Harus Tahu! Ukuran Kertas F4 Folio dalam cm, mm, inci

Ukuran Kertas F4 Folio dalam cm, mm, inci – Dalam kehidupan sehari-hari nampaknya kita tidak akan pernah terlepas dengan yang namanya kertas. Iya, kertas menjadi salah satu bahan baku yang wajib ada terutama dalam bidang akademis maupun perkantoran. Berbagai macam kertas kita temui mulai dari yang paling besar, sedang hingga yang kecil.

Tapi kalian tau gak sih jenis kertas apa yang paling populer dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari? Mungkin kalian sudah akrab dengan yang namanya kertas folio atau kertas f4. Kertas F4 atau yang biasa disebut dengan kertas folio merupakan salah satu jenis kertas yang paling banyak digunakan. Apalagi bagi kalian anak kuliahan, rasanya setiap hari bertemu dengan kertas ini terutama ketika Ujian yaa. Hehe. Selain untuk lembar kerja kertas ini juga sering digunakan dalam penulisan laporan.

ukuran kertas f4

Tau kah kalian jika Ukuran Kertas F4 itu sering kali menjadi permasalahan dalam dunia printing dan pengetikan?, mengapa demikian? Yups, bila kalian cermati ukuran kertas F4 ini tidak terdapat dalam Microsoft Office baik pada versi terdahulu maupun sekarang.

Kira-kira kenapa ya? Hmmm. Hingga saat ini belum ada yang mengetahui mengapa ukuran kertas ini tidak tercantum dalam Microsoft Word, dan biasanya untuk kebutuhan printing yang memerlukan ukuran kertas F4 mereka akan mengaturnnya dalam ukuran legal. Selain cara itu kita juga bisa mengatur ukuran kertas sendiri dalam MS.Word. Namun sebelum itu kita juga harus mengetahui dulu berapa saja ukuran kertas dalam F4.

Untuk mengetahui ukuran kertas, kita dapat melihat jenis ukuran panjang dan lebarnya. Dalam hal ini kita mengikuti ukuran kertas yang telah ditetapkan oleh Internasional atau ISO (International Organization for Standardization). Adapun ukuran kertas F4 dalam cm, mm, dan inci adalah sebagai berikut :

Penjelasan Ukuran Kertas F4 Folio dalam cm, mm, inci

  1. Ukuran kertas F4 dalam satuan cm (centimeter) adalah 21,0 x 33,0
  2. Ukuran kertas F4 dalam satuan mm (milimeter) adalah 210 x 330
  3. Ukuran kertas F4 dalam satuan inci (inci) adalah 8,27 x 12,99

Itulah beberapa ukuran kertas F4 sama dengan ukuran folio dalam ukuran cm, mm, inci. Jadi kalian tidak akan bingung lagi dalam mengatur format ukuran kertas F4.

Jenis Ukuran F4 atau Folio sama saja, dan mungkin diantara kalian masih ada yang bingung bagaimana cara mengatur ukuran F4 dalam Microsoft Word?, berikut ulasannya:

Cara Setting Ukuran F4 di Microsoft Word

  • Buka Ms. Word
  • Pilih menu kemudian pilih menu Page Layout, lanjut pada menu page setup yang berada pada bagian pojok kiri bawah,
  • Klik paper, pilih paper size rubah ukuran width dan height sesuai dengan ukuran kertas f4 diatas.
  • Jika sudah klik oke, maka kertas secara otomatis akan berubah menjadi ukuran F4

Kertas F4 nampaknya menjadi primadona ya di Indonesia. Tapi apakah kalian tahu jika kertas F4 ini hanya populer di beberapa negara asia tenggara saja. Dan Indonesia menjadi salah satu negara yang paling sering menggunakan kertas dengan ukuran F4. Nah, mungkin bisa jadi ini salah satu alasan mengapa jenis ukuran kertas F4 ini tidak terdapat dalam Ms. Word yaaa.

Baca juga : Ukuran Kertas A3 Plus dan A3 Biasa Dalam CM

Selain mempunyai sebutan kertas F4 dan kertas folio, jenis kertas seperti ini juga disebut dengan jenis kertas ukuran foolscap atau metric foolscap. Kira-kira itu dulu ya informasi mengenai ukuran kertas F4 kali ini, semoga bermanfaat dan salam literasi.

Harus Tahu! Ukuran Kertas F4 Folio dalam cm, mm, inci | Maulana Malik Ibrahim | 4.5