Dampak Positif Terjadinya Globalisasi Bagi Kelangsungan Hidup Manusia Adalah – Di Sini? Ini sudah menjadi ritual bulanan bagi saya. Setiap hari ada balasan hangat dari kurir: “Misiii, paket!”

Korea (walaupun wajahku Arab, ya) datang dan pergi. Eh, tapi kalian semua tahu itu, kan? Tahukah kamu, kemudahan berbelanja dan bertransaksi saat ini merupakan salah satu dampak globalisasi! Kali ini saya akan membahas berbagai dampak positif dan negatif globalisasi di bidang ekonomi dan sosial budaya bagi semua orang. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Dampak Positif Terjadinya Globalisasi Bagi Kelangsungan Hidup Manusia Adalah

Pasti Anda sudah tahu apa itu globalisasi? Globalisasi adalah semakin besarnya pengaruh ilmu pengetahuan dan budaya di seluruh dunia sehingga batas-batas antara ilmu pengetahuan dan budaya yang satu dengan yang lain menjadi tidak jelas lagi. Pada dasarnya berkat globalisasi, tidak ada lagi batasan yang menghalangi kita untuk mengakses ilmu pengetahuan dan budaya negara lain.

Corpus Law Journal Vol. I No. 1 Edisi Juni 2022 By Lk2 Fhui

Misalnya melalui media sosial seperti Instagram dan TikTok, kini Anda dapat dengan mudah mengetahui banyak informasi seperti tren fashion remaja, perkembangan vaksin covid-19 dan berbagai informasi lainnya yang sulit diakses sebelum adanya globalisasi.

Teman-teman, ini tidak bisa terjadi secara tiba-tiba. Karena globalisasi merupakan hasil kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka globalisasi juga dipengaruhi oleh perdagangan internasional. Karena globalisasi erat kaitannya dengan faktor ekonomi dan sosial budaya, maka dengan sendirinya globalisasi juga akan mempengaruhi bidang ekonomi dan sosial budaya. Ada dampak positif dan negatifnya. Yuk kita bahas satu per satu ya!

Baca Juga  Gerakan Bertumpu Terdiri Atas Beberapa Rangkaian Gerak

Pertama-tama, kita berbicara tentang bidang ekonomi. Perekonomian merupakan bagian yang paling erat kaitannya dengan globalisasi. Setiap hari kita merasakan bukti paling jelas tentang hal ini, lho. Globalisasi telah memungkinkan terjadinya perdagangan internasional, yaitu mengimpor barang ke Indonesia atau barang keluar Indonesia dan mengekspor ke negara lain.

Misalnya saja saat ini penjual furnitur dan kerajinan tangan Indonesia sudah bisa menembus pasar internasional dan menjangkau pembeli di luar Indonesia lho! Tentu saja hal ini memberikan dampak yang sangat positif bagi para penjual kami. Ada kelebihannya, tapi juga ada kekurangannya. Misalnya, pemilik bisnis makanan lokal kini harus bersaing dengan pilihan makanan asing di Indonesia seperti McDonald’s, KFC, dan Burger King. Tentu saja hal ini bisa berdampak buruk jika para pemilik usaha makanan lokal kalah bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar tersebut di atas.

Indonesia Dalam Pusaran Globalisasi,pengembangan Nilai Nilai Positif Globalisasi Bagi Kemajuan Bangsa

Selain hal di atas, Anda juga merasakan dampak lain dari globalisasi. Seperti yang saya katakan di awal, ada banyak

Sesuatu yang memudahkan segala kebutuhan belanja Anda justru membuat Anda membuang-buang uang (saya tidak seperti itu, serius) yang berarti Anda masih merasakan dampak negatifnya. Contoh perilaku konsumen yang saya maksud adalah belanja Anda

, meskipun barang yang Anda beli memiliki nilai kegunaan yang kecil atau Anda membelinya karena tren, bukan karena permintaan. oke tapi kalau begitu

Kami kemudian membahas implikasinya dalam bidang sosiokultural. Tahukah Anda, sektor sosial budaya mungkin dampaknya tidak terlalu kentara dibandingkan sektor ekonomi. Karena seringkali kita secara tidak sadar mengubah perilaku atau pola pikir kita. Salah satu dampak globalisasi yang mungkin terjadi adalah westernisasi. Westernisasi adalah masuknya budaya atau gaya hidup Barat ke dalam kehidupan kita sehari-hari sehingga mengakibatkan tergantinya budaya lokal. Faktanya, tidak semua gaya hidup barat bisa ditiru atau diterapkan di Indonesia.

Baca Juga  Ceritakan Pengalamanmu Dalam Menggunakan Kertas

Contoh Perilaku Menghadapi Pengaruh Kemajuan Iptek Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat

Lainnya, kan? Jika kita perhatikan, terkadang kita melihat karakter berperilaku dengan cara yang sebenarnya merupakan bagian dari budaya Barat dan tidak patut ditiru. Misal salah satu karakternya adalah anak sekolah namun merokok dan dianggap biasa saja. Atau tokoh yang berani membentak orangtuanya semasa kecil.

Jika Anda perhatikan, hal itu tentu tidak sesuai dengan budaya kita, bukan? Namun sayang, jika tayangan seperti ini semakin dinormalisasi dan sering ditonton oleh anak-anak Indonesia, maka akan mengubah nilai-nilai ketimuran yang kita junjung.

Oh iya namanya Westernisasi, tapi hal yang bisa mengubah nilai budaya kita saat ini tidak hanya datang dari Barat lho. Bisa jadi itu berasal dari negara yang secara budaya masih dekat dengan negara kita, seperti Korea. Selama budaya asing menyebabkan ditinggalkannya budaya lokal, itu bisa disebut pengaruh westernisasi ya.

Namun ada kata lain yang mewakili dampak positif globalisasi di bidang sosial dan budaya, yaitu modernisasi. Modernisasi adalah transformasi dan pengembangan dari hal-hal yang tidak maju menjadi hal-hal yang maju. Pembaruan ini tidak hanya berlaku pada teknologi, tetapi juga pada cara berpikir masyarakat yang terkena dampak kemajuan ilmu pengetahuan.

Perdagangan Internasional: Membuka Pintu Kesempatan Global

Misalnya, dahulu masyarakat masih mengandalkan dukun untuk menyelesaikan permasalahan kesehatan. Namun, kini dengan semakin mudahnya memperoleh ilmu pengetahuan, semakin banyak pula masyarakat yang mulai percaya dengan pengobatan modern dalam dunia medis.

Nah sekarang kamu sudah paham apa saja dampak globalisasi? Perlu diketahui bahwa segala sesuatu bisa positif atau negatif, tidak terkecuali globalisasi. Itu semua tergantung bagaimana kita sendiri mengeksploitasi dan mengalami globalisasi. Apakah Anda ingin menggunakannya dengan bijak atau terbawa arus negatif? Itu semua tergantung keputusan kita kawan!

Baca Juga  Menjelaskan Implikasi Letak Indonesia Secara Geologis

Karena perkembangan ilmu pengetahuan erat kaitannya dengan globalisasi, maka jangan pernah bosan untuk belajar ya! Jika Anda lelah belajar, cobalah Ruangbelajar! Karena di dalam kelas kamu bisa mempelajari berbagai macam materi menarik dan tentunya video animasi yang keren lho! Dengan begitu kamu tidak akan bosan saat belajar, haha. Sampai jumpa lagi di diskusi berikutnya kawan! Pertahankan, haha. Sampai jumpa ~

Muslih, Ahmad, Iwan Setiawan dan Retno Kuning Dewi Pusparatri (2015) Sekolah Menengah/MT IPA Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ini Dampak Perkembangan Teknologi Yang Dapat Dirasakan

Dampak positif teknologi bagi manusia, dampak positif era globalisasi, dampak positif globalisasi bagi indonesia, artikel dampak positif globalisasi, dampak positif globalisasi teknologi, dampak positif dari globalisasi, dampak positif negatif globalisasi, dampak positif globalisasi ekonomi, dampak positif dan negatif globalisasi bagi indonesia, dampak positif globalisasi, dampak positif globalisasi bagi kehidupan manusia, makalah dampak positif globalisasi