Ukuran Kertas A3 Plus dan A3 Biasa Dalam CM, Berikut Perbedaannya

Ukuran Kertas A3 Plus dan A3 Biasa Dalam CM – Kertas merupakan salah satu bahan media cetak yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak macam-macam kertas atau seri yang digunakan sebagai media untuk menulis, menggambar, atau sebagai bahan cetak. Kertas seri A adalah salah satu seri kertas yang paling sering digunakan dalam dunia bisnis, pendidikan, atau perkantoran. Apalagi kertas ukuran A3 dan A3 plus.

Karena kerja di dalam percetakan atau perkantoran itu harus profesional kamu harus mengetahui apa perbedaan antara A3 biasa dan A3 plus? Nah, maka dari itu kami akan menjelaskannya dengan detail, dan silahkan simak informasi mengenai ukuran kertas A3 plus dan A3 dalam CM.

ukuran kertas a3 plus dalam cm

Apakah kalian sudah tau jika ada perbedaan ukuran kertas A3 dan A3 plus ?

jika kalian bekerja di perusahaan percetakan tentu sudah tidak asing lagi dengan kertas ukuran A3 plus dan A3. Ya, kertas ini sering digunakan untuk mencetak gambar dan membuat brosur. Apalagi diantara kalian ada yang berprofesi sebagai arsitek, Notaris, dan seorang design grafis. Kertas ini pasti sering banget digunakan.

Meskipun demikian, masih banyak nih gan yang belum tau berapa sih sebenarnya ukuran dari kertas A3 dan A3 plus, dan apa saja yang mebedakan dkeduanya. Bagi orang yang belum familiar dengan dunia percetakan maka ia akan sedikit mengalami kesulitan dalam membedakan ukuran kertas A3 dan A3 plus. Pasalnya ukuran keduanya mirip.

Mimin punya cara yang gampang nih gan untuk membedakan antara ukuran kertas A3 dan A3 plus. Cara ini terbilang cara manual atau klasik ya gan. Mimin menggunakan kertas ukuran A4 untuk mengukur apakah kertas tersebut ukurannya A3 atau A3 Plus.

Ukuran kertas A3 adalah dua kali ukuran kertas A4. Jadi untuk mengukurnya, agan cukup menjajarkan kertas ukuran A4 diatas kertas ukuran A3. Apabila ukuran kertas tersebut ukurannya pas dua kali kertas A4 maka kertas tersebut berukuran A3, namun apabila masih terdapat space atau lebih, maka kertas tersebut berukuran A3 plus.

Tapi jika ingin lebih akurat, agan bisa menggunakan ukuran dengan menggunakan ukuran cm. Ukuran kertas A3 dalam hitungan cm adalah 29,7 x 42, sedangkan ukuran A3 plus adalah 32x 48,3 cm (panjang x lebar).

Yess, sudah terjawab ya gan berapa ukuran kertas A3 dan A3 plus dalam ukuran cm. Tapi ada yang tau gak sih kenapa muncul ukuran A3 plus, padahal jika dibandingkan ukuran keduanya tidak jauh beda, yang berbeda adalah jika ukuran kertas A3 di photoshop, pixel dan lainnya.

Penjelasannya seperti ini gan. Kita tahu bahwa ukuran kertas seri A sudah baku dan diakui oleh standar internasional, serta telah diikuti oleh seluruh negara yang adadunia. Orang tidak akan bingung membeli kertas apabila ia telah mengetahui ukuran kertas yang dicari. Termasuk kertas ukuran A3 dan A3 plus.

Beberapa dekade terakhir ini, telah ada penemuan jenis printer baru, yang dapat mencetak kertas ukuran lebih besar dari A3, namun tidak mencapai ukuran kertas A2, sehingga terciptalah ukuran A3 plus yang memiliki luas lebih lebar dari A3.

Jadi dapat dikatakan bila pengembangan ukuran A3 plus ini adalah berdasarkan munculnya produk printer laser masa kini, dan tidak menutup kemungkinan bahwa akan muncul juga kertas seri A selanjutnya sesuai dengan perkembangan teknologi.

Baca juga : 18 Situs Download Ebook Gratis PDF Terlengkap

Perkembangan teknologi memang akan terus berkembang, dan manusia akan terus mengikuti dan menyesuaikan perkembangan itu sendiri. Seperti digital printing laser ini yang mengharuskan manusia mencipatakan sebuah inovasi baru yaitu melahirkan jenis kertas baru seperti kertas A3 plus. Adapun produk-produk printer laser untuk ukuran kertas A3 plus adalah Konica Bizhub, Xerox Igen, HP Indigo dan lainnya. Semoga bermanfaat.

Ukuran Kertas A3 Plus dan A3 Biasa Dalam CM, Berikut Perbedaannya | Maulana Malik Ibrahim | 4.5