Berikut Yang Bukan Merupakan Kriteria Proposal Penelitian Adalah – Beberapa cukup bagus, sementara yang lain tidak luar biasa. Sayangnya, banyak siswa menghubungi kami setelah proposal mereka ditolak, yang berarti mereka membuang banyak waktu dan tenaga.

Salah satu masalah yang sering kita temui dalam proposal skripsi dan tesis adalah topik penelitian yang terlalu luas. Dengan kata lain, fokus penelitian tidak cukup ketat (atau tidak cukup jelas), menghasilkan proposal yang tidak jelas atau mencoba memenuhi terlalu banyak.

Berikut Yang Bukan Merupakan Kriteria Proposal Penelitian Adalah

Misalnya, proyek penelitian yang bertujuan untuk “menyelidiki kepercayaan di tempat kerja” akan dianggap sangat luas. Topik ini tidak memiliki fokus khusus dan menyisakan banyak pertanyaan yang belum terjawab, seperti:

Pdf) Metode Penelitian Proposal Tentang Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Tematik Terpadu Di Kelas Iii Sd Negeri 21 Kerinci

Anda harus membidik fokus yang cukup sempit saat mengembangkan topik penelitian Anda. Dengan melakukan ini, Anda dapat masuk lebih dalam dan menjelajahi topik yang ingin dilihat oleh bookmark. Kualitas mengalahkan kuantitas – atau lebih tepatnya, kedalaman mengalahkan luasnya – dalam hal mendefinisikan dan mempersempit topik penelitian Anda.

Masalah terkait adalah bahwa siswa sering memiliki tema yang lebih halus dalam pikiran, tetapi tidak mengungkapkannya dengan baik dalam proposal. Hal ini sering mengakibatkan proposal ditolak karena topiknya dianggap terlalu luas. Dengan kata lain, penting untuk memastikan bahwa Anda tidak hanya memiliki fokus yang jelas dan tajam pada penelitian Anda, tetapi Anda menyampaikannya dengan baik dalam proposal tesis atau tesis Anda. Pastikan Anda membahas siapa, apa, siapa dan kapan sehingga topik Anda terdefinisi dengan baik.

Konsisten dengan tema yang kami sebutkan sebelumnya, tujuan penelitian yang lebih halus dan diartikulasikan dengan baik mungkin seperti:

Seperti yang Anda lihat, ini jauh lebih spesifik dan mempersempit topik ke cakupan yang lebih mudah dikelola. Jadi ketika datang ke topik penelitian Anda, ingatlah untuk tetap ketat.

Pdf) Hipotesis Penelitian

Masalah umum lainnya yang kita lihat ketika kita membuat proposal penelitian yang lebih lemah adalah ketidaksesuaian antara maksud dan tujuan penelitian, dan dengan pertanyaan penelitian. Terkadang ketiganya tidak sinkron dan terkadang hanya ada satu ketidaksesuaian. Bagaimanapun, ada masalah yang dapat menyebabkan proposal ditolak, karena ketiga elemen ini harus terkait erat.

Baca Juga  Jelaskan Apa Manfaat Latihan Gerakan Di Atas

Seperti yang Anda lihat, tujuan penelitian dan pertanyaan penelitian cukup cocok (keduanya berfokus pada faktor yang menginspirasi kepercayaan). Namun, tujuan penelitian tidak selaras, karena mereka berfokus pada pengukuran tingkat kepercayaan di berbagai kelompok, daripada mengidentifikasi faktor mana yang merangsang kepercayaan. Ini akan mengarah pada penelitian yang menarik ke arah yang berbeda – bukan yang bagus.

Masalah terkait yang kami lihat adalah bahwa siswa tidak benar-benar memahami perbedaan antara tujuan penelitian (tujuan yang lebih luas), tujuan penelitian (bagaimana Anda ingin mencapai tujuan tersebut), dan pertanyaan penelitian (pertanyaan khusus yang ingin Anda jawab). dalam studi Anda). Jadi saat menyiapkan proposal Anda, pastikan Anda memahami dengan jelas perbedaannya dan pastikan semuanya konsisten satu sama lain.

Topik penelitian yang baik – dengan kata lain, tujuan penelitian dan pertanyaan penelitian harus memberikan alasan yang valid – harus memberikan alasan yang relevan untuk meyakinkan universitas untuk menyetujui penelitian Anda. Pembenaran yang buruk dari topik penelitian adalah alasan mengapa proposal Anda ditolak.

Soal Uts Dan Kunci Jawaban

Orisinalitas berarti penelitian yang Anda usulkan baru, atau setidaknya baru dalam konteksnya (misalnya dalam negara atau industri tertentu). Meskipun tingkat kebaruan ini akan bervariasi sesuai dengan institusi, program, dan tingkat studi (mis. Magister vs PhD), penelitian Anda harus selalu memiliki orisinalitas. Dengan kata lain, Anda tidak dapat meneliti sesuatu yang telah diteliti sebelumnya.

Sederhananya, penelitian Anda harus muncul dari celah dalam literatur yang ada. Untuk melakukan ini, Anda perlu mencari tahu apa yang hilang dari kumpulan pengetahuan saat ini (dengan melakukan tinjauan literatur) dan membuat penelitian Anda sendiri untuk mengisi celah itu. Kami menjelaskan proses ini secara lebih rinci dalam artikel Cara Mudah Menemukan Kesenjangan Riset.

Urgensi penelitian adalah faktor lainnya. Hanya karena suatu topik itu unik, bukan berarti itu penting. Anda harus dapat menjelaskan apa manfaat dari penelitian yang diusulkan. Siapa yang akan mendapat manfaat darinya? Bagaimana mereka mendapat manfaat darinya? Bagaimana pengetahuan yang baru dikembangkan dapat digunakan di dunia, baik di dunia akademis maupun industri?

Jadi saat membuat proposal penelitian Anda, pastikan Anda telah menyatakan dengan jelas orisinalitas dan pentingnya penelitian yang diusulkan, jika tidak, Anda berisiko mengirimkan proposal yang tidak meyakinkan.

Ketentuan Dan Syarat Penyusunan Disertasi Yang Wajib Diketahui

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, topik penelitian Anda harus muncul dari penelitian yang sudah ada. Dengan kata lain, Anda harus mengisi kekosongan yang jelas dalam literatur – sesuatu yang belum cukup diteliti, atau yang tidak memiliki penelitian dalam konteks tertentu.

Untuk meyakinkan universitas bahwa topik Anda akan mengisi celah dalam penelitian, proposal Anda harus memiliki landasan teoretis yang kuat. Dengan kata lain, Anda harus menunjukkan bahwa Anda telah membaca bacaan yang diperlukan dan terbiasa dengan penelitian tersebut. Untuk melakukan ini, Anda perlu memberikan ringkasan dari penelitian yang ada dan menyoroti (dengan sangat jelas) celah teoretis yang ada.

Baca Juga  Sebutkan Contoh Penggunaan Kunci Nipel Dalam Perbaikan Kendaraan

Meskipun umumnya tidak diinginkan bahwa Anda melakukan tinjauan pustaka yang ekstensif pada tahap proposal, Anda tetap harus membenarkan topik Anda dengan menunjukkan kebutuhan untuk studi Anda (yaitu kesenjangan dalam literatur). Jadi pastikan Anda meluangkan waktu untuk mengembangkan pemahaman yang baik tentang keadaan pengetahuan saat ini di ruang Anda, dan pastikan Anda mengomunikasikan pemahaman ini dalam proposal Anda dengan membangun pemikiran tematik Anda di atas dasar literatur yang kredibel. Untuk membantu Anda melihat ulasan literatur tip kami.

Setelah Anda memperdebatkan nilai penelitian Anda (yaitu, Anda telah membuat asumsi yang kuat), hal berikutnya yang harus diperhatikan saat menyusun proposal penelitian Anda adalah “bagaimana”—dengan kata lain, desain penelitian yang Anda maksudkan. . dan metodologi. .

Panduan Menyusun Proposal Tesis Mudah

Masalah umum yang kami lihat adalah bahwa siswa tidak memberikan detail yang cukup di bagian ini. Seringkali karena mereka tidak benar-benar tahu apa yang harus dilakukan dan berencana untuk “mencari tahu nanti”. Kadang-kadang itu karena artikulasi yang buruk – dengan kata lain, mereka memiliki desain yang jelas dalam pikiran, tetapi mereka tidak menerapkan rencana tersebut.

Apa pun alasannya, proposal disertasi atau tesis yang tidak memiliki desain penelitian terperinci berisiko tinggi ditolak. Ini karena universitas ingin melihat bahwa Anda memiliki rencana yang jelas dan praktis untuk mencapai tujuan dan sasaran penelitian Anda serta menjawab pertanyaan penelitian Anda.

Tentu saja, desain penelitian Anda dapat (dan mungkin akan) berkembang seiring berjalannya waktu, tetapi Anda tetap membutuhkan titik awal. Juga, desain penelitian yang Anda usulkan harus praktis. Desain yang brilian tidak berguna jika Anda tidak memiliki sumber daya (misalnya uang, alat, keahlian, dll.) untuk mewujudkannya. Jadi, rincilah di bagian proposal Anda ini dan bersikaplah realistis untuk memaksimalkan peluang Anda.

Seperti halnya dokumen apa pun, penulisan yang buruk dan presentasi yang tidak teratur dapat sangat mengurangi nilai proposal penelitian. Meskipun ini tidak akan menyebabkan proposal Anda ditolak, itu pasti akan merugikan Anda karena akan memberikan kesan negatif terhadap kualitas pekerjaan Anda secara keseluruhan.

Juris Vol. 12, No. 1 By Lk2 Fhui

Kabar baiknya adalah sebagian besar dari ini dapat dicapai dengan mengedit dan mengoreksi proposal Anda sebelumnya, jadi sebaiknya luangkan waktu untuk melakukannya. Ini juga merupakan ide yang baik untuk meminta seorang teman untuk memeriksa dokumen Anda, karena Anda akan selalu menemui titik buta saat mengedit pekerjaan Anda sendiri. Jika anggaran Anda memungkinkan, minta pekerjaan Anda ditinjau oleh editor resume akademik. Solusi akan memastikan Anda mencakup semua pangkalan dan mengirim dokumen berkualitas tinggi.

Baca Juga  Keanekaragaman Suku Dan Budaya Bangsa Merupakan Kekayaan Bangsa Yang Harus

Universitas yang berbeda akan memiliki persyaratan yang berbeda, biasanya ada persyaratan (atau setidaknya harapan) untuk beberapa jenis rencana proyek.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, membuat proposal penelitian yang kuat harus praktis dan dapat dikelola. Oleh karena itu, rencana proyek yang diartikulasikan dengan baik yang memperhitungkan semua kepraktisan (dan risiko) merupakan bagian penting dari proposal penelitian yang kuat.

Kami umumnya menyarankan agar siswa membuat bagan Gantt yang cukup rinci yang menggambarkan setiap tugas utama yang terlibat dalam proses penulisan disertasi. Misalnya, Anda dapat membaginya menjadi beberapa bab (pendahuluan, kajian literatur, dll.) dan tugas utama yang terlibat dalam menyelesaikan setiap bab (penelitian, perencanaan, penulisan, dll.). Hal terpenting di sini adalah bersikap realistis – segala sesuatu hampir selalu memakan waktu lebih lama dari yang Anda harapkan, terutama jika ini pertama kali Anda menjelajah.

Pdf) Proposal Penelitian

Kami juga merekomendasikan menggabungkan beberapa bentuk manajemen risiko. Untuk ini, Anda dapat menggunakan daftar risiko dasar, yang menunjukkan semua kemungkinan risiko yang Anda antisipasi, serta tindakan dan respons mitigasi jika terjadi. Misalnya, risiko pengumpulan data lebih lama dari yang diharapkan, risiko tidak menerima respons survei yang memadai, dll.

Yang paling penting adalah menunjukkan bahwa Anda telah memikirkan penelitian Anda dan memiliki rencana tindakan yang jelas. Tentu saja, seperti desain penelitian Anda, rencana dapat (dan mungkin akan) berubah—dan itu tidak masalah. Namun, Anda masih perlu memiliki rencana awal, dan itu harus realistis dan dapat dikelola, jika tidak, Anda berisiko menolak proposal Anda.

Padahal, cara membuat proposal penelitian dari segi isi dan gaya cenderung mengikuti struktur yang cukup standar. Namun, setiap universitas memiliki nuansa terkait dengan apa yang ingin dimasukkan dalam proposal.

Beberapa universitas akan memiliki lebih banyak detail di bagian tertentu, beberapa akan memiliki banyak bagian, dan beberapa akan memiliki struktur dan format yang sangat spesifik (hingga font dan ukurannya!). Jadi, Anda harus sangat berhati-hati dengan beberapa kriteria khusus institusi yang ditetapkan oleh universitas Anda.

Pengertian Variabel Penelitian Dan Jenis Jenisnya

Biasanya, universitas Anda akan memberikan semacam dokumen singkat atau panduan untuk memandu proposal Anda, jadi pastikan untuk mempelajari dokumen ini secara menyeluruh dan minta klarifikasi fakultas jika Anda tidak yakin tentang apa pun. Beberapa universitas juga akan menyediakan template proposal. Waspadai struktur spesifik yang mereka rekomendasikan, serta persyaratan pemformatan (seperti font,

Berikut yang bukan merupakan software komputer akuntansi adalah, berikut ini bukan merupakan contoh asuransi adalah, berikut yang bukan merupakan alat ukur panjang adalah, situs berikut yang bukan merupakan search engine adalah, berikut yang bukan merupakan bahan kimia adalah, berikut yang bukan merupakan penyebab keberagaman masyarakat indonesia adalah, berikut yang bukan merupakan keuntungan beriklan di google adwords adalah, berikut yang bukan merupakan penyedia layanan hosting atau domain adalah, berikut bukan merupakan gejala maag adalah, berikut ini yang bukan merupakan tujuan dari pembuatan reklame adalah, berikut ini yang bukan merupakan jenis aplikasi cms adalah, berikut ini yang bukan merupakan perubahan fisika adalah