Apa Akibatnya Apabila Kupu-kupu Punah – 1. Jika kupu-kupu punah, kita akan kehilangan pemandangan menarik ini. Kedua, tumbuhan akan kehilangan hewan yang membantu penyerbukannya. Kupu-kupu merupakan hewan yang sering terbang di antara pepohonan. … Tanpa kupu-kupu, tanaman tidak dapat diserbuki.

2. Yang bisa kita lakukan adalah menanam tanaman atau pohon yang dijadikan makanan bagi ulat atau larva kupu-kupu, bukan untuk menangkap kupu-kupu.

Apa Akibatnya Apabila Kupu-kupu Punah

3. Kupu-kupu hidup di dataran tinggi dan dataran rendah, karena di dataran tinggi dan dataran rendah banyak terdapat jenis tumbuhan yang dibutuhkan kupu-kupu sebagai makanannya.

Cari Jawaban Kelas 4 Sd Tema 3, Apa Dampak Perburuan Liar Terhadap Lingkungan?

Pertanyaan baru di B. Indonesia Gagasan utama pada bacaan di atas​ an.org Buka pidato pada latihan pada pelajaran 3! Lengkapi paragraf tidak lengkap berikut ini sesuai dengan rencana pidato yang telah Anda siapkan! Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua. Yang terhormat __________pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ________________ kedua, saya sangat senang karena penonton ____________ _____________Pohon sangat bermanfaat bagi ____________________u Anda perlu mengetahui manfaat dari mangrove, diantara YA _____________________________________________ agar manfaatnya dapat terus kita rasakan untuk kita generasi sekarang dan mendatang. Hadirin sekalian saya sangat berharap kedepannya kita bisa saling membantu dan bekerja sama dalam menanam tanaman mangrove. Semoga tanaman ini menjadi ______________________________________________________________________________________________ mohon maaf Kak <3 Lingkungan kota menjadi tidak sehat dan bau karena Beberapa spesies kupu-kupu dilindungi di Indonesia, namun pasar gelap masih ada. Menurut Undercover Asia dari CNA, para kolektor mengetahui nilai kupu-kupu ini dan bersedia membayar ribuan dolar untuk sebuah spesimen.

TOKYO dan SULAWESI: Kiyomi Kakizawa, pemilik Tefuya, sebuah pub berusia 40 tahun di Tokyo, menawarkan lebih dari sekedar alkohol dan makanan.

Selama bertahun-tahun, pub ini telah menarik perhatian para penggemar dan kolektor kupu-kupu. Mereka berkumpul untuk mengagumi spesimen warna-warni dari seluruh dunia, menelusuri peta untuk menemukan asal usulnya, dan mengumpulkannya di pelelangan yang intim.

Baca Juga  Lordosis Adalah Brainly

“Suatu hari, ketika saya berumur 45 tahun, seekor kupu-kupu lewat di depan saya,” kata pemilik Tefuya. “Ketika saya melihatnya, saya terobsesi dengan hal itu. Kemudian saya menyadari inilah yang ingin saya lakukan selama sisa hidup saya.”

Mutasi: Pengertian, Penyebab, Jenis Jenis Dan Pemanfaatannya

“Anda melihat kupu-kupu di buku dan kemudian menargetkan spesies tertentu. Dan ketika kamu berhasil menangkap kupu-kupu di hutan, kamu akan sangat senang dan berteriak kegirangan,” ucap Kakizawa lagi sambil tersenyum saat berbincang dengan Undercover Asia.

Mengumpulkan kupu-kupu dimulai beberapa abad yang lalu di Eropa dan menjadi hobi yang populer pada tahun 1800. Saat ini, sebagian besar pembeli dan kolektor kupu-kupu berasal dari Amerika Serikat dan Eropa. Di Asia, kolektornya banyak yang berasal dari Jepang.

Jun Hase, koordinator Asosiasi Ilmu Kupu-Kupu Jepang, memperkirakan terdapat lebih dari 10.000 peminat kupu-kupu di negara tersebut. Kolektor yang serius bahkan memiliki lemari khusus di rumahnya untuk menyimpan ratusan hingga ribuan spesimen kupu-kupu.

Bagi sebagian besar kolektor, hobi ini dimulai sejak mereka masih kecil. “Dulu, pekerjaan rumah pada liburan musim panas sering kali berkisar pada pengumpulan serangga,” kata Hase. Kami harus membawa serangga yang kami tangkap ke sekolah dan mempelajarinya.”

Ipa Tema 3 Peduli Terhadap Mahkluk Hidup

Ada sekitar 17.500 spesies kupu-kupu di seluruh dunia. Kehidupan mereka terancam oleh banyak hal, termasuk hilangnya habitat alami, praktik pertanian intensif dengan penggunaan pestisida, dan perubahan iklim. Di Singapura saja, hampir separuh spesies kupu-kupu telah punah.

Ancaman lain terhadap kupu-kupu adalah perburuan. Para pemburu menangkap kupu-kupu untuk memenuhi kebutuhan kolektor lokal dan asing. Salah satu pemburu tersebut adalah Joyo (bukan nama sebenarnya), 33 tahun, asal Bantimurung, Sulawesi Selatan, yang sudah berburu kupu-kupu sejak berusia 10 tahun.

Joyo kini memimpin kelompok pemburu kupu-kupu di sekitar Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, sebagian besar anggotanya masih berusia sekolah.

“Anak-anak ini menangkap kupu-kupu karena ingin mendapat uang jajan,” kata Joyo. “Mereka senang mendapat penghasilan sekitar Rp 10.000 atau Rp 20.000 sehari.

Pengetahuan, Kesesatan, Dan Opini

Beberapa spesies kupu-kupu paling langka dan paling umum dilindungi berdasarkan perjanjian yang disebut Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Fauna dan Flora Liar yang Terancam Punah (Cites).

Dari sekitar 40 spesies kupu-kupu yang dilindungi, lebih dari setengahnya terdapat di Indonesia, negara dengan sekitar 2.000 spesies kupu-kupu.

Di Indonesia, menangkap spesies kupu-kupu yang dilindungi – kecuali yang dibiakkan dan dipelihara di penangkaran – merupakan tindakan ilegal dan menangkapnya di kawasan yang dilindungi seperti taman nasional.

Baca Juga  Perbedaan Utama Antara Keunggulan Mutlak Dan Komparatif Adalah

Namun tidak sulit untuk menemukan spesies kupu-kupu dilindungi yang dijual di Indonesia, baik secara online, langsung ke dalam negeri, atau dengan pengiriman ke luar negeri. Berdasarkan penelitian para ahli Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun 2021, sebagian besar penjual tidak memberikan bukti bahwa spesimen yang dijualnya merupakan spesimen hasil penangkaran sehingga diragukan keabsahannya.

Buku Siswa Kelas 9 Semester 1 Revisi 2018

Meski merupakan kawasan lindung, Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung dikenal sebagai pusat perdagangan kupu-kupu liar. Kupu-kupu tersebut kemudian dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan atau dijual kepada kolektor di luar negeri.

Pembuat dan penyelidik film dokumenter Undercover Asia Arfan Sabran masih ingat perjalanan pertamanya ke Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung saat masih kecil. “Reaksi pertama saya, tentu saja, seperti anak-anak lainnya, adalah, ‘Wah, (suvenirnya) cantik sekali,’” ujarnya.

Namun ketika Arfan beranjak dewasa dan melihat begitu banyak jenis kupu-kupu yang diperdagangkan, ia mulai berpikir “berapa banyak kupu-kupu yang harus mati untuk kita, untuk hobi kita, untuk dikoleksi”.

Namun, Joyo sebagai pemburu kupu-kupu punya pendapat berbeda: “Kalau kupu-kupu kalau kita tidak ditangkap, mereka akan mati. (Kupu-kupu) hanya hidup sekitar sebulan.”

Lkpd Pembelajaran 1 Online Exercise For

“Apakah kamu pernah ditangkap?” tanya Arfan sembari mempelajari perdagangan kupu-kupu bersama Joyo. “Sudah banyak,” kata Joyo. “Orang Departemen Kehutanan tertangkap, sampai-sampai jaring saya disita.

Joyo menjelaskan, harga kupu-kupu bergantung pada kelangkaannya, bukan “ukuran atau jenisnya”. Ia pernah menerima Rp 1 juta untuk sebuah spesimen langka dan harga jual kembali akan “jauh lebih tinggi”.

Kupu-kupu mati dapat dipajang dalam bingkai kaca sebagai kenang-kenangan berwarna-warni. Mereka juga bisa dilipat dan ditempatkan di piring kaca untuk dikirim ke kolektor.

“Kupu-kupu dikirim ke luar negeri, misalnya Jepang,” kata Joyo. “Banyak kolektor datang ke sini dari luar negeri untuk mencari kupu-kupu langka.”

Big Point Bgi Yg Bisa Kerjakan Dan Disertakan Penjelasannya!!​

Haruki (bukan nama sebenarnya), seorang dokter berusia 80 tahun di Shikoku, Jepang, telah mengumpulkan 10.000 kupu-kupu seumur hidupnya. Ia membeli 80% koleksinya dan yang termahal berharga $7.500 (Rp 113 juta) untuk spesimen yang ia anggap paling berharga.

Haruki masih ingin menambah koleksinya. “Sebagai seorang kolektor, saya banyak mengoleksi kupu-kupu di rumah. Karena sulit puas hanya punya satu (setiap jenis),” ujarnya.

Ia berambisi untuk melengkapi koleksi kupu-kupunya, misalnya dengan memperoleh kupu-kupu betina langka dari spesies tertentu. Beberapa spesies kupu-kupu bersifat dimorfik, artinya kupu-kupu jantan dan betina berbeda dalam ukuran, bentuk, dan warna.

Kupu-kupu dimorfik, Ornithoptera croesus atau Sayap Burung Emas Wallace, hanya hidup di Maluku Utara.

Baca Juga  Musik Eropa Bermula Dari Seni Musik Bangsa

Saat Muda Mudi Indonesia Bersama Bergerak Untukmu Bumiku

Kupu-kupu jenis ini sangat populer. Namun sejak tahun 2017, pemerintah Indonesia secara khusus menghentikan seluruh aktivitas komersial spesies ini, berbeda dengan spesies lain yang tercantum dalam Kutipan (Lampiran II) yang memperbolehkan perdagangan internasional dengan syarat memiliki lisensi, izin ekspor, dan sertifikat ekspor kembali.

Haruki memiliki tiga spesimen subspesies Sayap Emas Wallace yang diperolehnya dari Pulau Bacan, Halmahera, dan Morotai di Maluku.

Ia menelusuri keberadaan lebih dari 50 spesies kupu-kupu dalam genus Ornithoptera, masing-masing dengan umur dan lokasi berbeda. “Saya menulis surat kepada seorang pedagang di Jepang, yang mengatur agar mengirimkan tipe tersebut kepada saya. Saya tidak bisa membelinya secara langsung,” ujarnya.

Di Jepang, satu-satunya persyaratan hukum untuk mengimpor spesies Cites Appendix II seperti Ornithoptera croesus adalah izin ekspor dan sertifikat ekspor ulang. Hase menilai, jika produk tersebut diimpor, maka pembelian tersebut tidak melanggar hukum.

Soal Evaluasi Online Exercise For 4

Namun pihak berwenang di seluruh dunia menghadapi tantangan besar dalam mendeteksi perdagangan ilegal spesies yang dilindungi. Tantangan ini muncul karena kesulitan dalam pengaturan bagasi karena kurangnya jumlah wisatawan dan barang bawaannya, kurangnya pengetahuan tentang penegakan hukum, dan izin palsu.

“Terkadang hal ini semudah mengubah tanggal, mengganti logo, atau memalsukan tanda tangan pada dokumen,” kata Elizabeth John, direktur komunikasi pada pengawas perdagangan hewan Traffic Southeast Asia.

“Sistem ini sangat bergantung pada dokumen seperti izin. Dan menemukan dokumen mana yang palsu sangat bergantung pada kecerdasan petugas polisi yang menangani ratusan pengiriman.”

Namun, Hase tidak sependapat bahwa perburuan liar menjadi penyebab utama menurunnya populasi kupu-kupu. Sebaliknya, ia menyalahkan hilangnya tanaman yang menjadi sandaran kupu-kupu.

Dampak Serius Hilangnya Keanekaragaman Hayati, Menurunnya Stabilitas Ekosistem Hingga Penularan Penyakit

Dia mengatakan lebih banyak kupu-kupu yang mati karena hal ini dibandingkan karena perburuan. Hase menambahkan, “Orang yang sangat mengetahui nilai kupu-kupu ini adalah para kolektor.”

Dalam penelitian tahun ini bertajuk “Satu dari lima spesies kupu-kupu dijual online lintas batas” yang diterbitkan dalam jurnal Biological Conservation, para peneliti mengatakan bahwa penangkapan atau pemeliharaan kupu-kupu di alam liar dapat berkelanjutan jika habitat aslinya tetap terjaga.

Para peneliti menyarankan para pemburu kupu-kupu di pedesaan untuk menjual mangsanya langsung ke pengepul atau pembeli, bukan melalui perantara. Dengan demikian, mereka dapat memperoleh upah rata-rata di wilayah mereka hanya dengan menjual tiga spesimen kupu-kupu sehari.

“Kami berpendapat bahwa skala dan cakupan perdagangan kupu-kupu global dianggap sebagai pemanfaatan alam yang berkelanjutan dan memiliki tujuan, sehingga memiliki potensi signifikan untuk mendorong pemanfaatan yang berkelanjutan,” tulis para peneliti dalam jurnal tersebut.

Kalian Wajib Peduli: Makin Banyak Serangga Terancam Punah, Dampaknya Buruk Bagi Bumi

Dalam penelitian lain yang mensurvei 455 pengunjung Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, peneliti mencatat bahwa perdagangan kupu-kupu “telah berlangsung lama dan rumit” sehingga “solusi untuk menghentikannya tidak jelas”.

Sebagian besar pengunjung taman nasional mendapat informasi yang salah dan tidak menyadari bahwa spesies kupu-kupu tertentu tidak boleh ditangkap atau dibeli, kata para peneliti dalam sebuah penelitian pada tahun 2019.