Unsur Dasar Konsep Wawasan Nusantara Ada Tiga Yaitu – Pada artikel kali ini kita akan membahas tuntas apa yang dimaksud dengan Vavasan Nusantara, Konsep Vavasan Nusantara, Hakikat dan Tujuan Vavasan Nusantara serta contohnya di bangsa dan negara.

Visi nusantara sering dijadikan pedoman, motivasi, penyemangat dan pedoman dalam menentukan kebijakan, keputusan atau tindakan dalam penyelenggaraan negara di pusat dan daerah serta kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Unsur Dasar Konsep Wawasan Nusantara Ada Tiga Yaitu

Visi nusantara merupakan suatu cara memandang negara dengan tujuan menjaga persatuan dan kesatuan, yang diwujudkan dengan mengedepankan kepentingan nasional di atas kepentingan individu, kelompok, atau golongan tertentu.

Modul Wawasan Kebangsaan Dan Nilai Bn

Visi Nusantara disebut juga dengan Visi Nasional dan Visi Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah Indonesia.

Tidak hanya itu, jika dilihat dari perspektif dasar geopolitik Indonesia, konsep kepulauan secara harafiah adalah konsep kepulauan; Kadang-kadang kata tersebut diterjemahkan dengan lebih tepat

Dalam konteks ini, perspektif kepulauan merupakan cara pandang terhadap bangsa Indonesia secara geografis, suatu suku yang mempunyai persoalan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, serta keamanan dan pertahanan.

Secara umum wawasan nusantara berarti pandangan atau cara melihat kesatuan nusantara antara Asia dan Australia, serta antara dua samudera, India dan Pasifik.

Implementasi Konsepsi Wawasan Nusantara Dalam Kebijakan Sentra Pertanian Dan Agrobisnis Dapat Meningkatkan Ketahanan Pangan

Berdasarkan Ketetapan MPR (Ketuk MPR) tahun 1993 dan 1998 tentang GBHN, Wawasan Nusantara merupakan cara pandang dan sikap bangsa Indonesia. Visi nusantara adalah jati diri dan kesatuan wilayah guna mencapai tujuan nasional, dengan tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa.

Awasan Nusantara adalah visi dan sikap bangsa terhadap diri sendiri dan lingkungan hidup yang beraneka ragam serta nilai-nilai strategis dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa dan daerah dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dengan tujuan mencapai tujuan nasional.

Tidak hanya secara umum dan sesuai dengan ketetapan MPR saja, namun menurut beberapa ahli wawasan nusantara mempunyai makna tersendiri. Dibawah ini pengertian wawasan bahasa indonesia menurut para ahli.

Baca Juga  Jelaskan Bentuk Interaksi Yang Terdapat Pada Gambar

Menurut Prof. Wan Usman, Wawasan Nusantara adalah cara masyarakat Indonesia memandang diri dan tanah airnya dalam berbagai aspek kehidupan sebagai negara kepulauan.

Makna Wawasan Nusantara, Ketahui Fungsi Dan Tujuannya Bagi Bangsa Indonesia

Sementara itu, Munadjat Danusaputro berpendapat, wawasan nusantara adalah cara masyarakat Indonesia memandang diri dan lingkungannya sebagai satu kesatuan yang eksistensinya dan penerapannya dalam lingkungan hidup berdasarkan prinsip-prinsip nusantara.

Menurut Munadjat Danusaputro, prinsip nusantara merupakan ketentuan mendasar dalam visi nusantara yang harus dipenuhi, dipenuhi dan dipupuk untuk mewujudkan kepentingan nasional.

Sementara itu, pandangan bangsa Indonesia terhadap diri sendiri dan lingkungannya harus sesuai dengan gagasan nasionalis Pancasila, cita-cita bangsa yang mandiri, berdaulat, dan bermartabat di tengah lingkungan hidup. Menghidupi tindakan kebijaksanaan dalam mencapai cita-cita. Perjuangan bangsa.

Menurut Sumersono, visi nusantara adalah nilai yang menjiwai seluruh peraturan perundang-undangan di setiap tingkatan di seluruh wilayah tanah air sehingga mencerminkan sikap dan perilaku nasionalisme, pemahaman dan semangat atau nasionalisme yang lebih tinggi. Bangsa adalah bangsa Indonesia.

Geopolitik Indonesia Dengan Wawasan Nusantara: Definisi, Fungsi, Dan Tujuannya

Menurut Sumersono, pengemban visi nusantara adalah wilayah negara kesatuan Republik Indonesia yang terdiri dari negara kepulauan dan kesatuan negara Republik Indonesia secara keseluruhan.

Terakhir, dalam visi nusantara terdapat aspek kode etik visi nusantara, yaitu tindakan bangsa Indonesia dalam melaksanakan falsafah Pancasila dan UUD 1945, yang dapat dihasilkan apabila visi nusantara dilaksanakan.

Menurut Samsul, penampakan nusantara merupakan hasil interaksi psikologis dan sosial budaya dalam pemahaman, cara berperasaan, cara berperilaku, cara bertindak, cara berpikir dan berperilaku masyarakat Indonesia. Arti luas. dengan faktor kuantitatif (geografis, demografi dan sumber daya alam).

Menurut M. Panggabean, visi nusantara adalah ideologi politik bangsa Indonesia yang memperhatikan strategi ekonomi, geografis, demografi, teknologi dan lainnya untuk menjaga kelangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. peluang.

Asas Wawasan Nusantara, Pendahuluan, Fungsi Dan Tujuan

Lebih lanjut menurut Sabarti Akbayar, perspektif nusantara adalah cara masyarakat Indonesia memandang diri dan lingkungannya sebagai wujud nilai-nilai bangsa yang mandiri, berdaulat, dan bermartabat sesuai Pancasila dan UUD 1945. Mencapai cita-cita nasional. target

Srijanthi, Kaylan dan Achmad Zubaydi berpendapat bahwa Panchasila dan UUD 1945 merupakan cara pandang terhadap bangsa dan lingkungannya serta visi nusantara sesuai dengan wilayah geografis nusantara. Kehidupan bangsa. Untuk mencapai tujuan dan cita-cita nasional.

Menurut Nur Abu Bakri, wawasan nusantara diartikan sebagai cara pandang bangsa Indonesia dan lingkungan hidupnya, yang harus sesuai dengan gagasan nasional Pancasila sebagai cita-cita bangsa yang mandiri, berdaulat, dan bermartabat. sedang Menghidupkan langkah-langkah bijak dalam mencapai cita-cita perjuangan lingkungan hidup dan bangsa.

Baca Juga  Berikan Contoh Penerapan Sila Kelima Pancasila Di Sekolah

Menurut Sukrama, wawasan nusantara merupakan pandangan hidup masyarakat Indonesia dengan menggunakan konstelasi geografis, sejarah, dan kondisi sosial budaya Indonesia untuk memenuhi segala insentif dan rangsangan dalam upaya mencapai cita-cita dan kepentingan bangsa. dari tujuan nasional.

Wawasan Nusantara: Panduan Konsep Dan Implementasi Geopolitik Nasional Indonesia

Vinarno berpendapat, wawasan nusantara diartikan sebagai cara pandang dan sikap masyarakat Indonesia terhadap diri sendiri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Konsep Wawasan Nusantara memperlihatkan sejarah panjang nusantara, dimana pembagian wilayah pada akhirnya merugikan bangsa Indonesia. Oleh karena itu timbul suatu kebutuhan yaitu persatuan yang kemudian dijadikan konsep visi nusantara untuk menyatukan visi nasional.

Setelah kemerdekaan, tepatnya pada tanggal 13 Desember 1957, lahirlah Deklarasi Juanda yang mengusung konsep visi Indonesia. Upaya perlawanan terhadap konsep visi Indonesia dilakukan melalui forum regional dan internasional.

Konsep ini akhirnya diadopsi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui konsensus seluruh negara di dunia dan kemudian menjadi hukum internasional baru dalam Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS) 1982.

Pdf) Wawasan Nusantara Dan Geopolitik

Dalam konsep wawasan nusantara, Hasim Jalal (2004) menjelaskan bahwa laut tidak lagi dianggap sebagai jembatan antar pulau atau wilayah Indonesia, melainkan sebagai media pemersatu pulau dan wilayah Indonesia.

Dilihat dari segi geografisnya, Pasal 25A UUD 1945 menyatakan, “Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara kepulauan yang bercirikan kepulauan, yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang-undang”.

Hakikat visi nusantara adalah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Secara garis besar dapat diartikan sebagai visi yang selalu holistik di nusantara untuk kepentingan nasional,

Sebagai inti nusantara, setiap warga negara tanpa terkecuali harus berpikir, bertindak dan bertindak secara utuh dan holistik hanya untuk kepentingan nasional. Oleh karena itu, hakikat visi nusantara dapat diartikan sebagai keutuhan dan kesatuan wilayah nasional atau kesatuan bangsa dan wilayah.

Tugas Artikel Pkn Aditya

Sementara itu, Kerangka Kebijakan Nasional (GBHN) menyatakan bahwa Kepulauan merupakan kesatuan ketahanan ekonomi, politik, sosial, budaya, dan keamanan yang telah mewujudkan hakikat Visi Nusantara.

Asus Wawasan Nusantara merupakan sebuah prinsip atau aturan mendasar yang harus dipatuhi, dilaksanakan dan dipupuk oleh seluruh elemen masyarakat untuk menciptakan perdamaian dan keseimbangan di Indonesia. Total ada 6 prinsip pemahaman bahasa Indonesia yang perlu dijelaskan di bawah ini.

Prinsip solidaritas dalam bahasa Indonesia adalah perasaan emosional dan moral yang terbentuk dalam hubungan antar individu atau kelompok yang didasari oleh rasa percaya diri, kesamaan tujuan dan cita-cita, serta solidaritas dan rasa tanggung jawab.

Baca Juga  Komitmen Tinggi Yang Dimiliki Seorang Wirausaha Antara Lain

Sikap solidaritas ini merupakan wujud kepedulian terhadap sesama yang harus dilaksanakan oleh seluruh masyarakat Indonesia tanpa membeda-bedakan satu sama lain.

Unsur Wawasan Nusantara, Tujuan Dan Maknanya

Nantinya, kesetiaan menjadi pilar utama dalam menciptakan persatuan dan kesatuan negara. Rasa persatuan atau solidaritas dapat menjadi kekuatan tersendiri untuk mencapai tujuan dan cita-cita nasional.

Prinsip Kejujuran dalam Visi Nasional Kejujuran dalam berpikir dan bertindak merupakan prinsip inti dari visi nasional. Keberanian berpikir dan bertindak sesuai dengan realita dan realitas hukum merupakan keharusan untuk mencapai kemajuan bangsa.

Memiliki kesamaan tujuan dan kepentingan merupakan salah satu prinsip visi Nusantara. Misalnya pada masa kemerdekaan, seluruh rakyat Indonesia berjuang bersama-sama mengusir penjajah.

Ada pula asas keadilan dalam pandangan nusantara yang artinya seluruh elemen masyarakat mempunyai hak yang sama untuk mencapai keadilan dan mewujudkan tujuan dan cita-cita nasional serta tidak merugikan pihak tertentu atau memihak pada kelompok atau kelompok tertentu.

Wawasan Nusantara 2

Dalam konteks ini, asas keadilan di mata nusantara berlaku pada seluruh aspek kehidupan negara, baik keadilan hukum, ekonomi, politik, dan sosial.

Selanjutnya terdapat prinsip kerjasama dalam visi nusantara yaitu kesadaran akan kesamaan tujuan dan kepentingan untuk menciptakan kerjasama antar elemen masyarakat. Prinsip kerjasama harus didasarkan pada koordinasi sehingga dapat dilaksanakan secara merata untuk menciptakan efektivitas dalam mencapai tujuan bersama.

Sebab, dalam prinsip gotong royong dalam Visi Nusantara, gotong royong dan gotong royong semakin memudahkan dalam bekerja, termasuk menjawab tantangan pelaksanaan Visi Nusantara.

Terakhir, visi nusantara mempunyai prinsip kepentingan bersama yang bertujuan untuk kepentingan yang sama. Hal ini terlihat dari proses perjuangan yang mendorong para agresor untuk mencapai kemerdekaan. Saat ini, prinsip kerja sama dalam pandangan nusantara juga bisa diterapkan dalam pembangunan.

Ketahanan Nasional: Pengertian, Fungsi Dan Asasnya

Tujuan wawasan bahasa Indonesia terbagi menjadi dua bagian, yaitu tujuan wawasan luar nusantara dan tujuan wawasan dalam negeri nusantara.

Misi Wawasan Nusantara Luar adalah menjaga kepentingan nasional di era globalisasi yang semakin mendunia dan domestik dalam kehidupan. Lebih lanjut tujuan ini bertujuan untuk turut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, keadilan sosial, dan saling menghormati.

Bangsa Indonesia harus senantiasa berupaya menjamin dan melindungi kepentingan nasionalnya dalam kehidupan internasional dalam segala aspek baik kehidupan, politik, ekonomi, sosial budaya, serta pertahanan dan keamanan, guna mencapai cita-cita nasional yang tertuang dalam UUD 1945.

Lebih lanjut, tujuan wawasan nusantara adalah untuk menjamin persatuan dan kesatuan dalam seluruh aspek kehidupan bangsa, baik alam maupun sosial.

Modul 3 Wawsan Nusantara

Masyarakat Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kepekaan dan berupaya mencegah secepatnya faktor-faktor penyebab disintegrasi bangsa serta terus berusaha menjaga persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

Tugas memberikan wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia adalah membimbing, memotivasi, memberi semangat dan membimbing batin.

Konsep wawasan nusantara, tujuan konsep wawasan nusantara, unsur wawasan nusantara, smk wawasan nusantara, unsur dasar wawasan nusantara, buku tentang wawasan nusantara, dasar pemikiran wawasan nusantara, penjelasan wawasan nusantara, artikel wawasan nusantara, buku wawasan nusantara, soal soal wawasan nusantara, rangkuman wawasan nusantara