Komponen Peta Yang Menerangkan Tentang Isi Peta Adalah – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), peta berarti gambar atau gambar di atas kertas dan sebagainya yang menunjukkan letak daratan, lautan, sungai, gunung, dan sebagainya.

Sifat peta bermacam-macam, mulai dari isi, skala, objek yang disajikan, hingga sumber data. Kali ini kamu akan diajak menjelajahi peta tematik, yuk disimak!

Komponen Peta Yang Menerangkan Tentang Isi Peta Adalah

Adapun pengertiannya, peta tematik adalah peta yang menunjukkan aspek atau kenampakan permukaan bumi tertentu yang dikutip dari sebuah buku.

Klasifikasi Peta Berdasarkan Ica Dan Kriteria Tertentu

Misalnya, jika suatu peta menunjukkan berbagai kenampakan alam seperti gunung, sungai, danau, tanjung, selat seperti yang terlihat pada peta Atlas atau Google Maps, maka disebut peta referensi.

Namun jika suatu peta menunjukkan suatu topik, seperti lokasi tempat wisata seperti terlihat pada gambar di bawah, maka disebut peta tematik.

Salah satu peta tematik pertama dibuat oleh Edmund Halley pada tahun 1686. Edmund Halley adalah seorang astronom asal Inggris yang menciptakan peta bintang. Pada tahun yang sama, ia juga membuat peta meteorologi pertama dengan peta dasar sebagai acuan.

Pada tahun 1701, Halley juga menerbitkan peta pertama dengan garis magnet. Bagan menjadi peta varian tematik, berguna untuk navigasi.

Latihan Ips Exercise For 5

Tidak hanya Edmund Halley, John Snow, seorang dokter dari London, juga menciptakan tema untuk menganalisis masalah tersebut pada tahun 1854. Snow membuat peta yang menunjukkan penyebaran kolera di seluruh kota.

Dengan memetakan tempat orang meninggal karena kolera, Snow menemukan bahwa kematian tersebut disebabkan oleh satu pompa yang pada akhirnya menjadi penyebab kolera.

Sementara itu, peta populasi pertama kali ditemukan di Paris dan dikembangkan oleh insinyur Perancis Louis-Leger Vauthier. Menurut para ahli, peta Vauthier adalah peta tematik pertama yang menggunakan isoline untuk merepresentasikan tema, belum tentu geografi fisik.

Peta tematik hanya mewakili topik-topik tertentu, namun komponen-komponennya tetap harus digunakan dengan cara yang mudah dipahami sehingga pengguna dapat memahami peta tersebut. Komponen peta tematik adalah:

Baca Juga  Sikap Awal Dalam Melakukan Teknik Memegang Gada Pegangan Biasa Adalah

Peta Kendali (control Chart): Pengertian, Komponen, Jenis

Judul peta tematik tidak boleh dibuat secara tergesa-gesa, namun harus mencerminkan informasi yang sesuai dengan lokasi peta dan tidak menimbulkan multitafsir.

Pemanfaatan dan pemanfaatan peta tematik biasanya disesuaikan dengan topik seperti pendidikan, administrasi, transportasi, industri. Namun beberapa di antaranya dapat digunakan sebagai:

A. Analisis Lokasi Industri: Peta tematik yang diperlukan untuk mengidentifikasi lokasi industri bergantung pada jenis dan karakteristik industri, seperti bahan baku, konsumen atau pasar, dan tenaga kerja.

B. Analisis lokasi pertanian: Peta tematik digunakan untuk mengidentifikasi lahan pertanian yang sesuai berdasarkan berbagai faktor seperti kesuburan tanah, iklim, dan relief.

Pertanyaan Berdasarkan Gambar Peta Jawablah Pertanyaan Berikut! Nama Judul Peta: Sebutkan 2 Komponen

C. Penanggulangan Bencana Vulkanik: Peta tematik digunakan untuk memetakan sebaran gunung berapi di Indonesia. Agar diketahui lokasi dan tindakan pencegahannya. Indonesia merupakan negara tropis yang mempunyai dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Datangnya musim hujan dan kemarau berbeda-beda pada setiap daerah. Oleh karena itu diperlukan data yang menggambarkan sebaran curah hujan antar tempat. Data dengan informasi sebaran curah hujan dapat diperoleh dari peta curah hujan.

Peta curah hujan yang disebut peta isohyet merupakan peta tematik yang menunjukkan informasi sebaran curah hujan. Peta curah hujan dengan jelas menunjukkan tingkat curah hujan di suatu wilayah di Indonesia. Peta tersebut menunjukkan secara rinci tingkat curah hujan di suatu wilayah tertentu. Peta hanya menampilkan tingkat curah hujan, tidak ada apa pun di peta selain tingkat curah hujan.

Peta curah hujan merupakan peta khusus, oleh karena itu hanya diterbitkan dan digunakan oleh lembaga khusus. Peta curah hujan tidak bisa kita peroleh secara leluasa di toko buku atau toko yang biasa menjual peta. Peta curah hujan hanya ada di tempat tertentu. Selain itu, peta curah hujan hanya akan tersedia bagi mereka yang tertarik untuk menggunakan peta tersebut.

Beberapa jenis peta mempunyai ciri atau ciri tertentu yang membedakannya dengan peta lainnya. Ini adalah fitur yang tidak dapat ditemukan di peta lain. Ciri-ciri peta curah hujan adalah sebagai berikut.

Komponen Peta Lengkap Dengan Penjelasannya

Ciri utama peta curah hujan adalah isinya. Peta curah hujan memberikan informasi tentang curah hujan di suatu wilayah atau wilayah tertentu. Peta curah hujan menyoroti tempat-tempat yang menerima jumlah curah hujan yang sama. Dengan demikian, peta curah hujan dapat digunakan untuk melihat daerah mana yang mendapat curah hujan yang sama.

Baca Juga  Bagaimana Caramu Melakukan Menangkap Bola Lurus Dalam Permainan Kasti

Peta hujan tidak memiliki warna sebanyak peta pada umumnya. Warna pada peta ini membedakan tingkat curah hujan tertentu. Biasanya peta hujan ini dibatasi oleh garis antara satu warna dengan warna lainnya. Sebab, setiap wilayah mengalami tingkat curah hujan yang berbeda-beda.

Peta curah hujan atau peta isohyet merupakan peta khusus yang tidak menggunakan simbol sebanyak peta pada umumnya. Sebab, informasi yang diberikan hanya untuk hujan saja. Simbol-simbol pada peta isohyet meliputi simbol warna dan simbol arah (utara, timur, barat dan selatan).

Konten yang disajikan di peta pasti tidak sama. Karena peta memiliki beberapa jenis, maka isinya pun berbeda-beda. Peta curah hujan berisi informasi tentang sebaran curah hujan di suatu wilayah tertentu. Informasi yang disajikan pada peta ini berupa gambar peta wilayah yang diwarnai untuk menunjukkan tingkat curah hujan. Peta curah hujan menggunakan beberapa warna untuk membedakan tingkat curah hujan. Secara umum, semakin gelap warnanya, semakin tinggi tingkat curah hujannya. Warna yang digunakan biasanya merah, kuning dan hijau. Peta ini hanya berisi informasi tentang pola curah hujan, tidak ada yang lain di peta ini selain hujan.

Peta Dunia Dengan Komponen Warna Peta Tiap Benua: Simpel

Beberapa lokasi sangat bergantung pada peta curah hujan. Institusi yang terkait dengan kondisi iklim, seperti Badan Meteorologi dan Geofisika, menerbitkan peta curah hujan. Saat ini pengguna website ini hanya kalangan peminat saja, salah satunya penyuluh pertanian. Peta tersebut dapat digunakan untuk menentukan lokasi peternakan. Dengan menggunakan peta curah hujan, mereka dapat dengan mudah menentukan wilayah atau kawasan mana yang cocok untuk dijadikan lahan pertanian, serta jenis komoditas pertanian apa saja yang cocok untuk kawasan pertanian tersebut.

Sekian informasi tentang peta curah hujan, makna, ciri, isi dan kegunaannya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional adalah lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang melaksanakan tanggung jawab pemerintah di bidang penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan dirgantara. Peta adalah gambaran umum permukaan bumi pada bidang datar, diperkecil menjadi skala tertentu dan ditandai dengan tulisan dan simbol untuk keperluan acuan. Ilmu peta adalah kartografi, dan orang yang ahli dalam membuat peta disebut kartografer.

Judul peta adalah nama peta atau nama daerah yang digambarkan. Judul peta terletak di tengah atas atau pojok kanan atas peta (tergantung besar kecilnya peta).

Baca Juga  Dalam Penyajian Data Untuk Memudahkan Pembaca Maka Kita Harus Membuat

Pdf) Kartografi Dan Geovisualisasi

Skala merupakan perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di lapangan. Skala peta dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.

Komponen ini berperan sebagai penunjuk arah mata angin yaitu Utara, Timur Laut, Timur, Tenggara, Selatan, Barat Daya, Barat, Barat Laut. Elemen penunjuk arah pada peta biasanya berbentuk panah yang mengarah ke utara.

Simbol yang digunakan untuk menunjuk fenomena yang terjadi pada suatu wilayah, dengan makna yang dapat dimengerti oleh banyak orang (pengguna peta).

Legenda adalah deskripsi simbol peta yang digunakan untuk membantu pembaca memahaminya. Biasanya legenda terletak di sisi kiri atau kanan bawah peta, sebaiknya di dalam garis besarnya.

Tuliskan Dan Jelaskan Komponen Dari Peta??

Garis astronomi terdiri dari garis lintang dan garis bujur. Garis astronomi berguna untuk mengetahui posisi absolut suatu objek pada peta induk. Tanda koordinat garis astronomi biasanya diwakili oleh garis pendek yang memotong garis tepi.

Sisipan menunjukkan lokasi area yang dipetakan pada posisinya relatif terhadap lingkungan sekitar yang lebih luas. Sisipan adalah peta kecil yang diletakkan di sebelah kiri, kanan, atau di bawah peta yang diberi batas. Tujuan dari inset adalah untuk menjelaskan bagian-bagian peta dan menunjukkan lokasi-lokasi penting namun kurang jelas pada peta.

Sumber peta dicantumkan agar pembaca dapat mengetahui dari mana sumber peta diperoleh dan dibuat. Tahun pembuatan sangatlah penting, terutama untuk peta yang menampilkan data atau situasi yang berubah dengan cepat, seperti data kependudukan. Distribusi, kepadatan penduduk dan penggunaan lahan. Tahun pada peta akan mempengaruhi keakuratan data peta tematik.

Cara menggambar garis meridian dan garis sejajar bola bumi ke bidang datar. Contoh sederhana pembuatan peta proyeksi seperti mengupas jeruk lalu melipat kulit jeruk. Lihatlah gambar di bawah ini!

Komponen Komponen Dalam Peta, Judul, Petunjuk Arah, Skala Dan Lainnya

Proyeksi puncak ini mempunyai bidang datar. Proyeksi puncak cocok untuk memetakan wilayah kutub, namun akan menunjukkan deviasi yang besar jika digunakan untuk mencitrakan wilayah sekitar ekuator.

Proyeksi kerucut mempunyai bidang proyeksi berbentuk kerucut. Proyeksi ini cocok untuk menggambarkan wilayah lintang tengah seperti negara-negara di Eropa.

Proyeksi silinder mempunyai bidang proyeksi berbentuk silinder. Proyeksi jenis ini sangat baik untuk memetakan wilayah di sekitar khatulistiwa dan tidak cocok untuk memetakan wilayah di sekitar kutub.

Proyeksi berbentuk silinder melewati pusat bumi sehingga cocok untuk memproyeksikan wilayah khatulistiwa. Jika proyeksi didekatkan ke permukaan tanah, maka akan terekam dengan jelas wilayah ekuator.

Unsur Unsur Peta Beserta Penjelasannya, Siswa Wajib Tahu!

Aku Pintar adalah perusahaan IT yang bergerak di bidang pendidikan, perusahaan kami bernama PT. Saya orang Indonesia yang cerdas

Komponen peta, kitab yang menerangkan tentang pernikahan, jelaskan komponen peta, komponen pembuatan peta, dalam alquran yang menerangkan tentang infak adalah surah, komponen peta adalah, dalam alquran yang menerangkan tentang infaq adalah, ayat yang menerangkan tentang sedekah, hadits yang menerangkan tentang cinta, jelaskan 5 komponen peta, hadits yang menerangkan tentang kematian, sebutkan komponen peta