Bola Menyentuh Tangan Seorang Pemain Sepak Bola Disebut – Kiper Manchester United David de Gea mencoba memblok bola ke gawang Arsenal saat laga Premier League di Emirates Stadium (2 Desember 2017). (AFP/Ian Kington)

, Jakarta Pemain sepak bola yang dapat memegang bola adalah penjaga gawang atau kiper. Dalam olahraga sepak bola, penjaga gawang merupakan posisi yang sangat penting dalam sebuah tim sepak bola karena tugasnya adalah melindungi gawang dan mencegah lawan.

Bola Menyentuh Tangan Seorang Pemain Sepak Bola Disebut

Pemain sepak bola yang mampu memegang bola disebut penjaga gawang. Posisi penjaga gawang sangatlah penting dalam sepak bola, suatu tim tidak boleh bermain jika tidak mempunyai penjaga gawang.

Posisi Pemain Sepak Bola & Tugasnya. Ulasan Lengkap!

Sekalipun suatu tim mengalami situasi di mana seluruh kipernya cedera dan tidak bisa bermain, pemain lain seperti bek, gelandang, atau penyerang harus diganti di posisi tersebut. Tanpa adanya kiper, tim akan dirugikan karena relatif lebih mudah bagi lawan untuk mencetak gol ke gawangnya.

Untuk memahami apa saja tugas dan peran penjaga gawang dalam sepak bola, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini dari berbagai sumber pada Sabtu (8/5/2023).

Pemain sepak bola yang dapat memegang bola disebut penjaga gawang atau kiper. Tugas utama penjaga gawang adalah menjaga gawang tetap kosong dan berusaha mencegah bola masuk ke gawang dengan berbagai cara, seperti menangkap bola, menembak bola, atau memblok bola dengan tangan atau badan.

Penjaga gawang juga harus memiliki reflek yang cepat, ketangkasan dan ketelitian dalam menentukan cara menghadapi situasi yang cepat dan tiba-tiba pada saat pertandingan. Pemain sepak bola yang dapat memegang bola hanyalah penjaga gawang atau kiper karena tugas dan perannya.

Kerap Memicu Kontroversi Di Era Var, Ini Kriteria Handball Dalam Sepak Bola

Penjaga gawang seringkali menggunakan sarung tangan khusus yang dilengkapi pelindung untuk melindungi tangannya dari benturan atau cedera. Selain itu, mereka juga aktif berkomunikasi dengan pemain bertahan dan menyusun strategi bertahan untuk memastikan tim bekerja sama melindungi gawang dan melakukan serangan balik dari lawan.

Baca Juga  Apa Yang Dimaksud Asteroid Meteor Dan Komet

Sebagai salah satu dari sebelas pemain dalam sebuah tim sepak bola, penjaga gawang mempunyai peranan yang sangat krusial dalam menentukan hasil suatu pertandingan. Performa gemilang sang kiper bisa menyelamatkan tim dari kekalahan, sedangkan kegagalan menjaga gawang bisa berakibat fatal bagi tim. Seorang penjaga gawang yang mempunyai kemampuan fisik dan stamina yang baik, serta rasa percaya diri yang tinggi, akan menjadi modal berharga dalam sebuah tim sepak bola.

Kiper Inter Milan Filip Stankovic (kanan) mencoba meraih bola saat laga persahabatan melawan PSG di Japan National Stadium di Tokyo, Jepang, Selasa (1 Agustus 2023). (AFP/Richard A.Brooks)

Satu-satunya pemain sepak bola yang mampu menguasai bola adalah penjaga gawang atau kiper. Namun, bukan berarti penjaga gawang bisa menggunakan tangannya dalam situasi berbeda sesuai keinginannya. Ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh penjaga gawang.

Ketika Selebrasi Pemain Berujung Sanksi

Penjaga gawang boleh menyelamatkan gawang dengan cara apapun yang sah, seperti menangkap bola dengan tangannya, menendang bola, atau memblok bola dengan badannya.

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh penjaga gawang adalah sebagai berikut: 1. Ia tidak boleh menangkap back pass dengan tangannya, meskipun di dalam kotak penalti.

Sejak diperkenalkannya aturan backpass, penjaga gawang tidak boleh menangkap bola dengan tangannya ketika bola itu berasal dari umpan yang disengaja oleh rekan satu timnya, kecuali dia menggunakan bagian tubuhnya selain tangannya, seperti kaki atau kepala.

Penjaga gawang tidak boleh menyentuh bola dengan tangannya di luar kotak penalti. Jika dia melakukannya, dia akan menerima kartu merah karena pelanggaran terhadap kiper.

Istilah Istilah Permainan Sepak Bola Dalam Bahasa Inggris Dan Artinya

Jika penjaga gawang menangkap bola dengan tangannya di luar kotak penalti dan menghalangi gawang lawan, maka ia akan mendapat kartu merah, karena dianggap memblokir peluang mencetak gol dengan menggunakan tangannya di luar kotak penalti.

Seorang penjaga gawang tidak boleh melakukan kesalahan seperti melakukan tendangan keras ke arah lawan saat menghadapi penyerang, kecuali jika ia berada di area penalti mencoba menyelamatkan bola.

Penjaga gawang tidak boleh dengan sengaja menunda waktu untuk memperlambat permainan saat timnya unggul. Jika dia melakukannya, dia mungkin mendapat peringatan dari wasit atau bahkan kartu kuning.

Pemain sepak bola yang dapat memegang bola disebut penjaga gawang atau kiper. Dalam sepak bola modern, penjaga gawang tidak hanya mempunyai peran dan tugas untuk mencegah terjadinya gol, namun penjaga gawang juga mempunyai peranan penting dan terlibat dalam pembentukan serangan.

Gol David Da Silva Jadi Yang Ke 997 Untuk Persib Bandung, Menuju Angka 1.000

Untuk menjadi penjaga gawang yang baik dalam sepakbola modern, seorang pemain harus memiliki aspek skill, kemampuan fisik dan mental yang berbeda-beda. Berikut beberapa aspek yang dibutuhkan untuk menjadi penjaga gawang yang baik:

Baca Juga  Caturangga Nyaeta

Seorang penjaga gawang harus mempunyai kemampuan dasar menjaga gawang seperti teknik bola tangan, memutar bola dan memblok bola dengan badan. Kemampuan bereaksi cepat dan menilai arah bola dengan benar sangat penting ketika menghadapi berbagai situasi dalam permainan.

Penjaga gawang harus mempunyai kelincahan dan kecepatan agar bisa bergerak cepat di sekitar lapangan dan menangkal serangan musuh. Dalam posisi ini, kemampuan berlari dan melompat dengan cepat dan terampil menjadi penting.

Penjaga gawang harus mampu mengambil keputusan dengan cepat dan akurat dalam situasi yang tiba-tiba dan memutuskan apakah akan meninggalkan area penalti atau tetap di tempatnya untuk menyelamatkan sebuah gol.

Bola Menyentuh Tangan Seorang Pemain Sepak Bola Disebut? ​

Penjaga gawang harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan rekan satu tim di lini belakang dan memberikan instruksi untuk mengatur pertahanan secara efektif. Komunikasi yang baik membantu menjaga pertahanan tetap terorganisir dan mengurangi risiko kesalahan.

Sepak bola merupakan olahraga yang mengandalkan kekuatan mental. Penjaga gawang harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi, tidak mudah terpengaruh oleh tekanan lawan atau penonton, serta tenang dalam menghadapi situasi kritis.

Sebagai pemain penutup, penjaga gawang harus memiliki teknik yang baik saat melakukan tendangan sudut atau tendangan bebas untuk memberikan umpan yang tepat kepada rekan satu tim atau menciptakan peluang mencetak gol dari bola mati.

Penjaga gawang harus memahami dan mengikuti aturan permainan, termasuk aturan back pass yang melarang dia menangkap bola dengan tangannya ketika bola datang dari rekan satu timnya.

Sempat Di Bully Netizen, Pratama Arhan Kini Dipuja Media Vietnam Usai Main Di Laga Lawan Irak, Timnas Indonesia Disebut Beruntung Punya Sosok Itu

Untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuannya, seorang penjaga gawang harus menjalani latihan yang ketat, meliputi latihan fisik, teknik, dan taktik, untuk meningkatkan keterampilannya dan lebih memahami permainan.

* Fakta atau tipuan? Untuk memverifikasi kebenaran informasi yang beredar, hubungi WhatsApp di 0811 9787 670 cukup dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan.

3 Berita Teratas Hari Ini: Prabowo Subianto Ungkap Alasan Tarik Kaki Jalan Kaki dan Berenang 04:30 9 September 2022 12:30 9 September 2022 12:30 Diperbarui: 9 September 2022 12:39 4119 2 0

Dalam pertandingan Liga Europa UEFA antara Manchester United dan Real Sociedad yang berakhir 0-1 untuk keunggulan Real Sociedad, menimbulkan pertanyaan bagi sebagian besar penggemar Manchester United dan penggemar sepak bola. Bagaimana tidak, saat pertandingan hampir berakhir dengan jual beli serangan kedua tim, tiba-tiba memasuki angka 60an. Menitnya, wasit yang memimpin pertandingan menunjuk titik putih (penalti) untuk tim Real Sociedad. hingga handball pemain Manchester United yakni Lisandro Martinez.

Baca Juga  Berikut Ini Yang Bukan Tujuan Debat Adalah

Karim Benzema Cetak Gol Ke Gawang Liverpool Tapi Kok Dianggap Offside, Ini Penjelasannya

Bahkan jika dilihat dari cuplikannya, bola terlebih dahulu membentur kaki David Silva dari Real Sociedad sebelum akhirnya mengenai tangannya, bahkan komentator pertandingan beberapa kali mengatakan bahwa bola bukan penalti untuk memimpin di luar negeri. Kejadian ini tentu mengecewakan para pemain dan fans Manchester United di Stadion Old Trafford dengan keputusan wasit.

Lalu kenapa hal ini bisa terjadi kawan? Penasaran dengan aturan handball yang sebenarnya? Jadi yuk simak penjelasannya pada artikel kali ini sob, jangan sampai ketinggalan!!

Dikutip dari panditfootball.com, salah satu aturan dasar sepak bola sederhana: pemain tidak boleh menggunakan tangannya kecuali kiper di area penalti. Batasan tangan yang bersangkutan adalah dari ujung jari sampai bahu, jika dilanggar maka statusnya berubah menjadi handball. Tentu saja semua orang mengetahuinya. Namun, dalam praktiknya, hal ini tidaklah sederhana dan mudah. Ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan terlebih dahulu oleh wasit sebelum memutuskan apakah tangan yang menyentuh bola tersebut dilempar atau tidak.

Tentu saja artikel ini akan mencoba menjelaskan berbagai jenis handball dan hukumannya berdasarkan Hukum Permainan FIFA, termasuk pembahasan kejadian serupa yang menimpa Angelo Di Mario saat melawan Liverpool (22/3).

Kesalahan Atau Pelanggaran Dalam Olahraga Bola Voli

Menurut pakar sepak bola, ada dua jenis handball dalam sepak bola, yaitu disengaja dan tidak disengaja. Keduanya bahkan bisa diberikan hukuman berbeda tergantung sifat dan jenis perbuatannya. Selain itu, pemain dibebaskan dari penalti apa pun jika terjadi handball yang tidak disengaja. Namun itupun dengan syarat tertentu. Diantaranya: gerakan refleksif untuk melindungi bagian tubuh dari cedera, seperti menutupi alat kelamin atau wajah dari bola. Kemudian kondisi tangan pemain tidak mampu menghindari bola, contohnya adalah jarak antara tangan dan bola terlalu kecil.

Penalti baru dikenakan jika tangan pemain berada pada posisi tidak normal, seperti terentang atau di atas kepala, sehingga menghambat jalannya bola. Namun tidak ada penalti lain pada handball jenis ini kecuali tendangan bebas langsung atau penalti jika dilakukan di kotak 16. Ini juga termasuk tidak adanya penalti kartu untuk mencegah gol jika tidak diperlukan – atas kebijaksanaan wasit. Pengamatan. Lantas bagaimana wasit bisa menilai apakah pemain tersebut sengaja atau tidak? Langkah-langkah yang digunakan adalah pergerakan bola ke tangan pemain. Handball yang tidak disengaja adalah keadaan ketika bola sampai ke tangan dan bukan sebaliknya. Jika tangan menyentuh bola atau mendekati bola, jelas bahwa itu adalah handball yang disengaja.

Sedangkan jika terjadi handball yang disengaja, wasit pasti akan memberikan tendangan bebas langsung. Namun tidak semua orang mendapat kartu, baik kuning maupun merah. Sebab semuanya tergantung pada kondisi saat kejadian itu terjadi. Selain menangkap atau memukul bola dari pemain atau penjaga gawang di luar kotak penalti, masih ada cara lain

Bola menyentuh tangan pada permainan sepak bola disebut, pemain depan sepak bola disebut, pemain belakang dalam permainan sepak bola disebut, pemain penjelajah dalam sepak bola disebut, pemain bertahan sepak bola disebut, pemain belakang dalam sepak bola disebut, pemain tengah dalam permainan sepak bola disebut, bola menyentuh tangan disebut, pemain penyerang dalam permainan sepak bola disebut, pemain depan dalam sepak bola disebut, pemain depan dalam permainan sepak bola disebut, pemain penyerang dalam sepak bola disebut