Unsur Unsur Lingkaran Brainly – Jari-jari lingkaran adalah garis yang menghubungkan titik pusat dan titik kelengkungan di sekitar lingkaran. Biasanya jari-jari lingkaran ini dilambangkan dengan simbol r.

Diameter lingkaran adalah garis lurus yang menghubungkan dua titik pada lingkaran yang melalui pusat lingkaran. Kita dapat menyimpulkan bahwa panjang diameter adalah dua kali panjang jari-jari lingkaran. Diameter lingkaran biasanya dilambangkan dengan d atau D.

Unsur Unsur Lingkaran Brainly

Tali busur lingkaran adalah garis lurus yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran tetapi tidak memotong pusat lingkaran. Ini sedikit berbeda dari diameter melalui titik pusat.

Mengenal Unsur Unsur Lingkaran Dalam Ilmu Matematika Lengkap Beserta Penjelasannya

Jari-jari lingkaran adalah luas lingkaran yang dibatasi oleh dua jari-jari dan luas yang dibatasi oleh busur lingkaran yang dibatasi oleh dua jari-jari. Sebuah busur lingkaran juga dibagi dua, yaitu. kecil dan besar.

Segmen lingkaran adalah wilayah yang dibatasi oleh busur dan akord di dalam lingkaran.

Apotema lingkaran adalah jarak terpendek antara tali busur dan pusat lingkaran. Apotema biasanya tegak lurus dengan filamen.

Busur lingkaran adalah garis lengkung yang merupakan bagian dari keliling lingkaran. Busur lingkaran terbagi menjadi dua bagian, yaitu busur mayor dan busur minor. Jika panjangnya lebih dari setengah lingkaran disebut busur mayor, dan jika panjangnya kurang dari setengah lingkaran disebut busur minor.

Berapa Jarak Busur Ab Jika Diketahui Jari Jari 28

Sudut pusat lingkaran adalah sudut yang dibentuk oleh perpotongan dua jari-jari di pusat lingkaran.

Baca Juga  Keutamaan Melakukan Gerak Ritmik Atau Senam Irama Adalah

Sudut keliling lingkaran adalah sudut yang dibentuk oleh perpotongan dua tali busur di suatu titik pada lingkaran. Titik pusat lingkaran adalah titik pusat lingkaran. Pada gambar di atas, titik O merupakan pusat lingkaran.

Jari-jari lingkaran adalah garis yang menghubungkan titik pusat dengan titik kelengkungan/keliling lingkaran. Pada gambar di atas, garis OA, OB, OC merupakan jari-jari lingkaran.

Diameter lingkaran adalah garis lurus yang menghubungkan dua titik pada kurva lingkaran dan melewati pusat. Pada gambar di atas, garis AB adalah diameter lingkaran.

Tugas 3.1 Menyusun Rpp (silabus) Fauzia Iksan

Busur lingkaran adalah kurva yang terletak pada/di sekeliling kurva lingkaran dan menghubungkan dua titik mana pun pada kurva tersebut. Pada gambar di atas, kurva AC, kurva AB, dan kurva BC merupakan busur lingkaran.

Tali busur lingkaran adalah garis lurus yang menghubungkan dua titik pada kurva/keliling lingkaran dan tidak memotong pusat lingkaran. Pada gambar di atas, garis lurus dari A ke C merupakan tali busur lingkaran.

Jari-jari lingkaran adalah luas lingkaran yang dibatasi oleh dua jari-jari dan busur. Pada gambar di atas, ruas lingkaran ditandai dengan area/area BOC yang berwarna kuning (yaitu area yang dibatasi oleh jari-jari OB, OC dan busur BC).

Segmen adalah luas lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busur. Pada gambar di atas, penampang ditunjukkan pada area hijau (area yang dibatasi oleh busur AC dan garis AC).

Nama Pakaian Adat Lampung Brainly

Apotema adalah garis yang menghubungkan titik pusat ke tali busur lingkaran dan tegak lurus dengan tali busur.

Contoh soal unsur unsur lingkaran, lingkaran dan unsur unsurnya, brainly, rumus unsur unsur lingkaran, brainly login, download brainly, brainly math, aplikasi brainly, brainly mtk, unsur lingkaran, brainly komedo, brainly app

Baca Juga  Mengapa Negara Lain Dapat Mempengaruhi Perkembangan Iptek Negara Indonesia