Mengutip dari optimaprep.co.id Ciri-ciri investasi bodong, sudah banyak orang yang menjadi korban dari investasi bodong. Bahkan kami pernah mendengar ada yang terjebak salah satu investasi bodong yang sempat booming beberapa bulan lalu.

Tidak tanggung-tanggung, kerugian yang diderita hingga 12 Miliar. Ya memang banyak orang yang mudah percaya karena investasi bodong awal-awal membayar, kemudian belakangan tidak membayar dan membawa uang kabur uang investor.

Ciri-ciri investasi bodong menurut Ketua Satgas Waspada Investasi

Tongam L, selaku Ketua Satgas Waspada Investasi mengungkapkan salah satu ciri yang jelas dari sebuah investasi bodong. Apabila sebuah investasi menjanjikan profit yang di luar nominal kewajaran, bahkan dalam waktu singkat, selain itu berani menjanjikan bonus member get member, hingga berani membayar influencer untuk menawarkan produk besar-besaran. Maka harus super waspada!

Ciri-ciri lain yang harus diperhatikan

1. Legalitas tidak jelas

Yang nomor satu ini merupakan red flag yang harus Anda perhatikan ketika hendak memasukkan uang ke investasi. Anda tidak boleh terburu-buru, lihat dulu apakah investasi tersebut memiliki legalitas yang jelas atau tidak.

Contohnya adalah izin kelembagaan atau izin usaha. Akan lebih baik jika sudah dilengkapi keduanya.

2. Jenis investasi terlalu aman

Untuk Anda ketahui bahwa bagaimanapun juga setiap investasi memiliki resiko. Tidak ada yang benar-benar 100% aman. Nah jika ada penipu yang menawarkan investasi tetapi menjanjikan bahwa investasi tersebut aman 100% bebas resiko, bisa dipastikan jika investasi tersebut adalah investasi bodong.

Baca Juga  Berikut Keuntungan Bermain Saham Yang Wajib Diketahui Buat Para Pemula

Biasanya penipu berani gembar-gembor jaminan yang tinggi untuk calon investor. Jadi mereka menawarkan prosentase return sangat tinggi, mengaku-ngaku kalau investasi tersebut sudah dijamin oleh pemerintah. Intinya sama sekali tidak rasional. Karena tidak ada investasi yang menjanjikan keuntungan sangat besar dengan tingkat resiko nol! Higher Return Higher Risk!

3. Menunjukkan foto influencer atau tokoh yang berpengaruh

Nah yang ketiga ini juga tidak boleh dilewatkan. Karena merupakan salah satu point yang sering dilewatkan oleh orang-orang yang terjebak investasi bodong dan rugi banyak.

Masih banyak masyarakat yang terlalu percaya kepada tokoh yang mereka idolakan, ataupun tokoh yang mereka anggap terpercaya. Contohnya adalah influencer.

Padahal bisa saja influencer tersebut di endorse oleh penipu investor bodong untuk mempromosikan program mereka. Tidak hanya influencer terkenal saja, bahkan artis sekalipun.

Ini semua dilakukan oleh penipu karena di jaman sekarang banyak orang yang memilih mana investasi yang ingin mereka ikuti, HANYA dengan melihat informasi dari sosial media. Contohnya sekarang ini banyak program investasi bodong yang menggunakan sarana group Telegram, Twitter, hingga Instagram.

Tips agar terhindar dari jebakan batman Investasi Bodong

1. Mengenali resiko investasi

Jangan sekalipun mudah tergiur dengan investasi muluk-muluk, yang menjanjikan return besar resiko kecil, dan dalam waktu singkat. Ingatlah selalu setiap investasi itu selalu memiliki resiko.

Karena alasan inilah maka sebaiknya ketika memutuskan untuk memasukkan uang dalam sebuah program investasi. Gunakan selalu uang dingin, jangan uang susu atau istilahnya uang untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

2. Cek legalitas

Yang ini cukup jelas ya saya rasa. Untuk cek legalitas caranya Anda dapat browsing-browsing mengenai program investasi tersebut.

Baca Juga  Terdepan dalam Pencarian Kerja: Lowongan Sukabumi Hari Ini yang Perlu Anda Tahu

Jika tidak mau repot coba tanyakan saja kepada teman Anda yang memang ahli dalam bidang ekonomi dan sudah berpengalaman dalam dunia investasi. Mereka pasti dapat memberikan keputusan yang lebih aman untuk Anda.