Nama Lain Rumah Kebaya Adalah – – Budaya Betawi dikenal tidak hanya karena kuliner, tradisi, dan bahasanya saja. Namun, ada juga rumah adat yang memiliki sejarah dan makna tersendiri bagi masyarakatnya.

Salah satu rumah khas Betawi yang memiliki nama unik adalah Rumah Kebaya. Rumah ini memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat Betawi.

Nama Lain Rumah Kebaya Adalah

Filosofi rumah kebaya, karena struktur atap rumah jika dilihat dari samping mempunyai lipatan yang sangat mirip dengan kain kebaya. Sedangkan kain kebaya merupakan bahan tradisional Betawi yang masih digunakan oleh kaum perempuan dalam melakukan upacara adat.

Cerita Alpiah Mengenalkan Olahan Mangrove Bersama Kelompok Kebaya Muaragembong Bekasi (2023)

Keunikan struktur rumah ini adalah terdapat pondasi, pendopo atap, dinding dan hiasan lainnya. Selain itu, pondasi, balok, dan dinding rumah terbuat dari kayu. Lalu daun pintunya lebar.

Nah, teras inilah yang menjadi salah satu ciri rumah kebaya. Pasalnya di teras outdoor biasanya terdapat meja dan kursi yang berguna untuk menerima tamu atau bersantai bersama keluarga.

Pentingnya teras ini adalah agar masyarakat Betawi selalu terbuka dan selalu menghormati setiap tamu yang datang tanpa membeda-bedakan.

Artinya, meski masyarakat Betawi terbuka terhadap semua orang, namun tetap ada batasan untuk membedakan mana yang positif dan negatif.

Artis Malaysia Menikah Dalam Balutan Kebaya Sunda, Tuai Pujian Warganet

Rumah adat Betawi memiliki aturan bertemu keluarga di luar rumah. Namun ruang keluarga berada di luar rumah.

Srondoyan artinya dapur. Terletak di bagian belakang rumah, biasanya merupakan ruangan yang dipadukan dengan ruang makan, kamar mandi, dan ruang penyimpanan.

Di bagian samping rumah terdapat area makam keluarga. Hal ini dilakukan agar anggota keluarga yang masih hidup selalu ingat bahwa kematian akan datang.

Tangga yang menghubungkan gayogan ke luar rumah disebut balak suji yang artinya untuk mencegah bencana masuk ke dalam rumah. Rumah Kebaya merupakan salah satu dari sekian banyak rumah adat Betawi yang ada di DKI Jakarta. Sebagai rumah adat suku Betawi, Rumah Kebaya mempunyai ciri-ciri yang cukup khas. Terasnya yang luas bisa dijadikan sebagai tempat menerima tamu dan bersantai bersama keluarga. Inilah salah satu keistimewaan Rumah Kebaya.

Baca Juga  Mengapa Proses Pencernaan Sapi Sangat Rumit

Fakta Menarik Soal Rumah Adat Betawi Yang Belum Kamu Ketahui

Betawi sendiri merupakan nama lain dari Batavia yang dulunya merupakan julukan untuk Jakarta. Pada sensus tahun 1930, pemerintah kolonial Belanda melakukan sensus. Mereka mengetahui keberadaan suku Betawi hanya karena mereka saat itu tinggal di Batavia.

Etnis Betawi sendiri merupakan campuran dari banyak kombinasi multietnis dari beberapa daerah seperti Jawa, Bali, Makassar, dan Sunda yang didatangkan oleh pemerintah kolonial Belanda. Mereka yang tinggal lama di sana menikah.

Rumah Kebaya sendiri juga tidak bisa dilepaskan dari budaya dari berbagai daerah dan suku. Arsitektur Rumah Kebaya memiliki kemiripan dengan Rumah Joglo dari Jawa Tengah.

Selain itu, laporan dari beberapa sumber juga menyebutkan bahwa Rumah Kebaya memiliki arsitektur yang mengingatkan pada rumah panggung Sunda. Kebudayaan internasional sendiri tidak lepas dari ornamen dan dekorasi yang digunakan masyarakat Betawi, seperti pintu dan jendela yang dipinjam dari Arab, Eropa, dan China.

Jawaban Plbj Kelas 4 Halaman 41 Dan 42​

Rumah Kebaya memang dipengaruhi oleh budaya dari berbagai daerah, baik lokal maupun internasional. Jika dicermati lebih jauh, dekorasi yang ada di Rumah Kebaya mempunyai sisi estetika yang menarik untuk ditelusuri.

Rumah adat Betawi. Gigi Balang sendiri melambangkan masyarakat Betawi yang bekerja keras dan memiliki pertahanan yang cukup kuat.

Selain itu, bentuk atap rumah yang menyerupai pelana yang dilipat membuat rumah adat di Jakarta disebut Rumah Kebaya karena bentuknya yang seperti kebaya lipatan. Keunikan lainnya adalah bungee yang ibarat bunga matahari dengan filosofi sebagai sumber kehidupannya.

Rumah adat DKI Jakarta ini juga memiliki banyak hiasan dinding pemisah teras dan hiasan dinding khusus, terutama untuk ventilasi dinding depan rumah. Ciri khas lain dari bagian depan rumah adalah adanya 3 anak tangga menuju ke bagian depan rumah. Area ini merupakan ruang komunal untuk menerima tamu, biasanya terdiri dari kursi dan meja kayu.

Nama Rumah Adat Maluku Utara, Gambar Dan Keunikannya Budayanesia

Seperti yang sudah dijelaskan, Rumah Kebaya memiliki beberapa ciri rumah adat daerah, yaitu:

Selain Rumah Kebaya, masih ada sejumlah rumah adat Betawi lainnya yaitu Rumah Joglo, Rumah Panggung, dan Rumah Toko.

LABEL : Kabar Gembira dari Indonesia Kabar Gembira dari Indonesia Mengenal Indonesia Rumah Kebaya Suku Betawi Humaniora Rumah Adat Betawi DKI Rumah Adat di Jakarta Rumah Adat

Jika Anda tertarik membaca artikel Nasuh Ali lainnya, klik link ini untuk melihat arsip artikel Nasuh Ali. Artikel ini merupakan pratinjau Wikipedia hasil kolaborasi antara Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Baca Juga  Sebutkan 3 Judul Lagu Bertema Lingkungan

Berikut 34 Rumah Adat Di Indonesia Dan Penjelasannya

Terdapat review artikel oleh Teman 1. Tambahkan caption pada gambar terlampir (sebutkan sumber gambar). Terima kasih telah berbagi kabar positif untuk Indonesia.

Terima kasih telah melaporkan penyalahgunaan yang melanggar aturan atau gaya penulisan di GNFI. Kami terus berupaya agar GNFI terbebas dari konten-konten yang tidak seharusnya ada di sini. Mendengar kata Jakarta biasanya yang terlintas di benak kita adalah gedung-gedung tinggi, rumah-rumah modern, teknologi canggih, bahkan kemacetan lalu lintas. DKI Jakarta yang didominasi suku Betawi juga memiliki budaya yang mirip dengan negara lain. Seperti halnya rumah adat, Jakarta juga memiliki bangunan-bangunan terkenal yang memiliki makna filosofis tersendiri. Namun seiring berjalannya waktu, rumah adat sudah jarang terlihat di Jakarta karena adanya tren atau pengaruh budaya asing.

Sebagai generasi penerus bangsa kita harus terus menjaga budaya dan adat istiadat daerah yang kita tinggali, maka dari itu kami rangkum gambar dan nama rumah adat DKI Jakarta beserta nilai filosofisnya. Ingin tahu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Rumah Kebaya atau Rumah Bapang merupakan rumah adat Betawi asli yang terinspirasi dari kebaya. Dilihat dari samping, atap pelana rumah ini berbentuk seperti lipatan rok kebaya. Rumah kebaya identik dengan teras yang luas, terdapat meja dan kursi, artinya masyarakat Betawi akan terbuka dan menghargai setiap orang yang datang. Selain itu, rumah kebaya juga dikelilingi pagar, artinya meski terbuka untuk semua orang, masyarakat Betawi juga mempunyai batasan terhadap hal-hal yang bersifat negatif.

Parade Berkebaya Nasional 2022, Ny Romy Mariani: Perempuan Dairi Bangga Kenakan Pakaian Pakpak

Di setiap sudut rumah kebaya banyak terdapat dekorasi yang menjadi penanda rumah adat, seperti gigi pesta dan bungee. Gigi balang merupakan papan berbentuk segitiga yang bentuknya menyerupai gigi belalang. Ornamen ini merupakan simbol suku Betawi yang bagaikan belalang, menjaga kejujuran dan kerja keras. Sedangkan hiasan banja berbentuk tanaman seperti bunga matahari. Bunga matahari merupakan sumber kehidupan dan cahaya, sehingga penghuni rumah mempunyai pikiran dan jiwa yang tajam, oleh karena itu menjadi teladan bagi penghuni di sekitarnya.

Rumah panggung biasanya dibangun oleh masyarakat Betawi yang tinggal di pesisir pantai, seperti nelayan. Bangunannya berbentuk seperti rumah panggung dengan banyak tiang kayu tinggi di bawahnya. Rumah ini dibangun untuk melindungi dari banjir air laut dan gelombang tinggi. Penopang rumah ini terbuat dari tiang-tiang kayu atau bambu yang terletak pada ketinggian 1-1,5 meter di atas permukaan tanah. Jumlah tiang juga disesuaikan dengan ukuran bangunan.

Baca Juga  Eksplorasi Pola Lantai Untuk Tari Berpasangan Harus Dilakukan Minimal Oleh

Panggung juga memiliki Balaksuji, atau tangga, yang melaluinya seseorang dapat memasuki rumah. Balaksuji dirancang untuk memblokir bencana memasuki rumah Anda. Selain itu, Balaksuji merupakan sarana pembersihan diri sebelum masuk ke dalam rumah.

Bentuk atap rumah ini mirip dengan bangunan tradisional Jawa. Bedanya, rumah adat di Betawi ini tidak memiliki tiang penyangga seperti rumah joglo di Jawa Tengah. Rumah Joglo berbentuk persegi dan terbagi menjadi tiga ruangan, yaitu ruang depan untuk menerima tamu, ruang tengah untuk berkumpul bersama keluarga, dan ruang belakang yang terdapat dapur dan kamar mandi.

Macam Rumah Adat Jakarta Dan Gambarnya

Karena mengandung unsur rumah tinggal yang lengkap, rumah adat ini mempunyai nilai filosofis tersendiri yang biasanya hanya dimiliki oleh keluarga ternama dan kaya raya. Kebanyakan rumah-rumah tersebut berlokasi di perkotaan. Namun seiring berjalannya waktu, rumah ini beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya.

Rumah Gudang merupakan rumah adat Betawi yang masih belum tersentuh pengaruh budaya lain. Pasalnya, lokasi rumah ini terpencil dan sulit ditemukan. Rumah ini mempunyai bentuk persegi panjang. Atap rumah berbentuk seperti pelana kuda dan disusun dalam bentuk kisi-kisi. Di depan rumah terdapat atap miring yang disebut marcas atau het. Tenda ini tahan terhadap sinar matahari dan air hujan.

Berbeda dengan rumah adat Betawi lainnya, rumah ini hanya memiliki dua bagian yaitu bagian depan dan tengah. Sedangkan bagian belakang menyambung ke tengah. Ruang depan digunakan untuk menerima tamu. Sedangkan ruang tengah biasanya digunakan sebagai ruang berkumpul keluarga.

Inilah gambar dan nama rumah adat betawi di DKI Jakarta beserta nilai filosofisnya. Semoga dapat menambah pengetahuan anda tentang Jakarta, Bela Disebut rumah kebaya karena bentuk atapnya seperti pelana yang dilipat, dan jika dilihat dari samping lipatannya terlihat seperti lipatan kebaya.

Mengenal 4 Rumah Adat Betawi, Salah Satunya Ada Di Sinetron Si Doel Anak Sekolahan

Selain Rumah Kebaya, suku Betawi juga mempunyai rumah adat lainnya seperti Rumah Gudang, Rumah Joglo, dan Rumah Panggung.

Ciri khas rumah ini adalah memiliki teras yang luas, digunakan untuk menerima tamu dan sebagai tempat bersantai keluarga.

Dinding rumah terbuat dari panel yang bisa dibuka dan digeser ke pinggir. Hal ini bertujuan agar rumah tampak lebih luas.

Karena sifatnya, rumah ini dapat dibagi menjadi dua bagian, bagian depannya bersifat semi publik, sehingga semua orang dapat melihat betapa indah dan sejuknya rumah ini.

Nama Rumah Adat Pada Gambar Dibawah Ini Adalah …. *o A. Rumah Jogloo B. Rumah Kebayao C. Rumah

Bahan penutup atap rumah adalah genteng atau atep (anyaman daun kirai), struktur balok dan tiang (balok kayu mendatar yang dipasang pada rangka), dari kayu gowok (Syzygium Polycephalum), atau kayu kecapi (Sandoricum Koetjape). Kayu nangka tua (Artocarpus Heterophyllus Lamk) digunakan pada balok tepi terutama pada dinding luar, sedangkan pada balok (balok kayu berukuran 4 cm x 6 cm atau 5 cm x 7 cm yang berfungsi sebagai penyangga slat) dan papan ( balok kayu ukuran 2 cm x 3 cm atau 3 cm x

Nama lain dari penyakit raja singa adalah, nama lain baking powder adalah, nama lain tepung tapioka adalah, nama lain ranjang rumah sakit, nama lain alquran adalah, nama lain daun sage adalah, nama lain habbatussauda adalah, nama lain tepung sagu adalah, pegagan adalah nama lain untuk, nama lain asean adalah, nama lain ikan kutuk adalah, nama lain dari penyakit kelamin sifilis adalah