Landasan Hukum Tentang Lambang Negara Diatur Dalam – 1. Garuda Pancasila 2. Makna yang Terkandung dalam Lambang Negara Garuda Pancasila 3. Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Pancasila Bintang Berujung Lima Kuning Emas Rantai Pohon Beringin Kepala Banteng Beras dan Kapas.

Tanggal 1 Juni adalah hari lahir Pancasila. Saat yang tepat untuk memahami makna dan nilai yang terkandung dalam lambang negara Garuda Pancasila.

Landasan Hukum Tentang Lambang Negara Diatur Dalam

Mengutip Edu, tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. Karena pada hari itu, tahun 1945, Ir. Ir.Soekarno menjelaskan gagasan berdirinya dasar negara Pancasila.

Ad Amp Landasan Hukum Lpm A4

Hari Lahir Pancasila merupakan momen untuk menghormati dan mengingatkan masyarakat akan peristiwa penting persatuan bangsa yang tidak dapat dihapuskan dari jati diri bangsa.

Hari Lahir Pancasila merupakan peringatan yang dirayakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Secara umum, pemerintah menyarankan organisasi untuk merayakannya dengan upacara bendera.

Berdasarkan Surat Edaran Kepala Pusat Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 1 Tahun 2023 tentang Pedoman Perayaan Hari Lahirnya Pancasila Tahun 2023, tema yang diangkat adalah Kerjasama Membangun Pembangunan dan Pertumbuhan Dunia.

Menurut pemberitaan, lahirnya Pancasila bermula dari sebuah kasus yang digelar oleh Pusat Penelitian Upaya Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). BPUPKI mengadakan sidang pertamanya pada tanggal 29 Mei-1 Juni 1945 guna membahas rencana dasar pemerintahan.

Prepare For Usbn Pkn Kelas 9

Kemudian disempurnakan melalui Komite Sembilan yang menghasilkan Perjanjian Jakarta atau Piagam Jakarta, mengubah sila pertama dari “Ketuhanan Yang Maha Esa dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya” menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

Baca Juga  Matahari Terbit Dari Timur Dan Tenggelam Di Barat Termasuk Contoh

Dari sinilah lahir versi Pancasila yang kita kenal sampai sekarang. Hal itu dilakukan agar konstitusi pertama bisa lebih mencerminkan jati diri masyarakat Indonesia yang beragam agama.

Pancasila merupakan 5 nilai yang menjadi dasar negara Indonesia. Sebagai landasan dan ideologi bangsa, Pancasila tidak hanya sekedar identitas dan simbol, namun mempunyai banyak makna dan mencerminkan nilai-nilai kebaikan di dalamnya.

Mengutip buku Pendidikan Kewarganegaraan Perguruan Tinggi terbitan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, ketentuan lambang negara diatur dalam UU 24 Tahun 2009, Pasal 46 hingga Pasal 57.

Pasal 28 Uud 1945 Bersumber Pada Nilai Pancasila, Ini Penjelasannya

Garuda adalah burung Indonesia yang umum digunakan sebagai simbol nasional. Pada bagian tengah perisai burung Garuda terdapat garis hitam tebal yang menandai garis khatulistiwa. Pada perisai tersebut terdapat lima bidang yang meliputi Dasar Pancasila, yaitu bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, serta padi dan kapas.

Secara lengkap, berikut makna lambang Garuda Pancasila seperti dikutip dalam buku Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan yang diedit oleh Dr. H. Muhammad Rahmat, Sh., MH.

Burung Garuda melambangkan kekuatan dan gerak yang bertenaga, terlihat dari sayapnya yang lebar, siap terbang di angkasa. Dengan sayap lurus yang siap terbang ke angkasa melambangkan kekuatan dan semangat untuk memajukan nama baik bangsa dan negara Indonesia.

Apalagi warna utama kuning emas pada burung Garuda juga melambangkan maknanya. Warna ini melambangkan keluarga kerajaan. Artinya masyarakat Indonesia senantiasa menjunjung harkat dan martabat bangsa.

Manfaat Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Mahasiswa

Jumlah bulu pada burung Garuda juga cukup banyak. Terdapat 17 bulu di tangan kanan dan kiri burung Garuda yang melambangkan hari kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga  Dalam Lompat Jauh Saat Mendarat Di Bak Pasir Menggunakan

Selain itu pada ekor Garuda terdapat 8 buah bulu yang melambangkan bulan kedelapan yaitu bulan Agustus yang merupakan bulan kemerdekaan Indonesia.

Terdapat 19 bulu pada pangkal ekor dan 45 bulu pada leher burung Garuda yang jika digabung melambangkan tahun kemerdekaan 1945. Rangkaian angka ini jika digabungkan maka akan terbentuk 17.08.1945 atau 17 Agustus 1945 yang berarti Hari Kemerdekaan Indonesia.

Kutipan ini diambil dari buku Sutasoma karangan Empu Tantular. Dalam bahasa Sansekerta, Bhinneka Tunggal Ika berarti “berbeda, namun satu”. Slogan ini menjadi kekuatan Indonesia sebagai bangsa yang memiliki keberagaman ras, agama, budaya dan lain sebagainya.

Sejarah Berlakunya Hukum Pidana Di Dunia Hingga Masuk Ke Indonesia

Lambang perisai diartikan sebagai lambang perang dan perlindungan. Karena tameng merupakan alat pelindung yang biasa digunakan oleh prajurit untuk melindungi diri dari musuh.

Garis pemisah perisai paling atas ditampilkan sebagai garis khatulistiwa yang membagi kepulauan Indonesia. Selain itu perisai ini juga terbagi menjadi 5 bagian yang masing-masing melambangkan sila Pancasila.

Bintang berujung lima melambangkan sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Bintang bermakna agar WNI terus memperkuat keimanan dan komitmennya terhadap berbagai agama dan kepercayaan.

Oleh karena itu, nilai-nilai yang terkandung di dalamnya meliputi pandangan hidup beragama dan pandangan hidup di muka bumi, dengan meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan, toleransi dan kerukunan antar umat beragama serta saling menghormati.

Modul Twk Rosmaini

Rantai berwarna emas berbentuk persegi panjang dan melingkar melambangkan sila kedua kemanusiaan yang saleh dan beradab. Ini melambangkan makhluk yang terdiri dari seorang pria dan seorang wanita yang disatukan.

Hal ini diartikan sebagai kesetaraan masyarakat satu sama lain, bukan pada tingkat yang lebih tinggi atau lebih rendah dari bangsa lain. Oleh karena itu, nilai yang terkandung di dalamnya adalah hendaknya kita memberikan kasih sayang, tidak berlaku tidak adil, saling bertoleransi, saling menghormati, saling tolong menolong, membela kebenaran dan keadilan.

Baca Juga  Sumbu X Pada Sistem Koordinat Kartesius Disebut

Pohon beringin melambangkan sila ketiga persatuan Indonesia. Pohon beringin yang rimbun melambangkan tempat berlindung atau perlindungan, artinya masyarakat Indonesia bisa bersembunyi di bawah bayang-bayang tanah Indonesia.

Nilai-nilai dalam lambang ini adalah persatuan dan solidaritas, saling melindungi, rela berkorban, cinta tanah air, kebanggaan sebagai orang Indonesia, serta kebanggaan terhadap budaya bangsa.

Pembuatan Kop Surat Dan Stempel Untuk Pimpinan Saka (satuan Karya)

Kepala banteng melambangkan sila keempat yang berbunyi: Demokrasi dipimpin oleh kaum intelektual dalam partisipasi/representasi. Kepala banteng memiliki filosofi sebagai hewan sosial yang suka berkumpul, seperti yang dipikirkan masyarakat Indonesia dalam mengambil keputusan.

Dalam hal ini masyarakat sebagai individu dalam masyarakat mempunyai kedudukan, tanggung jawab, dan hak yang sama sebagai landasan kehidupan demokrasi, sebagai ciri khas Indonesia yaitu musyawarah mufakat yang dilakukan secara jujur ​​dan penuh tanggung jawab.

Prinsip-prinsip dalam sila keempat ini meliputi demokrasi, kesetaraan, pengutamaan kepentingan negara, tidak adanya paksaan, kemauan untuk mencapai mufakat, kerjasama dan semangat kekeluargaan, ekspresi harga diri, kejujuran dan tanggung jawab.

Beras dan kapas melambangkan sila kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Lambang padi sebagai lambang pangan dan kapas sebagai lambang sandang melambangkan makna bahwa syarat utama negara yang adil adalah rakyatnya bisa sama-sama meraih kesuksesan.

Kunci Jawaban Soal Uas Pendidikan Agama Islam Kelas 12

Prinsip ini memberikan insentif bagi para pemimpin untuk mengupayakan keberhasilan dan kesejahteraan yang adil dan setara bagi seluruh rakyat Indonesia. Nilai-nilai

Dengan demikian lambang negara Garuda Pancasila mempunyai makna sila Pancasila. Dengan kata lain, lambang negara yang digambarkan burung Garuda penting bagi Pancasila. Artinya lambang negara tidak dapat dipisahkan dari dasar negara Pancasila.

Hari lahir pankasila Hari lahir pankasila 2023 arti garuda pankasila arti garuda pankasila arti pankasila garuda pankasila hari apa pankasila 1 juni

Undang undang tentang lambang negara, lambang negara adalah garuda pancasila diatur pada pasal, landasan hukum administrasi negara, landasan hukum dalam pendidikan, landasan hukum negara, landasan hukum mengenai wilayah negara diatur dalam uud 1945 pasal, landasan hukum pertahanan negara, landasan hukum negara indonesia, landasan hukum tentang kewajiban membela negara, landasan hukum dalam usaha pembelaan negara, landasan hukum pancasila sebagai dasar negara, landasan hukum bela negara