Nama-nama Allah Dalam Asmaul Husna Menunjukkan Sebagai Puncak Keindahan Karena – Mengenal Allah Ta’ala dan mempelajari Nama-nama-Nya, Sifat-sifat-Nya dan Perbuatan-Nya adalah cabang terbesar dari ilmu agama. Karena yang dibicarakan adalah Allah Ta’ala Yang Maha Tinggi. Harapkan wajahnya menjadi puncak tujuan. Beribadah kepada-Nya adalah amal yang paling besar. Dan memuji Tuhan dengan Nama dan Sifat-Nya adalah ucapan yang paling indah. (Fiqh Asma’ul Husna, Syaikh ‘Abdurrazzaq Al Badr, halaman 16)

Allah Ta’ala berfirman (artinya), “Dan nama-nama yang indah adalah milik Allah” (QS. Al A’raaf: 180). Al Husna dalam ayat ini berarti yang terindah mencapai puncak kesempurnaan, karena nama-nama tersebut mengandung sifat-sifat kesempurnaan yang tidak ada kekurangannya sedikit pun. Misalnya, nama Al Hayyu berarti Tuhan hidup dengan kehidupan yang sempurna dan tidak menghilang. Demikian juga kesempurnaan nama-nama Tuhan lainnya. (Al Qowa’idul Mutsla, Syaikh Muhammad bin Salih Al ‘Utsaimin, halaman 11).

Nama-nama Allah Dalam Asmaul Husna Menunjukkan Sebagai Puncak Keindahan Karena

Allah Ta’ala juga (tafsir) berfirman, “Katakanlah, jika lautan menjadi tinta untuk menulis kalimat-kalimat Tuhanku, maka lautan akan habis sebelum kalimat-kalimat Tuhan kita dituliskan, meskipun kita membawa begitu banyak.” (QS. Al Kahfi: 109).

Arti Nama Allah: Al Mu’min

Syekh Abdurrahman bin Nashir As Saadi menjelaskan bahwa ayat ini menunjukkan kebesaran Allah dan betapa luasnya sifat-sifat Allah. Tuhan menyamakan semua lautan dengan tinta dan dalam ayat Al-Qur’an lainnya Tuhan menyamakan semua pohon di dunia dengan pena. Ini untuk mendekatkan pemahaman kita. Karena lautan dan pepohonan adalah makhluk hidup, maka tidak peduli berapa banyak makhluk hidup yang ada, jumlahnya pasti terbatas. Adapun sifat non-makhluk Tuhan, jumlahnya tidak terbatas. Dan Tuhan lebih unggul dari semua makhluk-Nya. Juga semua atribut-Nya seperti pengetahuan, kebijaksanaan, kekuatan dan cinta-Nya. Oleh karena itu, jika pengetahuan tentang semua makhluk hidup dari awal hingga akhir, pengetahuan tentang udara dan bumi, yang terkandung dalam luasnya lautan, memang tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan pengetahuan tentang Tuhan seperti tinta. . Begitu juga dengan sifat-sifat Tuhan lainnya. (Taisiirul Karimir Rahman hal.459-460)

Artinya lafalnya mengacu pada nama Tuhan dan maknanya merujuk pada sifat-sifat Tuhan. Misalnya nama ‘Al ‘Alim’. Artinya, salah satu nama Allah adalah ‘Al ‘Alim’ dan Allah memiliki sifat ‘Alim (Mengetahui). (Al Qawaidul Mutsla, halaman 13).

Baca Juga  Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Syekh Abdurrahman bin Nashir menjelaskan surat al-A’raf ayat 180, seperti halnya Saadi, nama-nama Allah disebut nama husna karena setiap nama memiliki sifat-sifat yang sangat baik dan sempurna. Jika kata benda tidak memiliki atribut, itu tidak disebut Husna. Juga, jika kata benda mengandung atribut tetapi bukan atribut yang sempurna, kata benda tersebut tidak disebut husna. (Taisirul Karimir Rahman, hal. 287).

Sifat-sifat Allah tidak bertentangan dengan nama-Nya. Tidak seperti manusia, banyak karakteristik mereka yang bertentangan dengan nama mereka. Ada seorang bernama Ahmad (terpuji), tapi dia bukan orang yang terpuji. Ada lagi yang bernama Sobirin (pasien yang sama), tapi dia bukan pasien, dan seterusnya.

Kelas 7 Akhidah

Beberapa orang mengatakan bahwa Allah memiliki 99 nama. Mereka berdebat dengan sabda Rasulullah SAW, “Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama dan siapa yang membacanya akan masuk surga” (HR .Bukhari no. 7392). Imam An Nawawi rahimahullah menjelaskan arti meng-ahsha’ untuk mengingatnya, memahami artinya dan berbuat baik dengan kandungan nama tersebut. (Fiqh Asma’ul Husna, Hal 77).

Makna dari hadits ini adalah siapa saja yang menyebut 99 nama Allah akan masuk surga. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa Tuhan memiliki nama selain dari 99 nama tersebut. Seperti yang kita katakan “Saya punya 99 dirham untuk diberikan”. Jadi tidak menutup kemungkinan saya memiliki dirham lain yang tidak saya berikan. (Fiqh Asma’ul Husna, hlm. 71-72).

Ada beberapa hadis lain yang menunjukkan bahwa nama Tuhan tidak terbatas pada angka tertentu. Diantaranya adalah doa Rasulullah SAW, semoga Allah memberkahinya dan memberinya kedamaian, “Allah, aku memohon kepada-Mu dengan segala nama yang Engkau namai atau yang Engkau turunkan dalam Kitab-Mu. , atau Nama yang Engkau simpan di sisi-Mu?” ?(HR. Ahmad no. 391 shahih). Dalam hadits ini disebutkan bahwa nama-nama Allah yang tersimpan dan hanya Allah yang mengetahuinya.

Al-Aziz Al Hakim, Al Ghani Al Hameed, Al Gofur Ar Rahim dan masih banyak lagi nama-nama Allah yang dipasangkan di berbagai tempat dalam Al Quran dan Sunnah. Tidak diragukan lagi bahwa kombinasi dari nama-nama ini menunjukkan keagungan dan manfaat penting dari kesempurnaan memuji Allah Ta’ala. Nama Al ‘Aziz Al Hakim berarti kekuasaan Tuhan (‘Izzah Allah)’ yang penuh hikmah, kekuatan makhluk/’izzah tanpa penindasan. Nama Al Ghaniy Al Hamid berarti bahwa Tuhan layak dipuji (Hamid) yang sempurna serta pujian yang kaya (Ghaniy). Apakah seseorang mensyukuri nikmat Allah atau memuji Allah atas sifat-sifat yang diberikan kepadanya, pujian orang yang bersyukur dan pemuji itu tidak menambah sama sekali kerajaan Allah. Karena Allah Maha Kaya yang tidak membutuhkan hamba-Nya. Sesungguhnya hamba membutuhkan Tuhan Yang Maha Esa. (Fiqh Asma’ul Husna, hlm. 50-51).

Baca Juga  Fungsi Utama Dari Otot Manusia Adalah Untuk

Bacaan Asmaul Husna Dan Amalan Mempelajarinya Bagi Muslim

Syekh Abdurrahman bin Nashir As Saadi menjelaskan bahwa shalat dengan nama Allah Husna meliputi shalat ibadah dan shalat permohonan. Diantaranya adalah menanyakan nama-nama Allah yang cocok untuk sesuatu. Misalnya, berdoa “Allahumma-ghfirlī warhamnī, innaka ghafūrun rohīm,” yang berarti “Ya Allah ampunilah aku dan cintailah aku, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan Maha Penyayang.” (Taisiirul Kariimir Rahmaan, hal. 287-288). Tidak boleh mengulang Asma’ul Husna beberapa kali, misalnya Ya Allah berkali-kali, Ya Rahman berkali-kali dan selebihnya tanpa dalil.

Dengan cara yang sama, kami mencoba untuk meniru isi nama-nama Tuhan yang dapat ditiru atau ditiru. Misalnya Al ‘Afwu (yang maha pemaaf) dan Allah menyukai sikap pemaaf, Al Kariim (yang paling dermawan) dan Allah menyukai sikap yang baik hati, maka hendaknya kita menghiasi diri dengan sifat pemaaf dan manusiawi. Tentunya dengan konten yang bermakna yang cocok untuk seorang karyawan.

Kita memohon petunjuk dari Allah Ta’ala agar kita mengenal-Nya, mencintai-Nya dan menunaikan kewajiban kita sebagai hamba-Nya. Sesungguhnya Allah-lah yang memberi petunjuk kepada hamba yang dikehendaki-Nya, dan Allah-lah yang mengabulkan setiap permintaan. Ya, Asmal Husna adalah nama-nama Allah yang paling indah. Totalnya ada 99.

Istilah asmaul husna yang dikutip dari Lama bermadakwah.net dalam Al-Qur’an disebutkan empat kali dalam Surat Al Araf 180, Al Isra ayat 110, Thaha 8 dan Al Hasyr ayat 24. Berikut artikelnya:

Berapakah Jumlah Asmaul Husna Yang Dimiliki Allah Swt?

Baca Juga: Terbaru, Harga Emas Hari Ini Rabu 7 Oktober 2020, Harga Emas Beberapa Naik, Turun dan Stabil

“Asmaul Husna hanya milik Allah, maka berdoalah kepada-Nya dengan mengatakan bahwa Asmaul Husna. Tinggalkan orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dengan (menyebut) Nama-nama-Nya. Maka mereka akan mendapat pahala atas apa yang seharusnya mereka lakukan.”

Katakanlah: “Serulah kepada Allah atau panggillah Ar Rahman. Apapun nama Anda memanggilnya, dia memiliki asmal husna (nama terbaik), tinggikan suara Anda dalam doa dan jangan turunkan, cari jalan tengah di antara keduanya). “.

“Dia adalah Pencipta, Pencipta, Pembentuk, Asmaul Husna. Segala puji bagi Yang Esa di langit dan di bumi. Dan Dialah Yang Teguh lagi Maha Bijaksana.” Tuhan memberkati. ***

Baca Juga  Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Unsur-unsur Perlindungan Hukum Adalah

Asmaul Husna: Jumlah, Arti Dan Keutamaannya

7 SMA Terbaik di Kabupaten Tangerang Cek LTMPT dan Peringkat Nilai UTBK Tertinggi dan Terbaru 2023 Disini

Attack on Titan Season 4 Part 3 Episode 2 Kapan resmi tayang di Indonesia? Simak jadwal tayang dan sinopsisnya

Jadwal Acara Indosiar Hari Ini Kamis 16 Maret 2023 : Nonton Asian Mega Movie, Kisah Nyata, Dobel Live BRI Liga 1

Hasil Akhir Uzbekistan U20 vs Korea Selatan U20 Asia Cup 2023 Live Score Uzbekistan vs Korea Selatan Daftar Pemenang 99 Asmaul Husna Inilah yang perlu Anda ketahui! Karena ketika kita mengamalkan kebaikan tersebut secara tidak langsung, kita juga mengamalkan sifat-sifat baik dari Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT yang juga kita sebut Asmaul husna. Nama-nama yang menjadi ciri sifat Allah SWT merupakan kumpulan nama-nama yang indah dan baik yang dapat kita temukan dalam Kitab Suci Al-Qur’an, dengan mempelajarinya kita akan mengetahui nama-nama Asmaul Husna dan memberi kita informasi baru. Seseorang yang menjalankan agamanya dengan baik.

Lima Nama Allah Yang Menunjukkan Allah Mahaadil

Dan perlu diketahui juga bahwa ia terdiri dari 99 nama indah yang melambangkan sifat-sifat yang wajib bagi Allah SWT. Namun, apakah Anda sudah menyebut nama-nama Allah SWT atau asmaul husna secara umum? Jika belum, pada pembahasan kali ini sobat disajikan daftar 99 Asmaul husna beserta sejarah dan makna nama-nama baik Allah SWT.

Kata Asmaul Husna berasal dari kata Arab Al-Asma’u yang artinya nama, banyak nama dan al-Husna artinya baik, indah. Asmaul Husna adalah nama-nama Allah yang paling indah. Asmaul Husna hanya milik Allah semata menurut kemuliaan dan keagungan-Nya. Kalaupun ada orang yang namanya mirip Asmaul Husna, namanya sama. Asmaul Husna Allah itu sempurna, dan nama seseorang banyak cacatnya, dan tidak berdasarkan keadaan.

Dalam Al-Qur’an, Allah menjelaskan bahwa Asmaul Husna adalah Nama dan Sifat di dalamnya, seperti dalam At-Taha: 8, yang artinya:

Kemudian Allah juga menjelaskan dalam Surat al-Baqarah: 31 yang artinya “yang mengajarkan kepada Adam nama-nama” dan menyeru manusia untuk mengucapkan Asmaul Husna dalam shalat, hal ini dijelaskan dalam Surat al-Araf: 130 yang artinya “nama- nama Allah Indah, berdoa untuk menyebutkan nama-nama ini kepadanya.”

Asmaul Husna Al Azhim, Makna, Pengertian Dan Hikmah Dalam Kehidupan Sehari Hari

Nama-nama Allah yang Indah adalah Asmaul Husna (Arab: الأسماع الحسنى, diterjemahkan al-asmā’ el-ḥusnā). Jumlah yang disebutkan dalam hadits hanya 99, tetapi Alquran juga memuat nama-nama Tuhan.

Asmaul husna artinya nama nama allah yg, asmaul husna menunjukkan, allah maha adil asmaul husna, arti nama nama allah di asmaul husna, asmaul husna nama nama allah yang, 99 nama allah asmaul husna beserta artinya, asmaul husna menunjukkan bahwa allah swt memiliki, asmaul husna allah, asmaul husna 99 nama allah dan artinya, allah maha mendengar asmaul husna, asmaul husna 99 nama allah download, nama2 allah asmaul husna