b. Dinamika Integrasi Wilayah Pemerintah Indonesia mengumumkan kedaulatan wilayah Indonesia melalui “Deklarasi Juanda” pada tanggal 13 Desember 1957, yaitu luas laut teritorial sebesar 12 mil laut yang dihitung dari garis yang memisahkan titik-titik terluar pulau-pulau bangsa Indonesia. . Momentum Integrasi Nilai: Pengalaman mengembangkan Pancasila sebagai nilai yang terintegrasi terus diimplementasikan, misalnya melalui kegiatan pendidikan Pancasila dalam kurikulum dan mata pelajaran sekolah perguruan tinggi.

8 hari. Fitur dinamis dari fusi massa elit adalah bahwa para pemimpin sering mendekati masyarakat melalui berbagai kegiatan. Misalnya kunjungan ke daerah, pertemuan dengan kader PKK dan surat kepresidenan e. Dinamika Integrasi Perilaku Integrasi perilaku dicapai melalui pembentukan institusi politik dan pemerintahan, termasuk birokrasi.

Download ppt “Dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Secara etimologis, integrasi nasional terdiri dari dua suku kata, integrasi dan negara. Integrasi berasal dari bahasa Latin.”

Baca Juga  Perlengkapan Yang Digunakan Saat Mempraktekkan Tari Kreasi Kupu-kupu Adalah

Agar situs web ini berfungsi dengan baik, kami merekam data pengguna dan membaginya dengan pemroses kami. Untuk menggunakan situs ini, Anda harus menyetujui kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie. Integrasi sosial adalah proses menyelaraskan unsur-unsur yang berbeda dalam kehidupan masyarakat. Ada tujuh faktor yang mendorong inklusi sosial.

Solution: Lks Pkn Kls Xi K13 Hal 51 Romawi B

Dikutip dari buku Sosiologi SMA dan MA Kelas XI karya Kun Maryati dan Juju Suryawati Integrasi sosial akan terjadi apabila mayoritas anggota masyarakat setuju dengan struktur sosial yang tercipta, termasuk nilai, norma, dan pranata sosial yang ada di dalamnya.

Norma dan nilai sosial yang dimaksud di sini adalah yang sudah ada sejak lama dan tidak mudah untuk diubah. Norma dan nilai ini secara konsisten dijunjung tinggi oleh anggota masyarakat.

Integrasi normatif adalah bentuk integrasi yang dihasilkan dari norma-norma yang diterapkan secara sosial dan mempersatukan anggota komunitas itu. Misalnya, prinsip pluralisme.

Integrasi fungsional adalah integrasi yang dibentuk oleh fungsi-fungsi tertentu dalam masyarakat. Misalnya keragaman suku bangsa Indonesia memiliki ciri khas tersendiri yang mencolok. Diantaranya, suku Bugis identik dengan pelaut dan pemasok hasil laut, sedangkan suku Minan yang terkenal dengan keahliannya dalam berdagang adalah penjual hasil laut.

Pdf) Perwujudan Integrasi Nasional Pada Masyarakat Kota Palembang

Integrasi paksa adalah bentuk integrasi yang terjadi karena pemerintah memiliki kekuasaan, yaitu melalui paksaan atau kekerasan. Polisi menembakkan gas air mata untuk menghindari massa yang rusuh.

Masyarakat dengan keragaman rendah rentan terhadap integrasi sosial. Sebaliknya, integrasi dalam masyarakat majemuk akan sulit dicapai. Artinya, semakin homogen suatu kelompok, semakin mudah proses integrasinya.

Komunitas kecil akan lebih mudah mencapai integrasi. Hal ini disebabkan karena hubungan sosial antar anggota seringkali dekat dan berkembang pesat.

Proses integrasi sosial dapat menjadi sulit jika anggota masyarakat sering datang dan pergi. Sebaliknya, masyarakat dengan mobilitas rendah dapat mempercepat proses integrasi sosial.

Apa Itu Integrasi: Contoh, Jenis Dan Faktor Pendorongnya

Komunikasi yang baik dapat mempercepat proses integrasi sosial. Semakin efektif komunikasi antar anggota komunitas, semakin cepat integrasinya. dan sebaliknya.

Integrasi sosial dalam kehidupan dapat dicapai melalui toleransi terhadap musuh eksternal, kesempatan yang seimbang di bidang ekonomi. Berikut 7 faktor yang mendorong inklusi sosial seperti dilansir website Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek)

Nah, inilah mesin integrasi sosial dan bentuknya. Proses integrasi ini dapat dilihat pada proses asimilasi dan akulturasi, dan kita cukup yakin bahwa kata integrasi etnis pasti sering terngiang di telinga kita. Namun, masih banyak dari kita yang belum begitu memahami apa yang dimaksud dengan integrasi nasional.

Baca Juga  Tumbuhan Yang Berkembang Biak Dengan Umbi Akar Adalah

Integrasi nasional merupakan upaya yang harus dilakukan pemerintah Republik Indonesia untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Lebih penting lagi, Indonesia adalah negara yang luas dengan beragam kelompok etnis.

Faktor Pendorong Dan Penghambat Integrasi Nasional, Apa Saja?

Pembahasan singkat mengenai integrasi etnis berikut ini diharapkan dapat membuat kita semakin sadar akan pentingnya integrasi etnis. Beberapa poin yang akan dibahas kali ini adalah:

Secara linguistik, kata integrasi berasal dari bahasa Inggris yaitu integration yang berarti kesempurnaan atau keutuhan. Integrasi sosial dimaknai sebagai proses penyesuaian antara berbagai unsur kehidupan masyarakat.

Jelas, inklusi sosial adalah upaya dan proses suatu negara untuk mendamaikan perbedaan yang ada. Dengan demikian terciptalah kerukunan, kerukunan, kerukunan, dan kedamaian bangsa.

Ethnic fusion juga identik dengan integrasi nasional, yang berarti proses penyatuan atau meleburkan berbagai aspek sosial dan budaya yang berbeda menjadi satu kesatuan wilayah dan membentuk identitas nasional atau nasional, memastikan keharmonisan, keharmonisan, dan keseimbangan dalam masyarakat. Mencapai tujuan bersama suatu bangsa.

Pkn X Worksheet

Indonesia adalah negara yang sangat luas, baik dalam ukuran maupun keanekaragaman budayanya. Inilah perlunya integrasi nasional. Oleh karena itu, kekayaan alam Indonesia dapat dimanfaatkan secara bijak untuk kepentingan masyarakat.

Keberhasilan atau kegagalan implementasi integrasi etnis juga dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti faktor pembentuk dan penghambat integrasi etnis yang muncul dan muncul di kalangan masyarakat Indonesia.

Keberhasilan integrasi nasional erat kaitannya dengan faktor dan kondisi yang membentuk dan menghambat integrasi nasional.

Berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi agar integrasi nasional berhasil dan berjalan sesuai rencana:

Integrasi Nasional Adalah Proses Persatuan Wilayah, Pahami Pengertian Dan Manfaatnya

Syarat utama terbentuknya integrasi nasional adalah kesadaran masyarakat akan pentingnya integrasi tersebut. Setiap masyarakat harus menghargai dan menghormati kelompok tertentu, bukan mendiskriminasi kelompok tertentu.

Selain itu, keinginan untuk menjalin hubungan dan interaksi antar masyarakat diperlukan dan menjadi syarat bagi integrasi nasional.

Kesepakatan bersama antar masyarakat tentang norma dan nilai sosial yang harus dilestarikan dan dipedomani merupakan salah satu prasyarat integrasi nasional.

Adanya nilai dan norma dalam masyarakat merupakan salah satu syarat tercapainya integrasi nasional. Karena nilai dan norma akan menjadi norma yang menjadi pedoman masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya.

Pancasila Mewujudkan Integrasi Nasional Dalam Keanekaragaman

Selain faktor-faktor yang mendukung terbentuknya integrasi nasional, terdapat beberapa faktor yang menghambat integrasi

Integrasi nasional di indonesia, salah satu faktor penyebab gangguan sistem pencernaan adalah, integrasi nasional indonesia, salah satu taman nasional di indonesia, salah satu faktor penyebab diare adalah, integrasi nasional adalah, masalah integrasi nasional di indonesia, salah satu faktor penyebab diare adalah brainly, salah satu faktor yang menyebabkan senyawa karbon banyak jumlahnya adalah, salah satu contoh penyebab gangguan pernapasan karena faktor fisik adalah, salah satu gejala penyakit syphilis adalah, faktor penghambat integrasi nasional