Ibukota Negara Myanmar Adalah – Myanmar adalah salah satu negara di Asia Tenggara dan menjadi anggota ASEAN pada tanggal 23 Juli 1997. Bagaimana sistem pemerintahan di Myanmar?

Menurut sejarah, Myanmar memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada 4 Januari 1948. Kemudian empat belas tahun kemudian, pada tahun 1962, angkatan bersenjata Myanmar menggulingkan pemerintahan sipil dan membentuk pemerintahan otoriter.

Ibukota Negara Myanmar Adalah

Lalu bagaimana sebenarnya sistem pemerintahan di Myanmar? Berikut kutipan dari jurnal Yayasan Obor Indonesia “Democracy in Stupidity” yang menggambarkan sistem pemerintahan Burma dengan modal dan letak geografisnya.

Myanmar (burma) — Google Arts & Culture

Namun, dalam sejarah politiknya, Myanmar memiliki banyak rezim lain akibat pemberontakan, perpecahan faksi, dan wilayah.

Buku “Democracy in Torsional Death” juga mengatakan bahwa sistem pemerintahan di Myanmar memiliki dua pengawasan di bawah junta militer, yaitu Dewan Perdamaian dan Pembangunan Negara (SPDC) yang dipimpin oleh jenderal senior Than Shwe dan seorang perdana menteri. Letnan Jenderal (Letjen) Su Win.

Meskipun Myanmar memiliki perdana menteri, hampir semua kehidupan di negara itu berada di bawah kendali satu tangan Thein Shwe.

Dalam sistem pemerintahan yang demikian, tidak otomatis kekuatan oposisi pun dapat melawan kekuatan pemerintah seperti junta militer ini.

Transportasi Untuk Menjelajahi Yangon, Mantan Ibukota Myanmar

Bahkan pada Februari 2021, junta militer secara resmi mengambil alih kekuasaan di Myanmar setelah angkatan bersenjata Tatmadaw menangkap pemimpin de facto Aung San Suu Kyi dalam sebuah kudeta.

Angkatan bersenjata Tatmadaw juga telah menahan sejumlah pejabat pemerintah sipil seperti Presiden Myanmar Win Myint dan tokoh senior dari Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang berkuasa.

Saat itu, kekuasaan di Myanmar berada di tangan Panglima Min Aung Hlaing. Dia adalah orang yang memiliki pengaruh politik yang signifikan dan mampu mempertahankan kekuasaan di Tatmadaw (militer Myanmar) bahkan saat negara tersebut beralih ke demokrasi.

Myanmar dulu dikenal sebagai Burma dengan Yangon (Rangoon) sebagai ibukotanya namun kemudian ibukota Myanmar dipindahkan ke Penmana.

Baca Juga  Mengapa Pembunuh Tidak Jadi Menangkap Burung Merpati

Profil Negara Myanmar

Berdasarkan sensus tahun 2004, jumlah penduduknya adalah 54 juta jiwa. Populasi ini terdiri dari kelompok etnis yang berbeda dalam hal bahasa, agama dan mobilitas sosial.

Kelompok etnis yang dominan adalah Bamar, dengan bahasa Burma sebagai bahasa sehari-hari mereka. Kelompok etnis lainnya termasuk:

Hanya Chin dan Kain yang Kristen, dan Rohingya adalah Muslim, dan sangat sedikit orang Hindu atau Hindu.

Letak geografis Myanmar cukup strategis dimana daratannya berbatasan langsung dengan 5 negara tetangga yaitu China di utara, Laos di timur, Thailand di tenggara, Bangladesh di barat dan India di barat laut.

Nama Resmi Negara Myanmar Adalah Tolong Jawab Yaaa Soalnya Ini Buat Uts

Dari segi wilayahnya, Myanmar memiliki luas 678.500 km² dengan hanya 3,06% perairannya (wilayah pesisir selatan menghadap Laut Andaman dan Teluk Benggala di barat daya). Ibu kota negara (IKN) akan pindah ke Kalimantan Timur. 2024. IKN akan pindah ke Penjam Paser Utara, Kalimantan Timur. Kebijakan Presiden bukanlah produk baru tetapi banyak negara lain yang mengikutinya.

Namun, rencana pemindahan ibu kota tidak semuanya berhasil. Ada yang benar-benar menemui jalan buntu dan akhirnya tidak banyak berguna bagi masyarakat negeri ini.

Bhima Yudhishthira Adhinegra, Direktur Pusat Studi Ekonomi dan Hukum (Selios), mengatakan pemindahan ibu kota saat ini kurang tepat, karena pemerintah harus fokus menangani pandemi COVID-19 terlebih dahulu.

“Ketika kita tahu Kazakhstan dari negara lain, seperti Myanmar, Malaysia, mereka gagal,” ujarnya di MNC Portal, Kamis (20/1/2022).

Ikon Negara Asean Dengan Penjelasan Dan Gambar

Misalnya seperti di Myanmar, pada tahun 2005 ibu kota Yangon dipindahkan oleh pemerintah ke Naypyidaw, sebelah utara kota Yangon, atau selatan kota Mandalay.

Ibukota awalnya berfungsi sebagai pusat administrasi Myanmar. Meski infrastruktur yang menghubungkan kota telah dibangun kembali. Seperti jalan raya, hotel, pusat perbelanjaan. Pada akhirnya modal tidak berjalan seperti yang diharapkan.

Diakui oleh berbagai sumber, hal ini disebabkan kurangnya partisipasi masyarakat dalam perancangan dan penciptaan modal serta pengalihannya.

Menurut laporan The Guardian, ibu kota Myanmar saat itu sepi sebelum wabah COVID-19. Menurut laporan, di kedua sisi jalan Anda bisa melihat deretan bangunan besar yang tak berujung, hotel bergaya vila. Dan pusat perbelanjaan yang seakan jatuh dari langit. Semuanya dicat dengan warna pastel lembut: merah muda muda, biru muda, dan krem.

Itinerary & Budget: 4d 3n Di Myanmar

Selain itu, negara terdekat Malaysia itu juga memindahkan ibu kota negara dari Kuala Lumpur ke Putrajaya.

Baca Juga  Sebutkan Perubahan Wujud Yang Terjadi Pada Pembuatan Es Krim Brainly

Padahal, jarak Kuala Lumpur ke Putra Jaya lebih dekat dibandingkan Jakarta di Kalimantan. Namun, karyawan di Kuala Lumpur akhirnya enggan pindah karena alasan keluarga.

Berikutnya adalah Kazakhstan yang memindahkan ibu kotanya dari Almaty ke Astana, berganti nama menjadi Nur-Sultan pada 2019. Alasan pemindahan ibu kota adalah Indonesia, kota yang dulunya ramai, dan rawan gempa. Ibukota Wilayah Yangon dan kota terbesar di Myanmar (juga dikenal sebagai Burma). Yangon menjabat sebagai ibu kota Myanmar hingga tahun 2006, ketika pemerintah militer mengalihkan fungsi administratif ke ibu kota yang diusulkan Naypyaw [nèpjìdɔ̀] di utara-tengah Myanmar.

Yangon menderita infrastruktur yang buruk, terutama dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Asia Tenggara. Meskipun banyak tempat tinggal bersejarah dan bangunan komersial di seluruh Yangon tengah telah direnovasi, sebagian besar kota satelit di sekitar kota tetap sangat miskin dan kekurangan infrastruktur.

Tempat Terindah Di Myanmar

Ada pagoda di hampir setiap sudut kota Yangon. Ada juga banyak masjid, klenteng, dan gereja dari masa lalu yang masih berfungsi dengan baik hingga saat ini.

Semua ini menunjukkan bahwa orang Yangon sangat religius dalam menjalankan agamanya sendiri. Warga Yangon masih waspada dan berusaha melestarikan budaya negaranya. Misalnya, laki-laki dan perempuan di mana-mana memakai kain panjang yang disebut lungi.

Kota ini memang tidak memiliki bangunan dan struktur yang sangat tinggi seperti negara-negara lain, namun masih banyak terdapat bangunan-bangunan bergaya lama atau konstruksi peninggalan kolonial Inggris.

Kebiasaan laki-laki makan paan dan kebiasaan perempuan memakai bedak dingin terlihat di setiap sudut kota. Alat transportasi, misalnya bus kota, tidak lagi berfungsi seperti transportasi Jakarta pada tahun 1970-an. Becak di Yangon memiliki kursi penumpang di samping dan menghadap ke depan dan ke belakang. Mobil memiliki setir di sisi kanan dan berjalan di jalur kanan. Yangon juga sering mengalami pemadaman listrik. Transportasi umum di Yangon, termasuk taksi dan bus, memiliki plat merah. Sekitar 90 persen taksi di Yangon tidak menggunakan argo meskipun menggunakan argometer, dengan taksi melebihi jumlah mobil pribadi.

Empat Alasan Mengunjungi Myanmar Selama Musim Hujan

Tidak ada sepeda motor di Yangon, karena sepeda motor dilarang di kota. Pendekatan ini sangat berbeda dibandingkan dengan Vietnam dan Indonesia.

Iklim Yangon adalah tropis. Wilayah Yangon menerima sedikit curah hujan dari November hingga April. Sedangkan periode Mei hingga Oktober memiliki curah hujan tertinggi. Menurut Köppen dan Geiger, iklim ini diklasifikasikan sebagai iklim muson tropis (Am). Suhu rata-rata adalah 27,3 °C. Curah hujan rata-rata adalah 2378 milimeter per tahun. Pusat kota dibagi lagi menjadi empat distrik. Kota Pinemana, Liwe, dan Tatkon sebelumnya merupakan bagian dari Distrik Yamithan. Othara 3, Dakina 3, Popha 3, Zapu 3, dan Ziyar 3 adalah tempat tinggal baru yang sedang dibangun. Pada bulan Desember 2009, sebagian besar kantor kementerian dipindahkan ke ibu kota administratif. Hanya kantor direktorat kementerian yang tersisa di Yangon.

Baca Juga  Kalimat Berkembang Biak

Naypyaw, dibaca untuk Nay Pyi Taw, adalah ibu kota nasional dan distrik Myanmar saat ini, yang terletak di Desa Kyatpyae, Kota Pyinmana, Provinsi Mandalay. Kyatpyae dalam bahasa Burma berarti ‘melarikan diri di bawah perjuangan’. Naypyitaw berarti ‘kota/istana kerajaan’, tetapi juga disebut ‘tahta raja’.

Kegiatan administratif ibu kota Myanmar secara resmi dipindahkan pada 6 November 2005 ke lokasi kosong sekitar dua mil sebelah barat Panmana. Naypyitaw berjarak sekitar 320 km sebelah utara Yangon. Nama resmi ibu kota diumumkan pada Hari Angkatan Bersenjata pada Maret 2006.

Okezone Edukasi :: Berita Edukasi Seputar Pendidikan Di Indonesia

Pyinmana pernah menjadi markas Tentara Kemerdekaan Myanmar dan direorganisasi menjadi Tentara Nasional Myanmar oleh Kekaisaran Jepang. Di Pyinmana para prajurit dan pegawai Tentara Nasional Burma dilatih. Kemudian Tentara Nasional Myanmar mengubah arah, bekerja sama dengan para pejuang gerilya, dan operasi itu berhasil bagi orang Burma. Pyinmana menjadi ikon militer di Myanmar, sebagai tempat Burma mengalahkan ‘penyerang tertinggi’.

Pada tanggal 27 Maret 2006, lebih dari 12.000 tentara berbaris memasuki ibu kota baru dalam acara publik pertama mereka: parade militer besar-besaran untuk memperingati Hari Angkatan Bersenjata, hari ketika Myanmar bangkit melawan Jepang (1945). Syuting acara terbatas pada area Cemented Parade, di mana terdapat patung tiga raja Myanmar, Anwarhata, Bainnaung dan Alaungpaya U Aung Zea, yang dianggap sebagai tiga raja terpenting dalam sejarah Myanmar. Selama upacara, kota itu secara resmi bernama Naypyaw.

Dibutuhkan sembilan jam dengan kereta api dari Yangon ke Naypyaw. Kereta berangkat pukul 21.00 dan tiba pukul 06.00 waktu setempat.

Untuk melayani ibu kota baru, lapangan terbang Ella yang ada ditingkatkan untuk mengakomodasi pesawat yang lebih besar. Terletak di bagian tenggara negara, 10 km tenggara Kyatpyae, ibu kota negara.

Tema 1 Sub 3 Pbl 1 Exercise

Semua maskapai domestik Myanmar – Myanmar Airways, Yangon Airways, Air Mandalay dan baru-baru ini Air Bagan – mendaftarkan Naypyaw sebagai tujuan dan menawarkan layanan antara Naypyaw dan kota-kota lain di Myanmar.

Pada pertengahan Maret 2006, Air Mandalay mulai mengoperasikan penerbangan antara Yangon dan Naypyaw dan pada 5 Juni 2006, Air Mandalay memulai penerbangan antara Naypyaw dan Thandwe (Sandwe) dan Sittwe (Akyab) di Negara Bagian Rakhine.

Ibukota negara myanmar, bandar seri begawan adalah ibukota negara, ibukota myanmar sekarang, ibukota myanmar saat ini, ibukota myanmar adalah, ibukota negara brazil adalah, ibukota negara timor leste adalah, ibukota myanmar, hanoi adalah ibukota negara, ibukota myanmar yang baru, ibukota negara indonesia adalah, nama ibukota myanmar