Pengguna YouTube gratis mungkin memperhatikan bahwa iklan di platform video sering ditampilkan sebelum atau selama menonton video.

Iklan yang ditampilkan di video YouTube dapat berupa satu atau hingga dua iklan. Iklan kedua ini biasanya bisa dilewati agar penonton bisa langsung melihat video yang ingin ditonton.

Namun baru-baru ini ada laporan bahwa bahkan YouTuber, yang terkenal tidak mencolok, harus bergulat dengan lima video iklan yang sulit dilewati.

Rupanya, Google sedang menguji lima fitur iklan video di YouTube. Mengutip Gizchina, Kamis (15/9/2022), fitur tersebut diperkirakan akan diluncurkan pada bulan ini (September).

Sebelumnya, banyak YouTuber gratis yang mengeluhkan tingginya jumlah iklan di platform video selama beberapa hari terakhir.

Para pengguna ini mengungkapkan rasa frustrasi mereka dengan memposting pengalaman mereka di forum Reddit dan Twitter. Menurut keluhan, pengguna sekarang dapat melihat 5 iklan yang harus dilihat. Di sisi lain, YouTube biasanya hanya memiliki dua video iklan.

Pengguna tidak mengomentari panjang video iklan YouTube, tetapi salah satu pengguna Twitter mengatakan, “YouTube telah memperkenalkan lima iklan video panjang yang tidak dapat dilewati.”

Deskripsi pengguna memberi kesan bahwa iklan video terlalu panjang. Selain itu, iklan di YouTube biasanya berdurasi 5-30 detik, 30 detik di antaranya dianggap sangat lama.

Setelah menerima keluhan dari banyak pengguna, tim YouTube menanggapi tweet tersebut dengan penjelasan.

YouTube juga mengklaim situasi ini sebagai “iklan bumper”. Namun, setiap iklan hanya berdurasi 6 detik, jadi 5 iklan di YouTube mengklaim tidak lebih dari 30 detik.

Perusahaan juga meminta pengguna untuk mengirimkan umpan balik langsung di YouTube melalui alat komentar. Pasalnya, Google ingin mendengar langsung dari pengguna tentang iklan yang disebut iklan bumper.

Baca Juga  Apple Merilis 38 IPhone Dalam 15 Tahun, IPhone 14 Pro Max Adalah Yang Terberat

Sayangnya, tidak ada iklan yang dapat dilewati dan pengguna harus menonton kelima video iklan tersebut.

Perhatikan bahwa tidak semua YouTuber gratis melihat 5 iklan. Selain itu, beberapa pengguna hanya melihat dua iklan di awal video YouTube. Dengan cara ini, Google masih dalam masa pengujian.

Di luar itu, YouTube menawarkan layanan berbayar melalui YouTube Premium. Dengan berlangganan YouTube Premium, pengguna dapat menikmati berbagai manfaat. tidak ada?

1. Tonton tanpa iklan

Keuntungan utama dari berlangganan adalah menyediakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan dan mengakses aplikasi tanpa gangguan iklan.

Iklan yang muncul saat menonton video YouTube mungkin tidak buruk, tetapi beberapa iklan dapat dilewati setelah beberapa detik.

Namun, melewatkan penayangan iklan saat menonton video dapat memberikan pengalaman yang berbeda dari menonton video sebelum berlangganan.

Oleh karena itu, platform ini menawarkan uji coba gratis premium bagi pengguna YouTube untuk mencoba pengalaman tersebut. Bagi yang mengakses YouTube setiap hari, paket berlangganan ini bisa sangat menguntungkan.

Pelanggan YouTube Premium juga dapat mengunduh video untuk pemutaran offline. Fitur ini berfungsi di Android dan iOS, serta aplikasi YouTube di browser web Anda.

Hal ini memungkinkan pelanggan untuk menonton video yang diunduh menggunakan data atau Wi-Fi tanpa khawatir tentang buffering karena sinyal yang tidak stabil.

Video juga dapat diunduh dalam kualitas tinggi dan aplikasi seluler memiliki fitur pengunduhan pintar. Fitur ini memungkinkan YouTube untuk mengunduh video berdasarkan rekomendasi pelanggan, sehingga pelanggan Anda akan selalu memiliki video untuk ditonton secara offline.

3. Musik YouTube

Berlangganan juga memberi Anda akses instan ke YouTube Music Premium. Ini adalah salah satu manfaat utama dari langganan YouTube Premium karena Anda mendapatkan dua aplikasi premium dengan satu langganan.

Baca Juga  Peluncuran, Fitur, Dan Harga Vivo TWS Air Meliputi:

Anda juga dapat menambahkan video dari YouTube ke daftar putar yang dapat Anda dengarkan melalui YouTube Music.

YouTube sering bereksperimen dengan fitur terbaru (versi beta) di platform, dengan banyak pelanggan mencoba menarik pelanggan ke fitur tersebut. Saat mendaftar ke YouTube Premium, Anda dapat merasakan fitur baru ini untuk pertama kalinya.

Bereksperimen dengan fitur ini tidak selalu berhasil pada platform populer. Pelanggan akan diberi tahu saat fitur baru tersedia dan dapat memilih untuk menggunakan fitur terbaru.

5. Dapat bekerja di latar belakang

Fitur ini memberi pelanggan keuntungan untuk dapat memutar YouTube di latar belakang. Pelanggan dapat menonton video atau mendengarkan musik melalui YouTube Music sambil membuka aplikasi lain di perangkat yang sama.

Biasanya bagi pengguna YouTube yang tidak bisa menonton video saat mengakses aplikasi lain, video akan berhenti secara otomatis. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan banyak tugas.

(komentar/Ysl)