Sebutkan 10 Negara Asean – Makalah Geografi Kelas 8 ini membahas tentang potensi sumber daya alam yang dimiliki masing-masing negara ASEAN.

Pernahkah Anda mendengar tentang ASEAN? ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) adalah perkumpulan negara-negara Asia Tenggara dalam bidang ekonomi dan geopolitik. Oleh karena itu, hanya negara-negara Asia Tenggara yang dapat bergabung dalam asosiasi ini. Namun, ada negara di kawasan Asia Tenggara yang belum menjadi anggota ASEAN lho! Negara ini adalah Timor Timur.

Sebutkan 10 Negara Asean

Faktanya, Timor Timur telah mengajukan permohonan untuk bergabung dengan ASEAN sejak tahun 2011. Namun merger masih dalam pembahasan di antara negara-negara anggota ASEAN lainnya.

Sekretariat Nasional Asean

Karena letaknya di kawasan yang sama, negara-negara ASEAN mempunyai kondisi alam dan sosial yang serupa. Hal ini akan memudahkan negosiasi antar negara ASEAN. Teman-teman, hampir semua negara ASEAN mempunyai sumber daya alam di bidang pertanian dan pertambangan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas secara detail berbagai jenis potensi sumber daya alam yang ada di negara-negara ASEAN. ingin mengetahui sesuatu? Ayo

Negara pertama adalah Indonesia. Indonesia merupakan negara dengan potensi sumber daya alam yang melimpah lho! Mulai dari potensi alam yang indah, air bersih, tanah subur hingga menjadi habitat hewan dan tumbuhan. Rempah-rempah, beras, teh, kopi, kelapa sawit, karet, tebu dll dari sektor pertanian.

Tidak hanya bidang pertanian saja, kelautan dan perikanan juga sangat kaya akan sumber daya alam. Dengan sebagian besar wilayahnya yang 70% tertutup air, Indonesia telah menjadi rumah yang nyaman bagi banyak ikan dan hewan air lainnya. Maka Indonesia tidak mau kalah di bidang pertambangan. Minyak bumi, gas alam, emas, timah dan tembaga masih menjadi sumber daya alam dan sumber penghidupan sebagian besar masyarakat.

Pindah dari Pulau Kalimantan ke negara tetangga yaitu Malaysia. Malaysia masih negara seperti kita lho! Hal ini dibuktikan dengan kondisi geografis yang hampir mirip dengan negara kita dan potensi sumber daya alamnya. Dari sektor pertanian, komoditas utama Malaysia adalah beras, karet, teh, dan minyak sawit. Kemudian dari sektor pertambangan, Malaysia memiliki sumber daya alam berupa minyak bumi, gas alam, timah, emas, dan bauksit. Mirip dengan Indonesia kan?

Baca Juga  Kadang Konang Tegese

Negara Anggota Asean Dan Profilnya Lengkap

Setelah itu, negara ketiga ASEAN adalah Brunei Darussalam. Terletak di lepas pulau Kalimantan, negara ini juga memiliki sumber daya alam.

Terutama di sektor pertambangan dengan minyak dan gas bumi. Tahukah kamu? Brunei mampu memproduksi 180.000 barel minyak setiap harinya lho! Hingga didirikan monumen miliaran barel di Pantai Seri untuk memperingati satu miliar barel minyak yang diproduksi di negeri ini. Tidak hanya sektor pertambangan yang menghasilkan produk dari sektor pertanian, Brunei Darussalam juga memiliki sumber daya alam berupa kelapa, kelapa sawit, dan karet.

Negara kelima adalah Kamboja. Tahukah Anda kalau bendera Kamboja merupakan satu-satunya bendera di dunia yang memiliki gambar bangunan di atasnya

Artinya, seukuran bangunan Angkor. Potensi sumber daya alam Kamboja hampir sama dengan negara tetangganya, terutama pada sektor pertanian yaitu karet, padi, kayu dan umbi-umbian. Sektor pertambangan di Kamboja sangat luas, termasuk gas alam, minyak dan batu mulia seperti safir dan rubi.

Latihan Soal Tema

, atau kira-kira seukuran kota Jakarta. Oleh karena itu, Singapura tidak memiliki sumber daya alam seperti negara-negara ASEAN lainnya. Namun letak geografis negara yang strategis, terutama di selatan Semenanjung Malaka, memungkinkan negara ini berkembang melalui pelayaran internasional. Meskipun Singapura tidak menghasilkan banyak pendapatan dari sektor sumber daya alam, namun Singapura merupakan salah satu negara maju di ASEAN yang pendapatannya didominasi oleh sektor jasa.

Vietnam adalah anggota terakhir ASEAN. Vietnam adalah negara unik yang bentuknya seperti huruf S. Selain bentuk negaranya yang unik, Vietnam juga memiliki sumber daya alam yang menakjubkan seperti Teluk Halong. Teluk Halong adalah keajaiban dunia ketujuh

Di sektor pertanian, Vietnam memiliki sumber daya seperti beras, karet, kedelai, kopi dan teh. Di bidang industri pertambangan, seperti negara tetangganya, Vietnam juga memproduksi minyak bumi dan batu bara.

Negara ketujuh adalah Myanmar. Myanmar merupakan negara yang kaya akan sumber daya mineral seperti tembaga, emas, timah, seng, perak, batu mulia, gas alam, dan nikel. Tahukah Anda kalau Jade adalah salah satu favorit negeri ini? Myanmar tidak hanya memiliki industri pertambangan tetapi juga sektor pertanian yang besar.

Letak Karakteristik Kondisi Geografis Negara Asean Berdasarkan Peta

Negara selanjutnya yang akan kita bahas adalah Filipina. Filipina adalah negara kepulauan yang terletak di dekat Samudera Pasifik. Tahukah Anda bahwa Filipina merupakan negara dengan potensi sumber daya alam pertanian berupa beras, jagung, gula, kopra, buah-buahan dan abaka (serat manila). Tak hanya sumber daya pertanian, Filipina juga punya sumber daya pertambangan

Baca Juga  Jabatan Tertinggi Dalam Bidang Administrasi Adalah

Thailand merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam dan terkenal dengan keindahan pantainya. Seperti yang Anda ketahui, Thailand terkenal dengan keindahan pantainya serta hasil pertaniannya.

Thailand mampu menghasilkan produk pertanian seperti padi, jagung, tebu, umbi-umbian, karet, cengkeh, kayu jati bahkan kayu ulin. Tidak hanya itu, Thailand memproduksi timah, tembaga, minyak, gas alam, bijih besi, emas, timah dan tungsten.

Setelah itu negara keenam adalah Laos. Meski tidak ada laut di negeri ini, namun tetap memiliki sumber daya alam yang sangat dimanfaatkan dengan baik. Negara ini menjadi satu-satunya negara di ASEAN yang menyediakan listrik online

A. Berdasarkan Gambar Diatas, Jawablah Pertanyaan Di Bawah Ini Dengan Tepat

, Wah, bagus sekali ya? Listrik dalam jumlah besar ini berasal dari danau besar yang terkubur di Luang Prabang, Laos. Laos tidak punya banyak listrik, penghasil kayu jati dan cendana juga lho!

Wah, potensi sumber daya alam negara-negara ASEAN sungguh luar biasa. Semua ini mempunyai ciri khasnya masing-masing. Ada negara-negara yang bergerak di bidang produksi batu mulia, itulah sebabnya mereka terkenal dengan bentuknya yang unik. Apakah Anda ingin belajar di negara-negara non-ASEAN? Datang dan bergabunglah dengan Ruangstudy. Agar pembelajaran anda lebih menarik dengan video-video yang memudahkan pembelajaran.

Mukminan, Andang Mulyani, M. Nursa’ban, dan Supardi. 2017. Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Setelah hampir 10 tahun, Timor Timur akan segera bergabung dengan ASEAN” (2020) [Online]. Tautan: http://setnas-asean.id/news-events/read/almost-10-tahun-menanti-timor-leste-segera-merdengan-asean (diakses 19 Agustus 2021), Kawasan Negara Bagian Jakarta – ASEAN Pulau-pulau ini adalah Indonesia, Filipina, Singapura, Brunei, dan Malaysia. Di antara negara-negara tersebut, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di Asia Tenggara.

Sebutkan Negara Asean Tenggara ? 2.) Kepanjangan Asean ?

ASEAN adalah kependekan dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, dalam bahasa Indonesia disebut juga Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Sesuai dengan namanya, komunitas ini hanya beranggotakan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Archipelago atau kepulauan dalam bahasa Inggris adalah sebutan untuk gugusan pulau atau gugusan pulau. Selanjutnya, negara kepulauan adalah negara yang terdiri dari satu pulau atau lebih dan dapat juga mencakup pulau-pulau lain.

Wilayah negara-negara ASEAN yang berbentuk kepulauan terdiri dari Indonesia dan negara-negara tetangganya. Terdapat banyak negara kepulauan di Asia Tenggara, namun beberapa negara tidak memiliki banyak wilayah kepulauan.

Penuh pengalaman dari KTT ASEAN. Hal ini tidak hanya mencakup agenda rapat saja. Momen menarik juga bagi para pemimpin ASEAN saat menyaksikan matahari terbenam dari atas kapal Pinisi.

Baca Juga  Pekerjaan Swasta Adalah

Mengenal Peran Indonesia Dalam Keketuaan Asean 2023

Seperti disebutkan sebelumnya, negara kepulauan ASEAN adalah Indonesia, Filipina, Singapura, Brunei, dan Malaysia. Negara kepulauan adalah istilah yang diberikan oleh PBB untuk negara-negara yang terdiri dari sejumlah besar pulau. Wilayah negara-negara ASEAN yang berbentuk kepulauan disebut juga wilayah kepulauan. Insular adalah negara kepulauan.

Selain yang disebut kepulauan negara-negara ASEAN, ada juga wilayah daratan. Daratan adalah negara daratan yang terdiri dari Myanmar, Thailand, Laos, Vietnam, Kamboja, dan Malaysia. Negara kepulauan ASEAN adalah negara yang bukan merupakan bagian dari kawasan daratan ini, kecuali Malaysia yang termasuk dalam kedua kategori tersebut.

1.Indonesia. Wilayah kepulauan negara-negara ASEAN adalah Indonesia. Luas wilayah Indonesia 1.904.569 km2, garis pantai 54.716 km. Sementara jumlah penduduknya mencapai 253.609.643 jiwa (data Juli 2014). Terdapat lebih dari 17 ribu pulau di wilayah Indonesia.

2. Filipina. Filipina merupakan wilayah kepulauan negara-negara ASEAN. Filipina mempunyai luas wilayah 300.000 km2 dan garis pantai sepanjang 36.289 km. Jumlah penduduknya mencapai 107.668.231 jiwa (per Juli 2014). Ada lebih dari 7.000 pulau di Filipina.

Apa Saja Interaksi Antarruang Indonesia Dengan Negara Asean?

3. Singapura. Singapura merupakan wilayah kepulauan negara-negara ASEAN. Singapura memiliki luas wilayah 728,6 km2 dan memiliki sedikitnya 60 pulau di dalam wilayahnya.

4.Brunei. Brunei adalah wilayah kepulauan negara-negara ASEAN. Brunei memiliki luas wilayah 5.765 km2, terdiri dari beberapa pulau kecil yang mengelilingi daratan.

5.Malaysia. Malaysia merupakan wilayah kepulauan negara-negara ASEAN. Luas wilayah Malaysia adalah 329.847 km2. Selain itu, ada 878 pulau di Malaysia.

Lima negara pendiri ASEAN adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Selain lima negara pendiri ASEAN, masih ada 5 negara lagi yang bergabung menjadi anggota ASEAN. negara-negara anggota ASEAN:

Faktor Pendorong Kerjasama Asean Beserta Penghambatnya

Selain lima negara pendiri, anggota pertama ASEAN adalah Brunei Darussalam yang bergabung pada 7 Januari 1984. Setelah 11 tahun, pada tanggal 28 Juli 1995, ASEAN kembali menerima anggota baru, Vietnam. Dua tahun kemudian, Laos dan Myanmar mengikuti jejaknya. Meski Myanmar berencana bergabung dengan ASEAN bersama Laos pada 23 Juli 2018, namun rencana tersebut terpaksa ditunda karena masalah politik di Kamboja. Namun setahun kemudian, Kamboja akhirnya bergabung dengan ASEAN pada 16 Desember 1998. Setelah itu, Timor Leste juga memutuskan menjadi anggota ASEAN, namun keanggotaannya belum tercapai.

1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan pengembangan budaya di kawasan melalui upaya bersama dalam semangat kesetaraan dan persahabatan untuk memperkuat landasan komunitas negara-negara Asia Tenggara yang sejahtera dan damai.

2. perbaikan

Sebutkan tokoh pendiri asean, sebutkan negara asean, sebutkan bentuk kerjasama asean, sebutkan tujuan didirikan asean, sebutkan negara negara penggagas asean, sebutkan anggota asean, sebutkan negara negara anggota asean saat ini, sebutkan negara anggota asean, sebutkan negara pendiri asean, sebutkan tujuan berdirinya asean, sebutkan tujuan terbentuknya asean, sebutkan 10 negara anggota asean