Sumber Sejarah Berikut Ini Merupakan Sumber Tertulis Kecuali – Membangun sejarah memerlukan kajian ilmiah dengan menggunakan sumber-sumber sejarah yang dapat dipercaya. Pasalnya, hasil penelitian sejarah akan menjadi pedoman yang berdampak besar bagi kehidupan manusia di masa depan.

Sejarah penting diungkap sebagai bentuk pertanggungjawaban masa lalu. Karena manusia dan perbuatannya menentukan makna waktu itu. Rangkaian peristiwa dan perbuatan manusia inilah yang kemudian disebut dengan peristiwa sejarah.

Sumber Sejarah Berikut Ini Merupakan Sumber Tertulis Kecuali

Peristiwa sejarah perlu ditafsirkan dan dijelaskan oleh orang yang berkompeten. Namun makna yang melekat pada peristiwa sejarah itu harus terlebih dahulu melewati kurun waktu sejarah. Dalam proses ini, kajian sejarah memerlukan informasi yang dapat dipercaya, baik berupa sumber sejarah lisan, tertulis, primer, maupun sekunder.

Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Secara umum jenis-jenis sumber sejarah dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu sumber sejarah menurut sifat dan bentuknya. Sumber sejarah tertulis, lisan, pendengaran dan visual, termasuk klasifikasi berdasarkan bentuknya. Sedangkan menurut sifatnya, sumber sejarah dibedakan menjadi kategori primer dan sekunder.

Penjelasan mengenai pembagian jenis-jenis sumber sejarah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 69 Tahun 2016. Namun sebelum melanjutkan ke penjelasan lebih detail, termasuk contoh sumber sejarah primer dan jenis sumber sejarah lainnya, alangkah baiknya pahami dulu pengertian sumber sejarah.

(2005), sumber sejarah adalah segala sesuatu yang berwujud dan tidak berwujud yang berguna untuk meneliti sejarah Indonesia dari zaman dahulu hingga saat ini. Sumber sejarah dapat berupa lisan, tertulis atau audiovisual.

1. Sumber sejarah menurut sifatnya Sumber sejarah dibedakan menurut sifatnya menjadi dua jenis, yaitu sumber sejarah primer dan sumber sejarah sekunder. Penjelasan mengenai sumber sejarah berdasarkan sifatnya dapat dilihat di bawah ini. A. Sumber Sejarah Primer dan Contohnya Sumber sejarah primer adalah sumber yang diperoleh secara langsung atau bisa juga disebut dengan sumber utama topik penelitian. Contoh sumber sejarah primer dapat berupa informasi langsung dari pelaku sejarah, saksi, arsip, dokumen asli, laporan atau catatan, foto, peninggalan, film, dan artefak.

Soal Pilihan Ganda Sejarah X

(2011:3) menjelaskan bahwa berdasarkan keahlian metodologisnya, arsip merupakan sumber sejarah primer yang mempunyai status tertinggi. Hal ini karena arsip dibuat bersamaan dengan acara. Artinya, setiap informasi yang ada dalam arsip dapat menggambarkan suasana dan situasi kontekstual yang melatarbelakangi lahirnya dokumen tersebut.

Baca Juga  Keragaman Di Indonesia Tidak Meliputi Keragaman

B. Sumber Sejarah Sekunder dan Contohnya Sumber sejarah sekunder adalah kesaksian seseorang yang bukan merupakan saksi mata. Artinya, dia tidak hadir saat kecelakaan itu terjadi. Dapat juga dikatakan bahwa sumber sekunder merupakan informasi yang diperoleh secara tidak langsung dari pelaku sejarah.

Jadi apa yang dimaksud dengan sumber sejarah sekunder? Sumber sejarah sekunder tersebut dapat berupa buku, disertasi, tesis, jurnal penelitian, dan referensi lainnya.

2. Sumber sejarah ditinjau dari bentuknya Sumber sejarah dibedakan menurut bentuknya menjadi tiga, yaitu sumber sejarah tertulis, lisan, pendengaran, dan visual. Berikut penjelasan mengenai contoh sumber sejarah materi (tulis, pendengaran, visual) dan lisan: A. Sumber sejarah tertulis dan contohnya Sumber sejarah tertulis adalah sumber sejarah yang berbentuk tulisan, baik berupa kertas, prasasti, maupun dokumen digital. . Sumber sejarah jenis ini berasal dari peninggalan tertulis.

Contoh Soal Uas Ips Kelas Vii Smp

Contoh sumber sejarah tertulis antara lain surat kabar, majalah, notulensi rapat, akta nikah, kwitansi, dan lain-lain. B. Contoh Sumber Sejarah Lisan Sumber sejarah lisan diperoleh melalui wawancara atau sejarah lisan dari para pelaku, saksi sejarah, atau orang-orang yang berkaitan dengan peristiwa sejarah tertentu. Melalui sumber sejarah jenis ini, pewawancara dapat memperoleh kesan terhadap perasaan pelaku sejarah sehingga menimbulkan suasana yang berlebihan bagi peneliti. Namun sumber sejarah tertulis harus disajikan untuk mendukung penggunaan sumber lisan.

Contoh sumber sejarah lisan adalah wawancara terhadap saksi sejarah, pelaku sejarah, atau orang-orang yang terlibat pada masa lalu. C- Sumber Sejarah Audio Visual Contoh Sumber Sejarah Yang termasuk dalam file rekaman ilustrasi adalah Sumber Sejarah Audiovisual. Mari kita pelajari tentang jenis-jenis sumber sejarah menurut sifat dan bentuknya, yang dapat menjadi referensi bagi kita dalam mengetahui peristiwa yang terjadi di masa lalu dalam artikel sejarah kelas sepuluh.

Jangan pernah meninggalkan sejarah! Sebenarnya apa itu sejarah? Sejarah merupakan ilmu yang dikonstruksi berdasarkan hasil penyelidikan terhadap sejumlah peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan nyata. Sejarah diartikan sebagai catatan mengenai masyarakat manusia secara umum atau peradaban manusia yang terjadi pada watak/ciri masyarakat tersebut. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memahami sejarah. Oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan menjelaskan pengertian sumber sejarah dan jenis-jenisnya beserta contohnya. Yuk simak penjelasannya!

Sumber sejarah adalah segala sesuatu yang memuat informasi tentang peristiwa sejarah. Oleh karena itu, informasi yang dijadikan sumber sejarah haruslah berasal dari aktivitas manusia pada masa lalu. Oleh karena itu, jika tidak ada hubungannya dengan manusia, maka itu bukanlah sumber sejarah.

Catatan Muslim China Tentang Pesisir Utara Jawa Tahun 1413 1415 M

Lalu apa fungsi sumber sejarah? Fungsi sumber sejarah tentunya sebagai sarana penyampaian informasi mengenai suatu peristiwa sejarah pada masa lampau. Jika tidak ada sumber sejarah, kita tidak akan mengetahui kehidupan pada masa penjajahan, kerajaan Hindu-Buddha, kecuali pada masa kemerdekaan.

Baca Juga  Contoh Berita Singkat Yang Mengandung Unsur 5w 1h Brainly

Tahukah kamu kalau orang Tionghoa suka sekali menulis lho? Sebenarnya tradisi ini sudah dipertahankan sejak tahun 1600 SM. Oleh karena itu, segala aktivitas yang mereka lakukan di masa lalu dicatat melalui tulisan. Nah, tradisi yang dibawa dari masa lalu masih terus dilakukan oleh masyarakat Tionghoa hingga saat ini. Oleh karena itu, sumber sejarah sangat penting untuk melestarikan tradisi masa lalu.

Ketika kita ingin melakukan penelitian sejarah, kita pasti memerlukan sumber-sumber sejarah. Jadi sumber sejarah ini berguna agar kita bisa mengungkap cerita masa lalu.

Setelah Anda mengetahui pengertian sumber sejarah dan manfaatnya, sekarang mari kita bahas jenis-jenis sumber sejarah menurut sifat dan bentuknya.

Cek Fakta] Viral Kabar Mahapatih Gajah Mada Beragama Islam, Ini Faktanya

Sumber sejarah primer berasal dari kesaksian orang-orang yang hidup, menyaksikan atau mendengar secara langsung suatu peristiwa sejarah. Jadi sumbernya asli dan bisa menjadi bukti langsung dari pelaku sejarah dan saksi. Oleh karena itu, sumber primer dianggap sebagai acuan utama dalam penelitian sejarah.

Sedangkan sumber sekunder berasal dari penafsiran dan pemahaman orang lain yang bukan pelaku atau saksi sejarah. Orang tersebut tidak mempunyai pengalaman langsung terhadap peristiwa sejarah tersebut. Oleh karena itu, fungsi sumber sekunder adalah untuk melengkapi informasi dari sumber primer dan menjadi acuan utama dalam penelitian sejarah.

Sumber sejarahnya banyak ya guys. Ada sumber tertulis, sumber lisan, sumber benda, sumber bunyi, sumber visual, dan sumber audiovisual. Mari kita bahas satu per satu.

Sumber sejarah tertulis adalah sumber yang memberikan informasi sejarah melalui tulisan. Tulisan ini dapat ditemukan di berbagai tempat, seperti prasasti, arsip, naskah kuno, surat kabar, dan buku.

Peninggalan Kerajaan Majapahit, Dari Kitab Sampai Candi

Ukirannya biasanya terbuat dari batu, namun bukan sembarang batu. Prasasti adalah sebuah batu yang di atasnya terdapat tulisan yang menjelaskan suatu peristiwa sejarah. Prasasti tersebut biasanya dibuat pada masa kerajaan Hindu-Budha dan Islam.

Arsip merupakan catatan atau dokumen resmi yang diterbitkan oleh suatu instansi. Nah, arsip di Indonesia sudah ada sejak zaman kolonial. Arsip mencari informasi tentang kebijakan atau peraturan yang diterapkan oleh lembaga tertentu.

Naskah kuno adalah suatu dokumen yang ditulis, diketik, atau dicetak yang berumur lebih dari 50 tahun. Naskah kuno ini merupakan sumber langsung yang memuat informasi sejarah.

Surat kabar merupakan media massa yang berupa surat kabar dan majalah. Misinya adalah mengetahui gambaran umum peristiwa masa lalu.

Ketahui Inilah Jenis Jenis Sumber Penerimaan Negara

Buku adalah kumpulan artikel cetakan yang memuat suatu topik pembahasan. Buku yang dapat dijadikan sumber sejarah adalah buku yang membahas tentang peristiwa sejarah atau biografi tokoh.

Baca Juga  Dongeng Kang Paragane Kewan Diarani

Sumber lisan adalah sumber yang disampaikan secara lisan oleh orang-orang yang melihat, mendengar, atau mengalami langsung suatu peristiwa sejarah. Dalam bahasa Inggris, sumber lisan disebut juga sejarah lisan. Lalu apa saja contoh sumber lisan?

Sumber ini adalah informasi yang disampaikan secara lisan berdasarkan ingatan para penjahat atau saksi sejarah. Namun ada perbedaan antara penjahat dan saksi sejarah. Pelaku sejarah adalah orang-orang yang ikut serta dalam suatu peristiwa pada masa lampau. Sedangkan saksi sejarah adalah orang yang memperhatikan jalannya suatu peristiwa di masa lampau.

Toponimi merupakan salah satu bidang ilmu linguistik yang membahas tentang asal usul nama suatu tempat atau daerah dan dapat diperoleh dengan mewawancarai penduduk daerah tersebut.

Lembar Kerja Pertanyaan Pemahaman Untuk Kelas 7 Di Quizizz

Tradisi lisan ditemukan melalui cerita-cerita masa lalu yang diwariskan secara turun-temurun. Fungsi tradisi lisan adalah sebagai rujukan utama informasi tentang akar daerah dan masyarakat.

Sumber benda adalah sumber yang diperoleh dari benda peninggalan sejarah. Namun, untuk memperoleh fakta sejarah dari sumber material, kita harus melalui periode penelitian dan analisis yang cermat oleh para sejarawan. Di bawah ini adalah contoh objek sumber.

Artefak merupakan hasil karya manusia atau benda buatan tangan manusia yang diciptakan pada masa lampau. Artefak tersebut merupakan bukti aktivitas manusia pada periode tersebut. Contoh artefaknya antara lain alat berburu seperti kapak tangan dan peti mati. Artefak yang ditemukan biasanya disimpan di museum agar tidak dirusak dan dirugikan oleh manusia.

Fosil adalah sisa-sisa organisme hidup yang ditemukan dalam penggalian arkeologi. Tugas fosil adalah menentukan bagaimana manusia purba ada dan berapa lama mereka hidup. Fosil dapat disebabkan oleh banyak hal, ada yang disebabkan oleh sisa-sisa makhluk yang tertimbun, terperangkap dalam getah (amber), atau terjatuh ke dalam sumur tar (aspal). Sisa-sisa organisme hidup, yang disebut fosil, biasanya berumur lebih dari 10.000 tahun.

Kiai Zakky Jelaskan Ayat Ayat Al Quran Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan Sains Dan Teknologi

Oh iya, terkadang ada juga hewan zaman dahulu yang masih hidup hingga saat ini, dan hewan tersebut disebut dengan fosil hidup. Contohnya adalah komodo, salah satu reptil tertua dan kadal terbesar di dunia yang ada di Indonesia.

Bangunan yang dimaksud dengan sumber sejarah adalah bangunan yang dibangun oleh manusia pada masa lampau. Bangunan-bangunan tersebut menunjukkan perkembangan zaman dan kebudayaan suatu bangsa.

Salah satu monumen fisik terkenal yang dikenal banyak masyarakat di Indonesia adalah candi. Dua candi paling terkenal dengan latar belakang berbeda adalah Candi Borobudur yang bernuansa Budha dan Candi Prambanan yang bernuansa Hindu. Atau yang lebih umum adalah piramida di Mesir, sumber sejarah material berupa makam-makam yang sangat besar.

Sedangkan sumber audionya berupa rekaman

Pengertian Ijma Dan Qiyas Beserta Jenis Dan Contohnya

Berikut merupakan sumber energi alternatif kecuali, berikut ini merupakan teknik membuat batik kecuali, berikut ini merupakan sumber pembangkit listrik energi terbarukan kecuali a angin b matahari c air d gas, berikut merupakan contoh layanan hosting kecuali, berikut merupakan sumber pembangkit listrik energi terbarukan kecuali, berikut ini merupakan tugas distributor kecuali, berikut ini merupakan sumber pembangkit listrik energi terbarukan kecuali, berikut ini merupakan contoh perusahaan asuransi kecuali, berikut ini merupakan kelebihan dari sumber energi alternatif kecuali, berikut ini merupakan sumber energi alternatif kecuali, berikut ini merupakan sumber protein nabati kecuali, berikut ini yang merupakan sumber pembangkit listrik energi terbarukan kecuali