Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Upaya Pengembangan Ekonomi Maritim Yaitu – Indonesia merupakan negara maritim yang kaya akan sumber daya alam. Dengan upaya dan pengelolaan yang tepat, hal ini dapat meningkatkan potensi ekonomi Indonesia khususnya di bidang kemaritiman.

Upaya peningkatan ekonomi maritim menjadi fokus pemerintahan Presiden Joko Widodo. Mengungkapkan hal tersebut dalam pidato pertamanya di gedung MPR DPR RI setelah resmi dilantik sebagai presiden periode 2019-2024, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi besar dengan potensi penduduk, kekayaan alam, dan keunggulan lokasi yang strategis. .

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Upaya Pengembangan Ekonomi Maritim Yaitu

Untuk itu, Pemerintah terus membangun infrastruktur yang mempermudah akses ke kawasan wisata, serta infrastruktur yang menghubungkan area produksi dengan area distribusi. Sehingga masyarakat dapat menambah lapangan pekerjaan baru yang menambah nilai ekonomi mereka. Diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Langkah Langkah Kementrian Perdagangan Melakukan Upaya Pengembangan Ekonomi Kreatif

Di penghujung tahun 2020, Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat dibuka, menjadi salah satu pelabuhan ekspor terpenting Indonesia. Pelabuhan Patimban bisa menjadi tujuan utama ekspor produk otomotif ke pasar dunia, serta ekspor produksi kendaraan bermotor ke Indonesia.

Pengembangan pelabuhan merupakan salah satu contoh upaya peningkatan infrastruktur maritim. Pelabuhan memainkan peran penting dalam perdagangan internasional, terutama dalam ekspor dan impor barang. Dengan menyediakan dermaga, gudang dan ruang penyimpanan, terminal kargo yang dilengkapi dengan peralatan bongkar muat, pelabuhan dengan layanan terminal kargo meliputi layanan dermaga, layanan pergudangan, dan layanan bongkar muat.

Baca Juga  Apa Yang Dimaksud Dengan Vignette

Kenyataan bahwa pelabuhan berperan sebagai pintu gerbang utama dalam proses embarkasi dan debarkasi penumpang, ekspor-impor bongkar muat dan proses perdagangan antar pulau menyebabkan pelabuhan memberikan berbagai manfaat bagi perekonomian Indonesia maupun lingkungan pelabuhan.

Sebagai infrastruktur transportasi laut, pelabuhan memiliki peran yang sangat penting dan strategis bagi perkembangan industri dan perdagangan, serta merupakan lini bisnis yang dapat memberikan kontribusi bagi perekonomian dan pembangunan negara karena merupakan bagian dari mata rantai transportasi dan logistik. sistem. Sedemikian rupa sehingga berdampak pada peningkatan pajak dan penerimaan negara.

Penulisan Best Practice

Hak lintas damai dijelaskan dalam Pasal 17 UNCLOS 1982, yang memberikan hak kepada semua negara pantai dan non-pantai untuk menikmati hak lintas damai melalui laut teritorial, dan Pasal 18, yang menjelaskan pengertian transit sebagai pelayaran melalui laut. perairan teritorial.

Setiap kapal yang transit dilarang membuang sisa bahan beracun atau barang berbahaya seperti sampah ke perairan Indonesia, dan setiap kapal dilarang membersihkan tangki kapal atau mencemari perairan Indonesia selama transit.

Indonesia merupakan negara kepulauan atau kepulauan pertama di dunia yang memiliki peta pemisahan sabuk laut atau TSS di alur laut kepulauan Indonesia. ALKI sendiri merupakan jalur laut yang dapat dilalui oleh kapal-kapal internasional secara bebas (freedom of passage) di perairan teritorial Indonesia dan diatur oleh United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) tahun 1982.

Setelah penulis memaparkan pernyataan di atas, dapat disimpulkan bahwa upaya Indonesia untuk mengembangkan ekonomi maritim memiliki empat tujuan:

Pengertian Penelitian Pengembangan, Fungsi & Cirinya

2) Meningkatkan kesejahteraan seluruh pelaku niaga, khususnya nelayan, nelayan dan masyarakat laut kecil lainnya.

Baca Juga  Non Religius Adalah

Berikut ini yang bukan merupakan tulang anggota badan yaitu, berikut ini yang bukan merupakan cara menjaga kesehatan alat pernapasan yaitu, berikut yang bukan merupakan penyedia layanan hosting atau domain adalah, berikut yang bukan merupakan tujuan pembangunan ekonomi yaitu, berikut ini yang bukan merupakan cms adalah, berikut yang bukan pelaku dalam kegiatan ekonomi yaitu, berikut ini yang bukan termasuk keunggulan dari kemasan plastik yaitu, berikut ini yang bukan metode pembayaran dalam iklan online yaitu, berikut ini bukan termasuk gejala awal seseorang terinfeksi hiv yaitu, situs berikut yang bukan merupakan search engine adalah, berikut ini bukan merupakan jenis pemasaran online yaitu, berikut ini bukan aspek yang tercantum dalam demokrasi pancasila yaitu