Ringgit Adalah Upacara Adat Lampung Dalam Acara – SUMENEP – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengimbau warga di wilayah Kecamatan Kuta dan Kalyanjat tidak membuang sampah rumah tangga…

PESAWARAN – Putra Mahkota Pesawaran H. Dendi Ramadhona mengimbau kepada seluruh warga Kabupaten Pesawaran untuk mengisi bulan suci Ramadan dengan hal-hal yang positif. Ia menambahkan…

Ringgit Adalah Upacara Adat Lampung Dalam Acara

PESAWARAN – Sebagai warga Kabupaten Pesawan, kita patut berbangga. Itu karena Bumi Andan Jajama favorit kami memenangkan PPD Saburai terbaik…

Lamaran Adat Lampung Ala Putri And Nando

PESAWARAN – Satuan Reserse Narkoba Polres Pesawaran menangkap dua orang pelaku penyalahgunaan sabu-sabu, masing-masing berinisial DS (24 tahun), warga Banjar Agung Ilir, Ketch.

Kota Bogor | – Prosesi pernikahan dengan kostum adat Lampung digelar di Gedung Putri Ballroom, Kompleks Pariwisata ISKI, Jl. Raya Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Sabtu, 17 Desember 2022.

Pengantin wanita berasal dari Lampung, lahir di Bogor Regina Fabriani Rosdi A.M.D., dan mempelai pria bernama Taufiqulloh S.Ag., dari Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Mempelai wanita adalah anak pertama dari IPDA (Foran) Seh Ahmad, S.H., M.H., yang saat ini tergabung dalam Persatuan Media Bar Berantasonline.com Bogor, dan mempelai pria adalah anak kedua dari (Alm) Dr. H. Sodarto.

Mengenal Budaya Unik Adat Lampung Menjelang Pernikahan

Usai menggelar akad nikah di hadapan pejabat KUA Provinsi Bogor Timur, kedua sejoli itu mengikuti prosesi adat sunda swaran dan huap lingkung yang kemudian dipuncaki dengan prosesi pernikahan dalam balutan busana adat Lampung.

Dia didahului oleh seorang pemain biola yang menyanyikan lagu meriah, yang menarik perhatian kedua mempelai, yang diarak oleh keluarga berjalan menyusuri lorong. Para tamu berbaris memuji kedua mempelai yang berjalan dengan pakaian adat Sigar Lampung, sungguh cantik dan menawan.

Baca Juga  Apa Yang Dimaksud Dengan Ikhlas

Pada kesempatan tersebut, tampak hadir dalam acara tersebut Wakil Wali Kota Bogor Dadi Rachem, Aparat Kabupaten Lampung Barat, Paul Kesbang, Dr. Pangku Nazaroni, Pejabat Bupati Banten, Badan Pol Kesbang Gusiawan S.IP dan Hakim Agung Pengadilan Agama, Dr. Hotman Zohari, M.H.

Turut hadir Ketua Kerukunan Masyarakat Pesisir Barat Kabupaten Krui Lampung (KMKPB-KL) Dr. Alsaqiq Hafid, S.H., M.H., M.M., bersama Wakil Ketua Ahlal Bidawan, Sekjen Firdaus Zainuddin, S.H., Wakil Sekjen Ermen Patria dan bendahara KMKPB-KL Hj menghindari saya, hadir juga anggota Polres Pasir Barat, Lampung, Fraksi PDIP, Erwin Gustum.

Pagelaran Festival Budaya Adat Lampung ‘cangget Bara Festival’ Berlangsung Sukses

Selain itu, ia juga melihat Ketua Komite Pembina Keluarga Masyarakat (KMKL) Lampung Krui Dr. H. Bustanol Deham, M.Si., Ketua Dewan Pertimbangan KMKL Letkol (Purn) Apip Zakki, H.E., M.M.

Perayaan pernikahan berlangsung hingga sore hari, para tamu bubar dengan kesan mendalam dan puas kembali ke rumah masing-masing. ** Pernikahan Adat Pupadun Nagakok Moli Lampung dari dulu sampai sekarang masih dipertahankan oleh masyarakat di daerah ini. Pernikahan Adi M. Yusuf, S.S. Dan Rifada Arlistia yang berlangsung pada Rabu (13/02/2019) tampak megah dan bernilai tinggi dalam sebuah pernikahan dengan adat Lampung. Masyarakat Lampung memiliki tradisi adat yaitu Pupadun Ngakuk Muli ketika mengadakan resepsi pernikahan dalam suatu upacara, terdapat tata cara tertentu yang sarat dengan adat dan estetika.

Resepsi pernikahan Adi M.Yusuf, SH dan Bripda Arlistia digelar di Desa Tanjung Haran dengan konsep pernikahan adat Pupadun Ngakuk Muli, dihadiri oleh Ketua Masyarakat Adat Pupadun Tanggamus (IWAPTA), H. Juanto Muhajirin, SE., Pengurus IWAPTA Tanggamus, Bupati Pugong, Dr. Hardasiya, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tamu undangan.

Melihat pernikahan dengan konsep adat Pupadun Ngakuk Muli yang bernafaskan adat Lampung, membuat kedua mempelai serasa raja dan ratu dalam upacara pernikahan di hari itu. Tentunya dari segi riasan pengantin akan terlihat cantik, unik dan detail, dan anda harus bersabar. Tata rias dan busana pengantin menjadi ciri utama dari adat ini. Ada aturan khusus yang dibuat dalam akad nikah Pupadun Ngakuk Muli bagi warga Lampung.

Tradisi Ngarak Pengantin Di Sekampung Limo Mego Lampung Timur » Delik Peristiwa

Mulai dari tata rias, pakaian adat pengantin dan keluarga besarnya, tokoh adat, tokoh masyarakat, penyaji, personalisasi, dekorasi, menu jamuan yang disajikan kepada para tamu undangan, hingga musik dan hiburan yang mengiringi keseluruhan acara. Untuk kelengkapan pekerjaan pernikahan Adi M. Yusuf, S.S. dan di Rifada Arlistia.

Ketua Umum (IWAPTA) Tanggamus, H.Juanto Muhajirin, SE sangat mendukung pelestarian budaya asli suku Telu Pubian Lampung yaitu Sekkhakat, Temu Pupus dan Bungkukjadi yang terdiri dari 12 ekor buaya suku Pugung Tanggamus. Kebanggaan masyarakat Lampung inilah yang akan terus dilestarikan, generasi penerus harus menjaga dan melestarikannya agar tidak tergeser oleh kemajuan zaman, kata Ketua Iwapte.

Baca Juga  Air 500ml Berapa Gelas

Dalam acara adat Pupadun Ngakuk Muli, penambahan gelar atau aduk juga dilakukan untuk anak laki-laki dan perempuan yang sudah menikah dengan penduduk daerah ini.

Resepsi pernikahan Adi M.Yusuf, SH, putra Heri Ermawan Yusuf, anggota DPRD Tanggamus dan Neli Rustina, yang juga Kepala Desa Tanjung Heran Pekon, berlangsung meriah dan meriah dalam suasana adat Lampung. APRILampung merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki wisata alam terkenal seperti Taman Nasional Way Kambas dan Gunung Krakatau.

Tradisi Ngita Di Kabupaten Lampung Barat

Selain itu, pakaian adat Lampung juga merupakan salah satu budaya yang diakui oleh masyarakat Indonesia dari provinsi Lampung.

Atraksi lain selain seni budaya Lampung juga dikenal masyarakat luas. Lampung terbagi menjadi dua kelompok wilayah yang disebut komunitas Pepadun dan Saibatin.

Busana adat Lampung sangat sederhana, sehingga untuk membuat busana adat ini semakin menarik dan berkelas, dibuat aksesoris untuk melengkapinya.

Tak hanya kesan berkelas, aksesoris ini juga akan memberikan kesan eksotik dan mewah pada pakaian adat.

Pernikahan Adat Lampung Pepadun Dibalut Dalam Gelora Glamor Yang Istimewa

Namun, aksesoris pakaian pria dan wanita berbeda. Berikut ciri-ciri pakaian adat daerah Lampung yang dibedakan dari asesorisnya:

Kalung ini termasuk tiga piring perahu kecil yang disusun dengan cara berbeda. Arti rantai ini adalah proses kehidupan baru yang akan melewati generasi mendatang.

Kalung ini dilengkapi gantungan berbentuk miniatur buah yokum. Filosofi mata rantai ini cukup sederhana yaitu doa agar cepat mendapatkan anak/keturunan.

Rantai yang cukup panjang, termasuk gantungan berbentuk bunga atau buah. Pembawa buah pinang ini bisa dipadukan dengan kalung lain yang bentuknya sama.

Mengenal Pakaian Adat Lampung Pepadun Dan Saibatin Yang Bersahaja Dan Berkelas

Nama sabuk dari pakaian adat Lampung adalah pil serti. Sabuk ini berwarna kuning dilengkapi dengan pedang yang disebut Terapang. Terapang adalah senjata tradisional khas Lampung.

Gelang ini dikenakan di kedua tangan yang secara filosofis berarti panjang umur dan erat hubungannya, dalam kehidupan setelah menikah.

Bentuknya mirip dengan ban dengan makna filosofis, yaitu penghalang, terhadap segala perbuatan buruk yang dilakukan bahkan dalam kehidupan berumah tangga.

Gelang yang baru dipakai juga dipakai di tangan kanan dan kiri, dan pemakaiannya setelah gelang kano. Nilai filosofisnya adalah doa untuk melahirkan.

Upacara Adat Khas Lampung, Gambar, Makna Dan Penjelasannya

Cerutu yang digunakan oleh orang Civtin memiliki 7 jari-jari/alur, dan orang Papdon memiliki 9 jari-jari/alur.

Merupakan mahkota kecil yang memiliki 3 jeruji di bagian atas siger yang berjumlah 5 buah.

Baca Juga  Benda M

Ini adalah jenis perhiasan yang dikenakan di ujung telinga berbentuk kacang, dan memiliki dasar emas.

Perhiasan yang dikenakan pada senjata tersebut terdiri dari segala macam gelang yang meliputi gelang duri, sampan, burung dan biji-bijian.

Macam Pakaian Dan Perhiasan Adat Lampung

Perhiasannya terdiri dari kalung buah jokum, ringgit dan papan. Arti dari kalung Papanjaran adalah simbol baru bagi kedua mempelai.

Orang Papadon adalah penduduk asli Lampung yang tinggal di dataran tinggi Provinsi Lampung, dan merupakan orang yang tinggal di daerah pedalaman. Pakaian adat pria dan wanita Pepadun berwarna putih.

Biasanya pakaian adat ini dipakai dalam acara pernikahan. Bagian atas pakaian adat laki-laki memakai baju putih yang disebut khikat Akhir. Sedangkan bagian bawah menggunakan celana putih, kuas dan sarung thumpal.

Warna putih dan emas mendominasi pakaian adat wanita. Nama pakaian adat wanita tersebut adalah Selapai atau blus tanpa lengan yang dihiasi jumbai ringgit di bagian bawah.

Calon Bupati Lampung Tengah Nessy Kalviya Mustafa

Orang Sievtin adalah orang yang tinggal di daerah pesisir yang membentang dari timur ke barat. Warna pakaian adat Saibatin adalah merah dengan aksesoris emas dan perak.

Jumlah slot pada Siger yang digunakan ibu Saibatin dan Pepadun berbeda, namun bentuknya sama. Jumlah tanda hubung untuk wanita di Sievtin adalah 7 dan tanda hubung untuk wanita di Papdon adalah 9.

Kepala laki-laki dari pakaian tradisional Saibatin adalah topi yang terbuat dari kain tenun. Bentuknya unik karena melebar dan menyerupai tanduk.

Pakaian adat Lampung yang dikenakan oleh pria biasanya memiliki kesan polos dan sederhana. Namun tetap memiliki kesan kewibawaan dan kejantanan.

Lampung, Provinsi Dengan Dua Suku Masyarakat Yang Berbeda

Pakaian adat pria terdiri dari baju panjang berwarna putih atau merah, rok bordir, sarung tompal, kunyit dan celana panjang. Sarung Tompal berbentuk sarung khas Lampung dan cara pembuatannya ditenun dengan benang emas.

Pakaian adat Lampung untuk wanita hampir identik dengan pakaian yang dikenakan pria. Pakaiannya termasuk sarung rumbai atau sarung yang terbuat dari kain tenun tapis.

Kain tenun ini sudah ada sejak abad ke-11, mirip dengan sifat definitif pakaian adat daerah Lampung.

Ada juga Sleppai, yaitu kemeja tanpa lengan lainnya dengan hiasan rumbai ringgit yang diletakkan di tepi bawah kemeja.

Dendi Ajak Mpal Pesawaran Jaga Dan Lestarikan Adat Budaya Lampung

Tambahan lainnya adalah bebe yang merupakan benang sulam satin yang bentuknya mirip dengan bunga teratai yang mengambang.

Hampir setiap pakaian adat memiliki ciri khas dan filosofi tersendiri. Jika Anda tahu apa filosofinya, Anda bisa lebih menghargai dan melestarikan adat dan budaya Lampung.

Aksesoris yang akan dikenakan di atas pakaian tradisional pria meliputi hiasan kepala, bulu, perhiasan dada dan leher, dan perhiasan tangan.

Pengaturan cookie di situs web ini disetel ke “izinkan cookie” untuk memberi Anda pengalaman menjelajah terbaik. Jika Anda terus menggunakan situs web ini tanpa mengubah setelan cookie Anda atau jika Anda mengeklik “Terima” di bawah, Anda menyetujuinya.– Lampung adalah daerah di mana

Upacara Adat Begawi Lampung, Potensi Kearifan Lokal Berbasis Budaya

Acara adat lampung, contoh upacara adat sunda, upacara adat dibali, upacara adat di lampung, upacara adat, upacara siraman adat sunda, nama upacara adat lampung, upacara adat lampung, upacara adat sunda pernikahan, upacara adat dalam bahasa jawa, upacara adat adalah, upacara pernikahan adat lampung