Induk Organisasi Renang Indonesia Adalah – Berenang sudah menjadi olahraga yang sudah lama dikenal di Indonesia. Pada masa penjajahan Belanda, terdapat organisasi Nederlands Indische Zwembond atau NIZB yang menaungi olahraga di Hindia Belanda.

Setelah Indonesia merdeka, muncullah Zwembond Voor Indonesia (ZBVI) sebagai organisasi yang menaungi olahraga renang. Namun keberadaannya hanya bertahan hingga tanggal 20 Maret 1951, keesokan harinya dibentuklah organisasi baru yang berfungsi sebagai induk organisasi renang bagi negara Indonesia yang baru-baru ini diakui secara luas sebagai negara berdaulat.

Induk Organisasi Renang Indonesia Adalah

Pada tanggal 21 Maret 1951, Persatuan Renang Seluruh Indonesia atau PBSI resmi berdiri. Merupakan induk organisasi renang di Indonesia yang kemudian berganti nama menjadi Akuatik Indonesia.

Tolong Bantu Kaka A.isilah Titik 1.istilah Lain Reneng Gaya Bebas Adalah…dan… 2.posisisi Badan

Tercatat, ketika berdiri, PBSI dipimpin oleh Prof. Dr Poerwo Soedarmo terpilih sebagai presiden melalui Kongres Jakarta Pertama. Di bawah kepemimpinannya, PBSI terus melakukan ekspansi hingga ke dunia internasional.

PBSI bahkan menjadi anggota resmi Federasi Renang Dunia, Fédération Internationale de Natation (FINA) dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada tahun 1952. Pada tahun yang sama, PBSI mengirimkan atlet-atlet terbaiknya ke Olimpiade Helsinki.

Meski berdirinya tidak bertahan lama, PBSI langsung mengirimkan atletnya ke berbagai ajang internasional mewakili Indonesia pada tahun 1950. Selain Olimpiade, perenang Indonesia juga mengikuti ajang lain seperti Festival Pemuda dan Asian Games.

Pada tahun 1959, dalam kongres yang diadakan di Malang, PBSI berganti nama menjadi Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI). Memang saat itu masih ada organisasi olahraga yang namanya juga disingkat PBSI yaitu Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia.

Sejarah Olahraga Renang

Puluhan tahun berlalu, PRSI memutuskan untuk mengganti nama lagi pada tahun 2023. Nama baru yang digunakan adalah Akuatik Indonesia.

Pergantian nama ini dilakukan saat Munasus PRSI 2023 Istimewa di Hotel Luwansa, Jakarta pada Sabtu, 5 Agustus 2023. Dengan demikian, induk organisasi renang se-Indonesia ini sudah dua kali berganti nama sepanjang sejarahnya.

Baca Juga  Jawaharlal Nehru Adalah Pemrakarsa Terlaksananya Gnb Yang Berasal Dari

Bukan tanpa alasan rebranding ini dilakukan. Rupanya hal ini merupakan respon atas perubahan nama dan logo dari FINA menjadi World Aquatics. Selain Indonesia, banyak organisasi renang di negara lain yang juga melakukan rebranding.

“Menjelang Munas 2023 nanti akan terjadi perubahan nama dari PRSI menjadi Aquatics Indonesia. Dengan nama dan logo baru ini akan mewakili cabang olahraga lain selain renang. Ada polo air, loncat indah, renang artistik, loncat tinggi, renang perairan terbuka, dan renang perairan terbuka. jago renang,” kata Anindya Bakrie, dilansir situs akuatik Indonesia.

Yudi Kurniawan Terpilih Jadi Ketua Umum Akuatik Indonesia Kabupaten Cirebon

LABEL: Kabar Gembira dari Indonesia Kabar Gembira dari Indonesia Belajar di Indonesia merupakan olah raga renang tertua di Indonesia Aquatics Indonesia

Terima kasih telah melaporkan penyalahgunaan yang melanggar aturan atau cara penulisan di GNFI. Kami terus berusaha menjaga GNFI bersih dari segala konten yang tidak seharusnya ada di sini. Melansir laman Disspora Provinsi Sumut, renang merupakan salah satu cabang olahraga yang menyaingi kecepatan atlet dalam renang. Gaya renang yang dipertandingkan adalah gaya dada, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya bebas.

Keberadaan FINA berguna untuk menyelenggarakan berbagai perlombaan akuatik dan juga sebagai rujukan olahraga akuatik yang meliputi renang, polo air, renang sinkron, menyelam, dan renang perairan terbuka.

Nasional dan internasional. Oleh karena itu, FINA akan bertanggung jawab mengatur seluruh aturan kompetisi yang akan diterapkan oleh organisasi induk renang di masing-masing negara.

Aquatic Papua Bangkit Dinyatakan Lolos Sertifikasi Internasional

Induk organisasi renang di Indonesia adalah Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) yang didirikan pada tanggal 21 Maret 1951. PRSI menjadi anggota FINA pada tahun 1966.

FINA: Induk Organisasi Renang Internasional Sebagaimana tercantum dalam situs resmi FINA, asosiasi ini didirikan pada tanggal 19 Juli 1908 di London, Inggris dan bertepatan dengan berakhirnya Olimpiade London pada tahun 1908. FINA didirikan oleh delapan federasi nasional, termasuk Belgia , Jerman, Denmark, Prancis, Finlandia, Inggris, Hongaria, dan Swedia.

Selain renang, FINA juga merupakan organisasi internasional yang bergerak di bidang polo air, menyelam, renang sinkron, dan renang perairan terbuka.

Macam-macam Gaya Renang Ada empat jenis gaya renang yang dipertandingkan di tingkat nasional dan internasional, yaitu gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu. Peluncuran modul

Induk Organisasi Renang Indonesia; Visi Misi, Tugas, Dan Sejarahnya

Gaya bebas merupakan pukulan yang dilakukan dengan posisi tubuh berbaring tengkurap dan gerakan mengayun kedua kaki secara bergantian ke atas dan ke bawah. Ciri-ciri gaya bebas adalah seluruh bagian tubuh berada pada satu garis lurus dengan gerakan kedua lengan di atas permukaan air.

Gaya dada atau disebut juga renang katak adalah suatu cara berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, badan selalu dalam posisi tetap, sedangkan kedua lengan diarahkan ke depan.

Baca Juga  Pendapat Tentang Bullying

Kemudian kedua tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air. Gerakan tubuhnya meniru gerakan katak yang berenang. Pernapasan terjadi ketika mulut berada di permukaan air, baik setelah satu gerakan tangan dan kaki, atau dua gerakan tangan dan kaki.

Berenang punggung dilakukan dengan punggung menghadap ke permukaan air, wajah menghadap ke luar air.

Pengertian Olahraga Renang: Teknik Dasar, Jenis Gaya, Peraturan Dan Peralatannya

Pada gaya ini, perenang hanya dapat melihat ke atas dan perenang hanya dapat memperkirakan tepi kolam dengan menghitung jumlah pukulannya.

Pergerakan kaki dan lengan pada gaya ini sama dengan gaya bebas, namun dengan tubuh berbaring telentang di permukaan air.

Gaya renang ini dilakukan dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kemudian kedua tangan secara bersamaan ditekan dan digerakkan ke luar sebelum diayunkan ke depan.

Pada saat ini, kedua kakinya bergerak ke bawah dan ke atas secara bersamaan, seperti gerakan sirip ekor lumba-lumba. Penghirupan dilakukan dengan cara menghembuskan nafas secara kuat melalui mulut dan hidung sebelum kepala keluar dari air, kemudian menghirup udara melalui mulut ketika kepala sudah keluar dari air., Jakarta Induk organisasi renang di Indonesia adalah Persatuan Renang Seluruh Indonesia. dari PRSI. Organisasi renang ini didirikan pada tanggal 21 Maret 1951 di Jakarta bersama Prof. Dr.Poerwo Soedarmo.

Pjok X Renang Gaya Dada Online Exercise For

Jauh sebelum kemerdekaan, olahraga renang sudah dikenal di Indonesia, namun hanya bangsawan dan penjajah yang bisa menikmati kolam renang. Namun PRSI mempunyai sejarah yang panjang.

Dikutip dari situs resmi PRSI, Persatuan Renang Seluruh Indonesia merupakan organisasi induk yang mengatur olahraga renang di Indonesia. Saat ini PRSI terbentuk di 34 provinsi di Indonesia.

Video berita menyoroti aksi atlet Indonesia Syuci Indriani pada nomor 100 meter kupu-kupu putri Paralimpiade Tokyo 2020, Rabu (25/8/2021) pagi WIB.

Induk organisasi renangnya adalah FINA dan PRSI. PRSI atau Persatuan Renang Seluruh Indonesia merupakan induk organisasi renang di Indonesia. Sedangkan FINA atau Fédération Internationale de Natation merupakan induk organisasi renang internasional. FINA didirikan oleh bekas organisasi renang di Belgia, Inggris Raya, Swedia, Jerman, Finlandia, Hongaria, Prancis dan Denmark; pada 19 Juli 1908 di Hotel Manchester di London. Penciptaannya bertepatan dengan berakhirnya Olimpiade 1908 di London.

Npc Kalsel Sayangkan Tabalong Absen Di Kejurprov Renang 2018

FINA diakui oleh Komite Olimpiade Internasional dan mempunyai misi untuk mempromosikan olahraga renang di seluruh dunia dan menetapkan peraturan untuk berbagai kejuaraan renang. Kejuaraan Dunia FINA diadakan setiap dua tahun sekali dan meliputi olahraga polo air, menyelam, renang, renang sinkron, dan renang perairan terbuka.

Baca Juga  Tuliskan Tiga Nilai Yang Terkandung Dalam Pancasila Sila Ke-2

FINA memiliki kantor yang terdiri dari 22 anggota dewan perwakilan dan bertanggung jawab untuk memilih petugas. Selain itu, FINA juga mempunyai beberapa komisi dan komite lain, misalnya Komite Kedokteran Olahraga, Komite Teknik Renang, atau Komite Anti Doping. Pada saat yang sama, ketua umum FINA umumnya dipilih setiap 4 tahun.

Setelah mengetahui induk organisasi renang nasional dan induk organisasi renang internasional, pastinya anda mengetahui sejarah berdirinya PRSI. Berikut penjelasannya:

1. 1917 : Berdirinya Persatuan Renang Bandung (Bandungse Zwembond) yang membawahi 7 perkumpulan, termasuk perkumpulan renang sekolah. Tahun ini, klub renang lainnya juga didirikan di Jakarta dan Surabaya.

Induk Organisasi Untuk Cabang Renang Dunia, Yaitu​

6. 1951 : Pada tanggal 21 Maret lahir Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PBSI) dan hasil kongres pertamanya di Jakarta diperuntukkan bagi guru besar. Dr Poerwo Soedarmo sebagai presiden umum pertama.

7. 1952: PBSI menjadi anggota resmi FINA (Federasi Renang Internasional) dan IOC (Komite Olimpiade Internasional). PBSI juga membawahi 29 klub renang pada tahun ini.

8. 1954: Kongres PBSI yang kedua diadakan di Bandung, yang puncaknya adalah rapat pimpinan yang dipimpin oleh D. Seoprajogi.

9. 1957 : Kongres PBSI Keempat di Makassar, hasil: terpilihnya D. Seoprajogi sebagai presiden dan mengganti kata PBBI dalam PBSI dengan PBBI.

Perlengkapan Renang: Pengertian Hingga 4 Jenis Bikini Organisasi.co.id

11. Kongres Kelima PBSI: Pemilihan pimpinan baru dengan D. Seoprajogi tetap sebagai presiden dan perubahan nama dari Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PBSI) menjadi Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI)

12. 1963 : Kongres PRSI VI; Hasil: terpilihnya pimpinan baru dengan D. Seoprajogi tetap sebagai presiden dan pergantian istilah satuan lagi, sehingga PRSI merupakan singkatan dari Persatuan Renang Seluruh Indonesia.

14. 1966: Indonesia kembali menjadi anggota FINA dan mengikuti VASIAN Games di Bangkok.

Peran PRSI adalah melaksanakan peraturan penyelenggaraan dan pengaturan olahraga renang sesuai dengan peraturan FINA sebagai induk organisasi internasional dan juga berbasis pada Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Pts Interactive Worksheet For 12

PRSI sebagai cabang olah raga renang tertua di Indonesia bertugas menyelenggarakan kejuaraan akuatik tingkat nasional seperti Kejurnas Renang, Kejurnas Polo Air, Kejurnas Selam, Kejurnas Renang Indah, Kejurnas Renang Perairan Terbuka, dan Kejuaraan Master Nasional.

Selain berperan dalam Kejuaraan Renang Nasional, PRSI juga berperan dalam pengembangan bakat atlet serta keterampilan pelatih dan wasit yang terlibat dalam olahraga renang. PRSI bertanggung jawab untuk memberikan pelatihan dan dukungan kepada pelatih renang di tingkat regional dan nasional.

Hal ini terlihat dari PRSI yang kerap menggunakan pelatih asing untuk meningkatkan kualitas pelatih renang di tingkat daerah maupun nasional. Selain itu, PRSI juga memberikan pelatihan dan pembinaan kepada wasit dan juri.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas wasit dan juri di tingkat daerah, regional, dan nasional. PRSI melakukan hal ini dengan harapan wasit dan juri memiliki kualifikasi untuk berpartisipasi lebih dari sekedar pertandingan.

Apa Induk Organisasi Renang Nasional ​

Induk organisasi renang dunia, induk organisasi renang nasional, induk organisasi renang, induk organisasi renang nasional adalah, induk organisasi renang di indonesia, induk organisasi renang internasional, induk organisasi renang dunia adalah, induk organisasi olahraga renang, induk organisasi renang sedunia, nama induk organisasi renang, induk organisasi renang tingkat dunia, induk organisasi renang indonesia