Tuliskan Nama Negara Negara Yang Berbatasan Wilayah Daratannya Dengan Indonesia – Hai apa kabarmu hari ini? Pernahkah Anda mendengar atau membaca informasi tentang ASEAN? Ingin tahu situasi di negara-negara ASEAN? Yuk cari tahu lebih lanjut dengan membaca artikel Geografi Kelas 8 dibawah ini!

Tahukah Anda bahwa ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand? ASEAN adalah perkumpulan negara-negara Asia Tenggara. ASEAN didirikan oleh lima negara: Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand.

Tuliskan Nama Negara Negara Yang Berbatasan Wilayah Daratannya Dengan Indonesia

, baguslah, negara kita termasuk salah satu negara pendiri. Setelah berdirinya lima negara lain yang bergabung, antara lain Laos, Myanmar, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Vietnam.

Kedutaan Besar Republik Indonesia , Di Astana, , Kazakhstan

Sebagian besar negara ASEAN mempunyai luas laut kurang lebih 5.060.100 km² dan luas daratan ± 4.817.000 km². Berdasarkan letak astronomisnya, wilayah ASEAN terletak pada 28º LU – 11º LS dan 93º BT – 141º BT, sehingga sebagian besar negara ASEAN mempunyai iklim tropis karena letaknya yang dekat dengan garis khatulistiwa.

Sedangkan berdasarkan letaknya, ASEAN terletak di antara dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, serta antara dua benua yaitu Asia dan Australia. Nah, tahukah Anda kalau negara-negara ASEAN punya geografi yang unik? Mari berdiskusi!

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dan terletak di garis khatulistiwa. Indonesia memiliki bentang alam yang beragam dan dilintasi oleh dua pusaran, yaitu cincin Pasifik dan cincin Mediterania. Selain itu, Indonesia dikelilingi oleh tiga lempeng besar dunia: Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik. Hal inilah yang menjadikan Indonesia rawan terhadap letusan gunung berapi, gempa bumi, dan tsunami.

Malaysia terdiri dari dua wilayah besar yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Malaysia Barat ditutupi oleh formasi pegunungan. Sebaliknya, Malaysia Timur umumnya sempit, berlumpur, dan mempunyai sungai yang pendek dan berkelok-kelok. Malaysia terletak di lempeng Eurasia, namun tidak berada di batas lempeng sehingga aman dari bencana geologi.

Baca Juga  Tradisi Merti Desa Biasane Dianakake Nalika

Ips Terpada Kelas 9 By Wico Wicaksono

Tahukah Anda kalau Singapura wilayahnya sama dengan DKI Jakarta yaitu sekitar 664 km2? Singapura berbatasan dengan Malaysia di utara, Selat Singapura di selatan, dan laut Indonesia di timur dan barat. Kondisi alam di Singapura umumnya datar. Namun di beberapa tempat Anda bisa menemukan pegunungan, hutan hujan, dan rawa-rawa di sekitar pantai. Wilayah ini juga cenderung selamat dari bencana geologi karena letaknya yang tidak berada pada batas lempeng.

Filipina adalah negara kepulauan. Pulau Luzon dan Mindanao adalah dua pulau terbesar di sana. Filipina juga memiliki banyak gunung berapi aktif. Negara ini dilintasi Pegunungan Circum Pacific dan terletak di antara Lempeng Eurasia dan Lempeng Filipina. Hal ini membuat Filipina berpotensi terkena dampak gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi.

Thailand memiliki pemandangan sungai di tengah, pegunungan di timur laut, hutan, perbukitan dan pegunungan di utara, serta banyak pegunungan di selatan. Wilayah aktivitas utama di negara ini terutama adalah dataran rendah, Sungai Chao Phraya. Thailand terletak di lempeng Eurasia, namun dekat dengan Samudera Hindia sehingga berpotensi mengalami tsunami dan gempa bumi.

Laos terletak di Lempeng Eurasia. Berbatasan dengan Thailand dan Myanmar di barat, Tiongkok dan Vietnam di utara, Vietnam di timur, dan Kamboja di selatan. Laos merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang bisa mengakses daratannya tanpa melalui laut, itulah sebabnya ia mendapat julukan “Negara Tak Bertanah”. Sebagian besar wilayah Laos merupakan pegunungan, wilayah lainnya merupakan dataran tinggi.

Ini Negara Yang Berbatasan Darat Langsung Dengan Indonesia

Myanmar terdiri dari dua barisan pegunungan di barat dan sebuah patahan di timur. Keduanya sejajar dari utara ke selatan. Pegunungan bagian barat meliputi Perbukitan Letha, Perbukitan Chin, dan Perbukitan Arakan Yoma yang ditutupi hutan lebat. Myanmar terletak di lempeng Eurasia dan berbatasan langsung dengan lempeng India. Hal ini membuat negara ini rentan terhadap gempa bumi dan tsunami di Samudera Hindia.

Laos terletak di Lempeng Eurasia. Berbatasan dengan Laos di utara, Vietnam di timur dan selatan, serta Thailand di barat dan utara. Bentuk provinsi Kamboja seperti piring. Di tengahnya terdapat dataran besar Tonle Sap, sedangkan tepinya terdiri dari rangkaian pegunungan. Negara ini dilintasi oleh Daerah Aliran Sungai Mekong (DAS). Hingga saat ini, Sungai Mekong merupakan sungai terpenting di negara ini.

Brunei terdiri dari dua wilayah berbeda yaitu wilayah Barat dan Timur. Wilayah barat merupakan dataran rendah dan rawa, sedangkan wilayah timur merupakan pegunungan. Di selatan, barat, dan timur negara ini berbatasan langsung dengan Malaysia Timur khususnya Sarawak, sedangkan di utara berbatasan dengan Laut Cina Selatan.

Baca Juga  Sebutkan Tiga Pemanfaatan Sumber Daya Alam Kayu Untuk Kebutuhan Sehari-hari

Secara geografis, Vietnam terdiri dari lima wilayah, yaitu wilayah pegunungan utara, delta Sungai Merah, pegunungan Annamite, yang menghubungkan Vietnam Utara dan Vietnam Selatan, pantai sempit antara pegunungan Annamite, Pegunungan Annamite, dan Laut Cina Selatan. , dan Delta Sungai Mekong di Vietnam selatan.

Penjelasan Kondisi Bentang Alam Negara Anggota Asean

Bagaimana dengan ini? Menarik untuk mengetahui letak astronomi dan kondisi geografis negara-negara ASEAN. Membuatmu ingin jalan-jalan, bukan? Hehehehe… Nah, jika kamu ingin menambah ilmu mengenai kondisi geografis negara-negara ASEAN, kamu bisa mempelajarinya melalui aplikasi Ruangbelajar. Ada banyak jenis video dan soal yang berkualitas lho? Ayo unduh sekarang!

Mukminan, Endang Mulyani, M. Nursa’ban dan Supardi. 2017. Ilmu Pengetahuan Sosial di SMA/MTS Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tahukah Anda seberapa besar Indonesia? Simak penjelasan beserta batas wilayah Indonesia baik darat, laut, dan udara pada artikel Geografi Kelas 11 berikut ini.

Bagaimana jika mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Indonesia, Ny. Susi Pudjiastuti, siapa yang suka hentikan kapal pencuri ikan negara lain yang melintasi perbatasan kita? Kecuali, pembajakan ikan adalah a

Dan hukumnya dilarang, di tingkat daerah juga tidak boleh menangkap ikan dan masuk ke tanah kedaulatan negara kita, tanpa izin.

Apa Saja Karakteristik Wilayah Indonesia: Lautan, Perairan, Daratan

Mari mengenal batas negara kita, agar anda bisa mencintai dan belajar lebih dekat tentang negara Indonesia tercinta ini.

Tahukah Anda kalau Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia? Menurut Kantor Berita Geospasial, luas wilayah Indonesia sekitar 5.180.053 km2 dan memiliki 17.499 pulau. Luas wilayah perairan Indonesia secara total mencapai 3.157.483 km2, dan luas daratan kurang lebih 1.922.570 km2. Secara geografis, Indonesia juga berbatasan dengan beberapa negara, baik melalui darat maupun laut.

Menurut UU No. 43 Tahun 2008 menegaskan bahwa wilayah Negara Indonesia terdiri atas permukaan bumi, air permukaan, laut dan bawah tanah, serta udara, termasuk seluruh sumber daya yang ada di dalamnya. Dengan adanya pembagian batas-batas hukum seperti ini, maka berbagai jenis pelanggaran yang mungkin terjadi seperti masuknya warga negara asing ke wilayah Indonesia tanpa izin jelas berkurang.

Untuk menentukan batas laut Indonesia biasanya menggunakan metode menggambar garis pantai bagian terendah yang merupakan lapisan es rendah sepanjang beberapa mil. Dalam batas laut ini terdapat beberapa bagian antara lain sebagai berikut.

Soal & Kunci Jawaban Buku Tema 5 Kelas 5 Sd Halaman 21, 22, Dan 26

Laut teritorial adalah batas laut yang ditarik dari suatu pangkalan pada jarak 12 mil (19,3 km) dari laut lepas. Dasar pertanyaannya adalah garis yang ditarik di pantai pada saat air surut. Batasan wilayah menjadikan domain maritim Indonesia seperti saat ini. Perairan antar pulau sudah tidak terbuka lagi sehingga kapal asing tidak bisa leluasa keluar masuk wilayah Indonesia.

Baca Juga  Mpls Singkatan Dari

Apabila suatu laut yang lebarnya kurang dari 24 mil dikuasai oleh dua negara, maka cara menentukan luas kedua negara adalah dengan menarik garis yang sama dari pantai luar.

Dalam batas maritim tersebut, Indonesia mempunyai hak kedaulatan penuh. Negara lain bisa berlayar di kawasan ini dengan izin dari pemerintah Indonesia.

Landas kontinen merupakan perpanjangan benua yang terendam air laut. Batas landas kontinen diukur pada kedalaman 200 meter di bawah permukaan laut. Namun jika landas kontinen sangat datar, maka batasnya diperkirakan 200 mil dari pantai.

Kang Ade: Bagian Kesatu Ips Viii Revisi 2017

Oleh karena itu, luas laut dengan kedalaman 200 m merupakan bagian dari daratan negara yang berada di laut tersebut. Batas landas kontinen diukur dari pantai terluar, dan jarak maksimumnya adalah 200 mil.

Sumber daya alam yang ada di landas kontinen suatu negara dapat dimanfaatkan oleh negara tersebut. Pemerintah mempunyai hak dan wewenang untuk memanfaatkan, misalnya ikan atau produk mineral, dengan tetap menghormati dan tidak menghalangi jalur pelayaran internasional.

Zona Ekonomi Eksklusif atau ZEE adalah wilayah laut seluas 200 mil laut yang diukur dari dasar garis pantai suatu pulau menuju laut lepas. Jika ZEE suatu negara bertepatan dengan negara lain, maka keputusannya dapat diambil melalui perundingan antara kedua negara dan dibagi rata.

Di ZEE, negara yang bersangkutan mempunyai kemampuan untuk mengeksplorasi, mengeksploitasi, dan mengolah seluruh sumber daya alam yang terkandung di dalamnya, baik hayati maupun non hayati, yang ada di permukaan, di darat, dan di dasar laut untuk selamanya. bangsa.. Sebaliknya, negara lain bebas mengekspor dan memasang kabel atau pipa bawah air.

Negara Asean Yang Berbatasan Langsung Dengan Daratan Indonesia Adalah? Simak Penjelasannya

Mengenai kegiatan ZEE Indonesia diatur dalam UU No. 5 Tahun 1983 pasal 5 tentang ZEE. Di ZEE, Indonesia mempunyai hak untuk:

Perbatasan darat adalah batas negara yang berada di darat yang dapat berbatasan langsung dengan tempat lain, perbatasan itu dapat berupa ciri-ciri geografis seperti hutan, pegunungan dan daratan lainnya, baik masuk maupun tidak sesuai dengan kesepakatan negara yang berbatasan.

Indonesia sendiri mempunyai perbatasan darat langsung dengan 3 negara yaitu Papua New Guinea (yang berbatasan dengan Papua Nugini).

Wilayah indonesia bagian timur berbatasan dengan negara, wilayah asean bagian timur berbatasan dengan, sebutkan negara tetangga yang berbatasan langsung dengan wilayah indonesia, tuliskan letak astronomis wilayah indonesia, wilayah indonesia bagian barat berbatasan dengan, negara yang berbatasan dengan indonesia, negara yang berbatasan langsung dengan indonesia, batas wilayah daratan indonesia berbatasan langsung dengan, wilayah myanmar di sebelah utara berbatasan dengan, negara yang berbatasan darat dengan indonesia, negara yang berbatasan dengan, 10 negara yang berbatasan dengan indonesia