Sebelum Melakukan Aktivitas Renang Gaya Punggung Yang Harus Dilakukan – Perenang Belanda, Maaike de Waard, pada semifinal gaya punggung 50m Kejuaraan Akuatik Eropa di Duna Arena, Budapest, Hongaria (18.5.2021). (AFP/Tobias Schwarz)

Halodoc, Jakarta – Berenang merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan di dalam air. Bagi sebagian orang, berenang merupakan aktivitas yang menyenangkan dan menyehatkan.

Sebelum Melakukan Aktivitas Renang Gaya Punggung Yang Harus Dilakukan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, renang adalah olahraga yang berupa lari cepat atau gerakan gemulai di dalam air dengan jarak tertentu, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Ketahui Teknik Dasar Renang Gaya Punggung

Berenang dapat digunakan sebagai sarana relaksasi dan olah raga. Untuk tujuan rekreasi, berenang biasanya dilakukan di kolam renang, sungai, danau, dan lautan. Tidak ada aturan khusus dalam hal ini.

Sedangkan untuk keperluan olah raga, renang merupakan sarana perlombaan dan mempunyai aturan-aturan tertentu yang harus dipatuhi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui dan memahami peraturan perlombaan renang.

Video News berbincang dengan Yosita Hapsari, atlet cantik dari dunia renang yang bercerita tentang hantu di Australia yang mirip dengan Pokong. Bagaimana dengan cerita yang menakutkan?

Perenang AS Caleb Dressel (kanan) bersama perenang Prancis Florent Manaudou saat final gaya bebas 50 meter di Olimpiade Tokyo 2020 pada 1 Agustus 2021 di Tokyo, Jepang. Mahasiswa American University of Florida ini pernah meraih medali emas di ajang bergengsi. (Foto AP/Jeff Roberson)

Teknik Dasar Renang Yang Wajib Dipelajari Pemula

Dalam gaya bebas, perenang dapat berenang dengan gaya apa pun kecuali gaya ganti individu atau gaya ganti estafet. Gaya bebas bukanlah gaya punggung, dada, atau gaya punggung.

Perenang Rusia, Evgeny Rylov, beraksi pada nomor gaya punggung Kejuaraan Akuatik Eropa di Duna Arena, Budapest, Hongaria, (21/5/2021). (AFP/Tobias Schwarz)

Atlet Indonesia Susie Indriani (belakang) saat final nomor kupu-kupu 100m putri S14 di Aquatic Center, Rabu (10/10). Susi mampu meraih medali perak dengan catatan waktu 1 menit 11,08 detik. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Baca Juga  Dibawah Ini Termasuk Manfaat Dari Penerapan Peta Minda Kecuali

Perenang Amerika Caleb Dressel saat final estafet gaya ganti 4×100 meter Olimpiade Tokyo 2020 pada 1 Agustus 2021 di Tokyo, Jepang. Di akhir seluruh perlombaan renang, pria kelahiran 16 Agustus 1996 itu berhasil meraih lima medali emas. (Foto AP/Gregory Bull)

Cara Sempurna Berenang Gaya Punggung: 9 Langkah (dengan Gambar)

Enam+ 01:31 Video: Etimnas Indonesia Sang Juara Piala Asia eFootball 2023 Tak Berharap Sambutan Luar Biasa dari Masyarakat

Foto: Paulo Henrique mencetak gol bunuh diri untuk menyamakan kedudukan saat Persebaya berbagi poin dengan Persita di BR Liga 1 2023/2024

Hasil PLN Mobile Proliga 2023 Hari Ini: Firma Fastron Pertamina Jakarta Puncak, Tuan Rumah BJB Tandamata Libas Bandung

Video: Jakarta BNI 46 akhiri putaran pertama PLN Mobile Proliga 2023 dengan kemenangan atas Bank Palembang Samsel Bebel

Teknik Dasar Renang Gaya Dada Yang Perlu Diketahui

5 Pemilik Klub dan Sosoknya yang Mengguncang Premier League Musim Ini, Bernilai Puluhan Triliun Rupee

12 pesepakbola kelas dunia saat ini menurut mantan bek Manchester United: Perwakilan Zero Red Devils

Foto: Gol Apik Christian Pulisic Gagal Selamatkan Rossoneri, AC Milan Terpaksa Tersingkir dari Monza di Liga Italia Kontributor: Rofi Ali Majid, – 21 September 2023 13:40 WIB | Diperbarui 25/09/2023 20:17 WIB

Menurut Federasi Renang Internasional, ada empat jenis gaya renang. Namun, ada banyak gaya yang hanya diketahui sedikit orang. Apa itu? Periksa di sini.

Sambungan Nya Kk..mksh!​

Gaya renang ada bermacam-macam, mulai dari gaya dada hingga gaya bebas, gaya renang yang berbeda-beda tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Berenang telah dikenal manusia sejak zaman dahulu. Sepanjang sejarah, keterampilan berenang telah dimanfaatkan oleh suku-suku untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari di pantai, danau, dan tepian sungai. Selain itu, keterampilan berenang telah lama diajarkan kepada pemuda dan tentara untuk keperluan pertahanan negara.

Bangsa Yunani dan Romawi kuno menjadikan keterampilan berenang sebagai kebutuhan penting dalam dunia militer. Prajurit dituntut menjadi perenang ulung untuk menjalankan strategi dalam pertempuran.

Sedangkan di Jepang, berenang merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai samurai. Tercatat pada tahun 36 SM

Renang Gaya Punggung

Saat ini banyak orang yang menjadikan berenang sebagai hobi untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Berenang dapat melatih sistem pernapasan, menambah tinggi badan, dan juga membakar kalori hingga membuat otot lebih kencang.

Saat kita berenang, otak memproduksi hormon endorfin yang membuat pikiran lebih rileks dan muncul perasaan bahagia. Selain itu, banyak sekali manfaat berenang.

Dalam praktiknya, berenang bisa dilakukan dengan berbagai gaya. Federasi Renang Internasional (FINA) membaginya menjadi empat gaya renang. Keempatnya adalah gaya bebas (

Baca Juga  Manfaat Dari Gerakan Tolakan Saat Melakukan Senam Lantai Adalah

Namun, ada banyak gaya renang yang belum diketahui masyarakat umum. Penjelasan lengkap mengenai macam-macam gaya renang adalah sebagai berikut:

Mengenal Olahraga Renang: Sejarah, Teknik Dan Manfaatnya

Renang gaya dada juga sering disebut gaya katak. Pasalnya, saat berenang, gerakan tangan dan kakinya seperti katak.

Perbedaan gerak manusia dengan katak pada renang gaya dada terjadi pada posisi meluncur. Saat meluncur gaya dada, kedua lengan dan kaki harus dalam posisi lurus. Gerakan ini berguna untuk mengurangi hambatan dan tekanan saat tubuh bergerak di dalam air.

Setelah meluncur, kaki dan lengan bergerak bersamaan. Kedua kaki ditarik ke samping, lutut ditekuk sehingga kedua kaki bertemu di belakang bokong. Kemudian untuk meluncur, buatlah cambuk dengan kedua kaki dan arahkan ke belakang.

Saat kedua kaki ditarik ke samping, kedua lengan juga ditarik ke samping hingga telapak tangan sejajar dengan bahu, lalu lurus kembali ke depan.

Latihan Renang Yang Perlu Anda Ketahui — Gymfitnessindo

Saat lengan ditarik ke samping, gerakan berlanjut, mendorong air ke belakang. Kemudian lengan ditarik ke dada dan lurus ke depan, sehingga badan bisa meluncur.

Ini merupakan gerakan gaya dada yang dilakukan secara berulang-ulang. Untuk fase pernapasan gaya dada, kepala diangkat ke atas permukaan air dengan lengan ditarik ke samping dan melintasi dada. Saat lengan dalam posisi lurus, kepala harus berada di dalam air.

Renang gaya samping merupakan salah satu jenis gaya renang yang jarang dilakukan oleh para perenang. Biasanya, renang gaya samping digunakan untuk tujuan rekreasi. Perenang hanya menggunakan satu sisi tubuh. Dalam gaya ini, satu tangan berada di dalam air dan tangan lainnya berada di atas permukaan air.

Tangan yang berada di dalam air biasanya melakukan gerakan memutar untuk memutar badan ke depan. Sedangkan tangan yang berada di atas air bergerak dengan nyaman ke arah kepala. Renang gaya samping tidak umum digunakan dalam kompetisi renang resmi dan mungkin banyak orang yang belum mengetahuinya.

Atlet Renang Tercantik: Federasi Dan Ukuran Kolam Organisasi.co.id

Kupu-kupu merupakan gaya renang terakhir yang dianut gaya dada. Dari segi kecepatan, gaya kupu-kupu dapat menghasilkan kecepatan yang lebih baik dibandingkan gaya dada, namun memerlukan tenaga tambahan yang lebih besar.

Pada saat anda berenang gaya kupu-kupu, posisi kakinya membentuk cambuk seperti ekor lumba-lumba, sehingga gaya ini juga sering disebut dengan gaya lumba-lumba.

Pergerakan kaki pada gaya kupu-kupu dilakukan dengan gerakan sendi pergelangan kaki dan kaki. Pertama, pinggang diturunkan lalu kaki diturunkan, sehingga air dapat terdorong ke bawah dengan cepat dan kuat. Setelah itu pinggang diperbesar sehingga kaki terangkat, lalu tindakan yang sama diulangi dari awal.

Baca Juga  Di Bawah Ini Semua Suara Wanita Kecuali

Sedangkan untuk menggerakkan tangan, tangan diangkat ke permukaan air, kemudian dilakukan gerakan menggenggam saat tangan kembali ke dalam air. Dengan demikian air terdorong ke belakang dan perenang terlempar ke depan.

Teknik Renang Gaya Bebas, Ketahui Sejarah Hingga Manfaatnya

Tindakan ini terjadi berulang kali saat berenang. Penghirupan dilakukan dengan tangan ditarik ke bahu. Pada saat itu Anda bisa mengangkat kepala ke atas air dan menghirup udara sebanyak mungkin. Saat kepala kembali masuk ke dalam air, udara mengalir keluar melalui mulut dan hidung secara bersamaan.

Gaya ini disebut “doggy style swim” karena gerakannya menyerupai gerakan anjing di dalam air. Saat berenang doggy style, kepala berada di atas permukaan air sedangkan kaki dan lengan melakukan gerakan mengayuh. Berenang doggy style dianggap sebagai salah satu gaya berenang yang paling mudah, terutama bagi pemula yang belum belajar berenang.

Berenang telentang dengan badan menghadap ke atas disebut renang gaya punggung. Renang gaya punggung dilakukan dengan posisi tubuh terlentang. Hal ini memudahkan kita bernapas karena wajah dan hidung tidak berada di dalam air. Namun karena mukanya menghadap ke atas, maka perenang sulit melihat ke depan saat gaya punggung.

Pada gaya punggung, pergerakan kaki dilakukan dengan cara mengayun secara bergantian antara kaki kanan dan kiri. Dalam hal ini posisi kaki lurus, lutut tidak ditekuk dan tidak ditarik ke samping. Kaki harus benar-benar lurus dan bergerak bergantian dari atas ke bawah.

Macam Gaya Renang Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Sedangkan pada gaya punggung terdapat tiga gerakan utama tangan yaitu menarik, mendorong, dan mundur.

Lengan ditarik ke depan, kemudian ketika berada di dalam air lengan didorong ke belakang sehingga menimbulkan percikan. Tindakan ini dilakukan bergantian antara tangan kanan dan kiri.

Renang gaya Trudgen sebenarnya merupakan salah satu jenis gaya bebas. Pada gaya ini, posisi kaki di dalam air seperti gunting, dengan posisi kaki bergantian ke atas dan ke bawah. Kedua lengan berada dalam posisi horizontal, dan saat kaki bergerak, salah satu lengan ditarik melintasi air dengan gerakan memutar seperti kincir. Lalu letakkan tangan lainnya di bawah tubuh di antara paha.

, Gerakan yang harus dilakukan hampir sama dengan gaya punggung. Namun renang gaya bebas dilakukan dengan cara memiringkan badan.

Memahami Teknik Dan Manfaat Renang Gaya Punggung

Pergerakan kaki dilakukan dengan mendorong kaki ke bawah satu per satu. Perlu diingat bahwa pada saat kaki diturunkan lutut tidak ditekuk, sehingga pada saat kedua kaki diturunkan secara bergantian tulang kering dan betis tetap pada posisi lurus.

Sedangkan gerakan tangan dilakukan dengan bergantian antara tangan kiri dan kanan seperti sedang mengakar perahu. Tangan ditarik ke depan, lalu ke dalam

Apa yang harus dilakukan sebelum menikah, cara melakukan start renang gaya punggung, bagaimana cara melakukan start renang gaya punggung, sebelum berangkat umroh apa yang harus dilakukan, yang harus dilakukan sebelum menikah, apa yang harus dilakukan jika punggung terasa sakit, persiapan yang harus dilakukan sebelum menikah, apa yang harus dilakukan sebelum medical check up, doa sebelum melakukan aktivitas, cara melakukan renang gaya punggung, materi renang gaya punggung, apa yang harus dilakukan sebelum smoothing rambut