Sebutkan Yang Ditimbulkan Dari Keberagaman Yang Ada Di Masyarakat – Gagasan pemerintah dalam Pancasila pasal 3 juga untuk menjaga persatuan, semacam perlindungan terhadap konflik sosial dan konflik karena perbedaan.

Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, bahasa dan budaya. Menurut statistik Badan Pusat Statistik (2010), Indonesia memiliki lebih dari 300 spesies, serta 1.340 spesies. Identitas masing-masing kelompok mempunyai budaya tersendiri yang mencerminkan keberagaman Indonesia.

Sebutkan Yang Ditimbulkan Dari Keberagaman Yang Ada Di Masyarakat

Berdasarkan geografi, Indonesia merupakan negara terbesar ke-15 di dunia menurut Worldometer. Dari Sabang hingga Merauke, terdapat berbagai tipe masyarakat yang tinggal di pulau-pulau tersebut. Apabila perbedaan yang ada tidak dijaga dengan baik, maka keadaan ini dapat menimbulkan konflik dan perpecahan.

Pts Pkn 9 Genap

Sebaliknya, jika keberagaman dan kerukunan tetap terjaga, maka Indonesia akan memberikan dampak positif, saling belajar, dan bermanfaat bagi pembangunan dan kemajuan negara. . Kemungkinan lainnya, pemerintah Indonesia bisa menjadi negara besar dengan kekayaan yang melimpah, tidak hanya pada sumber daya alam dan kekayaan budaya.

Masyarakat Indonesia yang majemuk memberikan dampak positif dan negatif bagi masyarakatnya. Motto nasional Indonesia dalam menjaga keberagaman adalah Bhinneka Tunggal Ika: Berbeda tapi Satu.

Selain itu, gagasan negara Pancasila pasal ke-3 juga menjaga persatuan, semacam perlindungan terhadap konflik sosial dan konflik akibat konflik.

Berikut dampak positif dan negatif keberagaman dalam masyarakat Indonesia menurut Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (2018) oleh Asep Sutisna Putra dan Sumartini.1. Membangun Jejaring Sosial 2. Meningkatkan Solidaritas dan Toleransi 3. Memanfaatkan Sektor Pariwisata 4. Mengembangkan Sosial Ekonomi 1. Konflik Internal Masyarakat 2. Penciptaan Prinsip-prinsip Fundamental 3. Penciptaan Agama 4. Penciptaan Budaya Berbahaya.

Majalah Simpul Perencana Vol. 42 By Pusbindiklatren Kementerian Ppn/bappenas

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman, mulai dari ras, suku, budaya, bahasa, agama, dan suku. Keberagaman masyarakat Indonesia biasanya disebabkan oleh berbagai hal, seperti perbedaan geografis, kepercayaan, sejarah, dan banyak hal lainnya.

Baca Juga  Mengapa Aspek Budaya Dan Politik Termasuk Kajian Geografi

Lantas, apa pengaruh keberagaman sosial Indonesia terhadap perilaku masyarakat Indonesia? Simak informasi mengenai dampak perbedaan masyarakat Indonesia terhadap aspek positif dan negatifnya di bawah ini.

Keberagaman merupakan salah satu ciri masyarakat Indonesia. Perbedaan tersebut menyebabkan masyarakat Indonesia berusaha hidup rukun dan saling menghormati.

Oleh karena itu, Indonesia akan menjadi negara yang damai dan aman. Ada berbagai faktor yang menyebabkan perbedaan di Indonesia, seperti disebutkan di bawah ini.

Pkn Tugas Kelompok 4.2 Kelas 9 Halaman 114plis Yg Tau Jawabannya​

Bagaimana keberagaman sosial di Indonesia mempengaruhi perilaku masyarakat Indonesia secara positif? Di bawah ini akan kami jelaskan beberapa dampak dan dampak keberagaman dalam masyarakat Indonesia dari sudut pandang positif.

Salah satu dampak dari keberagaman masyarakat Indonesia adalah berkembangnya ikatan timbal balik. Keadilan sosial adalah cara menangani berbagai bagian masyarakat. Diantaranya adalah budaya, suku, agama, dan lain-lain.

Dengan menciptakan jejaring sosial, masyarakat tentunya harus berperan untuk hidup bersama dan saling menghargai perbedaan.

Keberagaman masyarakat Indonesia baik dari segi budaya, suku, suku atau budaya dapat mengakibatkan perbedaan situasi, situasi sosial, dan gaya hidup. Keberagaman masyarakat Indonesia akan menciptakan pentingnya persatuan dan toleransi antar masyarakat.

Dalam Kehidupan Pergaulan Kalian Di Sekolah Keluarga Atau Masyarakat Mungkin Pernah Terjadi Konflik Atau

Ciri-ciri toleransi dalam masyarakat dapat berupa menghargai ras lain, tidak merugikan ras lain, bersahabat dengan ras lain, memuji keindahan budaya orang lain, dan lain sebagainya.

Dampak positif lain dari keberagaman Indonesia adalah kelompok wisatawan. Keberagaman penduduk Indonesia membuat Indonesia mempunyai banyak sekali wisata dan budaya. Perbedaan ini menjadi sesuatu yang unik bagi masyarakat Indonesia dan berbeda dengan negara lain.

Oleh karena itu, banyak wisatawan mancanegara yang senang berkunjung ke Indonesia bukan hanya untuk melihat keindahan alamnya, namun juga karena keragaman budaya Indonesia yang sulit ditemukan di negara lain. .

Dampak positif lain dari keberagaman Indonesia adalah pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia. Ketika sektor pariwisata tumbuh, maka otomatis kesejahteraan masyarakat yang tinggal di kawasan wisata pun akan meningkat.

Manfaat Toleransi Bagi Kehidupan Yang Perlu Diketahui Dan Dipahami

Jadi secara tidak langsung keberagaman desa ini juga dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakatnya.

Pengaruh negatif masyarakat Indonesia juga tidak gratis. Diambil dari buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Tingkat IX SMP/MTS terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Indonesia, inilah beberapa dampak negatif keberagaman pada masyarakat Indonesia.

Perbedaan masyarakat Indonesia seringkali menimbulkan konflik dalam masyarakat. Potensi terjadinya konflik, perselisihan dan perpecahan sosial seringkali bersumber dari perbedaan suku, agama, budaya dan lainnya.

Baca Juga  Gerakan Awal Saat Akan Melakukan Gerakan Berenang Adalah

Jika tidak dibiarkan, memang bisa menimbulkan dampak negatif. Oleh karena itu, diperlukan sikap yang dilandasi rasa hormat dan menghargai perbedaan untuk mencegah terjadinya konflik sosial.

Akibat Yang Ditimbulkan Dari Keberagaman Sosial Budaya, Materi Ppkn

Primordialisme adalah suatu pandangan yang dimulai sejak masa kanak-kanak tentang adat istiadat, kepercayaan atau tradisi dalam suatu masyarakat. Jika tidak dikelola dengan baik, perilaku ini juga dapat menimbulkan konflik dan perpecahan.

Etnosentrisme adalah gagasan bahwa satu ras lebih unggul dari bangsa lain. Oleh karena itu, rasisme ini dapat menimbulkan masalah antar ras atau budaya. Sebab, seseorang yang mempunyai sikap budaya tersebut menghina suku atau tradisi orang lain.

Dampak negatif lain yang dirasakan masyarakat Indonesia adalah maraknya terorisme. Tirani jenis ini mengacu pada terlalu percaya diri pada keyakinan sendiri dan memikirkan apa yang dianggap salah oleh orang lain.

Orang yang berprestasi tinggi mempunyai rasa keadilan yang kuat dan tidak akan segan-segan meremehkan atau menyinggung keyakinan orang lain.

Dampak Buang Sampah Sembarangan Cemari Lingkungan

Nah itulah penyebab perbedaan dan dampak perbedaan masyarakat Indonesia terhadap perilaku masyarakat Indonesia, baik dan buruk. Semoga informasi ini bermanfaat., Jakarta Menjelaskan dampak keberagaman dalam masyarakat Indonesia adalah pertanyaan yang sering terdengar. Indonesia merupakan negara yang majemuk, Indonesia mempunyai banyak sekali kebudayaan yang berbeda-beda antara lain olah raga, budaya, tradisi, bahasa, budaya dan agama.

Keberagaman masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh banyak hal, seperti perbedaan letak geografis, keturunan, keyakinan progresif, sejarah hubungan dengan bangsa lain dan masih banyak lagi yang lainnya. Sudah ada sejak dahulu kala, keberagaman masyarakat Indonesia menjadi hal yang kita temui sehari-hari.

Akibat dari keberagaman masyarakat Indonesia akan menimbulkan dua dampak, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Hal ini tergantung pada pemahaman masyarakat dan respon terhadap perbedaan yang mereka hadapi sehari-hari.

Untuk menjawab pertanyaan mengenai interpretasi hasil keberagaman dalam masyarakat Indonesia, berikut laporan singkat dari berbagai sumber, Kamis (27/10/2022). Tentang akibat keberagaman dalam masyarakat Indonesia, baik dan buruk.

Masalah Masalah Keberagaman Budaya

Sekelompok masyarakat memulai Parade Bhinneka Tunggal Ika. Acara ini diadakan di dekat Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu 19 November 2016

Masyarakat Indonesia dikenal beragam baik dari segi wilayah, suku, budaya, bahasa, adat istiadat, dan agama. Keberagaman masyarakat Indonesia merupakan sesuatu yang sudah ada sejak dahulu kala dan tertuang dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Istilah Bhinneka Tungga Ika mempunyai arti yang berbeda-beda namun satu kesatuan. Artinya walaupun masyarakat Indonesia berbeda asal usulnya, namun seluruh bangsa dan masyarakat Indonesia adalah satu kesatuan. Slogan ini merupakan salah satu yang menunjukkan persatuan masyarakat Indonesia meskipun ada keberagaman.

Baca Juga  Keadaan Alam Laos

Demikian dilansir dari situs resmi kemdikbud.co.id. Ada banyak faktor yang menyebabkan perbedaan dalam masyarakat Indonesia. Alasan terjadinya keberagaman pada masyarakat Indonesia, seperti:

Contoh Sikap Menghormati Keberagaman Suku Di Indonesia, Materi Ppkn

Seorang peserta memajang poster keikutsertaannya dalam Parade Bhinneka Tunggal Ika di dekat Patung Kuda di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (19/11). Latihan ini bertujuan memperkuat persatuan negara. (/Gempur M. Surya)

Dampak positif pertama adalah keberagaman masyarakat Indonesia yang memperkaya budaya Tanah Air. Sebagai salah satu Negara Kesatuan Republik Indonesia, berbagai kebudayaan dari Sabang hingga Merauke telah menjadi milik Indonesia.

Berdasarkan laporan dari website kemdikbud.go.id, masyarakat peserta konferensi pemuda kedua sepakat untuk menyampaikan tiga janji yang kemudian disebut Janji Pemuda. Dalam ikrar pemuda tersebut adalah, ‘Kami putra dan putri Indonesia, jagalah bahasa persatuan, Indonesia’. Pelestarian bahasa persatuan berarti keputusan untuk menjadi Indonesia bersatu dengan tetap menjaga keberagaman bahasa daerah yang menjadi kekayaan bangsa.

Pentingnya menghormati perbedaan sosial. Indonesia adalah negara yang bersatu. Toleransi perlu dipraktikkan di berbagai masyarakat. Penerimaan terhadap perbedaan budaya, agama, dan budaya dapat dimulai terlebih dahulu dari lingkungan. Ciptakan lingkungan yang nyaman, aman dan tenteram.

Preventif, Represif Dan Kuratif: Upaya Menyelesaikan Konflik Keragaman Di Indonesia

Pada dasarnya setiap kebudayaan mempunyai sejarahnya masing-masing. Padahal, sejarah tersebut sangat baik untuk dijadikan tempat tujuan wisata seperti museum, monumen, dan tempat wisata lainnya. Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Indonesia bukan hanya karena keindahan sumber daya alamnya saja, namun juga karena Indonesia kaya akan budaya yang tidak bisa kita temukan di negara lain. Menjadi Situs Warisan Dunia

Seorang peserta membawa tanda saat mengikuti Parade Bhinneka Tunggal Ika, Jakarta, Sabtu (19/11). Latihan ini dilakukan sebagai cara untuk mengatasi kekhawatiran atas perpecahan yang terjadi baru-baru ini. (/Gempur M. Surya)

Dampak sosial yang ditimbulkan Indonesia tidak hanya baik namun juga buruk. Selain munculnya perbedaan ras dan etnis, konflik yang disebabkan oleh perbedaan ras juga terjadi di Indonesia. Konflik ini sering terjadi antar banyak komunitas. Konflik ini merupakan ancaman terhadap keutuhan, persatuan dan kesatuan pemerintahan Indonesia.

Banyaknya perbedaan yang ada di Indonesia juga berdampak pada perubahan sosial. Hasilnya pun bergantung pada respon kelompok masyarakat tertentu. Orang yang bereaksi berlebihan terhadap masalah ini seringkali memiliki sifat sensitif. Sebaliknya kelompok masyarakat yang menganggap hal tersebut wajar, bisa menerima adanya perbedaan ras, gender, agama dan lain-lain.

Pengertian Dan Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia Yang Harus Diketahui

Dampak negatif lain dari keberagaman dalam masyarakat Indonesia adalah munculnya kepentingan. Hasil ini terkait dengan politik. Bahkan, akibat tersebut sudah menjadi hal yang lumrah di masyarakat.

*

Sebutkan keberagaman budaya yang ada di indonesia, sebutkan gejala yang ditimbulkan dari penyakit sifilis raja singa, sebutkan keberagaman yang ada di indonesia, contoh keberagaman yang ada di indonesia, keberagaman sosial masyarakat indonesia dapat dilihat dari kegiatan, sebutkan keberagaman di indonesia, jelaskan keberagaman budaya yang ada di indonesia, sebutkan penyebab keberagaman di indonesia, sebutkan gejala yang ditimbulkan dari osteoporosis, keberagaman yang ada di indonesia, sebutkan gejala yang ditimbulkan dari penyakit tbc, sebutkan penyebab keberagaman masyarakat indonesia