Sifat Flora Australis Yaitu Memiliki Kesamaan Dengan Flora Di Benua – Kelas 10 Biologi – Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan flora dan fauna yang tersebar di seluruh nusantara. Penyebaran makhluk yang berbeda ini dapat ditentukan secara geografis seperti ketinggian, garis lintang dan kondisi iklim seperti curah hujan, suhu dan radiasi cahaya.

Indonesia dikenal sebagai “land of megadiversity”, yang menandakan bahwa keanekaragaman hayati Indonesia dikenal paling lengkap di dunia. Selain itu, Indonesia memiliki spesies paling endemik di dunia. Spesies endemik ini merupakan spesies lokal, unik dan hanya terdapat di daerah atau pulau tertentu.

Sifat Flora Australis Yaitu Memiliki Kesamaan Dengan Flora Di Benua

Geografi alam dapat dibagi menjadi dua bagian berdasarkan fauna dan flora, yaitu distribusi hewan dan tumbuhan. Di Indonesia terdapat berbagai macam tumbuhan, hewan, jamur, bakteri dan mikroorganisme lainnya.

Mengenal Karakteristik Flora Di Indonesia Timur Beserta Contohnya

Sekitar 40.000 spesies tumbuhan, 350.000 spesies hewan. Ada 5.000 spesies jamur dan 1.500 spesies monera di Indonesia. Bahkan, banyak satwa endemik atau hanya ditemukan di satu daerah. Keanekaragaman hayati terbagi menjadi dua bagian yaitu flora dan fauna.

Tumbuhan di Indonesia ada sekitar 25.000 spesies, sedangkan tumbuhan lumut ada 35.000 spesies. Penyebaran flora Indonesia dipengaruhi oleh faktor geologi yaitu Paparan Sahul di sebelah timur dan Paparan Sunda di sebelah barat.

Dataran Sunda meliputi Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Bali. Flora pulau-pulau dipengaruhi oleh flora Asia karena karakteristiknya mirip dengan flora daratan Asia. Flora dataran Sunda (flora asiatis) memiliki ciri-ciri pohon berharga, heterogen, dan selalu hijau. Flora dataran Sunda tersebar di Sumatera, Kalimantan dan pulau-pulau sekitarnya.

Flora dataran tinggi transisi ditemukan di hutan hujan tropis dan hutan musim. Flora musiman hutan lebih lemah dibandingkan dengan hutan hujan tropis, pada musim kemarau daun-daun berguguran, sedangkan pada musim hujan tanaman mulai bertunas dan daunnya mengembang. Flora peralihan menyebar ke Jawa, Nusa Tenggara dan sebagian Maluku.

Biodiversitas Vol. 8, No. 4, October 2007 (abstract In English) By Biodiversitas Unsjournals

Dataran Tinggi Sahul yang meliputi Papua dan pulau-pulau kecil yang mengelilinginya. Flora pulau dipengaruhi oleh daratan Australia. Flora Dataran Tinggi Sahul yaitu bagian timur yaitu Papua memperlihatkan hutan savana. Flora hutan sabana dicirikan oleh padang rumput yang luas, semak belukar dan pepohonan rendah.

Baca Juga  Jelaskan Bagaimana Tantangan Dakwah Nabi Saleh

Penyebaran fauna Indonesia dipengaruhi oleh aspek geografis dan kejadian geologis di benua Asia dan Australia, dan terdapat sekitar 220.000 spesies hewan di Indonesia. Garis keturunan yang membagi fauna Indonesia adalah garis Wallace (Indonesia bagian barat) dan garis keturunan Weber (Indonesia bagian timur).

Fauna Indonesia dikelompokkan berdasarkan kesamaan dan dibagi menjadi tiga kawasan biogeografis, yaitu Kawasan Oriental, Kawasan Peralihan, dan Kawasan Australia.

Wilayah timur meliputi Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan. Hewan di wilayah ini memiliki karakteristik yang sama dengan yang ada di Asia. Hewan di wilayah ini biasanya hidup di hutan hujan tropis. Fauna wilayah timur memiliki kicau burung dan warna yang kurang indah, mamalia yang relatif besar dan beragam monyet.

Uas Kelas 10

Daerah peralihan adalah daerah yang hewan-hewan yang hidup di dalamnya memiliki karakteristik yang berbeda dengan daerah Oriental dan Australia. Daerah peralihan membentang dari Sulawesi Selatan hingga Kepulauan Aru. Fauna zona transisi memiliki ciri-ciri seperti bulu asli, langka atau tidak ada, burung unik yang ditemukan di daerah tersebut, dan beberapa hewan langka.

Wilayah Australia meliputi wilayah Papua, Maluku, Nusa Tenggara, dan Sulawesi. Hewan di kawasan ini hampir sama spesiesnya dengan di kawasan Australia. Fauna di wilayah timur dicirikan oleh berbagai jenis burung dan warna yang indah, mamalia dan marsupial yang relatif kecil.

Bagaimana? Anda sudah lebih paham tentang keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia. Jika ada pertanyaan, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar.

Materi Biologi SMA 10: Keanekaragaman Hayati di Indonesia Diulas Oleh: izzuddinHisyaam 13 Jul 2021 Rating: 5 Dunia ini memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang menarik bahkan bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Padahal, Indonesia memiliki beberapa flora dan fauna endemik yang tersebar di berbagai daerah. Tapi bagaimana penyebaran flora dan fauna berlangsung? Faktor apa yang mempengaruhi kehidupan flora dan fauna di daerah tersebut, bahkan di daerah cuaca ekstrim? Berikut rangkuman materi geografi kelas XI flora dan fauna dunia.

Diktat Sistematika Tumbuhan

Apakah Anda tahu istilah Garis Weber dan Garis Wallace? Kedua jalur ini sangat penting untuk memahami kekhasan flora dan fauna Indonesia.

Garis Wallace digambar oleh Alfred Russel Wallace, Garis Wallace adalah garis imajiner yang memisahkan persebaran fauna Indonesia bagian barat atau Asiatik dengan persebaran fauna Indonesia bagian tengah atau peralihan.

Garis Weber digambar oleh Max Wilhelm Carl Weber, Garis Weber adalah garis imajiner yang memisahkan persebaran fauna Indonesia tengah atau peralihan dari Indonesia timur atau Australia.

Baca Juga  Tinggi Rendahnya Intonasi Dipengaruhi Oleh

Penyebaran flora tersebut dapat dibagi menjadi tiga kawasan utama, yaitu subkawasan Indonesia dan Malaysia di bagian barat, Kepulauan Wallacea (Sulawesi, Nusa Tenggara, Timor dan Maluku) di bagian tengah, dan subkawasan Australia di bagian tengah. Timur. Ketiga kawasan tumbuhan ini dapat dibagi menjadi empat kawasan, yaitu flora Sumatera-Kalimantan, flora Jawa-Bali, flora Kepulauan Wallacea dan flora Papua.

Tolong Ka Di Jawab No 7 Sampai 10

Wilayah pulau Sumatera dan Kalimantan memiliki kelembaban dan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun dan pola curah hujan tropis. Suhu rata-rata tahunan selalu tinggi, dan suhu udara tertinggi masih di atas 18 derajat. Jenis vegetasi yang dominan di kawasan ini adalah hutan hujan tropis dengan vegetasi dan kerapatan yang heterogen.

Beberapa jenis tumbuhan khas Sumatera dan Kalimantan adalah meranti, damar dan aneka anggrek. Hutan tropis memiliki kelembapan yang sangat tinggi dan merupakan rumah bagi banyak spesies lumut, jamur, dan pakis. Di daerah pesisir Kalimantan dan Sumatera banyak dijumpai kawasan hutan bakau yang merupakan vegetasi pantai tropis yang khas.

Wilayah Jawa-Bali memiliki curah hujan, suhu, dan kelembapan yang bervariasi, serta membentang dari barat ke timur selatan garis khatulistiwa. Di bagian barat Jawa curah hujannya lebih basah daripada di bagian timur Jawa. Di bagian barat Jawa curah hujannya lebih basah daripada di bagian timur Jawa. Semakin ke timur dari pulau Jawa, tipe iklimnya semakin kering, bahkan di beberapa daerah dengan iklim savana tropis.

Vegetasi atau tumbuhan alami pulau Jawa dan Bali dapat diklasifikasikan menjadi hutan hujan tropis, hutan musim tropis, sabana tropis, dan hutan bakau.

Amatilah Beberapa Jenis Tumbuhan Di Atas Dengan Cermat Dan Teliti. Berdasarkan Ciri Cirinya, Apakah

Rentang hutan monsun tropis terbentang di sisi utara pulau Jawa, mulai dari Jawa Barat Laut melalui Jawa Tengah hingga Jawa Timur yang merontokkan atau merontokkan daunnya pada musim kemarau panjang.

Vegetasi yang mendominasi Jawa Timur bagian timur dan pulau Bali adalah sabana tropis. Daerah pegunungan yang cukup tinggi di Pulau Jawa dan Bali ditumbuhi vegetasi pegunungan seperti Pinus merkusii dan pohon cemara.

Wilayah Kepulauan Wallacea meliputi pulau-pulau di Indonesia bagian tengah, yaitu Kepulauan Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara, Pulau Timor, dan Kepulauan Maluku.

Wilayah Indonesia bagian tengah memiliki iklim yang lebih kering dan kelembaban yang lebih rendah dibandingkan dengan wilayah Indonesia lainnya, kecuali Kepulauan Maluku.

Soal Keaneka Ragaman Hayati Kelas X

Vegetasi yang menutupi kawasan ini adalah hutan hujan tropis. Berbeda dengan Indonesia bagian barat, vegetasi di Papua adalah Australia Utara, dengan flora khas yaitu eucalyptus. Daerah pegunungan Jayawijaya ditutupi dengan vegetasi pegunungan sedangkan daerah pesisir memiliki hutan bakau.

Baca Juga  Apa Simbol Yang Memperkuat Keberagaman Suku Bangsa Di Indonesia

Pola persebaran fauna Indonesia tidak jauh berbeda dengan tumbuhan yang terbagi menjadi tiga kelompok yaitu barat, tengah dan timur. Sebagian besar pola fauna bagian barat sama dengan fauna bagian timur, sedangkan bagian timur (Maluku dan Papua) sama dengan di Australia. Fauna Indonesia Tengah sering disebut sebagai fauna khas Indonesia (Fauna Kepulauan Wallacea).

Wilayah fauna Indonesia bagian barat meliputi pulau Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan dan pulau-pulau kecil yang mengelilinginya. Kawasan satwa liar ini disebut Kawasan Fauna Dangkal Sunda. Fauna Indonesia bagian barat meliputi:

Kawasan fauna Indonesia bagian tengah disebut juga sebagai fauna Kepulauan Wallacea. Daerah ini meliputi Pulau Sulawesi dan pulau-pulau sekitarnya. Kepulauan Nusa Tenggara, Pulau Timor dan Kepulauan Maluku. Kawasan ini memiliki hewan unik yang hanya bisa ditemukan di Indonesia, yaitu anoa, babi hutan, dan komodo. Fauna Kepulauan Wallacea antara lain sebagai berikut.

Flora Dan Fauna Di Indonesia

Fauna Indonesia Timur disebut juga fauna Beting Sahul. Fauna daerah ini tersebar di kepulauan Papua dan pulau-pulau sekitarnya. Ciri-ciri hewan zona ini memiliki kemiripan dengan fauna negara bagian Australia, oleh karena itu zona ini disebut juga zona Australis. Spesies hewan berikut dapat ditemukan di kawasan bawah Sahul:

Iklim menggambarkan keadaan rata-rata suhu udara, curah hujan, radiasi matahari, kelembaban dan tekanan udara di area yang luas dalam jangka waktu yang lama. Distribusi jenis iklim yang berbeda di permukaan bumi menyebabkan spesies tanaman dan hewan yang berbeda.

Suhu udara dinyatakan dalam Celcius, Fahrenheit dan derajat lainnya. Temperatur udara dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain radiasi matahari dan ketinggian.

Contoh tanaman apel bisa tumbuh subur di suhu yang sejuk. Beberapa bagian Kota Batu dan Kabupaten Malang berada lebih dari 600 meter di atas permukaan laut. Tempat-tempat tersebut menjadi daerah penghasil apel yang produktif. Sebagian besar penduduk daerah tersebut berprofesi sebagai petani apel.

Pohon Ara Atau Tin

Kelembaban secara langsung mempengaruhi kehidupan flora. Beberapa spesies tumbuhan memerlukan tingkat kelembapan tertentu. Oleh karena itu, jenis tanaman dapat diklasifikasikan berdasarkan kadar air tempat tumbuhnya.

Air hujan sangat penting untuk pertumbuhan tumbuhan dan hewan. Tanpa air tidak ada kehidupan. Hujan didistribusikan secara tidak merata di permukaan bumi. Curah hujan yang tidak merata mengakibatkan jenis tanaman yang berbeda di daerah tersebut.

Hutan tropis memiliki banyak hutan lebat, pohonnya tinggi, dan daunnya selalu hijau Hutan tropis dapat tumbuh di daerah yang curah hujan tahunannya 1000-2000 mm dan suhu udara 20-30 derajat. Hutan adalah habitat dengan flora dan fauna yang kaya.

Kondisi berbeda untuk Aronias yang berkembang di daerah hujan

Jurnal Bioma Edisi Januari 2018

Flora australis, ciri ciri flora australis, flora asiatis dan australis, contoh flora australis, jenis jenis flora australis, gambar flora australis, flora dan fauna australis, contoh flora australis di indonesia, flora australis di indonesia, flora di benua eropa, flora tipe australis, flora fauna australis