Contoh Bahasa Krama – Kata Krama atau Kata Krama (huruf Jawa: ꦠ가ꦏꦸꦤꦏꦿ합) adalah istilah Jawa yang hanya digunakan dalam bahasa Krama. Dahulu kata krama digunakan dalam bahasa Ngoko, khususnya bahasa Ngoko basa-antya, dan digunakan dalam bahasa Maa; Itu digunakan terutama dalam bahasa Madya Krama dan Madyantara.

Dasar kata krama adalah kata ngoko. Setiap kata santun pasti ada kata ngoko. Ada kata-kata yang lebih sopan daripada kata-kata sopan; Namun tidak setiap kata sopan memiliki kata sopan yang sesuai. Idiom yang disingkat yang terdiri dari kata-kata yang tidak baku disebut katamadya. Kata ngoko yang tidak sama dengan kata krama disebut krama-ngoko.

Contoh Bahasa Krama

Sebagaimana dikemukakan dalam Pepak, kitab berbahasa Jawa yang biasa digunakan dalam pembelajaran, sering disalahartikan sebagai kata seru. Selain itu, kata krama juga sering disebut sinonim dengan kata krama inggil. Karena itu, Di beberapa tempat, kita sering melihat orang menggunakan kata inggil untuk dirinya sendiri, yang seharusnya digunakan untuk menghormati/memuji orang yang berbicara atau berbicara.

Contoh Pidato Bahasa Jawa Krama Inggil

Dibawah ini kata yang sama dengan krama (berani) dan kata ngoko, namun tidak padanannya dengan kata krama inggil.

Di bawah ini contoh kata krama (berani) padanan kata ngoko dan kata krama inggil.

Google translate bahasa krama, translate bahasa krama, contoh pidato bahasa krama, belajar bahasa jawa krama, contoh bahasa krama alus, contoh wawancara bahasa jawa krama, bahasa jawa krama, contoh pawarta bahasa jawa krama, contoh undangan bahasa jawa krama, contoh sesorah bahasa jawa krama, bahasa krama, kamus bahasa jawa krama

Baca Juga  1 Kubik Berapa Kg