Apakah Ciri Bagian Teks Yang Disebut Deskripsi Bagian – Yuk, pelajari pengertian teks eksplanasi, ciri-ciri, struktur, jenis-jenis, dan contohnya pada artikel bahasa indonesia kelas 7 berikut ini! —

Sobat pasti sering-sering membaca berbagai artikel kan? Pada dasarnya Menulis dibagi menjadi dua bagian utama: fiksi dan nonfiksi. Pastinya membaca novel merupakan kegiatan yang menyenangkan bukan? Tapi bagaimana dengan teks nonfiksi?

Apakah Ciri Bagian Teks Yang Disebut Deskripsi Bagian

Ternyata teks nonfiksi terbagi menjadi beberapa jenis tulisan, salah satunya adalah teks ekspositori. Wah, apa itu teks ekspositori? Tenang sobat, pada artikel kali ini saya akan membahasnya secara lengkap. Mulai dari pengertian, tujuan, ciri-ciri, struktur, hingga contoh teks. Bagi yang penasaran langsung saja simak penjelasannya dibawah ini. OKE!

Explanation Text: Pengertian, Struktur, Ciri Ciri, Dan Contohnya

Menurut KBBI, kata lain dari deskripsi adalah deskripsi, yang berarti mengungkapkan atau menggambarkan dengan kata-kata secara jelas dan rinci. Oleh karena itu, makna teks deskriptif adalah menjelaskan sesuatu dengan jelas.

Ini bisa berupa benda atau makhluk hidup. Tentu saja agar kita bisa menjelaskan sesuatu dengan jelas. Kita memerlukan rincian tentang apa yang ingin kita uraikan dalam teks.

Menurut Utorodewo (2007), tujuan teks deskriptif adalah untuk menggambarkan bentuk objek yang diamati, sifat, rasa, atau bentuknya. Dengan mengandalkan panca indera dalam proses penjelasannya.

Baca Juga  Tangga Nada Diatonis Terdiri Atas Nada

Ciri-ciri teks eksplanasi terbagi menjadi tiga hal, yaitu tujuan, objek yang dijelaskan. dan isi pesannya sendiri Berikut penjelasan lengkapnya:

Deskripsi 7 Worksheet

Hal ini dikarenakan teks eksplanasi bertujuan untuk mendeskripsikan atau menguraikan sesuatu dengan sedetail dan sejelas-jelasnya mengenai suatu benda, suasana, dan perasaan. Oleh karena itu, teks ini harus dikonstruksi sedemikian rupa sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan mengalami apa yang dideskripsikan.

Seperti pesan lainnya, teks ini juga memiliki struktur penulisan. Struktur teks eksplanasi terdiri dari judul, kalimat topik, deskripsi, dan kesimpulan. Mari kita bicarakan satu per satu, oke?

Mulailah dengan judul yang dimaksudkan untuk menjelaskan isi pesan, seperti judul pesan di atas. Karena nama pesannya adalah “Sekolahku”, otomatis isi teksnya menggambarkan suasana di sekolah penulis.

Lalu ada kalimat topik yang merupakan kalimat pembuka tentang materi yang sedang dijelaskan. Pada contoh pesan di atas, kalimat topiknya terdapat pada kalimat pertama “sekolahku terlihat bersih” yang artinya penulis ingin kita dan pembaca lain memahaminya. Merasa sekolah terlihat bersih.

Identifikasi Setiap Bagian Tumbuhan Beserta Fungsinya, Materi Kelas 4 Sd Tema 3

Penjelasan selanjutnya Perbedaan dengan kalimat topik Uraian ini memuat beberapa kalimat yang menjelaskan lebih detail apa yang ingin dijelaskan. Bisa dari kenampakan, bau, rasa, suasana, dan lain-lain. Contoh uraian pada paragraf di atas terdapat pada kalimat dua sampai enam. Ya.

Struktur teks eksplanasi akhir meliputi kesimpulan yang merupakan bagian penutup teks. Seringkali terdapat pendapat atau kesan penulis terhadap apa yang dideskripsikan. Kesimpulan dari pernyataan diatas adalah penulis dan teman-temannya bisa lebih giat belajar karena lingkungan sekolahnya bersih.

Oleh karena itu, dalam menulis teks eksplanasi ada beberapa kaidah bahasa yang harus kita perhatikan sob. Ada 4 kaidah bahasa pada teks eksplanasi. Termasuk aturan berikut!

Baca Juga  Sebutkan Sikap

Jadi jika Anda ingin membuat teks deskriptif. Tentu saja, sertakan apa yang Anda perhatikan terlebih dahulu, oke? Misalnya, jika Anda ingin mendeskripsikan sebuah gunung, mulailah dengan “Di kejauhan, gunung itu berwarna hijau”.

C. Menelaah Struktur Dan Bahasa Teks Deskripsi Setiap Jenis Teks Mempunyai Struktur Teks Yang Berbeda Dan Memanfaatkan Bentuk Bentuk Bahasa Yang Berbeda.

Hijau menggambarkan apa yang dapat Anda lihat dengan mata Anda. Selanjutnya bisa dijelaskan misalnya udara pegunungan itu dingin. Ini menjelaskan banyak hal. Itu bisa Anda rasakan melalui panca indera Anda, termasuk indera perasa. Mudah, bukan?

Sekolahku terlihat bersih. Halaman rumputnya yang luas dan ditumbuhi rumput hijau menciptakan suasana sejuk. Di taman juga terdapat pohon beringin yang cukup lebat. Ruang kelas di sekolah saya cukup besar. Semua lantai terbuat dari keramik. Dinding kelas berwarna kuning. Cat pada pintu dan jendela berwarna hijau. Itu foto sekolahku. Sekolahku yang bersih membuat aku dan teman-teman semakin semangat belajar.

Saat membaca pesan ini Anda bisa membayangkan seperti apa ruangan dan kondisi sekolahnya bukan? Jenis tulisan ini juga sering digunakan dalam penulisan karya ilmiah. Jadi jangan lupa! Saat membuat teks deskriptif Tulis pesan ini secara kronologis atau berurutan. OKE! Tujuannya agar teks menjadi lebih terstruktur. agar orang lain yang membaca tulisan anda tidak bingung.

Demikian uraian lengkap isi teks eksplanasi. Mulai dari pengertian, struktur, jenis-jenis, hingga contohnya, nah, semoga anda memahami maksud dari teks eksplanasi tersebut ya. Mulailah berlatih menulis ini agar terbiasa ya. Oh iya, materi Bahasa Indonesia Kelas 7 lainnya bisa kamu pelajari di ruang belajar. Ada video animasi, soal latihan, dan rangkuman yang pasti akan membantu Anda lebih memahami.

Baca Juga  Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Miniatur Denah Sekolah Adalah

Amatilah Dan Rincilah Bagian Bagian Struktur Teks Deskripsi Rumah Tongkonan.2).tentukan Ciri Bagian

Penulis Konten dan Kinerja Konten di . Semoga tulisan saya bermanfaat bagi Anda dan membantu Anda mempelajari satu atau dua hal! 😀

Bagian darah yang cair disebut, ciri ciri teks deskripsi, data terkecil dari suatu table yang menempati bagian kolom disebut, dalam pemasaran kegiatan display merupakan bagian promosi produk yang sering disebut, teks deskripsi bagian, alat keseimbangan terdapat pada bagian telinga yang disebut, contoh teks deskripsi bagian, bagian dari periosteum tulang yang mampu menyambung tulang patah disebut, bagian darah yang mempunyai inti disebut, bagian generator yang berputar disebut, apakah ciri ciri hewan indonesia bagian barat dan timur, bagian daratan yang menjorok ke laut disebut