Semangat Kebangsaan Atau Lebih Mengeepankan Kepentingan Nasional Disebut Juga – Sifat semangat kebangsaan atau pengutamaan kepentingan nasional disebut juga nasionalisme. Prinsip nasionalisme Indonesia telah menjadi salah satu konsep terpenting bagi bangsa dan negara. Nasionalisme Indonesia bukan tentang merasa lebih unggul dari bangsa lain. Dalam buku Semangat Nasionalisme dalam Bingkai Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara yang ditulis oleh Ketut Rusmulyani (2020: 2), nasionalisme disebut sebagai prinsip, perasaan dan upaya patriotik dan siap mempertahankannya dengan sekuat tenaga. .

Nasionalisme berbeda dengan semangat nasionalisme. Semangat nasionalisme menekankan pada sikap batin yang melekat pada setiap individu sebagai individu dan bagian dari bangsa dan negara, yang dipraktikkan dalam bentuk kesadaran dan perilaku cinta tanah air, kerja keras. membangun, memajukan dan memelihara kehidupan yang harmonis memelihara persatuan dan kesatuan, serta rela berkorban.

Semangat Kebangsaan Atau Lebih Mengeepankan Kepentingan Nasional Disebut Juga

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa semangat nasionalisme atau pengutamaan kepentingan nasional disebut dengan nasionalisme. Dalam asas nasionalisme, masyarakat tidak memberikan ruang atau ruang untuk mempersoalkan perbedaan kebangsaan, agama, ras, budaya dan golongan. Kemauan untuk bersatu sebagai bangsa berarti bahwa setiap individu harus berani mengorbankan kepentingan pribadinya untuk menjaga nilai-nilai persatuan.

Fungsi Musik Tradisional Antara Lain

Tanpa pengorbanan, semangat nasionalisme atau rela berkorban demi kepentingan nasional sulit terwujud. Bahkan, bisa menimbulkan perpecahan. Tentang nasionalisme, kami juga mengembangkan rasa bangga sebagai orang Indonesia. Semangat kebanggaan terhadap bangsa Indonesia yang telah terbangun sejak kemerdekaan harus terus dipupuk agar tetap hidup.

Rasa nasionalisme harus tetap terjaga dalam masyarakat Indonesia, dimana bentuk nasionalisme ini bertujuan jujur, adil, disiplin, berani melawan tirani, tidak korupsi, toleran, dll. Jika kita tidak bisa hidup dalam semangat nasionalisme, maka kita tidak bisa menjaga eksistensi bangsa dan negara dari kehancuran total.

Baca Juga  Bahasa Jawanya Lagi Ngapain

Perhatikan bahwa semangat nasionalisme atau pengutamaan kepentingan nasional disebut juga nasionalisme. Semoga informasi ini bermanfaat! (CHL)

Kepentingan nasional, pengerasan hati disebut juga, kencing nanah disebut juga, cuci darah disebut juga, kanker darah disebut juga, penyakit gula atau kencing manis disebut juga, ambeien disebut juga, bor listrik portable atau disebut juga, definisi kepentingan nasional, release bearing disebut juga, semangat kebangsaan, guling lenting disebut juga