Bagaimana Cara Merevisi Teks Laporan Percobaan – 1. Periksa teks untuk tujuan dan tema 2. Periksa tata bahasa dan struktur kalimat 3. Hindari pengulangan kata 4. Periksa kesesuaian tabel dan gambar 5. Periksa referensi yang digunakan 6. Kesesuaian format Periksa 7. Pastikan teks sesuai dengan yang diharapkan laporannya mudah dipahami oleh pembaca

Tak jarang, guru mengembalikan teks laporan percobaan untuk direvisi kembali. Jadi, bagaimana cara mengubah teks laporan eksperimen?

Bagaimana Cara Merevisi Teks Laporan Percobaan

Membahas Modul Bahasa Indonesia Paket B Setara SMP/MTs Kelas IX Tema 12: Saya Mencoba, Saya Bisa, Teks Laporan Eksperimen merupakan teks yang berisi tentang percobaan yang dilakukan oleh penulis atau orang yang melakukan percobaan tersebut. Teks laporan eksperimen sering digunakan untuk melaporkan hasil eksperimen, karya ilmiah, atau laporan praktik.

Kumpulan Puisi Romantis Bikin Baper Parah, Dijamin!

Saat menafsirkan atau melaporkan suatu eksperimen, tentu saja ada hal penting yang perlu dipertimbangkan. Oleh karena itu, terkadang guru meminta kita untuk mengoreksi atau mengubah teks laporan percobaan jika ada hal yang kurang sesuai.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa teks laporan percobaan ini biasanya berisi penyajian data secara rinci tentang hasil praktek, observasi dan penelitian. Sedangkan tujuan teks laporan hasil percobaan adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang hasil percobaan yang dilakukan.

Jika Anda menyajikan laporan eksperimental, laporan tersebut harus mudah dipahami oleh pembaca. Oleh karena itu, pembaca dapat memperoleh informasi dari teks laporan percobaan untuk melakukan percobaan yang sama.

Guru meminta penulis teks laporan memperbaikinya mempunyai beberapa alasan. Menempatkan diri sebagai pembaca, guru pasti akan menemukan banyak poin dalam penulisan teks laporan yang menyulitkan pembaca untuk mencernanya atau susunannya tidak rapi dan jelas.

Teks Laporan Hasil Observasi

Apabila guru meminta untuk diperbaiki, maka guru harus menyesuaikan isi pelajaran sesuai dengan topik dan tujuan pelajaran. Caranya adalah dengan membaca kembali ringkasan kajian teoritis dan hasil eksperimen yang dibahas dalam laporan.

Pastikan kajian teori juga berkaitan dengan variabel-variabel yang tertulis pada judul. Coba perhatikan juga apakah bagian pendahuluan atau latar belakang sesuai dengan tema yang diangkat. Jika sudah sesuai, lanjutkan ke langkah modifikasi berikutnya.

Harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menyusun laporan percobaan. Pastikan tata bahasanya konsisten dengan kaidah atau unsur kebahasaan teks laporan eksperimen, mis. sinonim, antonim, kata bilangan, kata sambung, dan kalimat perintah.

Baca Juga  Bentuk Negara Thailand

Selain itu, ciri kebahasaan juga harus disesuaikan dengan ciri kebahasaan teks laporan, antara lain penggunaan artikel, penggunaan kata hubung, penggunaan kalimat aktif, kata fungsi, kosa kata teknis di bidang sains dan penulisan.

Karya Tulis Ilmiah: Pengertian, Fungsi, Struktur Dan Contoh Kti

Pastikan juga Anda menggunakan bahasa ilmiah. Hal ini dikarenakan laporan eksperimen melibatkan karya ilmiah, sehingga wajar jika menggunakan bahasa ilmiah saat menulisnya. Masyarakat dapat menggunakan bantuan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sebagai penunjang. Struktur kata juga perlu diperiksa agar pembaca mudah memahami dan menerima informasi yang diharapkan.

Hindari menggunakan kata-kata yang tidak diperlukan atau berlebihan. Hal ini mungkin menjadi alasan mengapa guru meminta penulis untuk mengubah atau memperbaiki teks laporan eksperimen. Selain membosankan, tentu saja pengulangan kata menyulitkan pembaca untuk mendapatkan informasi sederhana.

Anda dapat meninjau teks laporan dari awal sampai akhir. Jika perlu, baca kembali teks laporan dalam hati untuk menghindari pengulangan atau penggunaan kata-kata yang berlebihan dalam laporan. Penggunaan kata-kata tersebut dapat dikurangi dengan menggantinya dengan sinonim atau kata serupa.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tools atau aplikasi tertentu seperti Microsoft Word untuk melihat dan mencari kata-kata yang digunakan dan diulang-ulang.

Rpp Teks Rekaman Percobaan Mandiri

Tabel dan gambar juga harus sesuai dengan tema atau topik yang diangkat dalam penelitian. Cek gambarnya dulu. Saat menulis laporan, terkadang perlu menggunakan gambar atau tidak tergantung kebutuhan. Jika Anda menggunakan gambar, pastikan gambarnya sesuai dengan pencarian. Coba juga gunakan foto Anda sendiri agar lebih orisinal.

Kedua, periksa dan cermati isi tabelnya. Jika berupa tabel perhitungan, perhatikan bahwa perhitungan pada tabel tersebut sudah benar, karena kesalahan perhitungan pada tabel biasanya menjadi alasan guru meminta perubahan pada laporan.

Pada umumnya dalam membuat laporan percobaan, guru menentukan jenis referensi yang dapat digunakan serta tahun atau periode penerbitan referensi yang digunakan maksimal. Misalnya guru memutuskan penggunaan referensi maksimal adalah tahun 2010. Jadi tidak boleh menggunakan referensi lain di bawah tahun 2010, seperti tahun 2009, 2008 dan seterusnya.

Oleh karena itu, sebaiknya periksa kembali apakah tahun referensi memenuhi persyaratan guru. Kemudian periksa juga apakah referensinya sesuai dengan tema atau judul. Misalnya, jika Anda bereksperimen dengan golongan darah, Anda harus mengacu pada golongan darahnya.

Teks Laporan Percobaan Umumnya Dibuat Untuk Melengkapi Suatu

Teks laporan percobaan hendaknya menggunakan format yang mengikuti standar. Lihat kembali dan periksa apakah sudah sesuai dengan format tertulis yang harus diikuti.

Baca Juga  Penulisan Judul Yang Paling Tepat Adalah

Format penulisannya biasanya berbeda-beda tergantung peraturan sekolah atau guru yang mengajarkannya. Jadi, pastikan untuk bertanya kepada guru terlebih dahulu apa format penulisannya sebelum Anda mulai menulis laporan. Tujuannya agar tidak terjadi kesalahan dalam penulisan ini.

Setelah Anda menulis laporan percobaan, Anda dapat memeriksa dan memastikan bahwa pembaca dapat dengan mudah memahami isi teks laporan percobaan yang akan disampaikan. Tempatkan diri Anda pada posisi pembaca dan periksa kembali teks teks laporan. Oleh karena itu, tidak akan ada revisi lainnya setelah ini.

Oleh karena itu, cara mengubah teks laporan percobaan ini dapat dilakukan jika ada arahan untuk memperbaiki teks sebelumnya. Semoga bermanfaat ya, ers! 3 Jenis Teks di Kelas 3 Teks Laporan Teks Pidato Teks Cerita Pendek Teks Respon Teks Diskusi/Tantangan Cerita Motivasi Cerita Motivasi Jenis Teks di Kelas VIII Teks Berita Iklan Teks Ekspositori Teks Teks Extastzuama Teks Publikasi Teks Laporan Extastsama JENIS TEKS KELAS VII Teks Deskripsi Teks Cerita Imajiner Metode Teks Observasi Teks Laporan Puisi Rakyat Makalah Cerita Rakyat

Perangkat Akreditasi Smp Mts 2017

4 Teks Respon Kritis Teks yang berisi tanggapan atau pendapat seseorang atau sekelompok orang tentang fakta yang sedang berkembang di masyarakat. Respon kritis Struktur teks Cakupan isi Pemahaman isi teks (tanya jawab bahan bacaan) Pengenalan unsur kebahasaan (informasi tempat, waktu, tujuan dan cara), (kalimat majemuk yang setara dan bertingkat), Mendapatkan Makna. (pemahaman kata atau istilah sulit) Penguatan respon terhadap teks (gagasan utama) Resensi dan revisi (koreksi, keefektifan kalimat, ejaan dan tanda baca) Rangkuman teks (ringkasan) Evaluasi Konfirmasi juga pada uraian teks

Teks tantangan Teks yang menentang suatu kebijakan atau gagasan. Tantangan Struktur Teks Cakupan Pemahaman isi teks (tanya jawab terhadap bahan bacaan) Pengenalan unsur kebahasaan (informasi tentang tempat, waktu, tujuan dan cara), (kalimat majemuk yang setara dan bertingkat), penggalian makna (menjelaskan kata-kata sulit atau terminologi) Membuat teks yang menantang (gagasan pokok) Mereview dan merevisi (revisi, keefektifan kalimat, ejaan dan tanda baca) Meringkas teks (meringkas) Argumen yang menentang permasalahan Kesimpulan/Mendukung proposisi

Rekaman Eksperimental Teks Teks yang berisi penyelesaian melalui berbagai tes/eksperimen dengan tujuan dan langkah tertentu. Rekaman Eksperimental Struktur Teks Alat Isi Pemahaman Isi Teks (Tanya Jawab Bahan Bacaan) Pengenalan Unsur Linguistik (informasi tentang tempat, waktu, tujuan dan cara) ), (kalimat majemuk yang setara dan bertingkat), Memperoleh makna (menafsirkan kata atau frasa sulit) Experiential Review dan revisi teks rekaman (gagasan utama) (Merevisi keefektifan kalimat, ejaan dan tanda baca) Meringkas teks (meringkas) Tujuan, alat, langkah materi Kesimpulan Hasil

Teks cerita moral (Katha) Teks yang memuat cerita atau kehidupan hewan dan manusia yang memuat nilai moral Struktur pelajaran cerita moral Cakupan Isi Memahami isi teks (membaca tanya jawab isi) Mengidentifikasi unsur kebahasaan (intransitif dan intransitif) verba intransitif, kata keterangan, konjungsi, artikel) Memperoleh makna (memahami kata atau frasa sulit) Membuat teks moral cerita (gagasan pokok) Review dan revisi (penyuntingan, keefektifan kalimat, ejaan dan tanda baca) merangkum (meringkas) teks kesulitan orientasi coda resolusi

Baca Juga  Daun Berguguran Cepat Atau Lambat

Soal Tes Pppk Tahun 2023 Semua Formasi, Kompetensi Bidang Manajerial, Sosial Kultural, Dan Wawancara Dengan Jawaban Nilai Tertinggi Di Lengkapi Dengan Materi

Teks biografi Teks yang memuat kehidupan seorang tokoh untuk mengevaluasi pikiran dan perilakunya. Struktur teks biografi Cakupan isi Pemahaman isi teks (tanya jawab terhadap bahan bacaan) Identifikasi unsur kebahasaan (koordinasi, konjungsi korelatif dan subordinatif, kata acuan, perolehan makna (parafrase kata atau frasa sulit) menyusun teks biografi (gagasan pokok) review dan revisi (penyuntingan, keefektifan kalimat, ejaan dan tanda baca) merangkum teks (meringkas) situasi/masalah situasi situasi tersebut

Teks prosedur Teks yang memberikan instruksi untuk menyelesaikan suatu tugas dengan menjelaskan langkah-langkah sesuai spesifikasinya. Struktur Teks Metode Lingkup Isi Memahami isi teks (tanya jawab terhadap bahan bacaan) Mengidentifikasi unsur kebahasaan (antonim dan sinonim, kalimat perintah, memperoleh makna (menjelaskan kata atau frasa sulit) Metode teks (gagasan pokok) review dan revisi ( koreksi, keefektifan kalimat, ejaan, dan tanda baca) merangkum teks (meringkas) langkah-langkah objektif

Teks diskusi Teks yang menyajikan pertentangan suatu persoalan dari dua sudut pandang Struktur teks diskusi Cakupan isi Pemahaman isi teks (tanya jawab pada bahan bacaan) Mengidentifikasi unsur kebahasaan (konjungsi kontras, koherensi leksikal), Koherensi gramatikal, outline) Memperoleh makna (menjelaskan kata atau frasa yang sulit) Diskusi Membuat teks (gagasan utama/main idea) Review dan revisi (merevisi, keefektifan kalimat, ejaan dan tanda baca) Meringkas teks Melakukan (ringkasan) pendukung argumentasi permasalahan/masalah kesimpulan/ usulan tandingan

11 Tinjau teks teks yang memberikan petunjuk untuk menyelesaikan tugas dengan menjelaskan langkah-langkah ditinjau dari sifat-sifatnya. Struktur Teks Resensi Pemahaman Isi Cakupan Isi Teks (Tanya Jawab Bahan Bacaan) Mengidentifikasi Unsur Linguistik (Kata Benda dan Kata Kerja, Mendapatkan Makna (Menjelaskan Kata atau Kata Sulit) Teks Resensi (Ide Pokok) dan perubahan (revisi, keefektifan) kalimat, ejaan , dan tanda baca) merangkum teks (meringkas) orientasi interpretasi isu/masalah isu/masalah

Menulis, Sulitkah_wiwi Parluki_isbn

Teks yang bertujuan untuk membuat klasifikasi tentang sesuatu. Laporan Mengamati Struktur Teks Temuan Isi Ruang Lingkup Pemahaman Isi Teks (Tanya Jawab Bahan Bacaan) Mengidentifikasi Unsur Linguistik (Kata Benda dan Kata Kerja, Pengulangan, Kata Ganti, Konjungsi) Menggenggam Makna (Memaknai Kata atau Kata Sulit) ) Penyusunan teks teks laporan pemeriksaan (gagasan pokok) Review dan revisi (revisi, keefektifan kalimat, ejaan, dan tanda baca) Ringkasan teks (ringkasan) Deskripsi umum Deskripsi bagian Deskripsi manfaat

Teks deskriptif Teks yang tujuannya untuk mendeskripsikan sesuatu secara detail

Teks laporan percobaan kandungan gizi pada makanan, rangkuman teks laporan percobaan, cara membuat laporan percobaan, contoh teks laporan percobaan membuat kue bolu kukus, cara membuat teks laporan observasi, bagaimana cara membuat laporan keuangan, bagaimana cara membuat laporan keuangan sederhana, cara membuat laporan hasil percobaan, bagaimana ciri ciri teks laporan investigasi, cara membuat teks laporan, teks laporan percobaan, contoh teks laporan percobaan hand sanitizer