Stl Adalah – Saat Anda mencetak model menggunakan printer 3D, format file printer 3D berfungsi sebagai cetak birunya. Setiap format berisi informasi tentang model, seperti bentuk, warna, dan detail fisik lainnya. Tidak semua format file memiliki informasi yang sama, jadi pilihlah jenis yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dari berbagai format file printer 3D yang beredar, inilah yang paling umum di kalangan pengguna biasa, penghobi, dan industrialis.

Stl Adalah

Standard Triangle Language (STL) adalah format yang paling banyak digunakan sejak tahun 1978. File STL mengubah data dari model 3D menjadi sekumpulan bentuk geometris (segitiga) yang terlihat seperti kisi. STL adalah format paling standar dan Anda dapat menggunakannya untuk berbagai program CAD dan situs berbagi model.

Baru 40 Buah Ukiran Sudut Appliques Stl 3d Model Relief Untuk Cnc Dalam Stl Format File Dekorasi Rumah Eropa Ukiran Kayu

Format STL cocok untuk mencetak bentuk dasar yang tidak berwarna atau sangat detail. Pencetakan 3D cocok untuk mempelajari desain atau membuat model sederhana dalam jumlah besar.

OBJ adalah format file printer 3D paling populer setelah STL. Format ini menggunakan grid heksagonal yang lebih kompleks daripada STL untuk membuat model. Hal ini memungkinkannya membuat model 3D dengan detail yang lebih kompleks. Anda dapat membuat permukaan yang lebih cerah serta lebih banyak warna dan desain yang detail.

Additive Manufacturing File (AMF) diperkenalkan pada tahun 2011 untuk menjawab tantangan dunia industri yang semakin kompetitif. Format ini memiliki database XML yang dapat dimodifikasi sesuai warna, bentuk, tekstur dan detail lainnya dalam desain. Meskipun dukungan teknis untuk format ini tidak seluas STL dan OBJ, keunggulan AMF adalah tingkat kesalahan yang rendah.

Baca Juga  Gerak Putaran Atau Menggulingkan Badan Pada Gerak Dominan Senam Disebut

Microsoft menciptakan 3MF pada tahun 2015 sebagai penyempurnaan dari AMF. 3MF merupakan format yang menawarkan risiko kesalahan lebih rendah serta kualitas cetak lebih halus dan mampu menangkap lebih banyak detail. 3MF cocok untuk membuat model 3D untuk industri, namun formatnya sangat rumit sehingga tidak cocok untuk aplikasi CAD mainstream.

Jual Montana Scissors / Gunting Montana Stl 580

Empat format file printer 3D dari bagian sebelumnya adalah yang paling populer. Namun, ada banyak format lain yang dapat Anda gunakan, masing-masing memiliki fitur uniknya sendiri. Kami merekomendasikan beberapa di antaranya.

VRML dan versi terbarunya X3D adalah format khusus untuk grafik vektor 3D. Format ini populer untuk membuat model untuk keperluan medis, permainan, proyek ilmiah dan arsitektur.

“Unity Format” berarti format yang dibuat khusus untuk Unity, sebuah platform game yang dikembangkan oleh Unity Technologies. Anda dapat menggunakan format OBJ, FBX dan Blender untuk membuat desain atau model karakter di Unity.

Polygon File Format (PLY) adalah format file printer 3D khusus untuk kedokteran gigi. Format ini menyimpan data dari pemindaian 3D untuk membuat model cetakan gigi.

Pdf) Pengaruh Resolusi 3d Cad Stl Pada Kualitas Geometri Dan Dimensi (g&d) Produk Pola Cor 3d Printer

STEP dan IGES adalah format netral yang mengintegrasikan transfer file antara CAD yang berbeda. Kedua format ini lebih kompleks namun dapat mentransfer data secara akurat. Anda dapat mengkonversi hasil transfer ke format umum seperti STL, 3MF atau OBJ.

Format file tidak terbatas pada semua opsi terbatas; Ada yang lain seperti 3DS Max, Rhino, SKP dan SolidWorks. Masing-masing format ini memiliki fitur untuk tujuan tertentu, seperti pembuatan prototipe cepat menggunakan printer 3D. Sebelum menggunakan teknologi printer 3D, pastikan Anda memilih format file printer 3D yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Chuck Hull, penemu stereolitografi dan pendiri Sistem 3D, mengatakan ekstensi file adalah singkatan dari stereolitografi.

File STL mendeskripsikan permukaan segitiga mentah dan tidak terstruktur dengan normal dan simpul yang seragam (dalam urutan kanan).

Minions For 3d Print Stl Assemble And Separately Model 3d In Kartun 3dexport

Spesifikasi asli mengharuskan semua koordinat STL berupa angka positif, namun pembatasan ini tidak lagi diterapkan dan koordinat negatif tidak ditawarkan dalam file STL saat ini. File STL tidak berisi informasi skala dan satuan bersifat arbitrer.

Baca Juga  Mengapa Ada Anak Yang Menampilkan Tarian Jawa

File STL hanya mendeskripsikan geometri permukaan objek tiga dimensi, tanpa warna, tekstur, atau atribut model CAD umum lainnya. Format STL mendefinisikan representasi ASCII dan biner. Sistem biner umum digunakan karena kompak.

Format ini dikembangkan untuk printer 3D komersial pertama dari Sistem 3D. Formatnya relatif tidak berubah dalam 22 tahun sejak pertama kali dirilis.

Pada tahun 2009, pembaruan format yang disebut STL 2.0 diusulkan dan menjadi format file Additive Manufacturing.

Sumeru Anemo Vision 3d Print Cosplay Stl Files Model Cetak 3d In Lainnya 3dexport

Jika dihilangkan, masih harus ada spasi setelah hard untuk kompatibilitas dengan beberapa perangkat lunak). String lainnya diabaikan dan terkadang digunakan untuk menyimpan metadata (misalnya nama file, penulis, tanggal diubah, dll.).

Spasi putih (spasi, tab, baris baru) dapat digunakan di mana saja dalam file kecuali angka atau kata. Spasi di antara mereka

Karena file ASCII STL bisa sangat besar, ada versi biner dari STL. File STL biner memiliki header 80 karakter, yang umumnya diabaikan, tetapi tidak boleh dimulai dengan representasi string ASCII.

, karena beberapa program mungkin mengacaukannya dengan file ASCII STL. Setelah header, bilangan bulat huruf kecil 4-byte yang menunjukkan jumlah segitiga dalam file. Kemudian informasi yang menggambarkan masing-masing segitiga. File ds terletak tepat setelah segitiga terakhir.

Multi Seasonal Time Series Decomposition Using Mstl In Python

Setiap segitiga diwakili oleh dua belas angka floating-point 32-bit: tiga untuk normal dan tiga untuk koordinat X/Y/Z dari setiap titik – seperti pada STL versi ASCII. Ini diikuti oleh bilangan bulat 2-byte (“pendek”) yang tidak ditandatangani, yang merupakan “jumlah byte atribut” – secara default ini harus nol, karena sebagian besar perangkat lunak tidak memahami hal lain.

Angka floating-point direpresentasikan sebagai angka floating-point IEEE dan diperlakukan sebagai huruf kecil, meskipun tidak ditampilkan dalam dokumen.

Urutan merah/abu-abu/biru dalam dua byte ini dibalik dalam dua metode ini – jadi meskipun format ini mudah kompatibel, penataan ulang warna menunjukkan bahwa warnanya salah – dan lebih buruk lagi, pembaca file STL lama tidak dapat secara otomatis membedakannya. Tidak ada cara untuk memindahkan faset secara selektif karena tidak setiap faset memiliki nilai alfa, namun hal ini tidak penting dalam konteks mekanisme pembuatan prototipe cepat.

Satuan koordinat tidak ditentukan dalam standar STL. Salah satu idenya adalah menambahkan string ASCII

Baca Juga  Bernyanyi Harus Sesuai Dengan Nada Dan

Stl Medan Terbaik Cungkil Bakat Baharu

Baik dalam versi ASCII maupun biner dari STL, faset normal harus berupa vektor satuan yang mengarah ke luar dari padatan.

Di sebagian besar perangkat lunak, hal ini dapat diatur ke (0, 0, 0) dan perangkat lunak akan secara otomatis menghitung garis normal berdasarkan urutan titik sudut segitiga menggunakan “aturan tangan kanan”. perbukitannya disusun berlawanan arah jarum jam dari luar. Beberapa pemuat STL (seperti plugin STL untuk Art of Illusion) memeriksa apakah normal dalam file cocok dengan normal yang dihitung dengan aturan tangan kanan dan memperingatkan pengguna jika tidak. Perangkat lunak lain mungkin mengabaikan aturan normal sepenuhnya dan hanya menggunakan aturan tangan kanan. Meskipun jarang ditemukan normal yang tidak dapat dihitung dengan aturan tangan kanan, file tersebut harus menyediakan faset normal dan mengurutkan simpul dengan benar agar mudah dibawa-bawa. Pengecualian penting adalah SolidWorks, yang menggunakan normal untuk efek bayangan.

Segitiga tidak dapat digunakan untuk menutupi permukaan melengkung dengan sempurna. Sebagai kompensasinya, pengguna menyimpan beberapa file STL untuk mengurangi ketidakakuratan. Namun, format asli yang terkait dengan banyak program desain 3D menggunakan permukaan matematika untuk menyimpan detail lossless dalam file kecil. Misalnya saja Badak 3D

Gunakan NURBS untuk membuat permukaan melengkung nyata dan menyimpannya dalam format file asli yang sesuai, tetapi mengekspor model ke format STL akan membuat jaring segitiga.

Cara Membuat File Stl 3d Printing

Printer 3D membuat objek dengan pemadatan (SLA, SLS, SHS, DMLS, EBM, DLP) atau pencetakan (3DP, MJM, FDM, FFF, PJP, MJS).

Satu lapisan. Hal ini memerlukan serangkaian kontur 2D tertutup (lapisan horizontal) yang diisi dengan material yang mengeras ketika lapisan-lapisan tersebut digabungkan. Format file alami untuk mesin seperti itu adalah serangkaian poligon tertutup (lapisan atau irisan) yang sesuai dengan nilai Z yang berbeda. Namun, karena ketebalan lapisan dapat diubah untuk konstruksi yang lebih cepat namun kurang akurat, lebih mudah untuk mendefinisikan model yang akan dibuat sebagai polihedron tertutup yang dapat dipotong pada tingkat horizontal yang diinginkan. Sisi yang salah dapat mempengaruhi pemotongan dan pengisian file secara normal. Irisan dengan nilai Z berbeda dapat dipilih untuk melewati sisi buruknya, atau file harus dikembalikan ke program CAD untuk menyesuaikan dan memulihkan file STL.

Format file STL tampaknya mampu mendefinisikan sejumlah poligon polihedral, namun dalam praktiknya hanya digunakan untuk segitiga, sehingga banyak sintaks protokol ASCII menjadi mubazir.

Untuk membentuk volume 3D dengan benar, permukaan yang diwakili oleh file STL apa pun harus ditutup (lubang atau vektor normal terbalik), dengan setiap sisi merupakan bagian dari dua segitiga dan tidak berpotongan. Karena sintaks STL tidak menerapkan properti ini, properti ini dapat diabaikan untuk aplikasi yang spasinya tidak penting. Hanya permukaan yang hilang yang penting karena memerlukan perangkat lunak yang memotong segitiga saat poligon 2D yang dihasilkan menutup.

Format File 3d Printer Terpopuler Dan Paling Banyak Digunakan

Stl dwg, autocad stl, stl viewer, stl print, stl online, 3d stl, toy stl, stl, stl media, jpeg stl, ring stl, stl radio