Ketinggian Gerakan Melayang Pada Senam Lantai Dipengaruhi Oleh – Olahraga penting untuk melatih ketangkasan, kelincahan, kekuatan, kecepatan dan kelenturan. Salah satunya dengan melakukan senam lantai.

Terdapat enam kategori kelompok senam yaitu senam ritmik, senam ritmik olah raga, senam akrobatik, senam aerobik, senam trampolin, dan senam umum.

Ketinggian Gerakan Melayang Pada Senam Lantai Dipengaruhi Oleh

Senam lantai termasuk ke dalam jenis senam ritmik. Efek artikular merupakan hasil besaran (amplitudo) atau hambatan gerakan serta kelengkapan gerakan dalam mengendalikan tubuh melalui berbagai posisi.

Cara Melakukan Loncat Jongkok Pada Senam Ketangkasan

Keterampilan gerak lantai akan berguna dalam aktivitas sehari-hari karena dapat melatih keseimbangan, koordinasi motorik, kecepatan, kelenturan dan stamina. Misalnya keterampilan bertahan hidup ketika terjatuh dari sepeda motor, pendaratan yang benar ketika jatuh dari ketinggian, dan lain-lain.

Noor Hasim, MPD. Dikutip dari buku Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan Kelas XI yang ditulis oleh dkk, menurut banyak ahli pengertian senam lantai adalah. diantara mereka:

Awalnya gerakan senam sederhana mulai dikenal masyarakat Tiongkok dan Mesir lebih dari 3000 tahun yang lalu. Istilah senam pertama kali dikenal luas ketika masyarakat Yunani Klasik menyebut senam (termasuk senam lantai) sebagai olahraga senam.

Digunakan untuk mendefinisikan aktivitas olahraga yang dilakukan di gym. Selanjutnya, ketika Romawi menaklukkan Yunani, mereka mengembangkan olahraga tersebut sebagai metode pelatihan fisik militer yang lebih formal.

Pembelajaran Atletik Nomor Lompat

Oleh Pieman, SPD, MO. Perkembangan senam di Eropa dipengaruhi oleh “The Aerial Jumps” karya Archangel Tuccaro (1536 – 1616), buku pertama tentang metode senam. Dari buku ini, masyarakat mewarisi gagasan bahwa lebih dari 50% aktivitas di lantai adalah aktivitas akrobatik.

Baca Juga  Kemukakan Secara Berurutan Proses Pemeliharaan Satwa Harapan

Senam lantai juga berkembang dengan baik di Eropa dan Amerika, khususnya di Jerman, sejak dipelopori oleh Adolf Spies (1810 – 1858) dan Just Carl Leon (1829 – 1901). Perkembangannya mendorong terbentuknya organisasi yang mengendalikan senam dan mengatur jenis-jenis perlombaan. Maka pada tahun 1881 dibentuklah organisasi olah raga yang mengawasi senam lantai tingkat internasional yang diberi nama Federation of International Gymnastics (FIG).

Badan yang menaungi senam lantai di Indonesia adalah Persatuan Senam Seluruh Indonesia (Parsani). Persani didirikan pada tanggal 14 Juli 1963, menjelang pesta olahraga GANEFO (New Emerging Powers Games).

Olimpiade modern senam lantai pertama kali diadakan pada tahun 1896 dan hanya melibatkan atlet putra. Kemudian pada tahun 1928, perempuan dapat berkompetisi dalam perlombaan tersebut, sehingga senam lantai terus berkembang hingga 6 tahun berikutnya dengan terbentuknya peraturan yang berbeda-beda seperti Senam Artistik Wanita (WAG) dan Senam Artistik Putra (MAG). Saat ini, senam lantai sedang populer di kalangan wanita.

Modul Ajar Ipas Kelas 4 Bab 1 4 Pages 51 92

, Gerakan awal roller elastis adalah menggelinding ke depan. Sumber gerak sebenarnya saat melakukan gerakan elastic roll adalah punggung bawah. Pendaratan yang benar saat bungee rolling adalah dengan menggunakan kedua ujung kaki.

Posisi candlestick merupakan salah satu gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih keseimbangan tubuh dan menguatkan otot perut. Gerakan ini melibatkan mengangkat kedua kaki secara bersamaan.

Untuk melakukan Pose Lilin, pertama-tama berbaringlah telentang di atas matras. Kemudian angkat kedua kakinya sehingga terbentuk garis vertikal seperti bentuk lilin pada badannya. Sedangkan tangan diletakkan di bawah pinggang untuk menjaga keseimbangan dan memberikan dukungan. Selama gerakan ini punggung dan kepala Anda tetap berada di atas matras.

Baca Juga  Sebutkan Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Postur candlestick menekankan pentingnya kekuatan perut dalam menjaga keseimbangan. Saat melakukan aktivitas ini, otot perut berperan penting dalam melindungi kedua kaki agar tidak terjatuh ke lantai. Hal ini menjadikan senam lilin sebagai salah satu cara efektif untuk memperkuat otot perut dan meningkatkan keseimbangan tubuh.

Materi Pelajaran Penjas

Squat jumping merupakan salah satu jenis senam lantai dengan bantuan berupa kotak lompat. Teknik lompat dari jongkok ke lompat didasarkan pada landasan kuda lompat. Saat melompat dari posisi jongkok, dorongan dilanjutkan dengan gerakan lari awal dengan kecepatan penuh. Saat Anda mendarat, gunakan kedua jari kaki dan angkat tangan ke atas

Teknik gerakan senam lantai, 5 gerakan senam lantai, jenis gerakan senam lantai, rangkaian gerakan senam lantai, macam gerakan senam lantai, gerakan meroda pada senam lantai, unsur gerakan senam lantai, gambar gerakan senam lantai, gerakan gerakan senam lantai, contoh gerakan senam lantai, gerakan pada senam lantai, gerakan senam lantai meroda