Bunyi Kuat Dapat Dihasilkan Oleh – Siswa mampu mendeskripsikan pengertian usaha, energi, bentuk energi, perubahan bentuk energi, hukum kekekalan energi dan energi mekanik benda.

4 USAHA Usaha dapat diartikan sebagai segala usaha atau kegiatan manusia untuk mencapai tujuan tertentu. Usaha juga dapat diartikan sebagai gaya yang bekerja pada suatu benda sehingga menyebabkan benda tersebut berpindah dari kedudukan semula. Satuan SI untuk usaha adalah joule (J). Usaha 1 joule dilakukan bila gaya sebesar 1 newton menggerakkan suatu benda sejauh 1 meter atau 1 J = 1 Nm, jika gaya itulah yang menyebabkan benda bergerak maka dikatakan gaya tersebut bekerja pada benda tersebut. .

Bunyi Kuat Dapat Dihasilkan Oleh

5. FORMULA KERJA “Besarnya usaha yang dilakukan oleh suatu gaya konstan didefinisikan sebagai hasil kali besar komponen gaya dalam arah perpindahan dengan besar resultan perpindahan.” Jika usaha ini dirumuskan secara matematis, maka dapat dituliskan sebagai berikut: W = Fs s W : besarnya usaha (kg .m2/s2, joule atau newton .meter) Fs    : besarnya komponen gaya searah perpindahan (newton) ) s    : besar perpindahan (m )

Seberapa Kuat Jk?

6 CONTOH SOAL Sebuah gaya sebesar 25 N bekerja pada sebuah benda dan menyebabkan benda tersebut bergerak sejauh 4 m. Tentukan besarnya usaha yang dilakukan oleh gaya tersebut! Penyelesaian: F = N s = 4 m W = F s = N x 4 m = joule

7 Gabungan dua gaya yang berlawanan arah adalah selisih dua gaya yang arah gaya gabungannya sama dengan arah gaya yang lebih besar. Jadi, jika dua gaya yang berlawanan bekerja pada suatu benda sehingga benda tersebut bergerak, maka usaha yang dilakukan oleh kedua gaya tersebut adalah: W = FR S FR = Banyaknya gaya yang bekerja pada benda (N)

Sebuah mobil yang diparkir didorong oleh Fahmi dengan gaya 25 N dan Fahrul menarik searah dengan Fahmi dengan gaya 40 N ke kanan, kemudian Fajar mendorong dengan gaya 50 N ke kiri. Perpindahan yang dialami mobil dari posisi awalnya adalah 6 m. Tentukan usaha total ketiganya! Penyelesaian : FFahmi = 25 N FFahrul = 40 N FFajar = – 50 N FR = FFahmi + Ffahrul + FFajar + = 25 N + 40N + (- 50 N) = 15 N (kanan) B = FR s = 15 x 6 = 90 joule

Baca Juga  Alat Musik Yang Memiliki Nada Disebut

9. BEKERJA DAN GAYA KONSTAN Gambar: Sebuah benda bermassa m ditarik dengan gaya F membentuk sudut a terhadap horizontal.

Speaker Aktif Bass Tidak Nendang? Ini Tips Bass Jadi Menggelegar

CONTOH PERTANYAAN 10 Sebuah benda bermassa m = 4 kg ditarik dengan gaya sebesar 60 N (lihat gambar). Usaha yang dilakukan gaya tersebut untuk memindahkan benda sejauh 5 m adalah… Jawaban: W = F s W = 60 cos (60°). 5 W = (60) (1/2 ) (5) W = 150 joule

11 DAYA Daya adalah kemampuan seseorang atau alat untuk melakukan usaha dalam selang waktu tertentu. Alat yang dapat melakukan banyak pekerjaan dalam waktu singkat mempunyai kekuatan yang besar. Sebaliknya, daya rendah akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menghasilkan kerja yang sama. Daya adalah usaha atau perubahan energi per satuan waktu. Satuan SI untuk daya adalah joule per detik (J/s) atau watt. P = W t P = daya (watt) W = usaha (J) t = waktu (s)

12 DAYA (2) Karena W = Fs; dan s = vt, maka persamaannya dapat direduksi menjadi: P = F v P = daya (watt, W) F = gaya (newton, N) v = kecepatan (m/s)

13 CONTOH PERTANYAAN Sebuah mobil yang mogok didorong oleh beberapa orang dengan gaya 100 N. Jika mobil bergerak sejauh 4 meter dalam waktu 20 sekon, berapakah data yang didapat dari pendorongnya? Penyelesaian: Diketahui: F = 100 N; t = 20 detik; s = 4 m Ditanyakan oleh : P ? Jawaban : W = Fs = 100 N x 4 m = 400 J P = W t = 400 J/20 s = 20 J/s = 20 watt

Lembar Kerja Digraf Pendengaran Untuk Kelas 5 Di Quizizz

14 CONTOH SOAL (2) Sebuah benda yang ditarik dengan gaya 5 N bergerak dengan kecepatan 2 m/s. Hitunglah gaya yang dimiliki benda tersebut. Penyelesaian : Diketahui : F = 5 N; v = 2 m/s Ditanyakan oleh : P? Jawaban : P = F v = (5N). (2 m/s) = 10 N m/s = 10 watt

15 LATIHAN Sebuah benda yang gayanya 6 N mengalami perpindahan 15 m selama 5 menit, tentukan : usaha yang dilakukan benda, gaya yang dilakukan benda

Energi merupakan besaran turunan dengan satuan joule (J). Jadi hanya benda yang mempunyai energi yang dapat bekerja. Hukum kekekalan energi “energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tetapi dapat berubah bentuk”. Energi mempunyai banyak bentuk, antara lain energi listrik, energi panas, energi bunyi, energi cahaya, energi kinetik, dan energi potensial.

18 1. ENERGI KIMIA Energi kimia adalah energi yang tersimpan dalam zat kimia. Energi kimia terdapat pada berbagai zat kimia seperti baterai, akumulator, makanan, dan bahan bakar. Beberapa bahan kimia ini dapat digunakan untuk menghasilkan listrik.

Proses Terjadinya Bunyi: Pengertian, Jenis, Dan Syaratnya

19 ENERGI PANAS Energi panas adalah energi benda panas. Benda yang terbakar menimbulkan panas. Panas disebut juga kehangatan. Panas adalah salah satu bentuk energi. Lilin yang menyala dapat memotong spiral kertas yang tergantung padanya. Hal ini membuktikan bahwa lilin yang menyala mempunyai energi panas. Energi panas dapat merambat melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi.

Baca Juga  The Flight Is Postponed The Weather Is Bad

20 2. ENERGI SUARA Energi bunyi adalah energi yang dihasilkan oleh benda yang mengeluarkan bunyi. Suara berasal dari getaran. Suara keras menyebabkan getaran yang kuat. Contoh suara keras adalah guntur, kembang api, dan bom. Suara keras menghasilkan banyak energi. Suara keras tersebut dapat memekakkan telinga, bergetar, dan bahkan memecahkan jendela.

21 3. ENERGI POTENSI Energi potensial adalah energi yang tersimpan pada suatu benda. Ketapel yang direntangkan mempunyai energi potensial. Energi ini dapat dilepaskan kapan saja. Contoh benda yang mempunyai energi potensial berbeda dengan sling adalah pegas yang diregangkan, busur yang diregangkan, dan sebagainya. Energi potensial pegas disebut energi potensial pegas. Energi potensial gravitasi disebabkan oleh gravitasi. Contoh suatu benda ketika dilepaskan dari ketinggian tertentu

22 3. ENERGI POTENSI (2) Energi potensial adalah energi yang dimiliki suatu benda karena keadaannya. Energi potensial bergantung pada massa benda, percepatan gravitasi, letak benda, ketinggian (tempat) benda berada. EP = mgh EP = energi potensial (joule), w = berat benda (newton) = mg, m = massa benda (kg), g = percepatan gravitasi bumi (m/s2), dan h = tinggi dari benda (m).

Tugas Selasa, 16 Maret 2021 Online Exercise For

23 4. ENERGI LISTRIK Energi listrik adalah energi yang tersimpan pada benda bermuatan listrik. Energi listrik dapat diubah menjadi bentuk energi lain, seperti energi kinetik, energi cahaya, energi panas, atau energi bunyi. Energi yang dihasilkan arus listrik mampu menggerakkan motor listrik. Contohnya seperti lampu listrik, kipas angin, setrika listrik, dan pompa air listrik.

24 5. ENERGI KINETIK Energi kinetik adalah energi yang dimiliki suatu benda akibat gerak atau kecepatannya. Besarnya energi kinetik bergantung pada massa benda. EK = ½ mv2 EK = energi kinetik (joule), m = massa benda (kg), dan v = kecepatan benda (m/s).

25 5. ENERGI KINETIK (2) Semakin besar massa benda dan semakin cepat benda bergerak maka energi kinetiknya semakin besar. Contoh: Benda yang bergerak lurus beraturan Benda yang bergerak lurus berubah beraturan Geraknya dalam lingkaran Benda yang bergerak dengan kecepatan tetap mempunyai energi kinetik tetap.

Baca Juga  Harassment Adalah

26 6. ENERGI CAHAYA Energi cahaya adalah energi yang dihasilkan oleh gelombang elektromagnetik. Energi cahaya alami adalah energi yang berasal dari matahari. Energi cahaya merupakan energi yang dimiliki oleh pergerakan foton yang berbentuk gelombang elektromagnetik. Gelombang cahaya mempunyai frekuensi dan panjang gelombang tertentu, dengan kecepatan yang sama. Semakin tinggi nilai panjang gelombang maka semakin rendah frekuensinya dan sebaliknya. Energi cahaya dihasilkan oleh benda-benda seperti matahari, lilin, korek api, dan kompor yang menyala. Benda yang menghasilkan energi cahaya menghasilkan energi panas.

Solution: Soal Uts Ipa Kelas 4 Semester 2

27 7. ENERGI NUKLIR Energi nuklir dihasilkan dari reaksi fisi atau fusi atom atau unsur radioaktif seperti uranium. Energi nuklir dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi pada pembangkit listrik tenaga nuklir.

28 8. ENERGI OTOT Energi otot adalah energi yang dihasilkan oleh otot-otot tubuh. Energi tubuh terbentuk dari makanan, air dan oksigen. Manusia dan hewan dapat menggerakkan organ tubuhnya untuk melakukan aktivitas karena mempunyai energi otot untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

29 9. ENERGI BIOGAS Energi biogas adalah energi yang memanfaatkan gas metana yang berasal dari kotoran sapi, kerbau, dan kambing. Gas metana dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar gas, misalnya untuk penerangan di wilayah yang belum terjangkau oleh PLN, dan sebagai bahan bakar memasak pengganti LPG.

30 PERUBAHAN ENERGI Saat menyetrika pakaian, terjadi perubahan energi dari energi listrik menjadi energi panas. Saat menjemur pakaian, terjadi perubahan energi dari sinar matahari menjadi energi panas. Pada saat lampu dinyalakan terjadi perubahan energi dari energi listrik menjadi energi cahaya dan energi panas. Saat Anda berlari, energi kimia dalam makanan diubah menjadi energi kinetik. Dengan menggerakkan turbin/generator, energi mekanik diubah menjadi energi listrik.

Penyanyi Wanita Dengan Suara Tertinggi Di Dunia, Mariah Carey Nomor 1

Listrik – Energi Panas Contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas antara lain oven, kompor listrik, setrika, dan oven microwave. 2. Energi listrik – energi kimia Perubahan energi listrik menjadi energi kimia, misalnya battery charger, battery charger atau aki. 3. Energi Listrik – Energi Gerak Contoh pengubahan energi listrik menjadi energi kinetik antara lain dengan penggunaan AC, kipas angin, mobil mainan, mixer, blender, dan masih banyak lagi yang lainnya.

32 PERUBAHAN ENERGI (3) 4. Energi gerak – energi panas Perubahan energi gerak

Bunyi yang dihasilkan angklung, enzim ptialin dihasilkan oleh, listrik dihasilkan oleh, serat sutra dihasilkan oleh, bunyi ultrasonik dapat didengar oleh, hormon estrogen dihasilkan oleh, enzim katalase dihasilkan oleh, aflatoksin dihasilkan oleh jamur, getah empedu dihasilkan oleh, enzim selulase dihasilkan oleh, enzim amilase dihasilkan oleh, energi listrik dihasilkan oleh