Polutan Udara Yang Berupa Cairan Dapat Membentuk – Pencemaran udara adalah keadaan dimana udara mengandung zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Zat yang menyebabkan pencemaran udara disebut polutan. Polutan dapat berasal dari sumber alami atau buatan manusia. Polutan dapat berupa gas, partikel, cairan atau zat radioaktif.

Gas yang tidak berwarna dan tidak berbau ini dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam. CO dapat mengikat hemoglobin dalam darah dan mengurangi kemampuan darah dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya organ vital seperti jantung dan otak bisa mengalami kekurangan oksigen sehingga menimbulkan gangguan kesehatan seperti pusing, mual, lemas, sesak napas bahkan kematian.

Polutan Udara Yang Berupa Cairan Dapat Membentuk

Gas berwarna kuning dan berbau menyengat ini dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil belerang seperti batu bara dan solar. SO2 dapat bereaksi dengan air dan oksigen di udara membentuk asam sulfat, salah satu komponen hujan asam. Hujan asam dapat merusak tanaman, bangunan, dan ekosistem perairan. SO2 juga dapat mengiritasi saluran pernafasan dan menyebabkan penyakit seperti asma, bronkitis dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Klasifikasi Bahan Buangan Udara

Gas yang terdiri dari nitrogen monoksida (NO) dan nitrogen dioksida (NO2) ini dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil pada kendaraan bermotor, industri, dan pembangkit listrik. NOx dapat bereaksi dengan air dan oksigen di udara membentuk asam nitrat, yang juga merupakan bagian dari hujan asam. NOx juga dapat bereaksi dengan senyawa organik yang mudah menguap (VOC) di udara membentuk ozon troposfer, suatu polutan sekunder yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mengetahui Keberadaan Gunung Sungai Dan Danau Pada Peta

Gas berwarna biru muda ini terbentuk dari reaksi NOx dan VOC di udara dengan bantuan sinar matahari. O3 berbeda dengan ozon stratosfer yang melindungi bumi dari radiasi ultraviolet. O3 troposfer bersifat korosif dan dapat merusak tanaman, karet, plastik, dan kain. O3 juga dapat mengiritasi mata, hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Paparan O3 dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko penyakit pernapasan kronis.

Senyawa tersebut merupakan gas pencemar yang mudah menguap ke udara. VOC berasal dari berbagai sumber, termasuk cat, pelarut, pestisida, kosmetik, pembersih rumah tangga, bensin, dan asap rokok. VOC dapat bereaksi dengan NOx membentuk O3 troposfer. VOC juga dapat menimbulkan dampak kesehatan langsung seperti sakit kepala, mual, iritasi mata, hidung dan tenggorokan serta gangguan saraf.

Polutan partikulat adalah polutan yang berbentuk padat atau cair dan berukuran cukup kecil untuk terbawa melalui udara. Beberapa contoh polutan partikulat adalah:

Mencermati Macam Macam Polutan Penyumbang Polusi Udara

Partikel kecil dari erosi tanah akibat angin atau air, aktivitas pertanian atau konstruksi, atau kebakaran hutan. Debu dapat mengurangi jarak pandang, menghambat fotosintesis tanaman dan menyebabkan iritasi mata dan pernafasan.

Campuran partikel dan gas yang dihasilkan dari pembakaran bahan organik seperti kayu, daun, sampah atau rokok. Asap dapat mengandung berbagai zat berbahaya seperti CO, NOx, SO2, VOC dan hidrokarbon polisiklik aromatik (PAH). Asap dapat menyebabkan dampak kesehatan yang serius seperti kanker paru-paru, penyakit jantung, dan stroke.

Partikel berwarna hitam akibat pembakaran tidak sempurna bahan bakar fosil seperti batu bara, solar atau kayu. Jelaga dapat menyerap sinar matahari dan meningkatkan suhu udara. Jelaga juga dapat mencemari permukaan benda dan menyebabkan gangguan pernafasan.

Baca Juga  Fpb Dari 24 Dan 36 Adalah

Partikel cair atau padat tersebar di udara. Aerosol dapat berasal dari sumber alami seperti debu vulkanik, garam laut, spora jamur, atau serbuk sari. Aerosol juga dapat berasal dari sumber buatan seperti knalpot mobil, industri atau pembangkit listrik. Aerosol dapat mempengaruhi iklim dengan memantulkan atau menyerap sinar matahari. Aerosol juga dapat berinteraksi dengan awan dan mempengaruhi siklus air.

Kegunaan Wardah Lightening Serum Ampoule

Cairan yang terbentuk dari reaksi antara SO2 dan air di udara. Asam sulfat merupakan komponen utama hujan asam yang dapat merusak lingkungan.

Cairan yang terbentuk akibat reaksi antara NOx dan air di udara. Asam nitrat juga merupakan salah satu komponen hujan asam yang dapat merusak lingkungan.

Bahan kimia yang digunakan untuk membunuh atau mengendalikan hama. Pestisida dapat terbawa angin atau air hujan dan mencemari udara. Pestisida dapat menjadi racun bagi manusia dan hewan.

Polutan radioaktif adalah polutan yang mempunyai sifat radioaktif dan mengeluarkan radiasi pengion. Beberapa contoh polutan radioaktif adalah:

Memahami Fenomena Hujan Asam, Penyebab Dan Proses Terjadinya

Gas radioaktif yang dihasilkan dari penguraian unsur radium di dalam tanah. Radon bisa masuk ke dalam rumah melalui celah di lantai atau dinding. Radon dapat menyebabkan kanker paru-paru jika terhirup.

Bahan radioaktif dari kecelakaan reaktor nuklir atau uji coba senjata nuklir. Cesium-137 dapat menyebar di udara dan mencemari tanah dan air. Cesium-137 dapat menyebabkan kanker dan kelainan genetik jika masuk ke dalam tubuh.

Polutan udara merupakan zat yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Polutan udara dapat berupa gas, partikel, cairan atau zat radioaktif. Pencemaran udara dapat berasal dari sumber alami maupun buatan manusia. Polutan udara dapat menimbulkan sejumlah dampak negatif, antara lain gangguan pernafasan, penyakit kronis, kerusakan lingkungan, perubahan iklim, dan bahaya radiasi.

Baca Juga  Jelaskan Cara Melakukan Gerak Spesifik Sikap Akhir Finish

Selain itu, di sini kami hadirkan alat yang dapat digunakan untuk mengukur atau menguji kualitas lingkungan. Anda dapat melihat daftar kendaraan di bawah ini.

Wali Kota Jaya Negara Lepas Penyemprotan Eco Enzyme Ke Seluruh Wilayah Kota Denpasar

Makanan yang dapat membentuk otot, barang bekas berikut yang dapat dibuat untuk kerajinan tangan berupa tas adalah, limbah botol plastik yang sudah tidak terpakai dapat kita jadikan kerajinan berupa, tanaman yang dapat membersihkan udara, olahraga yang dapat membentuk otot perut, pembangkit listrik yang dapat menimbulkan polusi udara adalah, bunyi atau suara yang sangat keras dapat memecahkan gendang telinga karena gendang telinga berupa, campuran yang dapat membentuk larutan penyangga adalah, jenis tanaman yang dapat membersihkan udara dalam ruangan adalah, sel yang dapat menangkap nitrogen dari udara pada cyanobacteria, pupuk organik dapat berupa kompos hijau dan kompos buatan yang berasal dari yaitu, norit dapat digunakan untuk mengobati sakit perut karena norit membentuk koloid yang mampu