Sebutan Bagi Seluruh Wilayah Kepulauan Indonesia – , Jakarta Nusantara adalah sebutan atau nama untuk seluruh wilayah kepulauan Indonesia. Saat ini, secara umum Nusantara merupakan istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan kepulauan Indonesia yang terbentang dari ujung Sumatera hingga Papua.

Dihimpun dari banyak sumber, kata Nusantara pertama kali tercatat dalam kesusastraan Jawa Tengah pada abad ke-12 hingga ke-16 untuk menggambarkan negara yang menerima gagasan Kerajaan Majapahit. Dari segi penampilan, kata Nusantara berasal dari bahasa Jawa kuno. Nusa berarti “pulau” dan “va” berarti “lainnya” atau bisa diartikan “di seberang”.

Sebutan Bagi Seluruh Wilayah Kepulauan Indonesia

Kini menilik sejarahnya, kata Nusantara tidak hanya mengacu pada Indonesia saat ini, tetapi mencakup wilayah-wilayah di luar Majapahit yang akan ditaklukkan, termasuk Malaysia dan Singapura. .

Sejarah Kata Nusantara Yang Akan Jadi Nama Ibu Kota Baru Indonesia

Berikut ikhtisar sejarah, perkembangan kata Nusantara, dan penggunaannya untuk ibu kota baru Indonesia, dirangkum berbagai sumber, Rabu (26/1/2022).

Pemerintah Joko Widodo dan DPR RI tampak serius dengan proyek pemindahan ibu kota negara (IKN) ke Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur.

* Fakta atau penipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang dipublikasikan, silahkan WhatsApp Cek Fakta nomor 0811 9787 670 dengan mengetikkan kata kunci yang dibutuhkan saja.

Kata Nusantara pertama kali digunakan pada masa Kerajaan Majapahit, atau abad ke-14. Bukti penggunaan kata Nusantara lahir pada masa Majapahit dapat dilihat dari isi Sumpah Palapa yang diucapkan oleh Mahapatih Gajah Mada pada tahun 1336. Dalam sumpahnya, ia menegaskan bahwa Gajah Mada sudah mengatakan tidak akan menikmatinya. selamat mencoba untuk sukses. untuk menyatukan pulau. Sumpah itu diucapkan saat pengangkatannya sebagai Patih Amangkubumi Majapahit.

Letak Dan Batas Wilayah Indonesia

Sumpah Palapa berbunyi, “Walaupun Huwus kalah di kepulauan, Isun Amukti Palapa, tapi kalah di Ring Gurun, Ring Seran, Tanjung Pura, Ring Haru, Ring Pahang, Dompo, Ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, Samana Isun Amukti Pala. . ” Artinya: “Jika saya menaklukkan pulau-pulau, (saya) berbuka, jika saya menaklukkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, maka saya (hanya) berbuka. . . “

Saat itu, kata Nusantara digunakan untuk menyebut wilayah di luar Majapahit yang perlu ditaklukkan. Jadi, pada zaman Majapahit, kata Nusantara dipahami sebagai pulau-pulau yang berada di luar pusat kerajaannya di Jawa tepatnya di Mojokerto, Jawa Timur. Dapat dikatakan bahwa bagian Jawa (Jawa Tengah dan Jawa Timur) menurut Gajah Mada tidak termasuk dalam kata Nusantara. Karena kerajaan-kerajaan di Jawa berada di bawah kekuasaan Majapahit.

Baca Juga  Gerakan Tungkai Pada Renang Gaya Bebas Selalu Gerakan Diawali Dari

Namun para ahli sejarah meyakini bahwa gagasan persatuan nusantara diprakarsai oleh Kertanegara, raja terakhir Singasari. Ketika Kertanegara berkuasa, itu mengilhami gagasan Horison Mandala Dwipantara, sebuah istilah yang merujuk pada pulau-pulau di Asia Tenggara. Kertanegara membayangkan penyatuan kerajaan pesisir Asia Tenggara di bawah Kerajaan Singasari. Dalam bahasa Sanskerta, dwipantara berarti pulau di antara yang memiliki arti yang sama dengan Nusantara.

Ketika Majapahit jatuh pada abad ke-15, kata Nusantara dilupakan. Baru pada awal abad ke-20 istilah ini dihidupkan kembali oleh Ki Hajar Dewantara, pendiri Taman Siswa yang juga seorang tokoh pendidikan negeri. Niat memakai nama lain untuk meneruskan nama daerah Hindia Belanda sebagai negara merdeka tidak dilaksanakan saat itu.

Mengetahui Ciri Ciri Negara Hukum, Dilengkapi Penjelasannya

Setelah nama Indonesia disetujui untuk digunakan, kata nusantara tetap digunakan sebagai sinonim untuk kepulauan Indonesia. Konsep yang masih digunakan sampai sekarang ini masuk dalam KBBI.

Kepulauan ini juga digunakan untuk menggambarkan integrasi geografis-antropologi pulau. Hal ini disebabkan adanya perkembangan isu politik antara daratan Asia dan Australia, termasuk Semenanjung Malaya, kecuali Filipina.

Dikutip dari buku Memegang Nusantara Besar karya Abdurrahman Misno, dkk, akar nama dan kata Nusantara masih terlihat dalam perkembangannya.

Kata Nusantara sudah digunakan sejak zaman Majapahit pada abad 13-15, yang dikenal sebagai kekuatan terbesar pada masanya. Kekuasaan pada masa Majapahit terbagi menjadi tiga dengan konsep Raja-Dewa, seperti:

Mengapa Menyerang Ukraina Berbuah Malapetaka Bagi Rusia?

B. Luar: daerah di pulau Jawa dan sekitarnya yang budayanya mirip dengan Negara Agung, tetapi di dalam batas perbatasan.

C. Nusantara berarti pulau-pulau lain di luar Jawa. Pulau itu adalah tempat di luar pengaruh budaya Jawa, tetapi dikatakan sebagai tempat yang ditaklukkan: penguasa harus menghormati.

Istilah yang mirip dengan kata Nusantara adalah Dwipantara yang disebutkan pada tahun 1275 oleh Raja Singhasari. Sepanjang waktu adalah Cakrawala Mandala Dwipantara. Dwipantara adalah kata Sansekerta untuk pulau-pulau di antaranya. Kata ini memiliki arti yang sama dengan Nusantara karena dwipa merupakan sinonim dari pulau.

Ki Hajar Dewantara mengusulkan nama Nusantara sebagai nama lain negara yang akan dibentuk setelah pemerintahan Hindia Belanda. Namun kata Nusantara tidak digunakan sebagai nama resmi, istilah ini digunakan sebagai sinonim dari Republik Indonesia. Nusantara digunakan untuk kepentingan antropo-geografis dan politik, misalnya di Indonesia disebut Archipelagic Outlook.

Soal Kelas 10 Semester 1

Kepulauan digunakan untuk tujuan politik untuk menggambarkan komposisi geografis dan antropologi pulau-pulau yang terletak di antara benua Asia dan Australia, termasuk Semenanjung Melayu.

Baca Juga  Reklame Visual Berbahan Kertas

Pulau-pulau tersebut menjadi bahan perbincangan ketika Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur akan bernama Nusantara. Nama Nusantara dijelaskan sebagai contoh geografi Indonesia dan pulau-pulau yang disatukan di laut.

“Buktinya banyak tradisi geografis dan budaya. Oleh karena itu, nusantara adalah satu kesatuan konsep yang memanfaatkan kekayaan dan keragaman Indonesia,” kata Suharso dalam Forum Mayoritas DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (18/10). ) dikatakan. /). 1/2022), dikutip dalam berita.

Suharso menambahkan Nusantara akan dibangun dengan visi menjadi kota berkelanjutan di dunia. Kota ini juga akan menjadi mesin perekonomian negara di masa depan. Selain itu, pulau merupakan simbol identitas bangsa yang mewakili kebhinekaan pemerintahan Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta prinsip-prinsip yang meliputi keadilan, persamaan, ketetapan, dan perbedaan yang disepakati bersama.

Aliansi Masyarakat Adat Nusantara

Hampir menangis, ayah dari Shane Lukas berdoa agar David Latumahina cepat pulih: Semoga semua masalah ini bersinar terang28. Tahun Baru Imlek yang jatuh di awal tahun pada hari pertama bulan pertama sangat erat kaitannya dengan festival penyambutan musim semi; Sin Cia

45. Kisah-kisah yang memiliki cerita sejarah, orang percaya bahwa ini adalah kisah yang benar-benar terjadi, terkait dengan hal-hal sakral, banyak hal ajaib, dan sering diungkapkan oleh para dewa.

14. Salah satu alat lempar nomor pada cabang atletik, terbuat dari papan bulat dan datar yang dililit logam.

1. Tulis jawaban Anda di atas kertas, masukkan nama, alamat lengkap dan kode pos, fotokopi KTP, rekening bank dan cabang atau rekening atas nama, nomor telepon.

Gali Akar Sejarah Nusantara, Anri Dan Perpusnas Gelar Diskusi Interaktif

3. Sibernetika 11. Dolina 14/50. Mus Mujiono 15. Agonia 18. Hyfa 20. Abus 23. Domei 24. Nafar 25. Mad 26. Zatua 29. Aha 30. IP 32. BT 33. Alias​​​​​​​​35. Oga 36. Istan 39. Kam 40. Gus 42. Ebro 43. Arabahu 46. Daur 47. Fai 48. Rei 49. Ordi 54. Kuit 55. Obi 56. Nok 57. Abdis 60. Boa 61. Antar 43. Mu 6 NM 66. Ria 67. Unpad 69. Ura 70. Osara 71. Gatra 72. Abat 75. Apin 77. Amahai 81. Ion 82/85. Robert Lewandowski.

1.Pro 2.ANI 3.Ska 4/16/37. Budi Gunadi Sadikin 5. Ruma 6. Etsa 7. Ihau 8. Aga 9. IPO 10. KRI 12. Lumoli 13. Nyimas 17. Nefrit 18. Hadi 19. Fez 21. Bea 22. Suat 27. Atowa 218. Palm 32. Bagu 33. Asherol 34. Amophili 38. Narator 39. Kaido 41. Sarak 44. Rau 45. Hin 50. Miju 51. Jabon 52. Obama (Barack Obama) 53. Onan 58. Dadasa 59. Adagio 61 62. Saua 63. Maja 65. Muon 67. Uda 68. Dap 73. Blow 74. Tian 75. Anfo 76. Ibus 78. Mol 79. His 80. Ill 82. Rai 83. BCC 84. RamNusantara adalah istilah yang berasal dari kata dalam bahasa Kawi ( bentuk bahasa Jawa Kuno yang sangat dipengaruhi oleh bahasa Sanskerta), disebut 𝦤𝦾𝑱 (nusa)

Baca Juga  Tuliskan Nilai-nilai Yang Terkandung Dalam Sila Keempat Pancasila

:230 kata ini tercatat pertama kali dalam kitab Negarakertagama untuk menjelaskan gagasan negara yang dianut oleh Majapahit; wilayahnya meliputi sebagian besar Asia Tenggara, terutama di Nusantara. Di luar Indonesia, kata Nusantara digunakan untuk menyebut Kepulauan Malaya (Kepulauan Malaysia) yang terletak di antara pulau besar Indochina – Indochina meliputi Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam dan Malaysia – dan sebagian besar Australia.

Gagasan pulau-pulau sebagai satu kesatuan wilayah tidak datang dari Gajah Mada, tetapi Raja Kertanegara dari Kerajaan Singhasari – juga dikenal sebagai Singasari atau Singosari – dalam Prasasti Mula Malurung yang ditulis oleh Kertanegara pada tahun 1255 atas perintah ayahnya telah telah diterbitkan. , Wisnuwardhana (memerintah 1248–1268), raja Singhasari.

Kajian Teoretis Konsep Praktik Kefarmasian Di Indonesia

Selain itu, pada tahun 1275, istilah Cakravala Mandala Dvipantara digunakan Kertanegara untuk menggambarkan tuntutan agar pulau-pulau di Asia Tenggara bersatu di bawah kekuasaan Singhasari dan menandai awal usahanya untuk mencapai harapan tersebut.

Dvipantara adalah kata Sansekerta yang berarti “pulau di tengah” yang merupakan sinonim dari kata Nusantara karena dvipa dan nusa berarti “pulau”.

Kertanegara membayangkan kerajaan maritim dan kekaisaran yang bersatu di Asia Tenggara sebagai pertahanan melawan kebangkitan dinasti Yuan Tiongkok—atau Tiongkok—yang dipimpin oleh bangsa Mongol.

‘Kepulauan Hindia’) diizinkan untuk digunakan sebagai nama resmi negara kesatuan Republik Indonesia, kata Nusantara dipertahankan sebagai sinonim untuk kepulauan Indonesia. Penggunaan istilah ini pada zaman dahulu digunakan untuk menggambarkan satuan geografis-antropologis pulau-pulau antara benua Asia dan Australia (termasuk Semenanjung Malaysia).

Julukan Indonesia Di Mata Dunia! Kita Patut Bangga!

Secara umum pulau-pulau dalam bahasa modern meliputi Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand Selatan, Filipina, Brunei Darussalam, Timor Leste (atau Timor Timur, Leste berasal dari bahasa Portugis yang berarti “Timur”), Taiwan dan Papua Indonesia – tidak termasuk Papua Papua Nugini.

Pribumi-Nusantara (Orang Asli Indonesia), disebut juga pribumi (orang asli tanah Indonesia), orang Indonesia yang akar nenek moyangnya berada di kepulauan sejak zaman purba dari abad ke-7 Masehi sampai abad ke-13 Masehi, bercirikan Indonesia d. diketahui (sebagian) orang asing, seperti orang Indonesia Tionghoa, orang Arab Indonesia, orang India Indonesia dan orang Indo-Eropa (Eurasia) yang nenek moyangnya ada di Indonesia sejak masa penjajahan.

Sebutan bagi orang yang berhak menerima zakat adalah, pinjol seluruh wilayah indonesia, seluruh wilayah kepulauan indonesia disebut, wilayah kepulauan, sebutan untuk kepulauan indonesia, makna keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia, bagaimana manusia purba bisa menyebar ke dalam wilayah kepulauan indonesia, kode pos seluruh wilayah indonesia, keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia, wilayah kepulauan indonesia, contoh keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia, peta wilayah kepulauan riau