Tuliskan 3 Tahapan Gerakan Renang Bebas Secara Berurutan – Teknik dasar renang tentunya harus dikuasai bagi Anda yang ingin bisa melakukan olahraga ini. Pengertian renang adalah keterampilan gerak yang dilakukan di dalam air, yang dapat dilakukan oleh anak-anak maupun orang dewasa, serta berfungsi sebagai hiburan yang menyehatkan, menanamkan keberanian dan rasa percaya diri.

Pada artikel kali ini kita akan mempelajari berbagai jenis teknik dasar renang untuk pemula. Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lengkapnya, yuk simak pembahasannya dibawah ini.

Tuliskan 3 Tahapan Gerakan Renang Bebas Secara Berurutan

Dilansir dari modul renang Ilmu Olah Raga Universitas Negeri Makassar, catatan renang ada hingga tahun 2000 SM. Pada awal tahun 1800-an, kompetisi renang pertama diadakan di Eropa.

Pengertian Renang, Sejarah, Gaya, Dan Manfaat

Pada perlombaan renang ini sebagian besar pesertanya menggunakan gaya merangkak ke depan yang kini dikenal dengan gaya dada. Pada tahun 1872, John Arthur Trudgen memperkenalkan gaya ini sebagai gaya Trudgen yang terinspirasi dari India.

Pada tahun 1800-an, kolam renang umum mulai bermunculan di Jerman dan Australia dan dimasukkan dalam kurikulum pendidikan militer. Setelah itu renang diajarkan kepada masyarakat umum sebagai suatu keterampilan.

Pada Olimpiade di Athena tahun 1896, renang mulai dijadikan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan hingga saat ini. Asosiasi renang dunia pertama, Federasi Bangsa-Bangsa Internasional, didirikan pada tahun 1908 dan merupakan induk olahraga renang hingga saat ini.

Ada berbagai gaya dasar renang yang perlu Anda ketahui jika ingin menguasai olahraga ini. Berikut ini adalah macam-macam gaya berenang:

Ukbm Penjas 3.8 Renang Dikonversi

Dilansir dari modul renang Universitas Ilmu Olah Raga Negeri Makassar, keterampilan yang harus dikuasai pemula adalah pernapasan saat berada di atas permukaan. Selain itu, para pemula harus bisa menahan nafas saat kepala berada di bawah permukaan air.

Belajar skate juga penting bagi orang yang baru belajar berenang. Dorong dinding kolam dan biarkan meluncur dan berhenti.

Mengambang merupakan salah satu hal yang perlu dikuasai oleh pemula untuk menguasai gaya renang lainnya. Gerakan melayang dilakukan dengan menggerakkan tangan seperti mengepakkan sayap dan menggerakkan kaki seperti katak.

Baca Juga  Karakteristik Kandang Satwa Harapan Adalah

Gaya punggung dilakukan dengan cara mensejajarkan badan dengan permukaan air. Saat melakukan hal ini, kamu harus tenang dan tidak banyak bergerak agar tubuh bisa melayang.

Ketahui Teknik Gaya Renang Kupu Kupu Yang Benar

Dilansir dari modul renang Universitas Ilmu Olah Raga Negeri Makassar, gaya bebas adalah gaya renang dengan posisi dada menghadap ke air. Gaya bebas disebut juga gaya perayapan yang artinya merangkak.

Gerakan ini diawali dengan menggeser dan menendang kaki ke atas dan ke bawah secara terus menerus. Secara bergantian gerakkan tangan Anda untuk mengayuh sambil kepala sedikit terangkat untuk bernapas.

Gaya dada juga sering disebut dengan gaya dada karena gerakan kakinya mirip dengan gerakan katak saat berenang. Seperti halnya gaya bebas, gaya dada diawali dengan meluncur dan dada menghadap ke permukaan air.

Buka kedua kaki ke samping dan tendang ke luar, lalu tekuk kedua lutut seperti katak. Setelah itu, buka kedua tangan ke samping seperti mendayung agar tubuh melaju lebih cepat.

Salinan Bg Pjok Kelas 6

Kemudian, lakukan kembali gerakan kaki seperti kaki katak. Gerakan kaki dan tangan bergantian sambil sesekali menghirup udara.

Dilansir dari majalah terbitan Universitas Negeri Yogyakarta yang berjudul Faktor Penting Belajar Berenang Bagi Anak SD Subagio, langkah awal dalam mengajarkan anak berenang adalah pengenalan terhadap air. Anak-anak harus merasa nyaman dengan air dan tidak takut terhadapnya.

Sebelum masuk ke gaya renang yang lebih maju, anak perlu mengenal dasar-dasar renang, yaitu cara bernapas. Selain itu, anak juga perlu diajari cara meluncur di air dan cara berenang.

Setelah Anda mengetahui dan menguasai teknik dasar renang, Anda bisa melanjutkan dengan mempelajari berbagai gaya. Gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu merupakan berbagai gaya yang dapat diajarkan kepada anak.

Buku Guru Ipa Bg Kls Vii

Organisasi yang membawahi renang di seluruh dunia adalah International Swimming Federation (FINA). Organisasi ini menyelenggarakan kompetisi renang kelas dunia yang dikenal dengan nama Kejuaraan Dunia FINA.

Saat ini organisasi yang menaungi renang di Indonesia adalah Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI). PRSI merupakan organisasi yang mengatur kegiatan olahraga renang dan membina atlet renang Indonesia

Nah, itulah pembahasan mengenai teknik dasar renang yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin mempelajari olahraga ini, Anda harus menguasai terlebih dahulu teknik dasar 10 jenis gaya renang – Apakah Gramedians suka berenang terutama di akhir pekan untuk melepaskan diri dari penatnya aktivitas sehari-hari? Ternyata olah raga renang sudah ada sejak jaman prasejarah lho.. hal tersebut wajar saja karena masyarakat zaman dahulu senang sekali masuk ke dalam air dan menggerakkan badannya untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk mencari makan. Kegiatan ini semakin berkembang seiring berjalannya waktu hingga abad ke-15, yang dicatat oleh Nicholas Winman sebagai munculnya renang modern. Setelah itu perkembangan olah raga renang semakin digemari banyak orang, mulai dari dibangunnya kolam renang pertama pada tahun 1800 hingga berbagai gaya renang.

Baca Juga  Pengertian Kelajuan

Di zaman modern seperti sekarang ini, renang termasuk dalam kompetisi olahraga dunia yaitu olimpiade. Namun untuk mengikuti kompetisi olimpiade, kita tidak hanya perlu masuk ke dalam air dan bergerak sembarangan… kita perlu memahami teknik gaya renangnya. Beberapa gaya renang yang sering dipertandingkan di olimpiade adalah gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada. Oleh karena itu, kurikulum sekolah khususnya disiplin olahraga sering kali mengajarkan 4 gaya renang. Sebenarnya gaya renang tidak hanya ada 4 saja lho.. lalu apa saja gaya renang yang berbeda-beda? Apa saja teknik mempelajari berbagai gaya renang? Nah, agar Grameds bisa memahaminya, yuk simak ulasan berikut ini!

Apa Saja Urutan Gaya Renang Estafet, Nomor Lomba Dan Peraturannya

Renang gaya bebas merupakan kegiatan berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Ciri khas gaya bebas ini adalah badan berada pada satu garis lurus dan pada saat terjadi gerakan pemulihan kedua tangan bergerak diatas permukaan air. Nantinya, kedua tangan akan bergantian bergerak jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sedangkan kedua kaki akan bergerak dengan gerakan “mencambuk”, bergantian ke atas dan ke bawah. Saat berlatih gaya bebas, wajah Anda harus menghadap ke permukaan air. Tujuan utama renang gaya bebas adalah agar tubuh dapat meluncur dengan cepat di dalam air. Gaya ini juga diikutsertakan dalam kompetisi renang olimpiade karena mudah dipelajari dan efektif.

Pada renang bebas, pernafasan dilakukan dengan menggerakkan lengan tengah keluar dari air, yaitu dengan posisi badan miring dan kepala menoleh ke samping. Jadi saat bernapas, perenang jelas bebas memilih berbelok ke kanan atau ke kiri. Padahal, gaya bebas merupakan gaya renang yang tidak terikat pada teknik dasar tertentu. Bahkan, gaya ini juga bisa dilakukan dengan berbagai macam gerakan renang, sehingga memungkinkan perenang dapat bergerak cepat di dalam air. Gaya ini juga efektif untuk pemula.

Renang gaya bebas diyakini berasal dari dunia Barat, tepatnya di London pada tahun 1844. Saat itu, perenang India menggunakan gaya bebas untuk dengan mudah mengalahkan perenang Inggris (menggunakan gaya dada) ketika ada persaingan antara keduanya. Bahkan saat itu, perenang asal Inggris masih menganggap gaya bebas tidak elegan karena banyak memercikkan air. Tidak lama kemudian, antara tahun 1870-1890, seorang pelatih renang asal Inggris, John Arthur Trudgen, mulai mengajarkan gaya bebas kepada penduduk asli Amerika Selatan. Atas dasar itulah renang gaya bebas terus berkembang hingga saat ini.

Baca Juga  Pasangan Zat Berikut Yang Termasuk Campuran Homogen Dan Heterogen Adalah

Menurut BuildYourDreamBody, untuk menambah tinggi badan dengan berenang, Anda bisa melakukan gaya bebas. Sebab, gaya bebas cenderung dinamis dan bisa menyebabkan badan tertarik ke depan dan ke belakang.

Sd5penjas Pendidikanjasmaniolahragakesehatan Trijayamarjuki

Melalui gaya bebas ini, otot-otot tubuh akan bergerak maksimal. Oleh karena itu, orang yang sering berenang gaya bebas tidak akan mudah mengalami nyeri otot punggung.

Gaya kupu-kupu disebut dengan gaya lumba-lumba yang juga merupakan salah satu gaya renang dalam perlombaan olimpiade. Gaya renang ini mempunyai posisi dada menghadap ke permukaan air. Sedangkan kedua lengan secara bersamaan akan ditekan ke bawah dan digerakkan ke luar sebelum diayunkan ke depan. Bahkan, kedua kakinya dipukul ke bawah dan ke atas secara bersamaan, seperti gerakan ekor ikan.

Gaya renang kupu-kupu terbilang paling baru lho, karena baru diciptakan pada tahun 1933. Berbeda dengan gaya renang lainnya, belajar kupu-kupu membutuhkan waktu yang cukup lama, terutama untuk mempelajari koordinasi gerakan tangan dan kaki. . Menurut sejarah, gaya kupu-kupu diciptakan oleh Henry Myers yang merupakan seorang ahli olahraga Amerika saat mengikuti kompetisi renang YMCA pada tahun 1933. Saat itu, Henry Myers memadukan gaya lengan dengan gerakan dan rotasi lengan yang terus menerus.

Yakni dengan melatih otot dada dan otot bahu, sehingga dapat mendorong terbentuknya posisi tubuh ideal.

Komponen Kebugaran Jasmani Beserta Penjelasannya Yang Perlu Diketahui

Seperti namanya, gaya punggung adalah gaya punggung yang menghadap ke permukaan air. Sedangkan posisi wajah berada di atas air sehingga akan mudah bernapas. Namun, perenang hanya bisa melihat ke arah itu. Oleh karena itu, pada saat perlombaan, perenang gaya punggung akan memperkirakan tepian kolam dengan menghitung jumlah pukulannya.

Pada gaya punggung, pergerakan lengan dan kaki akan mirip dengan gaya bebas, hanya saja perbedaannya adalah posisi tubuh cenderung berbaring rata di permukaan air. Kedua tangan akan digerakkan bergantian ke arah pinggang seperti gerakan mengayuh. Untuk bernapas, mulut dan hidung berada di luar air, sehingga akan mudah bernapas dengan baik.

Pada saat perlombaan, posisi awal dilakukan di dalam kolam menghadap dinding kolam dengan kedua tangan memegang gagang besi. Sedangkan kedua lutut akan ditekuk bersamaan

Tuliskan organ pernapasan manusia secara berurutan, teknik gerakan renang gaya bebas, tuliskan rukun iman secara berurutan, gerakan renang, teknik gerakan kaki renang gaya bebas, gerakan tangan renang gaya bebas, gerakan wudhu yang dilakukan secara berurutan disebut, tahapan latihan renang gaya bebas, rangkaian gerakan renang gaya bebas, gerakan lengan renang gaya bebas, tahapan renang gaya bebas, gerakan renang gaya bebas