Sikap Akhir Setelah Melakukan Lompat Harimau Yaitu – 1. Membakar kalori 2. Mengoptimalkan detak jantung 3. Melatih kelenturan 4. Membantu metabolisme 1. Kurang pengertian 2. Kurangnya keberanian 3. Kurangnya teladan

Lompat harimau atau disebut juga lompat harimau atau pegas harimau merupakan gerakan senam lantai. Keberhasilan lompat harimau bergantung pada beberapa faktor, termasuk cara pendukung yang benar.

Sikap Akhir Setelah Melakukan Lompat Harimau Yaitu

Sebagaimana diberitakan dalam buku “Pendidikan Jasmani” karya Irwansyah, gerakan lompat macan merupakan pengembangan dari gerakan jungkir balik ke depan. Namun proses melompat ke udara pada lompat harimau lebih jauh dari pada jungkir balik ke depan.

Lari Jarak Pendek Lengkap Dengan Penjelasan Teknik Dasarnya

Sementara itu, ada dua pendapat yang diungkapkan dalam penelitian Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Pertama, lompat macan merupakan pengembangan dari gerakan berguling ke depan. Gerakan lompat macan dan berguling ke depan sebenarnya tidak jauh berbeda, yang membedakan hanya pada gerakan mendorong ke atas sebelum berguling.

Pendapat kedua, lompat harimau adalah gerakan melompat seperti harimau ketika menerkam mangsanya yang dilanjutkan dengan gerakan berguling ke depan.

Dapat disimpulkan bahwa lompat macan merupakan suatu gerakan melompat ke depan dengan proses melayang, kemudian mendarat dengan kedua tangan dan dilanjutkan dengan berguling ke depan. Dalam latihannya, gerakan lompat macan dapat dilakukan dengan menggunakan rintangan, seperti menggunakan kotak atau teman berjongkok.

Karena gerakan lompat harimau merupakan salah satu jenis olahraga, tentunya memiliki manfaat bagi kesehatan. Di bawah ini adalah beberapa manfaat lompat harimau.

Lompat Kangkang Adalah Salah Satu Gerakan Senam Lantai, Ketahui Tekniknya

Gerakan lompat harimau ini mampu membakar kalori Anda. Sebab gerakan ini memerlukan tenaga yang besar, mulai dari berlari, melompat, dan melakukan gerakan berguling ke depan. Tentu saja gerakan ini akan dilakukan berkali-kali selama latihan. Dengan banyaknya kalori yang terbakar, tentunya tubuh akan terasa lebih baik dan langsing.

Olahraga ini dapat meningkatkan kesehatan jantung karena membutuhkan banyak tenaga dan ketelitian saat mendarat, sehingga otot jantung lebih terlatih. Dengan rutin berolahraga tentunya jantung akan semakin sehat dan berfungsi maksimal.

Lompatan macan memerlukan ketangkasan, kelenturan, ketangkasan dan kecepatan gerak. Semakin banyak Anda berlatih, tubuh Anda akan semakin fleksibel.

Baca Juga  Arti Until Jannah

Saat melakukan lompat harimau, Anda akan menggerakkan seluruh tubuh agar fungsi tubuh lebih maksimal. Oksigen dan nutrisi makanan akan mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh sehingga meningkatkan metabolisme tubuh.

Rpp 6 Senam Lantai

Sebelum melakukan latihan lompat harimau, Anda harus mengetahui terlebih dahulu teknik dasarnya. Teknik ini dimulai dari posisi bagaimana menopang hingga posisi akhir. Berikut teknik dasar lompat harimau seperti dikutip dari penelitian UNY dan majalah Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Binaguna (STOK).

Dari penjelasan teknik dasar di atas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar gerakan lompat macan berhasil. Berikut hal-hal yang perlu diwaspadai, seperti dilansir penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Gerakan ini memerlukan keberanian dan rasa percaya diri. Orang tidak berani melompat karena takut cedera. Namun, dengan pemahaman teknik yang tepat, hal ini tidak akan terjadi.

Masyarakat takut melakukan lompatan besar karena kurangnya teladan. Kadang kalau hanya melihat gambar atau membaca penjelasannya, orang masih takut untuk mencoba. Maka diperlukan contoh dari seorang guru yang menunjukkan gerak lompatan harimau.

Lompat Kangkang: Pengertian, Sejarah, Dan Cara Melakukan

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai gerakan lompat macan pada senam lantai, beserta teknik dan faktor penyebab keberhasilan dan kegagalan dalam lompat macan. Semoga bermanfaat ya! Senam lantai merupakan salah satu jenis olahraga yang melibatkan gerakan akrobatik seperti berguling, berputar, handstand, atau melompat yang dilakukan di atas matras atau lantai. Senam lantai bermanfaat untuk melatih keseimbangan, ketangkasan, dan koordinasi motorik. Senam lantai juga menjadi salah satu topik pengajaran mata pelajaran olahraga di sekolah.

Dalam senam lantai, terdapat beberapa gerakan dasar yang harus dikuasai pesenam. Gerakan dasar tersebut terdiri dari berguling, melompat, menyeimbangkan, dan melompat. Di bawah ini penjelasan dan contoh dari masing-masing gerakan dasar tersebut.

Roll adalah latihan lantai yang melibatkan gerakan berguling ke depan atau ke belakang menggunakan tubuh bagian atas atau bawah. Menggulingkan dapat dilakukan mulai dari posisi berdiri atau berbaring. Contoh gerak menggelinding adalah menggelinding ke depan dan ke belakang.

Gerakan berguling ke depan merupakan gerakan berguling ke depan dengan menggunakan bagian tubuh belakang bagian atas (leher, punggung, pinggang, dan panggul belakang). Langkah-langkah melakukan gerakan berguling ke depan adalah sebagai berikut:

Lompat Harimau Mipa 1

Reverse roll yaitu menggelinding kebelakang dengan menggunakan bagian punggung bawah tubuh (paha, pinggang, punggung dan leher). Langkah-langkah melakukan gerakan guling belakang adalah sebagai berikut:

Jumping merupakan olahraga lantai yang melibatkan lompatan atau lompatan dengan menggunakan kaki sebagai baling-baling dan mendarat. Melompat dapat dilakukan dengan memulai dari posisi berdiri atau berlari. Contoh gerakan lompat adalah lompat harimau dan lompat kuda.

Baca Juga  Uraikan Beberapa Masalah Yang Muncul Terkait Keutuhan Nkri

Lompat macan merupakan lompatan dengan cara melompat dari satu kaki ke kaki lainnya dengan posisi badan menghadap ke samping. Langkah-langkah melakukan lompat harimau adalah sebagai berikut.

Melompat kuda adalah melompat dari dua kaki ke dua kaki dengan posisi badan lurus. Langkah-langkah lompat kuda adalah sebagai berikut.

Cara Menumpu Yang Benar Pada Gerakan Lompat Harimau

Keseimbangan merupakan gerakan senam lantai yang melibatkan menahan posisi tertentu dengan menggunakan tumpuan lengan atau kaki. Keseimbangan dapat dilakukan mulai dari posisi berdiri atau jongkok. Contoh gerakan penyeimbang adalah posisi candlestick dan parkir.

Sebuah candlestick (shoulder stand) menahan posisi dengan kedua kaki sehingga batang tubuh berada di atas dan kepala, lengan dan punggung berada di bawah. Langkah-langkah melakukan posisi candle adalah sebagai berikut.

Kayang memegang posisi dengan kedua tangan dan kaki bertumpu pada matras dengan posisi terbalik, kemudian meregangkan dan mengangkat panggul dan perut ke atas. Langkah-langkah menghadapi kayang adalah sebagai berikut.

Jumping merupakan gerakan senam lantai yang melibatkan lompatan atau lompatan dengan menggunakan kaki sebagai penggerak dan mendarat sambil berputar di udara. Melompat dapat dilakukan dengan memulai dari posisi berdiri atau berlari. Contoh gerakan lompat adalah lompat macan dan lompat jack.

Bahan Ajar Tiger Sprong Revisi Komprehensif

Straddle vaulting adalah lompat jauh dengan cara melompati suatu benda dengan kaki terbuka lebar. Langkah-langkah melakukan lompat straddle adalah sebagai berikut:

Demikianlah artikel yang saya tulis mengenai gerakan-gerakan dibawah ini yang termasuk dalam gerakan senam lantai, yaitu : Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda mengenai senam lantai. Terimakasih telah membaca artikel ini. 1. Meningkatkan kekuatan dan kecepatan otot-otot kaki, serta meningkatkan kelenturan dan keseimbangan tubuh. 2. Mengembangkan koordinasi gerakan antara mata, tangan dan kaki. 1. Tahap persiapan 2. Tahap penerbangan 3. Tahap pendaratan 1. Berdasarkan KBBI 2. Jumlah kaki penyangga 3. Posisi lengan

Kita sering melompat saat bermain atau berolahraga. Gerakan lompat pada permainan ini dilakukan dengan cara yang sama seperti pada permainan lompat tali dan derek. Sedangkan dalam olahraga, gerakan ini dilakukan pada lompat jauh, lompat tinggi, sepak bola, bola basket, dan lain-lain.

Ternyata, gerakan ini mempunyai manfaat baik bagi tubuh. Namun sebelum kita membahas manfaatnya, mari kita jelaskan terlebih dahulu bahwa melompat merupakan gerak lokomotor. Selain gerak lokomotor, terdapat dua jenis gerak lainnya yaitu gerak nonlokomotor dan gerak manipulatif.

Tugas Senam Lantai

Menurut laporan penelitian Universitas Negeri Jakarta, gerak lokomotor adalah gerak yang menggerakkan tubuh dari satu titik ke titik lain, baik secara horizontal maupun vertikal. Gerakan-gerakan tersebut antara lain melompat, berjalan, berlari, berjinjit, berlari, dan memanjat.

Sedangkan gerak non lokomotor adalah gerak yang dilakukan tanpa bergerak. Gerakan-gerakan tersebut antara lain menggoyangkan, mendorong dan menarik, mengangkat dan menurunkan, membungkuk dan meregang, membungkuk dan memutar, berputar dan melompat.

Baca Juga  Pada Umumnya Start Terbagi Atas

Sedangkan gerak manipulatif adalah gerak yang berkembang ketika anak menguasai suatu benda yang berbeda. Kemampuan manipulatif ini secara bersamaan melibatkan tangan dan kaki, termasuk bagian tubuh lainnya.

Seperti yang dijelaskan dalam penelitian Universitas Tanjungpura, melompat termasuk dalam gerakan dasar. Gerakan ini terjadi ketika tubuh diangkat ke udara dengan tekanan salah satu atau kedua kaki, kemudian tubuh mendarat dengan menggunakan salah satu atau kedua kakinya.

Lks Penjas Bab Senam

Gerakan melompat ini tidak hanya menggerakkan kaki saja, namun juga lengan dan persendiannya. Postur melompat yang benar antara lain menekuk lutut, mengayunkan lengan, dan memanjangkan gerakan.

Winnie Maharati Rung, siswa SMAN 1 Tanjung Kabupaten Tabalong, tampil sebagai juara lompat jauh siswa SMA pada Energen Champion SAC Indonesia 2022 – Kalimantan Qualifiers Lapangan JPOK Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru Kalimantan Selatan. , Jumat (28/10). Foto: Dr. Juara Indonesia SAC 2022

Masih dari penelitian Universitas Tanjungpura menjelaskan cara melakukan gerakan melompat. Setidaknya ada tiga fase penerbangan: persiapan, lepas landas, dan pendaratan.

Pada tahap ini, tubuh sedang bersiap untuk bergerak. Tahap ini melibatkan berdiri dan kemudian berdiri. Gerakan postural ini bisa dilakukan sambil berlari, berjalan atau sekedar menekuk lutut pada tempatnya.

Gerakan Senam Lantai

Setelah mengambil posisi lutut ditekuk dan diangkat ke udara untuk ekstensi pinggul yang cepat dan kuat, lutut dan pergelangan kaki juga digerakkan dengan ayunan lengan ke titik yang diinginkan.

Anda bisa menggunakan salah satu atau kedua kaki saat mendarat. Saat kaki menyentuh tanah, tubuh didorong ke bawah sehingga lutut sedikit ditekuk lalu kembali ke posisi vertikal.

Gerakan dasar tersebut dapat dilatih dengan berbagai gerakan lanjutan yang lebih kompleks, seperti pada olahraga lain seperti lompat jauh atau lompat macan.

Menurut penelitian Universitas Negeri Yogyakarta, lompat jauh bukan sekedar lompat saja. Ada teknik yang harus dikuasai untuk mendapatkan lompatan terjauh.

Pdf) Hubungan Antara Percaya Diri Dengan Kemampuan Melakukan Gerakan Lompat Harimau Pada Mahasiswa Tahun Akademik 2020 Penjaskesrek Fkip

Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan lompat jauh antara lain kondisi fisik yang baik, kecepatan, kelincahan, daya lompat, kelenturan, ketangkasan, dan rasa ritme dalam mengkoordinasikan gerakan.

Dari segi teknik, gerak lompat jauh diawali dengan gerakan yaitu berlari dengan percepatan sampai kecepatan maksimal, namun tetap menjaga kendali. Yang kedua adalah teknik dorong, dimana atlet mengubah kecepatan lari menjadi kecepatan vertikal atau lompatan, sehingga meminimalkan hilangnya kecepatan horizontal.

Teknik selanjutnya adalah mengambang. Saat berenang, pelompat dapat melakukan tiga teknik berjalan, yaitu berjongkok, menggantung, dan berjalan di udara. Terakhir, teknik mendarat merupakan teknik untuk memaksimalkan hasil lompatan terjauh.

Mirip dengan gerakan terjang harimau, gerakan ini menggabungkan gerakan terjang ala harimau dengan gerakan berguling ke depan. Teknik ini dimulai dari posisi bagaimana menopang hingga posisi akhir. Dikutip dari Jurnal Penelitian dan SMA UNY

Kliping Olah Raga

Cara melakukan sikap lilin, langkah langkah lompat harimau, teknik melakukan sikap lilin, lompat harimau senam lantai, makalah lompat harimau, cara melakukan lompat harimau, cara melakukan lompat jauh, materi lompat harimau, lompat harimau, olahraga lompat harimau, cara melakukan lompat kangkang, sikap akhir guling belakang