Botol Plastik Termasuk Bahan – Ratusan bahan kimia ditemukan dalam air yang disimpan dalam botol plastik yang dapat digunakan kembali. Beberapa zat tersebut berpotensi berbahaya bagi kesehatan manusia.

JAKARTA, – Para peneliti di Universitas Kopenhagen menemukan beberapa ratus zat berbeda dalam air yang disimpan dalam botol plastik yang dapat digunakan kembali. Beberapa zat tersebut berpotensi berbahaya bagi kesehatan manusia.

Botol Plastik Termasuk Bahan

Hasil tersebut dipublikasikan dalam Journal of Hazardous Materials edisi Mei 2022 volume 429. Laporan penelitian versi online yang ditulis oleh Selina Tisler dan Jan H Christensen dari Analytical Chemistry Group, University of Copenhagen, dapat diakses di sciencedirect.com pada Senin (14/2/2022).

Minuman Dingin Kemasan Botol Plastik

Dua ahli kimia dari Universitas Kopenhagen menyelidiki zat mana yang dilepaskan ke dalam cairan berdasarkan jenis botol plastik yang biasa digunakan. Karena itu, ditemukan banyak bahan kimia yang terlepas. Pelepasan bahan kimia ini menyebabkan air seringkali terasa berbeda setelah dimasukkan ke dalam botol plastik selama beberapa waktu.

“Kami terkejut dengan banyaknya bahan kimia di dalam air setelah 24 jam di dalam botol. Ada ratusan bahan kimia di dalam air—termasuk bahan kimia yang belum pernah ditemukan dalam plastik serta bahan kimia yang berpotensi membahayakan kesehatan.” cuci, masih ada beberapa ribu (tersisa),” kata Christensen dalam keterangan dari Universitas Kopenhagen di www.ku.dk/english/.

Relawan menyiapkan botol plastik bekas untuk ditempelkan pada koleksi plastik di LSM Ecological Observation and Wetlands Conservation (Ecoton), Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Rabu (1/9/2021). Pendirian museum plastik ini sudah berlangsung kurang lebih satu bulan, namun terdapat instalasi yang berbahan dasar sampah plastik.

Christensen dan Tisler menemukan lebih dari 400 bahan kimia berbeda dari botol plastik dan lebih dari 3.500 bahan kimia dari sabun cuci piring. Sebagian besar zat tersebut belum diketahui dan belum teridentifikasi oleh para ilmuwan hingga saat ini. Pada saat yang sama, toksisitas 70 persen zat yang telah diidentifikasi masih belum diketahui.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Plastik Ldpe

Di antara bahan kimia beracun dalam air yang dikhawatirkan para peneliti adalah foton, yang diketahui membahayakan kesehatan organisme, seperti pengganggu hormon dan karsinogen.

Baca Juga  Fanbase Artinya

Kami terkejut dengan banyaknya bahan kimia di dalam air setelah 24 jam di dalam botol. Ada ratusan bahan kimia di dalam air—termasuk bahan kimia yang belum pernah ditemukan dalam plastik serta bahan kimia yang berpotensi membahayakan kesehatan.

Selain itu, para peneliti menemukan berbagai pelembut plastik, antioksidan dan zat pelepas yang digunakan dalam produksi plastik, serta diethyltoluamide (DEET), yang umumnya dikenal sebagai bahan aktif pengusir nyamuk. .

Dalam eksperimennya, para peneliti melakukan simulasi bagaimana botol minum plastik biasa digunakan banyak orang. Orang sering meminum air kemasan selama beberapa jam. Para peneliti meninggalkan air keran biasa di dalam botol minum baru dan bekas selama 24 jam, sebelum dan sesudah dicuci dengan mesin dan setelah botol dimasukkan ke dalam mesin pencuci piring dan dibilas dengan air keran.

Kemenperin Dorong Pengembangan Industri Daur Ulang Botol Plastik

Bahan paling umum yang terkelupas setelah dicuci dengan mesin adalah sabun dari permukaan. “Sebagian besar bahan kimia yang berasal dari botol air tetap tertinggal setelah dicuci dengan mesin dan dibilas secara berlebihan,” kata Tisler.

Atau dapat digunakan kembali. Beberapa zat tersebut berpotensi berbahaya bagi kesehatan manusia. Sumber: Selina Tisler dan Jan H Christensen (

Para peneliti di Universitas Kopenhagen menemukan beberapa ratus bahan kimia berbeda dalam air yang disimpan dalam botol plastik yang dapat digunakan kembali. Beberapa zat tersebut berpotensi berbahaya bagi kesehatan manusia. Sumber: Selina Tisler dan Jan H Christensen (Journal of Hazardous Materials, 2022)

“Zat paling beracun yang kami deteksi sebenarnya muncul setelah botol dimasukkan ke dalam mesin pencuci piring, mungkin karena pencucian akan menipiskan plastik sehingga meningkatkan pelepasan (zat tersebut),” katanya.

Mengenal Arti 7 Tanda Segitiga Di Botol Minuman Plastik

Dalam botol baru, hampir 500 zat berbeda tertinggal di dalam air setelah dibilas lebih lanjut. Lebih dari 100 bahan kimia ini berasal dari plastik itu sendiri.

Meski konsentrasi zat yang dikeluarkan dari botol tersebut tinggi, para peneliti menegaskan bahwa mereka belum sampai pada kesimpulan apakah air tersebut berbahaya bagi kesehatan. Mereka masih mempelajari kandungan toksikologinya.

“Karena ada zat-zat tersebut di dalam air, bukan berarti air tersebut beracun dan berdampak buruk bagi masyarakat kita. Namun masalahnya kita belum mengetahuinya. “Pada dasarnya, tidak baik meminum sisa sabun atau lainnya. hal-hal. lebih banyak bahan kimia,” kata Tisler.

Menurut para ilmuwan, sebagian besar zat yang dilepaskan ke dalam air minum terjadi secara tidak sengaja selama proses produksi atau selama penggunaan, dimana zat tersebut dapat diubah dari zat lain. Hal ini termasuk adanya obat nyamuk DEET, yang menurut para peneliti berasal dari pelembut plastik yang sudah terdegradasi.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

Ketahui Arti 7 Simbol Angka Pada Kemasan Plastik Berikut

Pengepresan kemasan botol plastik di tempat pengolahan sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) Komplek Bina Lindung, Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (26/11/2021). TPS3R merupakan pola kebijakan pengelolaan sampah pada skala masyarakat atau daerah yang mencakup pemberdayaan masyarakat dengan dukungan pemerintah.

“Namun, bahkan di antara bahan-bahan yang diketahui sengaja ditambahkan oleh produsen, hanya sebagian kecil dari toksisitasnya yang telah dipelajari. Jadi, sebagai konsumen, Anda tidak tahu apakah ada bahan lain yang memiliki efek berbahaya pada kesehatan Anda,” kata Tisler.

Penelitian juga menunjukkan betapa sedikitnya yang diketahui tentang bahan kimia yang dilepaskan dari produk yang bersentuhan dengan makanan dan minuman kita. Meskipun kadar racun air dalam botol plastik tidak dapat dipastikan, untuk mengurangi risikonya, para peneliti mengatakan mereka telah beralih menggunakan botol kaca atau baja tahan karat dibandingkan botol plastik. masih membingungkan. Dimulai dari memilah bahan mana yang bisa didaur ulang.

Namun, ada mitos daur ulang yang mungkin Anda miliki: melepas tutup botol plastik sebelum membuangnya ke tempat sampah akan mempermudah proses daur ulang.

Kerajinan Tangan Dari Botol Aqua Bekas Dan Cara Pembuatannya

Sekadar info, tutup botol plastik adalah salah satu dari lima sampah yang paling umum ditemukan di pantai-pantai di seluruh dunia.

Mamalia laut, ikan, dan burung sering salah mengira tutup botol sebagai makanan dan memakannya. Hal ini menyebabkan masalah pencernaan dan bahkan kematian.

Oleh karena itu, sebelum membuang barang plastik ke tempat sampah daur ulang, pastikan Anda mengetahui apa saja yang tidak boleh didaur ulang.

Alasan lain mengapa Anda perlu memastikan tutup botol tidak terlepas adalah karena tutupnya terbuat dari plastik berharga yang juga banyak dicari orang.

Ecobrick, Solusi Atasi Sampah Plastik Selama Pandemi Covid 19

Setelah didaur ulang, tutup botol plastik dapat diubah menjadi wadah penyimpanan, wadah pengangkut, wadah pengaduk, spatula, sekop, teko air, dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan berita terhangat setiap hari dari Kompas.com. Gabung di Grup Telegram “Update Berita Kompas.com”, klik link https://t.me/kompascomupdate dan gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Berita terkait Mulai 2021, Prada Gunakan Nilon Daur Ulang untuk Pembuatan Tas Ganjar Adakan Lomba Daur Ulang Sampah Berhadiah Rp 20 Juta Jepang Gunakan Baju Bekas Daur Ulang untuk Seragam Olimpiade. Proses pembuatan produk dengan botol plastik adalah proses pelabelan botol plastik. Tak hanya berfungsi untuk menarik, label botol juga penting untuk memberikan informasi mengenai produk.

Baca Juga  Jumlah Proton Elektron Dan Neutron Yang Benar Secara Berturut-turut Adalah

Mulai dari nama produk, komposisi, kode kadaluarsa dan informasi pendukung lainnya, termasuk desain gambar yang menarik. Mengenai proses pelabelan botol, berikut ini proses pelabelan botol plastik yang perlu Anda ketahui, serta jenis-jenis labelnya.

Batas Waktu Maksimal Gunakan Botol Air Kemasan Sekali Pakai

Untuk proses pelabelan botol plastik yang biasanya berbahan PP atau PET, ada 3 cara yang sering digunakan. Yang pertama adalah Sticker labelling, yaitu gulungan kertas stiker yang sudah diberi perekat, kemudian dipotong dan direkatkan pada bagian bawah botol. Kedua, Shrink Label yaitu label yang sudah berbentuk gulungan plastik berbahan PVC Shrink yang akan diletakkan di atas botol kemudian dipanaskan.

Ketiga, khususnya metode yang menggunakan plastik jenis OPP atau BOPP dalam bentuk gulungan tanpa lem. Nantinya, mesin pelabelan botol plastik akan menempelkan lem atau perekat pada bagian ujung label yang sudah dipotong. Selanjutnya akan ditempelkan pada badan botol.

Label stiker jenis ini digunakan untuk menempelkan stiker pada permukaan botol, biasanya untuk botol yang permukaannya rata. Dapat digunakan pada botol minyak goreng berbentuk persegi panjang, botol sampo, botol air minum kaca dan lain sebagainya. Proses pengaplikasian label stiker pada permukaan botol dapat dilakukan secara manual maupun dengan mesin.

Berbeda dengan label stiker, label Shrink dapat digunakan untuk botol dengan permukaan tidak rata. Label susut banyak ditemukan pada botol plastik kecap, botol air minum, kotak teh atau botol teh, botol yogurt, dan lain sebagainya. Banyak orang memilih label Kecilkan karena kemudahan penggunaan dan fleksibilitas label. Anda mungkin juga pernah melihat logo Shrink di tempat-tempat yang menjual botol plastik.

Galon Air Pet Lainnya / Galon Air 5 Liter

Berikutnya adalah label OPP yang sering digunakan pada kapasitas lebih besar. Umumnya, ini berarti lebih dari 8.000 botol per jam. Salah satu alasan banyak orang memilihnya adalah karena pertimbangan ekonomisnya, apalagi harga label OPP relatif lebih ekonomis dibandingkan label Shrink. Selain itu, mesin label OPP juga dapat bekerja dengan kapasitas yang sangat tinggi dan risiko yang rendah.

Jadi sebenarnya label pada botol plastik berbeda-beda dan memegang peranan penting, pastikan Anda memilih yang terbaik untuk produk Anda. Demikianlah penjelasan mengenai proses pelabelan botol plastik dan jenis-jenis labelnya, semoga menambah pengetahuan anda. Laporan dari Healthline, BPA merupakan singkatan dari Bisphenol-A yang merupakan bahan kimia industri yang digunakan dalam produksi plastik. BPA juga banyak ditambahkan pada wadah makanan, botol bayi, botol air minum plastik, bahkan produk pembersih.

Bahan ini telah digunakan sejak tahun 1960-an untuk pembuatan

Kain flanel termasuk bahan, plastik pembungkus makanan botol dan gelas bekas minuman termasuk, pembuka botol termasuk tuas jenis, plastik kresek termasuk jenis plastik, yang termasuk 9 bahan pokok, bahan pembuatan botol plastik, bahan botol plastik, kerajinan bahan botol plastik, bahan aktif klorantraniliprol termasuk golongan, flanel termasuk bahan, apa saja yang termasuk bahan sembako, botol plastik bekas termasuk bahan